cover
Contact Name
Dani Fadillah
Contact Email
dani.fadillah@comm.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nunik.hariyanti@comm.uad.ac.id
Editorial Address
Lt.8 Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Jl. A.Yani (Ring Road Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul DIY
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
COMMICAST
ISSN : -     EISSN : 27237672     DOI : 10.12928
Commicast is an online, multi-media, academic journal that adheres to the highest standards of peer review and engages established and emerging scholars from anywhere in the world. Commicast is an interdisciplinary journal that, while centered in communication, literature and culture, is open and welcoming to contributions from the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is social study. The spectrum of topics include: New Media. Political Communication. Advertising, Press and Television Broadcasting Public Relations Semiotics Public Opinion Culture and Social Interaction Communication and National Resilience Communication and Policies Communication, War, and Conflicts Health Communication Literature (Comparative Literature, Indonesia Literature) Media, Democracy and Integration Media Literacy and Media Education Language (Sociolinguistics, Pragmatics, Applied & Comparative Linguistics) Media and Development Culture (History, Anthropology, Tourism, Media Studies) Media and Religion Media and Identity Politics, Hegemony, and the Media Gender and Sexuality in the Media The Social Media and Subcultures Youth and Media Globalization Information Communication Technology Audience Analysis These topics are addressed in full-length academic articles, critical statements on current issues, developmental practice, and reviews of books based education and learning. The journal presents an innovative platform for researchers, students, practitioners and educators to both learn from and contribute to the field. All articles are subject to initial Editor screening and then a rigorous double-blind peer-review process before publication.
Articles 123 Documents
Komunikasi efektif komunitas rumah baca dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di dusun Kanoman Paramitha, Aniendhita
COMMICAST Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2408

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan  dilatar belakangi bahwa minat baca anak-anak di Dusun Kanoman masih rendah. Keberadaan Komunitas Rumah Baca (RBK) sendiri juga di katakan belum berjalan secara efektif. Hal ini dikarenakan Komunitas Rumah Baca (RBK) belum lama berpindah di Dusun Kanoman, volunter yang over load pekerjaan, dan sebagian besar tidak bisa berbahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi efektif  Komunitas Rumah Baca (RBK) dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di Dusun Kanoman.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan pendekatan deskriptif analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Rumah Baca (RBK) dikatakan mampu meningkatkan minat baca anak-anak di Dusun Kanoman. Hal ini terbukti bahwa anak-anak mulai berkeinginan untuk membaca dan meminjam buku di komunitas. Komunitas juga menerapkan prisip komunikasi efektif yang disingkat REACH. Ada hambatan yang dialami dari pihak komunitas maupun anak-anak, namun hambatan itu dapat diatasi.
Komunikasi efektif komunitas rumah baca dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di dusun Kanoman Aniendhita Paramitha
COMMICAST Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2408

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan  dilatar belakangi bahwa minat baca anak-anak di Dusun Kanoman masih rendah. Keberadaan Komunitas Rumah Baca (RBK) sendiri juga di katakan belum berjalan secara efektif. Hal ini dikarenakan Komunitas Rumah Baca (RBK) belum lama berpindah di Dusun Kanoman, volunter yang over load pekerjaan, dan sebagian besar tidak bisa berbahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi efektif  Komunitas Rumah Baca (RBK) dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di Dusun Kanoman.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan pendekatan deskriptif analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Rumah Baca (RBK) dikatakan mampu meningkatkan minat baca anak-anak di Dusun Kanoman. Hal ini terbukti bahwa anak-anak mulai berkeinginan untuk membaca dan meminjam buku di komunitas. Komunitas juga menerapkan prisip komunikasi efektif yang disingkat REACH. Ada hambatan yang dialami dari pihak komunitas maupun anak-anak, namun hambatan itu dapat diatasi.
Strategi komunikasi pariwisata dinas pariwisata kabupaten Bima dalam meningkatkan minat wisatawan Asghary, Haykal
COMMICAST Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2410

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh dinas pariwisata kabupaten Bima untuk meninhkatkan minat wisatawan. Penelitin dalam makalah ini menggunakan  penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh serta mendalam berdasarkan situasi wajar dari kasus yang diteliti. Dalam penelitian ini penulis mengambil kesi pulan bahwa  Dinas Pariwisata Kabupaten Bima telah melaksanakan strategi komunikasi dengan menggunakan unsur-unsur modern komunikasi pariwisata untuk meningkatkan minat wisatawan.
Strategi komunikasi pariwisata dinas pariwisata kabupaten Bima dalam meningkatkan minat wisatawan Haykal Asghary
COMMICAST Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2410

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh dinas pariwisata kabupaten Bima untuk meninhkatkan minat wisatawan. Penelitin dalam makalah ini menggunakan  penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh serta mendalam berdasarkan situasi wajar dari kasus yang diteliti. Dalam penelitian ini penulis mengambil kesi pulan bahwa  Dinas Pariwisata Kabupaten Bima telah melaksanakan strategi komunikasi dengan menggunakan unsur-unsur modern komunikasi pariwisata untuk meningkatkan minat wisatawan.
Integrated marketing communication “Gadis modis” sebagai usaha mikro kecil dan menengah dalam meningkatkan loyalitas konsumen Akhyani, Indriana
COMMICAST Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan strategi yang dibuat oleh Gadis Modis sendiri untuk meningkatkan loyalitas konsumen dalam pembelian sebuah produk dan mampu memaksimalkan proses transaksi jual beli.Metode Penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara mendalam berdasarkan situasi yang nyata dari apa yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis data dengan menelaah data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan dengan cara membandingkan, menyatukan, dan menggabungkan seluruh data yang telah diperolehHasil dari Penelitian ini adalah Gadis Modis sampai saat ini telah melakukan bahkan melaksanakan sejumlah strategi pemasaran diantaranya dengan melaksanakan komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing communication) yang meliputi Promotion (promosi), Public Relations (Humas), Advertising, Direct Marketing, Personal selling, Publicity, Event, Interactive Marketing untuk mengkomunikasikan visi dan misi yang ada pada perusahaan.
Integrated marketing communication “Gadis modis” sebagai usaha mikro kecil dan menengah dalam meningkatkan loyalitas konsumen Indriana Akhyani
COMMICAST Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan strategi yang dibuat oleh Gadis Modis sendiri untuk meningkatkan loyalitas konsumen dalam pembelian sebuah produk dan mampu memaksimalkan proses transaksi jual beli.Metode Penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara mendalam berdasarkan situasi yang nyata dari apa yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis data dengan menelaah data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan dengan cara membandingkan, menyatukan, dan menggabungkan seluruh data yang telah diperolehHasil dari Penelitian ini adalah Gadis Modis sampai saat ini telah melakukan bahkan melaksanakan sejumlah strategi pemasaran diantaranya dengan melaksanakan komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing communication) yang meliputi Promotion (promosi), Public Relations (Humas), Advertising, Direct Marketing, Personal selling, Publicity, Event, Interactive Marketing untuk mengkomunikasikan visi dan misi yang ada pada perusahaan.
Strategi komunikasi rumah kreatif sleman dalam upaya pengembangan UMKM di era ekonomi digital Putri, Reinalda Destriana
COMMICAST Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2412

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi Rumah Kreatif Sleman dalam upaya mengembangkan UMKM di Era ekonomi digital. Strategi meliputi komunikator, pesan, media, komunikan serta efek. Era revolusi industri 4.0. telah mendistraksi banyak hal salah satunya pola perdagangan konvensional menjadi online atau yang biasa disebut dengan ekonomi digital. Oleh karena itu Rumah Kreatif Sleman hadir sebagai wadah yang memfasilitasi dan membantu pengembangan UMKM di era ekonomi digital.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori Harold D. Laswell tentang strategi komunikasi yang mencakup lima komponen yakni komunikator, pesan, komunikan, media serta efek. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Kreatif Sleman, Roeby House, Lien’s Snack and Cookies dan Pawiro Chocolate.Hasil penelitian tersebut adalah komunikator dipilih melalui rapat bersama, sedangkan pesan disusun dengan tujuan menarik perhatian UMKM untuk bergabung serta memberi pemahaman. Komunikan ditentukan dari usaha yang berdiri di Sleman. Media yang digunakan terbagi menjadi dua yakni media eksternal dan internal. Capaian dari proses strategi komunikasi tersebut cukup positif, terbukti dengan selalu bertambahnya anggota UMKM yang bergabung. Selain itu UMKM mampu mengembangkan usahanya baik secara online maupun offline.
Strategi komunikasi rumah kreatif sleman dalam upaya pengembangan UMKM di era ekonomi digital Reinalda Destriana Putri
COMMICAST Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2412

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi Rumah Kreatif Sleman dalam upaya mengembangkan UMKM di Era ekonomi digital. Strategi meliputi komunikator, pesan, media, komunikan serta efek. Era revolusi industri 4.0. telah mendistraksi banyak hal salah satunya pola perdagangan konvensional menjadi online atau yang biasa disebut dengan ekonomi digital. Oleh karena itu Rumah Kreatif Sleman hadir sebagai wadah yang memfasilitasi dan membantu pengembangan UMKM di era ekonomi digital.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori Harold D. Laswell tentang strategi komunikasi yang mencakup lima komponen yakni komunikator, pesan, komunikan, media serta efek. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Kreatif Sleman, Roeby House, Lien’s Snack and Cookies dan Pawiro Chocolate.Hasil penelitian tersebut adalah komunikator dipilih melalui rapat bersama, sedangkan pesan disusun dengan tujuan menarik perhatian UMKM untuk bergabung serta memberi pemahaman. Komunikan ditentukan dari usaha yang berdiri di Sleman. Media yang digunakan terbagi menjadi dua yakni media eksternal dan internal. Capaian dari proses strategi komunikasi tersebut cukup positif, terbukti dengan selalu bertambahnya anggota UMKM yang bergabung. Selain itu UMKM mampu mengembangkan usahanya baik secara online maupun offline.
Strategi komunikasi city branding pemerintah kota Pekalongan dalam mempromosikan world’s city of Batik Faradies, Hadanilla Ilma
COMMICAST Vol 1, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2413

Abstract

Kota Pekalongan merupakan salah satu kota kreatif dunia yang diakui oleh UNESCO dalam kategori craft and folk art. Pembangunan di Kota Pekalongan terus ditingkatkan di berbagai sektor yaitu sektor industri dan pariwisata. Keunggulan Kota Pekalongan dibidang ekonomi dan pariwisata tingkat Internasional, membuat Kota Pekalongan harus meningkatkan kearifan lokal sebagai identitas utama dan daya tarik wisatawan dengan budaya batik yang khas sebagai jati diri daerah. Mengenalkan kebudayaan yang berkembang di Kota Pekalongan juga merupakan cara city branding Kota Pekalongan sebagai kota yang mempertahankan kearifan lokal atau budaya yang menonjol yaitu batik, maka dicetus slogan “World’s City Of Batik”.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitstif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun  tujuan  penelitian ini peneliti ingin mengetahui strategi city branding yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Pemerintah Kota Pekalongan dalam mempromosikan World’s City Of Batik.Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi city branding  pemerintah Kota Pekalongan dalam mempromosikan World’s City Of Batik melalui 3 tahap diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. perencanaan dimulai dari penggunaan strategi komunikasi dan penyusunan program oleh pemerintah Kota Pekalongan. Pelaksanaan diantaranya memfokuskan pada mengenalkan Kota Pekalongan sebagai Kota Batik Dunia dalam mendatangkan wisatawan dengan peningkatan program yang mendukung city branding kota pekalongan seperti pengelolaan museum batik, penyelenggaraan festival tahunan, pembentukan kampung wisata batik, pengelolaan pasar grosir batik setono. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa city branding yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Pekalongan secara bertahap dengan memfokuskan dalam peningkatan promosi pariwisata berbasis batik untuk menunjang city branding.
Strategi komunikasi city branding pemerintah kota Pekalongan dalam mempromosikan world’s city of Batik Hadanilla Ilma Faradies
COMMICAST Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/commicast.v1i1.2413

Abstract

Kota Pekalongan merupakan salah satu kota kreatif dunia yang diakui oleh UNESCO dalam kategori craft and folk art. Pembangunan di Kota Pekalongan terus ditingkatkan di berbagai sektor yaitu sektor industri dan pariwisata. Keunggulan Kota Pekalongan dibidang ekonomi dan pariwisata tingkat Internasional, membuat Kota Pekalongan harus meningkatkan kearifan lokal sebagai identitas utama dan daya tarik wisatawan dengan budaya batik yang khas sebagai jati diri daerah. Mengenalkan kebudayaan yang berkembang di Kota Pekalongan juga merupakan cara city branding Kota Pekalongan sebagai kota yang mempertahankan kearifan lokal atau budaya yang menonjol yaitu batik, maka dicetus slogan “World’s City Of Batik”.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitstif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun  tujuan  penelitian ini peneliti ingin mengetahui strategi city branding yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Pemerintah Kota Pekalongan dalam mempromosikan World’s City Of Batik.Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi city branding  pemerintah Kota Pekalongan dalam mempromosikan World’s City Of Batik melalui 3 tahap diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. perencanaan dimulai dari penggunaan strategi komunikasi dan penyusunan program oleh pemerintah Kota Pekalongan. Pelaksanaan diantaranya memfokuskan pada mengenalkan Kota Pekalongan sebagai Kota Batik Dunia dalam mendatangkan wisatawan dengan peningkatan program yang mendukung city branding kota pekalongan seperti pengelolaan museum batik, penyelenggaraan festival tahunan, pembentukan kampung wisata batik, pengelolaan pasar grosir batik setono. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa city branding yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Pekalongan secara bertahap dengan memfokuskan dalam peningkatan promosi pariwisata berbasis batik untuk menunjang city branding.

Page 1 of 13 | Total Record : 123