cover
Contact Name
Jack Suman Rulis Manurung
Contact Email
jack.surru@gmail.com
Phone
+6281256988072
Journal Mail Official
jurnaljosepha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Afandi Rani, Jalur 2, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Location
Kab. landak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Journal of Sport Science And Physical Education
ISSN : 27224384     EISSN : 27224376     DOI : https://doi.org/10.38114/josepha.v4i2
Core Subject : Education,
This journal focuses on the research of a study on Sport and phisycal education. We facilitate the lecturers, researchers and teachers and welcome articles resulted from research or theoretical review. It is hoped that all of those articles can be beneficial for all of the readers. It is published twice a year on April and October.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021)" : 5 Documents clear
EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN ALAT KECEPATAN TENDANGAN PENCAK SILAT edi purnomo
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v2i2.155

Abstract

Cabang olahraga pencak silat merupakan salah satu olahraga prestasi, sebagai budaya bangsa yang harus dilestarikan. Hasil tendangan dalam pencak silat biasanya digunakan intrumen tes kecepatan berdasarkan kisi-kisi gerakan tendangan pencak silat. Selain tes yang berbentuk intrumen tes biasanya juga dapat dilakukan dengan mengukur hasil kecepatan tendangan pencak silat dengan alat manual (stopwach). Alat ini memiliki kelemahan dalam pengukuran. Biasanya adanya kekurangan dalam menghidupkan (on) dan mematikan (off) stopwach yang dilakukan oleh tester. Kekurangan ini dapat dibantu dengan pengembangan media pembelajaran kecepatan tendangan pencak silat. Pengembangan dilakukan dengan mendesain kecepatan tendangan pencak silat dengan media microcontroller yang dirangkaikan dengan saklar untuk memulai (on) dan saklar untuk mematikan (off) kecepatan tendangan pencak silat. Data penelitian pengembangan media pembelajaran kecepatan tendangan pencak silat dilakukan dari tim ahli materi sebesar 82,5%, ahli media sebesar 90% dan coba lapangan sebesar 92 %. Sehingga media pembelajaran layak digunakan dalam tes hasil kecepatan tendangan pencak silat.
Esports Sebagai Kategori Olahraga Kompetitif Atau Sekedar Kegiatan Rekreasi Menurut Definisi Dan Regulasi Di Indonesia Muhammad Reza Aziz Prasetya; Habibi Hadi Wijaya
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v2i2.154

Abstract

eSports berkembang pesat di seluruh dunia, dengan ditambahnya semakin banyak individu yang terlibat baik sebagai pemain atau penonton. Mulai dari pagi hari hingga malam hari, banyak sekali pemain yang masih aktif bermain, tidak hanya remaja yang terlibat, anak – anak serta dewasa juga terlibat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pemilihan deskriptif dalam penelitian ini didasarkan pada penelitian yang ingin mengkaji Esports sebagai salah satu kategori olahraga kompetitif atau sekedar kegiatan rekreasi menurut definisi dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Penulis merefleksikan apakah eSports ini dapat dianggap sebagai olahraga berdasarkan evaluasi lima karakteristik olahraga dan menilainya untuk eSports. eSports dan aktivitas fisik, terutama mengacu pada aktivitas fisik sebagai elemen inti dari olahraga. Unsur aktivitas fisik mengarah pada pendapat yang berbeda mengenai aktivitas seperti catur, poker, atau eSports, dan beberapa perdebatan tentang klaim mereka sebagai olahraga sedang berlangsung. Saat ini eSports bukanlah olahraga tetapi ada potensi eSports akan menjadi olahraga
Identifikasi Permasalahan Pembelajaran PJOK di SMP/MTs Se-Kecamatan Karangsambung Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021 Ibnu Prasetyo Widiyono
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v2i2.153

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 di SMP/MTs se-Kecamatan Karangsambung tahun ajaran 2020/2021. Sumber data penelitian adalah guru olahraga di Kecamatan Karangsambung.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah bagaimanapermasalahan pembelajaran PJOK di SMP/Mts se-Kecamatan Karangsambung pada masa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021.Hasil penelitian disajikan berupa mendeskripsikan datayang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.Dari hasil penelitian di sekolah SMP/MTs di Kecamatan Karangsambung Kebumen, terdapat lima kendala yang dihadapi di masa pandemi covid-19 yakni 1) penguasaan internet yang terbatas 2) kurang memadainya saran prasarana 3) terbatasnya akses internet. 4) kurang siapnya tenaga pendidik dan dana pada kondisi darurat. 5) kurangnya peran orang tua dalam proses pembelajaran. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah identifikasi permasalahan pembelajaran PJOK pada masa pandemi di SMP/MTs di Kecamatan Karangsambung tahun ajaran 2020/2021.
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA V SDN 101967 PETUMBUKAN TAHUN AJARAN 2021/2022 Ricky Rewildo Ginting
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v2i2.157

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanapeningkatan hasil belajar Lompat Jauh Melalui Media Audio Visual pada siswa kelas V SDN 101967 Petumbukan Tahun Ajaran 2021/2022. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa  25 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa Media Audio Visual terhadap hasil belajar Lompat Jauh.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Lompat Jauh masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 15 orang (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (13%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,7, sehingga terdapat kenaikan 25% hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Kata kunci :Lompat Jauh, Media Audio visual.                      ABSTRACTThis study aims to find out how to improve the long jump learning outcomes through audio visual media in fifth grade students at SDN 101967 Petumbukan for the 2021/2022 academic year. The time of the research was carried out in August 2021. The object in this study was class V students with 25 students consisting of 12 male students and 13 female students who would be given an action in the form of Audio Visual Media on the long jump learning outcomes.Based on student learning outcomes in the first cycle, the first learning outcomes test was carried out, it could be seen that the initial ability of students in performing the Long Jump technique was still low. Of the 25 students there are 15 people (60%) who have achieved mastery learning, while 10 people (40%) have not achieved mastery learning. With the average value of student learning outcomes is 76.3. Meanwhile, in the second cycle, it can be seen that the students' ability to perform classical learning outcomes tests has increased. Of the 25 students there are 22 people (88%) who have achieved mastery learning, while 3 people (13%) have not achieved mastery learning. With the average value of student learning outcomes is 80.7, so there is a 25% increase in learning outcomes from cycle I to cycle II. KEYWORDS: Long Jump, Audio Visual Media
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar PJOK pada Siswa Kelas V SD Negeri 104259 Citaman Jernih Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2020/2021 Muhammad Chairi Nasution; Muhammad Syaleh
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v2i2.156

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan siswa Kelas V SD Negeri 104259 Citaman Jernih Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yakni faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor internal), faktor yang datang dari luar (faktor eksternal) dan faktor dari pendekatan belajar dari siswa itu sendiri.Studi analisis deskriptif kualitatif menggunakan Teknik. Hasil analisis mean terdapat perbadingan antara faktor internal yang sering mempengaruhi hasil belajar dengan rerata 3,88, faktor eksternal yang juga sering mempengaruhi hasil belajar dengan rerata 3,58 dan faktor pendekatan belajar (approach to learning) dengan rerata 3,08 yang kadang-kadang mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal sering mempengaruhi hasil belajar siswa. Sedangkan faktor pendekatan belajar kadang-kadang mempengaruhi hasil belajarsiswa.Kata Kunci: Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan KesehatanAbstractThis study aims to analyze the factors that influence the learning outcomes of Physical Education, Sports, and Health for Class V students of SD Negeri 104259 Citaman Jernih, Perbaungan District, Serdang Bedagai Regency, for the 2020/2021 Academic Year. In this study, there are three factors that can affect the learning outcomes of Physical Education, Sports and Health, namely factors contained within students (internal factors), factors that come from outside (external factors) and factors from the learning approach of the students themselves.Qualitative descriptive analysis study using technique. The results of the analysis of the mean there is a comparison between internal factors that often affect learning outcomes with an average of 3.88, external factors that also often affect learning outcomes with an average of 3.58 and learning approach factors (approach to learning) with an average of 3.08 which sometimes affect student learning outcomes. So it can be concluded that internal and external factors often affect student learning outcomes. While the learning approach factors sometimes affect student learning outcomes.Keywords: Factors that affect learning outcomes, Physical Education, Sports, and Health

Page 1 of 1 | Total Record : 5