cover
Contact Name
Gatot Kusjono
Contact Email
disrupsi@unpam.ac.id
Phone
+6281386165113
Journal Mail Official
disrupsi@unpam.ac.id
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten Tel / fax : (021) 741 2566 / (021) 741 2566
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Disrupsi Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 2621797X     EISSN : 27466841     DOI : https://doi.org/10.32493/
Core Subject : Economy,
Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi dan bisnis. Lingkup jurnal Disrupsi Bisnis meliputi penelitian Manajemen, Akuntansi, Kewirausahaan, dan Bisnis
Articles 367 Documents
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property Nurmin Arianto; Sabta Ad Difa
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v3i2.6299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ke kantor pemasaran PT Nirwana Gemilang Property dan untuk pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumha responden berjumlah 86. Analisis yang dikunakan adalah analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdpaat pengaruh  yang positif dan signifikan baik secara parsial ataupun simultan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli.
PENGARUH DISIPLIN KERJA, MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK MAYBANK INDONESIA,TBK. CABANG PONDOK INDAH Eman Sulaeman
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v1i2.2116

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, motivasi dan budaya  organisasi terhadap kinerja karyawan  pada PT. Bank Maybank Indonesia,Tbk Cabang Pondok Indah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan asosiatif dengan tehnik pengambilan sampel proporsional random sampling. Metode analisis data menggunakan deskriptif dan verifikatif dengan analisis regresi, determinasi, serta pengujian hipotesis secara parsial maupun secara simultan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel independen berpengaruh  terhadap variabel dependen. Pengujian pengaruh secara simultan juga disimpulkan disiplin kerja, motivasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan kontribusi pengaruh sebesar 49,6%. Pengujian hipotesis diperoleh nilai probability  statistic < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci :  Disiplin Kerja, Motivasi, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan. 
Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Rice Browl Indonesia Di Plaza Asia Sudirman Arief Budi Santoso; Nur Khoirul Ramadhan
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v3i1.4290

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Rice Bowl Iindonesia di Plaza Asia Sudirman.Penilitian yang dilakukan bersifat deskriptif, metode pengumpulan data diantaranya dilakukan melalui studi kepustakaan serta studi lapangan dengan cara observasi, wawancara dan pembagian kuesioner atau angket. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden atau karyawan PT. Rice Bowl Indonesia. Metode pembuatan skala untuk kuesioner atau angket menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Kelayakan data pada penelitian ini diuji menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, melalui Koefisien Korelasi dan Koefisien Determinasi, pengujian Hipotesis melalui Uji t dan Uji F.Hasil penelitian ini menunjukkan dua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap satu variabel  dependen dengan persamaan regresi Y = -3,001 + 0,397 X1 + 0,598 X2 + e. Dari pengujian Hipotesis menggunakan uji statistik Fhitung > Ftabel (12,301 > 3,240) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap Produktivitas Kerja pada karyawan PT. Rice Bowl Indonesia.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KLINIK ZAP ONE BELPARK PONDOK LABU JAKARTA SELATAN Ugeng Budi Haryoko; Indri Tut Wuri Handayani
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v1i2.2107

Abstract

ABSTRAK       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan variasi produk terhadap keputusan pembelian pada klinik ZAP One BelPark Pondok Labu Jakarta Selatan. Responden penelitian ini sebanyak 90 orang yang dipilih, dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposional random sampling yakni pemilihan sampel dilakukan secara acak sederhana secara proporsional dengan cara diundi/dihitung proporsionalnya. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada klinik ZAP One BelPark Pondok Labu Jakarta Selatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai regresi yang didapat yaitu 0,330 (positif) nilai koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,468, dan nilai t hitung 3,837 > t tabel 1,987 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variasi produk terhadap keputusan pembelian pada klinik ZAP One BelPark Pondok Labu Jakarta Selatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai regresi yang didapat yaitu 0,464 (positif) nilai koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,562, dan nilai t hitung 5,397 > t tabel 1,987 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan variasi produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada klinik ZAP One BelPark Pondok Labu Jakarta Selatan. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier berganda yang didapat yaitu Y = 8,388+0,330X1+0,464X2 nilai koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,644, koefisien determinasi sebesar 40,2% dan nilai F hitung 30,860 > F tabel 3,10 dengan signifikan 0,000 < 0,05.Kata Kunci : Kualitas Produk, Variasi Produk, Keputusan Pembelian
Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin KERJA Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Lestari Kirana Persada Jakarta Selatan Lili Sularmi
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v4i1.9119

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Lestari Kirana Persada Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitaif. Uji instrumen yang digunakan berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Analisa data yang digunakan meliputi  uji t (parsial), uji F (simultan), analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi dan determinasi. Hasil uji parsial (uji t) kepemimpinan dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara simultan (Uji F) kepemimpinan dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan persamaan regresi Y = 10,706 + 0,464X1 + 0,279X2  dengan konstribusi pengaruh sebesar 56,0%. Hal ini diperkuat dengan hasil uji F dengan  nilai F hitung > F tabel atau (29,874 > 2,800) dan  probability signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Kepemimpinan, Disiplin kerja, Kinerja Karyawan.
PENGARUH STRESS KERJA, PROMOSI DAN TURNOVER KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN KOPERASI SIMPAN PINJAM SEJAHTERA BERSAMA CABANG BOGOR Wahadi Siamto
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v1i1.1671

Abstract

ABSTRAK              Sumber daya manusia (SDM) bukan sebagai beban perusahaan namun merupakan asset perusahaan yang paling penting karena tujuan perusahaan akan tercapai jika memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yang dapat bekerja secara maksimal (Robbins, 2010). Sumber daya manusia merupakan kemampuan potensial yang dimiliki oleh manusia terdiri atas kemampuan berfikir, berkomunikasi, bertindak dan bermoral untuk melaksanakan suatu kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Stres kerja terhadap Komitmen Organisasional Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama, mengetahui dan menganalisis pengaruh Promosi terhadap komitmen organisasional karyawan Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama, Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh turnover karyawan terhadap komitmen organisasional karyawan Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama dan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh stress kerja, Promosi dan turnover karyawan terhadap Komitmen Organisasional Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang didukung dengan sensus. Adapun jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian Stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai β= 0,929 dan signifikan pada taraf signifikansi 0,01. Kontribusi stres kerja untuk menjelaskan turnover intention sebesar (R) 0,784. Promosi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai β= -0,829 dan signifikan pada taraf signifikansi 0,01. Kontribusi promosi untuk menjelaskan turnover intention sebesar (R) 0,671. Stres kerja dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap komitmen organisasi. Kontribusi stres kerja dan promosi untuk menjelaskan turnover intention sebesar (R) 0,803 Kata Kunci; Stres Kerja, promosi, Turnover, Komitmen Organisasi
ANALISIS SEBERAPA JAUH TINGKAT PENDIDIKAN MENENTUKAN BAIK BURUKNYA PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DI WILAYAH JAKARTA SELATAN Endang Puji Astutik
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v2i2.3059

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis tentang tingkat pendidikan yang memiliki manfaat terhadap pengelolaan keuangan rumah tangga dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Data yang digunakan adalah data primer dan  sekunder, data primer berasal dari nara sumber langsung dan data skunder dari  studi kepustakaan, internet. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, kualitatif. Analisis tersebut digunakan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan baik buruknya pengelolaan keuangan rumah tangga khususnya wilayah Jakarta Selatan. Tingkat pendidikan sangat erat hubungannya untuk sukses atau tidaknya dalam mengelola keuangan pada khususnya keuangan rumah tangga. Adapun subjek penelitian adalah beberapa ibu rumah tangga yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Tujuan jangka pendek dari penelitian ini adalah untuk menemukan, mendeskripsikan, dan menganalisis seberapa jauh pendidikan  dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga di masyarakat wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari beberapa ibu rumah tangga atau perilaku yang diamati dan dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa ibu rumah tangga di wilayah Jakarta Selatan belum menerapkan ilmu manajemen keuangan dengan baik, semakin tinggi tingkat pendidikan beberapa ibu rumah tangga wilayah Jakarta Selatan semakin mengerti tentang anggaran-anggaran rumah tangga yang merupakan bagian dari pengelolaan manajemen keuangan. Semoga hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan ilmu dan ekonomi khususnya bagi para ibu rumah tangga. Kata Kunci : Pendidikan,  Pengelolaan Keuangan, Keluarga
PENGARUH BEBAN PAJAK KINI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA Wahyu Nurul Hidayati
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 3, No 3 (2020): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v3i3.8371

Abstract

Penelitian ini bertujuan unttuk menganalisis seberapa besar pengaruh beban pajak kini, kepemilikan manajerial dan perencanaan pajak terhadap manajemen laba. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2019. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 5 perusahaan manufaktur subsektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014-2019 dengan menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dari website Indonesia Stock Exchange (www.idx.co.id). Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan regresi linear. Untuk analisis data digunakan SPSS ver. 25 dengan analisis regresi linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Beban pajak kini berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur subsektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2014-2019, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (4,351 > 2,05183). (2) Kepemilikan manajerial berpengaruh berpengaruh tidak signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur subsektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2014-2019, dengan nilai signifikansi sebesar 0,019 < 0,05 dan nilai thitung < ttabel (-2,501 < 2,05183). (3) Perencanaan pajak tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur subsektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2014-2019, dengan nilai signifikansi sebesar 0,190 > 0,05 dan nilai thitung < ttabel (1,346 < 2,05183). Hasil penelitian secara simultan untuk beban pajak kini, kepemilikan manajerial dan perencanaan pajak terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur subsektor barang konsumsi dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai fhitung > ftabel (7,371 > 2,98)  
PENGARUH ROA DAN DAR TERHADAP EPS PADA PT. MANDOM INDONESIA TBK. TAHUN 2007 - 2017 Sutiman Sutiman
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v1i3.2854

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Return on Asset dan Debt to Total Asset Ratio terhadap Earning Per Share pada PT. Mandom Indonesia Tbk. Metode menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis digunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif.Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut:Tidak terdapat pengaruh signifikan antara ROA terhadap EPS dengan korelasi 0,339, kontribusi pengaruh 11,5%. Uji hipotesis ρ value 0,308 > 0,05.Terdapat pengaruh signifikan antara DAR terhadap EPS dengan korelasi positif 0,738, kontribusi pengaruh 54,5%. Uji hipotesis  ρ value 0,010 < 0,05.Terdapat pengaruh signifikan antara ROA dan DAR secara simultan terhadap Earning Per Share dengan korelasi positif 0,868 dan kontribusi pengaruh sebesar 75,3%. Uji hipotesis  ρ value 0,004 < 0,05. Kata Kunci : Return on Asset, Debt to Total Asset Ratio dan Earning Per Share.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Ramayana Lestari Sentosa Ciputat Armansyah Armansyah; Muhammad Nor Jailani
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v3i2.6294

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat dan sampel yang diguanakan adalah sebanyak 100 orang dengan menngunakan perhitungan slovin. Berdasarkan hasil hipotesis yang didapat yaitu thitung = 6,52914 dan ttabel = 1.984. Maka thitung (6,52914) > ttabel = (1.984), dengan demikian kriteria penguji yang dapat diterima ialah thitung > ttabel, maka Ho di tolak dan Ha di terima sehingga hipotesis yang diterima adalah adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa Ciputat. Hasil pengujian determinasi pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah sebesar 43,50 %, sedangkan sisanya 56.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis karena keterbatasan waktu, dana, dan tenaga.

Page 1 of 37 | Total Record : 367


Filter by Year

2018 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 5 (2024): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol. 7 No. 4 (2024): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol. 7 No. 3 (2024): [Mei-Juni] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol. 7 No. 2 (2024): [Maret-April] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol. 7 No. 1 (2024): [Januari-Februari] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol. 6 No. 6 (2023): [November-Desember] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 5 (2023): [September-Oktober] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 3 (2023): [Mei-Juni] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 2 (2023): [Maret-April] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 1 (2023): [Januari-Februari] Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 1 (2023): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 5, No 6 (2022): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 5, No 5 (2022): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 5, No 4 (2022): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Dissrupsi Bisnis Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 4, No 6 (2021): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 4, No 5 (2021): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 4, No 4 (2021): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 3, No 3 (2020): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 1, No 3 (2018): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 1, No 1 (2018): Jurnal Disrupsi Bisnis More Issue