cover
Contact Name
Antonius Satria Hadi
Contact Email
antonius_satria@widyamataram.ac.id
Phone
+6285643200962
Journal Mail Official
jmaefe.uwm@gmail.com
Editorial Address
Universitas Widya Mataram KT III/237, Jalan nDalem Mangkubumen, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta 55132 Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA)
ISSN : 27748790     EISSN : 27748804     DOI : https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2
Tujuan dari publikasi Jurnal Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) adalah untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang manajemen, akuntansi, dan bisnis kewirausahaan. Jurnal E-BISMA mempunyai e-ISSN (2774-8804) dan p-ISSN (2774-8790) yang berfokus pada masalah utama dalam pengembangan isu-isu terkait ilmu manajemen, akuntansi, bisnis kewirausahaan.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020" : 10 Documents clear
Pengaruh faktor budaya, faktor social, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian Hudani, Amalina
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.195

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh faktor budaya, faktor sosial, dan faktor probadi terhadap keputusan pembelian Rokok Sampoerna Mild. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau mengkonsumsi rokok Sampoerna Mild di Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang membeli atau mengkonsumsi rokok Sampoerna Mild di Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Metode penelitian analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan regresi berganda, uji t, uji R2. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor budaya (X1) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel faktor sosial (X2) tidak mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara variabel faktor pribadi (X3) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Analisa penilaian tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam “Kartini” Kaliurang Pakem, Sleman, Yogyakarta Saputro, Dwie Yulieanto; Mujino, Mujino
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.191

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam “Kartini” Kaliurang pada tahun 2015 sampai 2017 dilihat dari Aspek Permodalan, Aspek Kualitas Aktiva Produktif, Aspek Manajemen, Aspek Efisiensi, Aspek Likuiditas, Aspek Kemandirian dan Pertumbuhan, Aspek Jatidiri Koperasi. Jenis penelitian ini yaitu DeskriptifKuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam “Kartini” Kaliurang. Obyek yang digunakan dalam penelitian iniadalah Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam “Kartini” Kaliurang, tahun 2015 sampai dengan tahun 2017. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui teknik dokumentasi.Hasil penilaian tingkat kesehatan KoperasiSimpanPinjam “Kartini” Kaliurangtahun 2015 berada pada tingkat Cukup Sehat, tahun 2016 berada pada tingkat Cukup Sehat, tahun 2017 berada pada tingkatan Cukup Sehat.
Pengaruh earning per share dan price earning ratio terhadap return saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening Asrini, Enggar Dwi
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.196

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari earnings per share dan price earning ratio terhadap return saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening, dalam perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017 sebanyak 17 perusahaan. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 9 perusahaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER), serta variabel terikat adalah return saham. Variabel intervening dalam penelitian ini adalah kebijakan dividen melalui Divided Payout Ratio (DPR). Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa EPS mempunyai efek positif terhadap return saham, PER mempunyai efek positif dan signifikan terhadap return saham, EPS mempunyai efek positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR), PER mempunyai efek positif terhadap DPR, dan DPR mempunyai efek positif dan signifikan terhadap return saham.
Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal terhadap deviden payout ratio Ara’Afi, Hany Nurwahyu Muslimah
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.193

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji (1) analisis profitabilitas terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. (2) pengaruh likuiditas terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. (3) pengaruh struktur modal terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. Sampel pada penelitian ini adalah 11 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk menentukan variabel bebas yang berpengaruh pada variabel terikat. Hasil menunjukkan bahwa (1) profitabilias tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio; (2) likuiditas tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio; (3) struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap dividend payout ratio; (4) profitabilias, likuiditas, dan struktur modal bersama-sama mempengaruhi dividend payout ratio.
Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variable intervening Aini, Tika Nur
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.194

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen di Yogyakarta). Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan, kepercayaan, kepuasan pelanggan, dan komitmen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen JNE Yogyakarta yang tidak diketahui jumlahnya. Maka sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang diperoleh dari rumus, dengan metode purposive sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sementara teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda didukung dengan uji t, uji F, R2, dan uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji sobel.
Analisa penilaian tingkat kesehatan koperasi simpan pinjam Kartini Kaliurang Pakem, Sleman, Yogyakarta Dwie Yulieanto Saputro; Mujino Mujino
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.191

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Kartini Kaliurang pada tahun 2015 sampai 2017 dilihat dari Aspek Permodalan, Aspek Kualitas Aktiva Produktif, Aspek Manajemen, Aspek Efisiensi, Aspek Likuiditas, Aspek Kemandirian dan Pertumbuhan, Aspek Jatidiri Koperasi. Jenis penelitian ini yaitu DeskriptifKuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam “Kartini” Kaliurang. Obyek yang digunakan dalam penelitian iniadalah Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Kartini Kaliurang, tahun 2015 sampai dengan tahun 2017. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui teknik dokumentasi.Hasil penilaian tingkat kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Kartini Kaliurang tahun 2015 berada pada tingkat Cukup Sehat, tahun 2016 berada pada tingkat Cukup Sehat, tahun 2017 berada pada tingkatan Cukup Sehat.
Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal terhadap deviden payout ratio Hany Nurwahyu Muslimah Ara'Afi
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.193

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji (1) analisis profitabilitas terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. (2) pengaruh likuiditas terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. (3) pengaruh struktur modal terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate periode 2013-2017. Sampel pada penelitian ini adalah 11 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk menentukan variabel bebas yang berpengaruh pada variabel terikat. Hasil menunjukkan bahwa (1) profitabilias tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio; (2) likuiditas tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio; (3) struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap dividend payout ratio; (4) profitabilias, likuiditas, dan struktur modal bersama-sama mempengaruhi dividend payout ratio.
Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variable intervening Tika Nur Aini
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.194

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen di Yogyakarta). Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan, kepercayaan, kepuasan pelanggan, dan komitmen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen JNE Yogyakarta yang tidak diketahui jumlahnya. Maka sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang diperoleh dari rumus, dengan metode purposive sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sementara teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda didukung dengan uji t, uji F, R2, dan uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji sobel.
Pengaruh faktor budaya, faktor social, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian Amalina Hudani
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.195

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh faktor budaya, faktor sosial, dan faktor probadi terhadap keputusan pembelian Rokok Sampoerna Mild. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau mengkonsumsi rokok Sampoerna Mild di Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang membeli atau mengkonsumsi rokok Sampoerna Mild di Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Metode penelitian analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan regresi berganda, uji t, uji R2. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor budaya (X1) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel faktor sosial (X2) tidak mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara variabel faktor pribadi (X3) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh earning per share dan price earning ratio terhadap return saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening Enggar Dwi Asrini
Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) Vol.1, No.2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Widya Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37631/e-bisma.v1i2.196

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari earnings per share dan price earning ratio terhadap return saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening, dalam perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017 sebanyak 17 perusahaan. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 9 perusahaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER), serta variabel terikat adalah return saham. Variabel intervening dalam penelitian ini adalah kebijakan dividen melalui Divided Payout Ratio (DPR). Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa EPS mempunyai efek positif terhadap return saham, PER mempunyai efek positif dan signifikan terhadap return saham, EPS mempunyai efek positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR), PER mempunyai efek positif terhadap DPR, dan DPR mempunyai efek positif dan signifikan terhadap return saham.

Page 1 of 1 | Total Record : 10