cover
Contact Name
Nikmahtul Khoir Tri Yulia
Contact Email
nikmahtul93@alqolam.ac.id
Phone
+6282234549538
Journal Mail Official
juraliansi@alqolam.ac.id
Editorial Address
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI , IAI AL-QOLAM MALANG Jl Raya, Dusun Baron, Putat Lor, Kec. Gondanglegi, Malang, Jawa Timur 65174
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JURALIANSI (Jurnal Lingkup Anak Usia Dini)
Juraliansi Journal is a peer reviewed annually scientific journal aimed at publishing research results conducted by the researchers and academician of teaching and learning of education areas in the form of articles. This journal is published since November 2019 by early childhood Islamic education of study programe from Tarbiyah Faculty of IAI Al-Qolam This journal is focused on discussing the the following scope: A discussion of the specification of research content in the scientific field of education for early childhood in factually and critically as the specify from the development of the main topics consisting of pesantren based islamic education, curicullum of education, the learning methods, the learning planning that models, the psychology education, the development of learning media, The learning strategies, and the learning evaluation of early childhood islamic education. In addition, the results of the study are expected to become reference as the quality of education and development of children in understanding, applying, implementating, analyzing, evaluating and developing relating of problems in the world early childhood islamic education.
Articles 49 Documents
PENANGANAN ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HIPERACITIVITY DISORDER) DI MI AMANAH TANGGUNG TUREN Aisah Novia Sari; Afifatu Rohmawati
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i2.314

Abstract

Proses penanganan terhadap anak ADHD dengan tepat melalui bentuk kerjasama yang di bangun oleh stakeholder dalam suatu lembaga pendidikan. Metode penelitian kualitatif-deskriptif (studi kasus). Hasil penelitian meliputi (1) proses penanganan anak ADHD melalui identifikasi sejak dini sebagai upaya mengurangi gejala ADHD. (2) Peran guru terhadap penanganan anak ADHD dengan menunjukkan adanya pola asuh yang diberikan guru kepada anak di sekolah. (3) Peran orangtua terhadap penanganan anak ADHD dengan menunjukkan adanya pola asuh dari orangtua ketika di rumah melalui adanya interaksi yang seimbang dengan cara melakukan komunikasi (face to face). (4) Bentuk kerjasama antara orangtua dan guru yang terlihat dari intensitas komunikasi melalui media sosial atau media elektronik dan surat dalam mengevaluasi perkembangan anak ADHD. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penanganan anak ADHD melalui identifikasi sejak dini, teknik pola asuh guru dan orangtua sebgai bentuk komunikasi terhadap anak dan kerjasama guru dan orangtua.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL-MADANIY GONDANGLEGI-MALANG Dahlia Amalia; Afifatu Rohmawati
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i2.335

Abstract

Peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab melalui metode bernyanyi yang menunjukkan bahwa adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa arab terhadap anak yang telah dikembangkan disekolah masing kurang menarik. Sehingga, peneliti merancang konsep pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Teknik pengumpulan data melalui penerapan siklus, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab melalui metode bernyanyi yang ditunjukkan melalui peningkatan ketuntasan belajar dengan prosentase 30%. Peningkatan pada siklus I dengan prosentase 53% dan peningkatan pada siklus II dengan prosentase 83%. Maka, peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B antara siklus I ke siklus II sebesar 30%. Pada hasil yang di peroleh metode bernyanyi sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab melalui teknik menghafal.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE PERMAINAN LOMPAT ANGKA UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA DARUSSALAM SUMBERMANJING-MALANG Aminatuz Zuhriyah; Ratih Permata Sari
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i1.347

Abstract

Proses pembelajaran anak usia dini dilakukan dengan teknik “belajar serayanya bermain”. Peningkatan kreatifitas pendidik dalam menciptakan inovasi pemainan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di RA Darussalam Sumberkembang Sumbermanjing-Malang. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dengan menggunakan dua siklus diterapkan pada anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan terjadi mulai dari pra tindakan, siklus I hingga pada siklus II. Pada pra tindakan, persentase mengenal lambang bilangan pada anak yang mencapai prosentase 45,83%, pada siklus I mencapai prosentase 63,42% dan pada siklus II mencapai prosentase 82,87%. Penelitian dapat disimpulkan bahwa metode permainan sangat efektif dalam meningkatkan aspek perkembangan terutama pada kemampuan kognitif melalui pembelajaran mengenal lambang bilangan untuk anak usia dini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA ANAK KELOMPOK A DI RA NURUL QOMARIAH BOKOR PAGEDANGAN TUREN-MALANG Kustinuk; Afifatu Rohmawati
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i1.348

Abstract

Keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia di lingkup sekolah dapat menyebabkan anak tidak dapat bereksplorasi secara luas. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif melalui pemanfaatan barang bekas untuk anak kelompok A. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus dalam penerapannya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan pada penelitian terdapat prosentase sebanyak 52,5%. Nilai diperkuat dari hasil pengisian angket sederhana oleh anak didik yang mencerminkan rasa senang. Terdapat 21 anak, 9 anak dengan prosentase 42,86% menyatakan senang. Sedangkan, 12 anak dengan prosentase sebanyak 57,41% menyatakan sangat senang dengan kegiatan pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian terlihat sangat meningkatkan pada kemampuan kognitif anak. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan hasil rata-rata perkembangan kemampuan peserta didik dalam mengenal bentuk, warna, mengelompokkan benda, dan mengurutkan melalui inovasi dalam pemanfaatan barang bekas.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA KELOMPOK A DI RA HIDAYATUL MUBTADIIN SIPRING PAGELARAN-MALANG Nur Laila; Nurhayati
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i1.349

Abstract

Penelitian ini tujuan untuk mendeskripsikan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, untuk mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di RA Hidayatul Mubtadiin Pagelaran. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunkan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditunjukkan memiliki adanya peningkatan kemampuan kognitif pada anak kelompok A pada setip siklus. Data prosentase ketuntasan yang diperoleh 53,3% pada siklus 1, dan semakin meningkat pada akhir siklus 2 yakni sebesar 86,6%. Maka, peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan engklek pada anak usia 4-5 tahun dari siklus 1 ke siklus 2 dengan selisish sebesar 33,3%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan kognitif meningkat sangat signifikan. Terlihat dari hasil akhir menyatakan bahwa konsep permainan trasidional engklek memiliki kriteria ketertarikan, kemudahan dan kesesuaian dalam proses pembelajaran.
MENINGKATAN KREATIVITAS SENI MELALUI PERMAINAN BAK PASIR UNTUK ANAK KELOMPOK A DI RA AL-ISHLAH KALIPARE-MALANG Rima Azizatul Laila; Nuryahati
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i1.350

Abstract

Peningkatan kreativitas anak di awali dari kegiatan yang mudah dilakukan sesuai dengan tingkat kesulitas secara bertahap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas seni anak melalui permainan bak pasir pada anak kelompok A di RA Al-Ishlah Kalipare dan untuk mendeskripsikan penerapan permainan bak pasir yang meningkatan kreativitas seni pada anak kelompok A di RA Al-Ishlah Kalipare. Metode penelitian tindakan kelas (Action Research) menerapkan dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan kreativitas seni anak sudah mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan dengan prosentase 37,49%. Akan tetapi peningkatan kreativitas anak belum mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan sehingga perlu perbaikan pada siklus II dengan prosentase 85,71% terjadi peningkatan diantaranya dengan prosentase 48,22% termasuk kriteria tinggi. penelitian ini dapat disimpulkan proses kreativitas anak melalui permainan bak pasir sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI MANUK DADALI UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 03 SRIGONCO BANTUR-MALANG Siti Nur Kholifah; Evi Nurhalimah
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i1.352

Abstract

Penerapan tari manuk dadali dalam pembelajaran secara terintegrasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui kegiatan kegiatan tari manuk dadali dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 03 Srigonco. Metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan,pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan (observasi) berupa istrumen dan teknik dokumentasi. Perbedaan siklus I dan siklus II yaitu pada siklus I gerakan yang diajarkan tidak dilakukan secara menyeluruh dan siklus II setiap pertemuan seluruh gerakan dipraktekan secara bersamaan untuk mempermudah observasi terhadap anak yang belum menguasai gerakan tari kreasi manuk dadali. Penelitian ini dapat disimpulkan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usi 5-6 tahun dengan indikator keberhasilan terlihat dari 53,12% menjadi 79,42% terlihat peningkatan antar siklus dengan prosentase 26,3% .
PROSES BERMAIN MATEMATIKA AWAL DI RA MIFTAHUL HUDA NGASEM NGAJUM-MALANG Sri Wahyuni; Ratih Permata Sari
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i1.353

Abstract

Proses bermain matematika awal bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan yang di hadapi saat bermain matematika dan mendiskripsikan tahap-tahap keberhasilan proses bermain matematika awal. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses bermain matematika awal menekankan pada perkembangan kognitif anak usia dini. Kesulitan belajar yang dihadapi anak usia dini melalui faktor intern dan faktor ekstern. Penerapan tahapan pertama guru mampu penguasaan konsep dasar matematika, tahap kedua tingkat analisis anak dalam proses pembelajaran matematika terlihat dalam kegiatan bermain, dan tahap ketiga memberikan motivasi, bimbingan, pengarahan sesuai kebutuhan anak melalui pemberdayaan sumber media pembelajaran terkait dengan materi matematika awal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya proses keberhasilan pembelajaran matematika awal dengan konsep permainan di RA Miftahul Huda Ngasem.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN PECAH TELUR PADA ANAK KELOMPOK A DI RA SHODRUL ULUM AL-CHOLIL BRONGKAL PAGELARAN-MALANG Yulia Zamzami; Rima Azizatul Laila
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i1.354

Abstract

Proses peningkatan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran sangat penting dikembangan melalui proses aktivitas permainan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan kognitif dengan menggunakan permainan pecah telur pada anak kelompok A dan untuk mendeskripsikan penerapan permainan pecah telur yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menggunakan dua siklus yang di terapkan pada anak RA kelompok A. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan namun masih belum mencapai hasil yang maksimal dengan prosentase 43,13 %. Sedangkan, hasil penelitian pada siklus II sudah menunjukkan pengembangan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dengan prosentase 79,40 %. Hasil akhir rata-rata peningkatan antar kedua siklus mencapai 36,27%. Penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan antar kedua siklus dipengaruhi adanya media pecah telur yang di bentuk pada konsep permainan dalam proses pembelajaran kognitif anak usia dini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERCERITA WAYANG KONTEMPORER KELAS A DI RA PLUS TUNAS ISLAM WANDANPURO BULULAWANG-MALANG Jamilatul Khusnah; Evi Nurhalimah
JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lingkup Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/juraliansipiaud.v1i2.360

Abstract

Penerapan metode bercerita dengan menggunakan media wayang kontemporer sangat efektif dalam melatih penguasaan kosa kata pada anak. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia melalui metode bercerita dengan menggunakan media wayang kontemporer pada kelas A. Metode penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menerapkan dua siklus melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penilaian dan pembahasan dilaksanakan melalui Siklus I dan Siklus II terfokus pada kegiatan mengenal kosakata Bahasa Indonesia tentang kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dengan hasil akhir prosesntase indikator keberhasilan 22,2 % menjadi 64,77 %. Penelitian ini mengalami peningkatkan antar siklus dengan prosentase 43,48 % dengan kategori sedang yang mewujudkan adanya keberhasilan dalam penggunaan media wayang kontemporer untuk memberikan stimulus pada penguasaan kosa kata bahasa anak dengan bercerita.