cover
Contact Name
Rani Chandra Oktaviani
Contact Email
rani.co@lspr.edu
Phone
+6221-57942471
Journal Mail Official
servitejournal@lspr.edu
Editorial Address
Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Sudirman Park Campus. Jl. KH. Mas Mansyur Kav 35. Sudirman Park Campus. Jakarta Pusat 10220
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Servite
ISSN : 27145220     EISSN : 27162133     DOI : https://doi.org/10.37535/10200112019
Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat. Journal of Servite khususnya berfokus pada permasalahan sebagai berikut Pemberdayaan Sumber Daya Manusia bidang Komunikasi Diseminasi Informasi dan Edukasi Kepada Publik Pemberdayaan Literasi Media Bagi Generasi Muda Pemberdayaan UMK berbasis Komunikasi Digital Diseminasi dan Edukasi Potensi ASEAN sebagai Kawasan Destinasi Pariwisata dan Investasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Servite" : 5 Documents clear
Pendampingan Perempuan dalam Mendidik Keluarga untuk Menyikapi Informasi Berita Hoax Menjelang Pemilu 2019 di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan Marhaeni Fajar Kurniawati; Farida Kusuma Wardani
Journal of Servite Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Servite
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/102001220192

Abstract

Pentingnya kesadaran masyarakat melalui pemberian suara pada tanggal 17 April 2019, tentunya harus dipahami oleh masyarakat. Sosialisasi perlu dilakukan oleh lembaga terkait seperti KPU, berbagai media massa dan Perguruan Tinggi, agar informasi seputar PEMILU bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, terutama masyarakat bisa masyarakat bisa menghindari informasi yang berkaitan dengan berita bohong seputar informasi PEMILU, Sukses PEMILU merupakan sukses bangsa. Untuk mencapai hal tersebut pentingnya pendidikan politik masyarakat melalui sosialisasi pemilu 2019. Seorang ibu menempati posisi yang sangat penting dan strategis dalam sebuah keluarga dalam meningkatkan partisipasi, khususnya pada anak yang baru pertama kali mengikuti Pemilu atau sebagai pemilih pemula Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan Menambah pengetahuan dan kesadaran tentang bahaya berita hoax yang dapat mengganggu pelasanaan pemilu bulan April 2019. Pengetahuan masyarakat pemilih tentang tata cara pemilu dan pemberian suara yang disosialisasikan oleh KPUD Kalimanatan Selatan dan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad AlBanjari Banjarmasin.. Kegiatan ini dapat memberikan manfaat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pentingnya pemilu 2019 sehingga dapat lebih berperan pada pemilu 2019 dan dapat memberikan suara dengan benar, dengan demikian diharapkan terciptanya kondisi yang aman, tertib dan damai. Kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad AlBanjari Banjarmasin bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah Kalimantan Selatan. Metode pelaksaan pendampingan perempuan dalam mendidik keluarga untuk menyikapi informasi berita hoax ini meliputi kegiatan penyuluhan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum Propinsi Kalimantan Selatan dan dari Magister Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad AlBanjari Banjarmasin, dilanjutkan dengan simulasi dan tanya jawab. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 6 September 2018 pukul 13.00 WITA bertempat di masjid Nurul Anwar Barito Kuala Kalimantan Selatan. Hasil akhir yang diharapkan dari adanya kegiatan ini adalah para ibu ibu dapat menginformasikan kepada keluarga terdekat dan memberikan edukasi kepada keluarga agar dapat memilah dan memilih informasi sehat terutama yang berkaitan dengan informasi pemilihan umum Kata Kunci : pendampingan perempuan, mendidik keluarga, informasi
POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Desa Koto Sentajo Mempromosikan Objek Wisata Budaya Rumah Godang Genny Gustina Sari; Yohannes Firzal
Journal of Servite Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Servite
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/102001220191

Abstract

Salah satu desa di Kecamatan Kuantan Singingi Provinsi Riau yakni Desa Koto Sentajo ternyata menyimpan pesona wisata budaya berupa Rumah Godang yang merupakan warisan sejarah dan budaya masyarakat melayu di sana. Yang menarik dari rumah godang ini adalah karena mereka berada dalam satu lingkup wilayah sehingga sangat cocok dijadikan pilihan wisata budaya yang komplit dan unik. Sebagai upaya meningkatkan minat pengunjung, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Riau bekerjasama dengan Pemerintah Daerah berencana membantu masyarakat untuk lebih mengetahui dan mahir melakukan strategi dan teknik komunikasi persuasif melalui POKDARWIS ( Kelompok Sadar Wisata). Pengabdian ini direncanakan akan dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut. Pada tahun pertama 2018, kami berhasil memetakan kembali jenis rumah Godang yang ada di Desa Koto Sentajo, tim pengabdian mendampingi masyarakat membuat papan nama masing-masing rumah Godang, membuat kalender promosi, serta membuat peta desa. Tim pengabdian membantu promosi melalui pemberitaan dibeberapa media lokal, mempresentasikan hasil temuan di seminar nasional, menganalisis potensi desa serta hambatan yang dialami. Pengabdian tahun kedua lebih di fokuskan pada strategi komunikasi masyarakat dalam mempromosikan objek wisata. Dari segi komunikator, Tim Pengabdian dan pemerintah telah mengadakan pelatihan Tour Guide bagi remaja di Desa Sentajo. Dari segi Pesan saat ini telah diadakan pelatihan pembuatan web yang akan didampingi sampai web tersebut bisa di operasikan oleh POKDARWIS, khalayak tujuan juga saat ini dikembangkan dengan tidak lagi fokus hanya pada masyarakat di sekitar desa atau Provinsi Riau, tetapi juga meluas ke Provinsi lain seperti Sumatera Barat, Medan dan Aceh. Tidak lupa, tim bersama POKDARWIS juga mengadakan pelatihan pemanfaatan new media agar masyarakat bisa membantu pemerintah dalam mempromosikan wisata budaya Rumah Godang.
Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten Nur Kholisoh
Journal of Servite Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Servite
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/102001220193

Abstract

Selama ini banyak pihak yang belum peduli memberi informasi sehat tentang seks kepada anak dan remaja. Tidak heran kejahatan seksual yang dilakukan oleh remaja dan anak di bawah umur semakin marak. Sementara itu, penyebaran situs pornografi banyak terjadi di media sosial. Media sosial merupakan media online berbasis teknologi informasi. Teknologi adalah salah satu media yang dapat membantu manusia untuk dapat hidup lebih baik, namun jika teknologi disalahgunakan maka dapat menghancurkan penggunanya. Teknologi juga telah digunakan oleh masyarakat Kanekes Luar, Badui. Melalui teknologi mereka mengenal dunia luar meski tidak mengenyam pendidikan formal. Masyarakat Kanekes tidak mengenal sekolah, karena pendidikan formal berlawanan dengan adat-istiadat mereka. Akibatnya, mayoritas warga Kanekes tidak dapat membaca atau menulis. Kendati demikian, melalui teknologi yang mereka gunakan, mereka dapat mengakses berbagai informasi melalui media sosial, terutama di kalangan remaja. Penggunaan media sosial di kalangan remaja masyarakat Kanekes Luar perlu disikapi dengan bijak, mengingat konten yang ada di media sosial tidak selalu bermuatan postif, seperti muatan yang mengandung unsur pornografi. Oleh karena itu, literasi media menjadi hal yang sangat penting dalam upaya menyadarkan remaja Kanekes tentang bahaya pornografi terutama yang ada di media sosial YouTube.
Pembuatan Identitas Perusahaan Pembuat Kontainer Kafe Vessels Dessyca Elizabeth
Journal of Servite Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Servite
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/102001220194

Abstract

Vessels merupakan perusahaan jasa modifikasi pembuatan kontainer kafe sekaligus menyediakan training terhadap sumber daya manusia perancangan kontainer kafe. Perusahaan Vessels masih tergolong baru, berdiri sejak 2018, dan belum memiliki identitas perusahaan seperti logo. Untuk itu dirancang identitas perusahaan yang juga meliputi pengaplikasian logo pada stationary set, business documents, uniform, vehicle dan company profile. Perancangan yang telah menghasilkan identitas perusahaan tersebut disambut baik oleh pemilik Vessels. Pemilik merasa nyaman dan percaya diri dengan adanya visualisasi identitas perusahaan. Pemilik Vessels memilih tiga sketsa yang dibuat perancang karya. Logo yang dipilih merupakan logo yang merepresentasikan dirinya dan perusahaan Vessels.
Hambatan Komunikasi Event Project Team dengan Account Executive pada Perusahaan Jasa Event Organizer Twisbless Innaka Dwi Hasanti
Journal of Servite Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Servite
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/102001220195

Abstract

Berhasilnya sebuah event membutuhkan komunikasi yang baik antara tim project dan account executive pada perusahaan jasa event organizer. Project Team bertugas mengeksekusi acara di lapangan sedangkan tugas account executive adalah menjaga komunikasi antara tim internal perusahaan dengan kliennya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui arus komunikasi organisasi yang diterapkan tim project dan account executive di Event OrganizerTwisbless, serta untuk mengetahui hambatan komunikasi organisasi di perusahaan jasa Twisbless. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitiannya adalah karyawan Twisbless yang berperan sebagai tim project dan account executive. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap empat informan. Komunikasi organisasi yang diterapkan tim project dan account executive di Twisbless meliputi komunikasi internal dan eksternal. Komunikasi internal terbagi empat arus: komunikasi arus atas, komunikasi arus bawah, komunikasi diagonal, dan komunikasi horizontal. Terdapat hambatan pada proses komunikasi organisasi yaitu gangguan teknis, semantik, rintangan fisik, psikologi dan rintangan kerangka berpikir sehingga menimbulkan kendala dan dampak yang berpengaruh terhadap kelancaran suatu event.

Page 1 of 1 | Total Record : 5