cover
Contact Name
Fisnia Pratami
Contact Email
pratamifisnia24@gmail.com
Phone
+6285273317482
Journal Mail Official
pratamifisnia24@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kotabaru Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan 32161
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : -     EISSN : 27462684     DOI : -
Core Subject : Education,
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah Jurnal Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nurul Huda yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Nurul Huda. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Jurnal program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia yang berfokus pada kajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta kajian bahasa dan sastra secara umum. Jurnal ini bersifat Open Acces dan dapat diunduh secara gratis. Jurnal ini terbit 1 (satu kali) kali dalam setahun, yaitu Oktober. Focus And Scope: Inovasi Pembelajaran: metode, model, strategi, pendekatan, pengembangan materi dan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian bahasa dan sastra murni: analisis aspek-aspek kebahasaan dan kesusastraan baik bahasa dan sastra Indonesia secara umum maupun bahasa dan sastra daerah, Penelitian bahasa dan sastra interdisipliner: kajian yang mengaitkan antara bahasa dan sastra dengan disiplin ilmu yang lain.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): October edition" : 7 Documents clear
PANDANGAN CINTA DALAM NOVEL UBUR-UBUR LEMBUR KARYA RADITYA DIKA Laila Namira Rizkika; Stella Andrea Fan; Gres Grasia Azmin
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 3 No 2 (2021): October edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v3i2.1058

Abstract

Pandangan cinta dalam Novel Ubur-Ubur Lembur Karya Raditya Dika adalah masalah dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan guna mendeskripsikan cara pengarang menggambarkan kehidupan percintaan yang ada dalam novel Ubur-Ubur Lembur karya Raditya Dika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara berpikir pengarang terhadap aspek percintaan dalam novel Ubur-Ubur Lembur karya Raditya Dika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra oleh Ian Watt. Desain penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca catat. Hasil penelitian ini memaparkan bagaimana kehidupan pengarang mempengaruhi karyanya. Sisi percintaan yang dilihat adalah bagaimana pengarang yang mulai bertambah usia dan melihat cinta akan berubah seiring berjalannya waktu. Terlihat pula bagaimana pengarang membaluti tema percintaan dengan unsur komedi, yang membuat novel ini sangat menarik untuk diteliti.
REALITAS SOSIAL DALAM PUISI KELUARGA KHONG GUAN KARYA JOKO PINURBO Dito Pramudyaseta; Gres Grasia Azmin
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 3 No 2 (2021): October edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v3i2.1060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membongkar bagaimanakah realitas sosial perubahan budaya masyarakat yang sedang marak terjadi pada zaman ini yang disinggung dengan lantang dan jelas. Melalui pendekatan sosiologi sastra dan teori yang digagas Ian Watt, dapat dilihat alasan mengapa sastra sering disebut sebagai cerminan masyarakat. Landasannya berupa sifat sastra, yang pada hakikatnya tidak dapat dilepaskan dari kenyataan sosial. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni sebuah penafsiran terhadap karya sastra serta kalimat dan kata-kata yang terdapat di dalamnya yang dibatasi oleh fakta-fakta sosial, yang kemudian diikuti oleh analisis. Hasil penelitian ini menunjukan penggambaran yang terdapat di puisi Keluarga Khong Guan mengenai kenyataan sosial yang sedang terjadi di masyarakat pada bait 2, 3, 4, dan 5, akibat adanya globalisasi dan kemajuan teknologi dan informasi.
KRITIK SOSIAL DALAM PUISI DARI CATATAN SEORANG DEMONSTRAN (TAUFIQ ISMAIL) DAN PUISI SIKAP (WIJI THUKUL) Veronica Chervinnita Zakarias; Salmaa Athira; Gres Grazia Azmin
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 3 No 2 (2021): October edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v3i2.1068

Abstract

Puisi, salah satu bentuk karya sastra, merupakan sebuah proses dan produk kreativitas penciptaan seorang penulis dalam menyampaikan pandangan dan gagasannya. Penelitian ini merupakan kajian dua puisi menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana sebuah karya puisi digunakan sebagai alat kritik sosial. Puisi yang berjudul “Dari Catatan Seorang Demonstran” karya Taufiq Ismail dan “Puisi Sikap” karya Wiji Thukul dijadikan sebagai objek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca data, memilah data, dan mencatat data yang berkaitan dengan aspek kritik sosial. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk menunjukkan bahwa objek penelitian ini menggambarkan realitas sosial di masyarakat: 1) Keresahan masyarakat pada keadaan negara yang krisis politik, ekonomi, dan sosial; 2) Dampak dari penyimpangan prinsip demokrasi negara. Kesimpulan yang ditemukan bahwa kekacauan dalam politik dan HAM berdampak besar pada kehidupan masyarakat. Salah satu media masyarakat untuk memperjuangkan aspirasinya adalah karya puisi.
PENGARUH BAHASA IBU TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI II BELITANG III Madiah Hayati; Dedi Mardiansyah; Chabib Kusuma Jati
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 3 No 2 (2021): October edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v3i2.1256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahasa ibu terhadap kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas VII.1 di SMP Negeri II Belitang III tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi, suatu tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar menghasilkan pengaruh tertentu terhadap yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.I. Sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, pengambilan sampel dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh bahasa ibu. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berbahasa Indonesia peserta didik kelas VII.I. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan skala dan tes kemampuan membaca. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0.014 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Berdasarkan nilai tersebut diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil, sehingga Ho ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap pengaruh bahasa ibu terhadap kemampuan berbahasa Indonesia pada siswa kelas VII.I saat pretest dan posttest.
KALIMAT IMPERATIF DALAM CERAMAH KYAI DURI ASHARI Prillia Ekaningtiass; Mery Fetriani
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 3 No 2 (2021): October edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v3i2.1257

Abstract

Kyai Duri Ashari memiliki ciri khas dan keunikan yaitu memasukan bahasa Jawa “Yo ri” dalam ceramahnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kalimat imperatif dalam ceramah Kyai Duri Ashari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata. Sumber data berupa video ceramah Kyai Duri Ashari yang diunduh dari Youtube. Wujud data yakni keseluruhan kalimat-kalimat yang mengandung kalimat imperatif dalam bahasa ceramah Kyai Duri Ashari. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode agih. Hasil analisis yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 6 kalimat imperatif yang berupa: (1) kalimat imperatif halus, (2) kalimat imperatif permintaan, (3) kalimat imperatif ajakan, (4) kalimat imperatif harapan, (5) kalimat imperatif larangan, dan (6) kalimat imperatif pembiaran. Kalimat imperatif yang paling dominan digunakan pada penelitian kalimat imperatif dalam ceramah Kyai Duri Ashari yaitu berupa kalimat larangan. Sedangkan kalimat imperatif yang paling sedikit digunakan yaitu kalimat imperatif yang berupa kalimat imperatif permintaan.
NILAI BUDAYA DALAM CERITA LEGENDA DESA TUMIJAYA KECAMATAN JAYAPURA KABUPATEN OKU TIMUR Syaiful Anam; Sugiarti Sugiarti; Shakti Apdilah Pratama
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 3 No 2 (2021): October edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v3i2.1258

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam cerita rakyat legenda terbentuknya Desa Tumijaya, Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik penelitian lapangan. Hasil yang diperoleh ada lah ditemukannya sembilan nilai budaya dalam cerita legenda Desa Tumijaya. Nilai budaya tersebut yaitu nilai budaya menghormati orang lain, nilai keberagaman agama, nilai keberagaman suku, nilai menghargai keberagaman bahasa yaitu keberagaman bahasa yang dimiliki oleh penduduk Desa Tumijaya di antaranya ada Bahasa Jawa, Ogan, Komering, dan Batak. Nilai tanggung jawab yaitu kesadaran diri manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja, nilai kasih sayang, nilai keberanian, nilai cinta tanah air, dan nilai pendidikan.
PEMBINAAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA DI STIKES ALMA’ARIF BATURAJA Eka Damayanti
Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 3 No 2 (2021): October edition
Publisher : STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/spbs.v3i2.1377

Abstract

Pendidikan karakter telah menjadi pembahasan secara nasional. Mulai dari pusat hingga di daerah dan menjadi tanggung jawab utama bagi pelaksana pendidikan. Setiap pendidik berkewajiban untuk membina karakter generasi muda khususnya mahasiswa STIKES Alma’arif Baturaja. Hal ini menandakan bahwa dosen memiliki peran strategis di dalam membina dan mengembangkan karakter mahasiswa sehingga diperoleh karakter yang mencerminkan karakter manusia Indonesia. Pembentukan karakter bangsa tidak terlepas dari pembinaan karakter di lembaga pendidikan. Salah satu sarana yang dipandang strategis dalam membina karakter mahasiswa yakni melalui perkuliahan Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK). Bahasa Indonesia memiliki fungsi yang luar biasa di dalam mengembangkan kepribadian bangsa, yakni senantiasa berkepribadian, berperilaku, dan berbudi bahasa khas Indonesia. Ketundukan penutur bahasa sesuai dengan tata krama serta sopan santun berbahasa akan menghasilkan masyarakat yang berbudi luhur dan berkarakter.

Page 1 of 1 | Total Record : 7