cover
Contact Name
Jack Suman Rulis Manurung
Contact Email
jack.surru@gmail.com
Phone
+6281256988072
Journal Mail Official
jurnaljosepha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Afandi Rani, Jalur 2, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Location
Kab. landak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Journal of Sport Science And Physical Education
ISSN : 27224384     EISSN : 27224376     DOI : https://doi.org/10.38114/josepha.v4i2
Core Subject : Education,
This journal focuses on the research of a study on Sport and phisycal education. We facilitate the lecturers, researchers and teachers and welcome articles resulted from research or theoretical review. It is hoped that all of those articles can be beneficial for all of the readers. It is published twice a year on April and October.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022)" : 5 Documents clear
SURVEI PEMAHAMAN MAHASISWA PRODI PENJASKESREK TERHADAP KURIKULUM MERDEKA adrianus alvindo
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v3i2.208

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman Mahasiswa mengenai kurikulum merdeka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunkan metode survei. Instrumen penelitian berupa Angket yang diberikan pertanyaan yang diberikan kepada Mahasiswa untuk mengetahui pemahaman terhadap kurikulumm merdeka. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi penjaskesrek angkatan 2019 yang berjumlah 29 Mahasiswa/i. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa Prodi Pejaskesrek angkatan 2019 terhadap kurikulum merdeka, paling banyak pada kategori baik atau setuju. Secara rinci, persentase hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh Sebanyak 32% responden menjawab memilih Sangat Setuju, sebanyak 42% responden menjawab Setuju, sebanyak 16% responden menjawab Tidak Setuju, dan sebanyak 10% responden menjawab Sangat Tidak Setuju dari pertanyaan yang peneliti berikan. Berdasarkan hal tersebut peneliti menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil survei pemahaman mahasiswa prodi Penjaskesrek sudah memahami kurikulum merdeka. Hal ini berdasarkan jawaban yang dipilih oleh para responden yang memilih butir jawaban Setuju paling banyak.Kata Kunci: Pemahaman Mahasiswa, Kurikulum merdeka.
ANALISIS TEKNIK SHOOTING PADA UKM BASKETBALL PATA Kemal Kemal; Ella Anugrarista
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v3i2.246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik shooting medium shoot pada atlet putri UKM BASKETBALL PATA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data mengunakan pengamatan (observasi) berupa survei dengan lembaran tes keterampilan teknik shooting medium shoot. Hasil penelitian diperhitungkan dengan rumus statistik deskriptif. Tempat penelitian adalah lapangan PERBASI kabupaten landak. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet putri UKM BASKETBALL PATA dengan jumlah 11 orang. Namun karena berberapa faktor hambatan dan jumlah yang terbatas maka peneliti hanya meneliti 5 sampel saja pada penelitian ini. Sesudah sampel dipilih maka dilakukan pengumpulan data dengan melakukan pencatatan pada data tes keterampilan medium shoot bola basket. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan teknik dasar medium shoot atlet putri UKM BASKETBALL PATA memeproleh hasil sebanyak 3 pemain (60%) memperoleh nilai dengan kategori baik, sebanyak 2 pemain (40%) dengan perolehan kategori sangat baik, kemudian untuk kategori cukup, kurang tidak ada (0%). Oleh sebab itu dari hasil penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa keterampilan medium shoot pada atlet putri UKM BASKETBALL PATA termasuk dalam kategori baik.
PENERAPAN TEKNIK EFFLEURAGE DAN PETRISSAGE TERHADAP PASIEN PENDERITA KELUHAN PADA OTOT LENGAN DI DUSUN REMAWAN Ya' Kurnia Irawan
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v3i2.261

Abstract

The aims of this study are (1) to find out whether the application of effleurage and petrissage techniques can alleviate the problems experienced by sufferers of arm muscle complaints in Remawan Hamlet. (2) To find out whether there is a difference between the application of manipulation of the effleurage and petrissage techniques on the problems experienced by sufferers of arm muscle complaints in Remawan Hamlet. This research is a descriptive quantitative research in the form of a survey. The subjects of this study amounted to 20 people with male criteria and the community in Remawan Hamlet. The data analysis technique used in this research is statistical calculation using percentage descriptive analysis. The results obtained that with the application of these two techniques, from 20 respondents there were 15 respondents with an average criterion of feeling "Very Satisfied" from 10 question items including 6 respondents stating "Very Satisfied" with the application of the effleurage technique and 9 people stating "Very Satisfied". Satisfied” with the application of the petrissage technique. While 5 respondents stated "Satisfied" including 4 people stated "Satisfied" on the effleurage technique and 1 person said "Satisfied" on the petrissage technique.
Analisis Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Penjas Pada Sekolah Dasar Negeri 46 Plasma 2 Ngabang Yohana Novaria; Ayu Sintiya; Gito Gito; Joko Joko
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v3i2.201

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum 2013 dalam pembelajaran penjas yang ada di Sekolah Dasar Negeri 46 Plasma 2 Ngabang. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum 2013 dalam pembelajaran penjas sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara langsung dengan guru penjas, angket, dan observasi bahwa untuk sarana dan prasarana sudah lengkap di Sekolah Dasar Negeri 46 Plasma 2 Ngabang.Sehingga sekolah yang kami teliti, memiliki sarana dan prasarana yang mempuni dalam pembelajaran penjas dan guru penjas di Sekolah Dasar Negeri 46 Plasma 2. Jumlah siswa di SD Negeri 46 plasma 2 Ngabang adalah 145 siswa/I, 87 siswa laki-laki, dan 58 jumlah siswa perempuan. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang mengharuskan siswa yang aktif dalam melaksanakan pembelajaran, dan guru juga harus menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa dalam pembelajaran, kurikulum 2013 adalah sistem kurikulum yang diterapkan di bidang pendidikan indonesia. Kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kurikulum 2006/ ktsp, yang berlaku kurang lebih 6 tahun.Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. dan guru juga harus bisa menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa didik dalam sebuah pembelajaran, kurikulum 2013 adalah sistem kurikulum yang diterapkan di bidang pendidikan indonesia. Kurikulum ini ditetapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kurikulum 2006/ ktsp, yang berlaku kurang lebih 6 tahun.Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. dan guru juga harus bisa menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa didik dalam sebuah pembelajaran, kurikulum 2013 adalah sistem kurikulum yang diterapkan di bidang pendidikan indonesia. Kurikulum ini ditetapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kurikulum 2006/ ktsp, yang berlaku kurang lebih 6 tahun.Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. yang berlaku kurang lebih 6 tahun. Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. yang berlaku kurang lebih 6 tahun. Tujuan kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.Kata Kunci: kurikulum 2013, pembelajaran penjasAbstrakThis study aims to determine the 2013 curriculum in physical education learning at the 46 Plasma 2 Ngabang State Elementary School. This type of research is qualitative. Data collection techniques used are interviews, observation, questionnaires and documentation. The results of the study show that the 2013 curriculum in physical education learning has been going well. This can be seen from the results of direct interviews with physical education teachers, questionnaires, and observations that the facilities and infrastructure are complete at the 46 Plasma 2 Ngabang State Elementary School. Thus, the schools that we studied had adequate facilities and infrastructure for physical education learning and physical education teachers at the 46 Plasma 2 State Elementary School. female student. The 2013 curriculum is a curriculum that requires students to be active in carrying out learning, and teachers must also be able to master the material that will be conveyed to students in a lesson, the 2013 curriculum is a curriculum system that is applied or applicable in the field of Indonesian education. This curriculum is still being applied by the government to improve the 2006/ktsp curriculum, which is valid for approximately 6 years. The purpose of the 2013 curriculum is to prepare Indonesian people to have the ability to live as individuals and citizens of faith, productive, creative, innovative, and effective and able to contribute to the life of society, nation, state, and world civilization.Kata kunci: Kurikulum 2013, pembelajaran pendidikan jasmani
PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLAHRAGA DI SMA DAYA PELITA 3 SIDAS TAHUN 2022 anjeli anjeli
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v3i2.205

Abstract

Indonesia adalah negara yang selalu berusaha mengikuti perkembangan Era Global dalam persuasi, setiap pergantian Kepala Negara (Presiden) juga Pergantian Menteri Pendidikan Perubahan Kurikulum pun dilakukan. Permasalahan yang dihadapi adalah, Kurikulum baru lahir pada tahun 2013 yang merupakan kurikulum berdasarkan kompetensi dan karakter. Sesuai dengan permasalahnya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan pembelajaran penjas, pengorganisasian pembelajaran penjas, pelaksanaan pembelajaran penjas, evaluasi pembelajaran penjas dan hambatan serta solusi pembelajaran penjas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan program pembelajaran penjas yang melibatkan kepala sekolah sebagai sumber informasi dalam penerapan manajemen kurikulum 2013 serta dilakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran penjas.Kata kunci : Manajemen pembelajaran, pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5