cover
Contact Name
Kamal
Contact Email
assegafkamal@gmail.com
Phone
+6281341108090
Journal Mail Official
assegafkamal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Di Ponegoro No 14
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen
Published by Universitas Alkhairaat
ISSN : 2088107X     EISSN : 27226565     DOI : https://doi.org/10.31970/trend.v8i2.193
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Trend : Pemasaran, Produksi, Keuangan, SDM, Akuntansi dan Sistem Informasi ManajemenJurnal Trend adalah jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, jurnal ini di terbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat, jurnal ini merupakan hasil riset dalam dunia Ekonomi Manajemen, mencakup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.Jurnal Trend adalah jurnal yang berada di bawah program studi Manajemen yang telah diterbitkan semenjak tahun 2012. Jurnal Trend adalah media publikasi ilmiah berisi hasil-hasil penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis kritis mengenai kebijakan di bidang ekonomi, Fakultas EkonomiĀ  Universitas Alkhairaat menerbitkan JKE sebagai media bagi para akademisi untuk mengkomunikasikan berbagai penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis kritis terhadap kebijakan ekonomi.ISSN ONLINE : 2722-6565ISSN CETAK : 2088-107X
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2020)" : 6 Documents clear
PENGARUH HARGA, PROMOSI, LAYANAN PURNA JUAL, TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOTOR METIC PADA PT GIOVANI PALU Albar Alaydrus; Labandingi Latoki
Jurnal Ekonomi Trend Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v8i2.194

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi, Layanan Purna Jual, Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Motor Metic pada PT Giovani Palu. Penelitian ini merupakan uraian atau penjelasan dari hasil pengumpulan data primer berupa koesioner yang telah di isi oleh responden penelitian. Dalam penelitian ini, penentuan jumlah sampel menggunakan pendekatan Tabachic & Fidell (2002). besarnya sampel ditentukan sebanyak 25 kali variabel Independen jadi jumlah sampel yang digunakan adalah 75. Berdasarkan hasil pengujian Multiple atau koefisien korelasi (R) adalah hubungan antara ketiga variabel bebas yaitu harga, promosi, layanan purna jual, terhadap keputusan konsumen membeli sebesar 0,862 atau 86,2% artinya hubungan variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) adalah sangat kuat. R Square atau koefisien determinasi (R2) adalah melihat pengaruh antara variabel harga, promosi, layanan purna jual, terhadap keputusan konsumen membeli sebesar 74,3% artinya pengaruh variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen). Sedangkan sisanya 25,7% adalah pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Harga, Promosi, Layanan Purna Jual, dan Keputusan.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA VARIASI MOBIL DI KOTA PALU (STUDI PADA BENGKEL QOOL IT CAR STYLIST) Muhammad Umar A; Kamal Kamal
Jurnal Ekonomi Trend Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v8i2.195

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui variabel bauran pemasaran jasa, yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi, tempat pelayanan, orang, bukti fisik, dan proses yang secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa variasi mobil pada Bengkel Qool It Car Stylist di Kota Palu. (2) Untuk mengetahui variabel bauran pemasaran jasa, yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi, tempat pelayanan, orang, bukti fisik, dan proses yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa variasi mobil pada Bengkel Qool It Car Stylist di Kota Palu. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa (X) memiliki hubungan yang searah dengan keputusan konsumen (Y) sebesar 80.3% dan sisanya adalah 19.7% adalah faktor lain di luar penelitian. Bauran Pemasaran Jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat pelayanan, orang, bukti fisik dan proses juga di uji secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen dari bauran pemasaran jasa berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen adalah variabel produk, harga, proses, tempat pelayanan, orang dan proses. Sedangkan bukti fisik berpengaruh namun tidak signifikan. Dari hasil pengujian secara parsial ditemukan satu variabel yang berpengaruh dominan dan signifikan terhadap keputusan konsumen, variabel tersebut adalah Produk (X1), dengan nilai koefisien determinasi parsial sebesar 40.4% Kata Kunci: Produk, harga, promosi, tempat pelayanan, orang, bukti fisik, dan proses dan keputusan konsumen
PENGARUH SIKAP MENTAL, LINGKUNGAN KERJA DAN PENGHASILAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PT. UNGGUL WIDYA TEKNOLOGI LESTARI KABUPATEN MAMUJU UTARA Megawaty Sangkota
Jurnal Ekonomi Trend Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v8i2.196

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan Pengaruh Sikap Mental, Lingkungan Kerja dan Penghasilan berpengaruh serempak terhadap Produktivitas Karyawan PT. Unggul Widya Teknologi Lestari Kabupaten Mamuju Utara. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini Untuk mengetahui Pengaruh Sikap Mental, Lingkungan Kerja dan Penghasilan berpengaruh serempak terhadap Produktivitas Karyawan PT. Unggul Widya Teknologi Lestari Kabupaten Mamuju Utara. Metode yang digunakan Penelilti bersifat Deskriptif dengan alat bantu koesioner terhadap 38 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melihat pengaruh variabel sikap mental, lingkungan kerja, dan penghasilan terhadap produktivitas karyawan sebesar 63,2% artinya pengaruh variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen). Sedangkan sisanya 36,8% adalah pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Produktivitas, Sikap Mental, Lingkungan Kerja dan Penghasilan.
PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PARIGI MOUTONG Huzaemah Huzaemah
Jurnal Ekonomi Trend Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v8i2.197

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kompensasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat DPRD Kabupaten Parigi Moutong. Populasi dalam penelitian ini 38 orang dari seluruh pegawai pada sekretariat, karena jumlah populasi yang dijadikan sebagai obyek peneltian dapat dijangkau maka tidak diadakan penarikan sampel. Pengolahan data menggunakan program statiscal product and service solution (SPSS 19.0), setelah dilakukan uji statistik dengan menggunakan analisis regresi linear berganda maka hasil penelitian menunjukkan 1). Kompensasi dan kompetensi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. 2) kompensasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. 3) kompetetensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Kata kunci: Kompensasi, Kompetensi dan Kinerja Pegawai.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI PADA UNIVERSITAS ALKHAIRAAT PALU Ani Khuryatul Abadiyah
Jurnal Ekonomi Trend Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v8i2.198

Abstract

Hasil penelitian ini, menemukan bahwa (a) gaya kepemimpinan, dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Karena pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi maka pemahaman konsep dan karakteristik SDM, khususnya yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi dan komitmen organisasi, harus dipahami oleh pengambil keputusan final. Dan informasi memiliki peranan yang sangat penting dalam bagi kepemimpinan, dan budaya organisasi, dan dampaknya terhadap motivasi dan komitmen organisasi sangat memegang peranan yang sangat penting, (b) gaya kepemimpinan,dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, (c) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, dan (d) gaya kepemimpinan, dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi melalui motivasi. Kata kunci : Gaya kepemimpinan, Budaya organisasi, Motivasi dan Komitmen organisasi
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI KOMITMEN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UNIVERSITAS ALKHAIRAAT PALU Nasrula Kaiyeli
Jurnal Ekonomi Trend Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31970/trend.v8i2.199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi, komitmen dan kompensasi terhadap kinerja pegawai Universitas Alkhairaat Palu; pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai Universitas Alkhairaat Palu, pengaruh komitmen terhadap kinerja pegawai Universitas Alkhairaat Palu, pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai Universitas Alkhairaat Palu. Sampel dalam penelitian ini adalah yaitu 86 pegawai. Teknik penarikan sampel menggunakan metode sensus dengan tujuan agar dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang kondisi sebenarnya. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 28.014 pada taraf nyata Ī¬ = 0,05 atau Sig F< 0,05. nilai signifikansi F = 0,000. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa secara simultan variabel budaya organisasi, komitmen dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ; variabel budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai sig 0.002; komitmen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai sig 0.530.; kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai sig 0.242. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Komitmen, Kompensasi, Kinerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 6