cover
Contact Name
M. Ivan Ariful Fathoni
Contact Email
fathoni@unugiri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
james.pmtk@unugiri.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro Jl.A.Yani No.10 Bojonegoro Jawa Tmur 62115
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Mathematics Education and Science
ISSN : 26211203     EISSN : 26211211     DOI : https://doi.org/10.32665/james
Core Subject : Education,
Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April & October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature studies, analysis, and problem-solving in Mathematics Education or Mathematical Sciences (Algebra, Analysis, Statistics, Computing and Applied).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science" : 10 Documents clear
DLNN dan BPNN-GA Pada Prediksi Penyakit Diabetes di Bojonegoro Nita Cahyani; Alif Yuanita Kartini
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.416

Abstract

Diabetes terjadi ketika kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya. Di sisi lain, produksi insulin dianggap tidak mencukupi. telah dicatat dalam beberapa hari terakhir bahwa pangsa pasien yang menderita diabetes telah meningkat ke tingkat yang lebih besar di seluruh dunia. Masalah ini harus ditanggapi lebih serius untuk memastikan bahwa persentase tipikal orang yang menderita diabetes berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi lebih dini penyakit diabetes khususnya di Bojonegoro dengan cara memprediksi penyakit tersebut, sehingga dapat mengurangi penderita penyakit diabetes. Digunakan 2 metode dalam penelitian ini, yaitu Deep Learning Neural Network (DLNN) dan menggunakan metode optimasi bobot pada pelatihan Backpropagation Neural Network (BPNN) dengan Algoritma Genetika (GA) (BPNNGA) untuk memprediksi diabetes di Bojonegoro. Hasil penelitian ini menyajikan bahwa dengan menggunakan metode DLNN dan BPNNGA menghasilkan tingkat akurasi sebesar 94%.
Implementasi Metode Fuzzy C-Means dalam Clustering Wilayah Rawan Penyakit Demam Berdarah: Studi Kasus Provinsi Kalimantan Utara Ratna Dwi Christyanti; Abdul Arif; Adymas Putro Utomo; Muhammad Ayyub
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.933

Abstract

Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih saja menjadi salah satu epidemi penyakit tertinggi di Indonesia. Permasalahan ini terjadi pula di wilayah Kalimantan Utara. Dengan kondisi wilayah Kalimantan Utara yang berupa gugusan pulau, sulit bagi para tenaga kesehatan untuk mengakses daerah-daerah yang rawan epidemi DBD tersebut. Hal itu ditambah lagi dengan belum adanya peta prediksi penyebaran DBD di wilayah Kalimantan Utara. Oleh karena itu, perlu kiranya dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk membangun peta penyebaran penyakit ini di wilayah Kalimantan Utara dengan mempertimbangkan berbagai macam parameter penyebaran di antaranya jumlah populasi, tingkat infeksi, dan laju kesembuhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Fuzzy C-Means.  Tahapan metode penelitian yang akan dilakukan meliputi mengumpulkan sampel data penderita DBD di wilayah Kalimantan Utara, perhitungan secara matematis, implementasi program GUI Matlab, simulasi program. Sumber data yang digunakan adalah data sekunderdari Dinas Kesehatan Kalimantan Utara Tahun 2018 dan Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil yang diperoleh cluster 1 dengan indikator tinggi wilayah Tarakan, cluster 2 dengan indikator sedang wilayah Malinau dan Nunukan, serta cluster 3 dengan indikator rendah wilayah Bulungan dan Tana Tidung.
Metode Fuzzy Time Series Logika Ruey Chyn Tsaur untuk Prediksi Pola Data Trend Naik: Studi Kasus Pengiriman Jumlah Berat Barang dengan Transportasi Kereta Api Pulau Jawa Satuan Ribu Ton Tahun 2020 - 2022 Adika Setia Brata; Alfian Anhar; Windy Lestari; Yuliana Trisanti; Fakhrun Nisa
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.887

Abstract

Transportasi kereta api berkembang dari waktu ke waktu sesuai kebutuhannya. Terutama Infrastruktur transportasi yang berperan penting dalam mendukung mobilisasi dan aksesbilitas baik orang maupun barang dari tempat lain menuju ke suatu tempat tertentu sehingga menimalisir kesenjangan pada seluruh wilayah. Perbaikan transportasi khususnya kereta api diharapkan adanya pergeseran pertumbuhan, mempercepat pengembangan suatu daerah dalam wilayah. Jumlah barang yang diangkut melalui transportasi kereta perlu diprediksi untuk merumuskan target pertumbuhan ekonomi dan menetapkan kebijakan yang tepat dalam perekonomian di suatu daerah. Nilai tersebut dapat diprediksi menggunakan metode FTS (Fuzzy Time Series) yang dikembangkan untuk pola data trend naik. Tahapan metode FTS dengan Logika Ruey Chyn Tsaur untuk pola data trend naik perbedaannya terdapat pada tahap perhitungan dan hasil prediksinya. Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi nilai pertumbuhan jumlah berat barang yang diangkut melalui kereta api pulau jawa di masa yang akan datang dengan metode FTS (Fuzzy Time Series) Logika Ruey Chyn Tsaur untuk pola data trend naik serta menentukan tingkat akurasi hasil peramalan menggunakan MAPE (Mean Absolute Percentage Error). Penelitian ini dapat disimpulkan dalam akurasi pendugaan sangat baik, dengan menghasilkan nilai MAPE sebesar 8,05 %.
Pemodelan dan Peramalan Data Ekspor Sektor Pertanian Menggunakan Model Vector Autoregressive (VAR) Siti Ulfa Nabila; Novian Riskiana Dewi; Ana Risqa JL; Wahyu Hidayat Tullah
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.1030

Abstract

Model Vector Autoregressive (VAR) merupakan salah satu pemodelan dalam statistika yang dapat digunakan untuk pemodelan data multivariat time series yang biasa ditemukan dalam bidang keuangan, manajemen, bisnis dan ekonomi. Model VAR menganalisis data time series secara simultan untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat dan dapat menjelaskan perilaku hubungan antar variabel endogeneous maupun antar variabel endegeneous dan eksogeneous secara dinamis.  Selain itu model VAR juga dapat menjelaskan mengenai hubungan antar variabel selain hanya dipengaruhi oleh faktor dirinya sendiri dari waktu ke waktu dengan menggunakan Granger Causality.  Pada studi ini, kami akan mendiskusikan dan menentukan model terbaik yang dapat mendeskripsikan  hubungan antar tiga vektor data timeseries yaitu data nilai ekspor komoditas pertanian dengan variabel nilai ekspor biji kopi, biji coklat dan tembakau Indonesia di mana data merupakan data bulanan dari tahun 2007-2018.  Beberapa model diterapkan pada data seperti model VAR(1), VAR(2) ,VAR(3), VAR(4) dan VAR(5) . Hasilnya, model VAR(2) terpilih sebagai model terbaik dengan kriteria pemilihan model AICC, SBC, AIC dan HQC. Perilaku secara dinamis dari ketiga variabel nilai ekspor biji kopi, biji coklat dan tembakau Indonesia dijelaskan oleh Granger Causality. Selanjutnya, forecasting dari data ini dilakukan selama 10 bulan ke depan di mana model VAR(2) yang terpilih sebagai model terbaik hanya cocok digunakan untuk forecasting dalam waktu yang singkat.
Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SD Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematis Lailatusy Syakbaniyah Azzahroh; Rani Kurnia Putri
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.560

Abstract

Hasil studi PISA yang dirilis OECD tahun 2018, siswa di Indonesia termasuk dalam kategori rendah dan peringkat Indonesia dalam bidang matematika yaitu 66 dari 73 negara, rata-rata skor 379 dari 487 skor internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa perempuan dan laki-laki dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek yang digunakan yakni 6 siswa dengan rincian 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki di SD Negeri Taman Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahapan tes yaitu Tes Kemampuan Matematis (TKM), Tes Kemampuan Literasi Matematis (TKLM) dan wawancara yang dianalisis menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Instrumen soal sudah diuji validitas, reliabilitas, dan kesukaran soal sebelum digunakan. Hasil penelitian menjelaskan jika siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki yang ditunjukkan dengan siswa perempuan kemampuan tinggi dapat memenuhi 3 indikator literasi matematis pada kriteria soal mudah dan masing-masing memenuhi 1 indikator literasi matematis pada kriteria soal sedang serta sulit. Siswa perempuan kemampuan sedang juga memenuhi 3 indikator literasi matematis pada kriteria soal mudah dan kriteria soal sedang, untuk kriteria soal sulit tidak dapat memenuhi indikator literasi matematis. Siswa perempuan kemampuan rendah juga tidak dapat memenuhi indikator literasi matematis pada kriteria soal mudah, sedang, dan sulit, sedangkan laki-laki kemampuan tinggi hanya memenuhi 1 indikator literasi matematis pada kriteria soal mudah dan soal sedang, untuk kriteria soal sulit tidak dapat memenuhi indikator literasi matematis. Begitupun dengan siwa laki-laki kemampuan sedang dan rendah tidak dapat memenuhi indikator literasi matematis pada kriteria soal mudah, sedang, dan sulit.
Keefektifan dan Kepraktisan Modul Dasar Pemrograman Rahma Ramadhani; Nailul Izzati
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.1142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan serta kepraktisan modul dasar pemrograman. Untuk melihat keefektifan data yang digunakan adalah nilai pretest dan posttest, sedangkan untuk kepraktisan data yang digunakan adalah data validasi dari dosen praktisi. Untuk analisis data keefektifan peneliti menggunakan uji normalitas sebagai uji prasayarat karena data harus merupakan data normal, kemudian uji paired sample T-test untuk melihat ada tidaknya pengaruh penggunaan modul serta uji n-gain untuk melihat kategori keefektifan. Untuk analisis data kepraktisan menggunakan kriteria yang diadopsi dari Akbar. Penelitian menunjukkan hasil bahwa data hasil pretest dan posttest berdistribusi normal, dengan t hitung =22,514  2,145 (t tabel) yang memiliki signifikansi kurang dari 0,05 artinya modul memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan nilai. Penelitian ini juga melihat kategori peningkatan nilai yaitu pada kategori sedang.  Untuk kepraktisan, modul memenuhi kriteria sangat praktis dengan prosentase 88,35%. Dengan demikian penilitian ini menunjukkan bahwa modul memenuhi kriteria keefektifan dan kepraktisan.
Keefektifan Metode Problem Based Learning Terhadap Capaian Belajar Mata Kuliah Stokastik Sofia Andika Nur Fajrina; Karina Rubita Makhbubah; Bintang Alyaa Sabila; Muhammad Rizaldy Baihaqi; M.Fariz Fadillah Mardianto; Dita Amelia; Elly Ana
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.1338

Abstract

Proses Stokastik merupakan mata kuliah yang fundamental di Program Studi Statistika Universitas Airlangga. Penelitian ini memberikan gambaran hasil implementasi metode pembelajaran Proses Stokastik di Universitas Airlangga. Metode pembelajaran tersebut menggunakan dua metode yakni metode ekspositori berupa pembelajaran teori dan metode Problem Based Learning atau PBL berupa pembelajaran menggunakan pemahaman terhadap masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan populasi mahasiswa Program Studi Statistika Universitas Airlangga semester lima tahun ajaran 2021/2022. Untuk teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari satu kelas sebanyak 55 mahasiswa dengan perlakuan yang sama. Metode pengumpulan data dilakukan berdasarkan nilai tugas, UTS, PBL, dan UAS mata kuliah Proses Stokastik. Untuk nilai tugas dan UTS menggunakan metode ekspositori sedangkan untuk nilai PBL dan UAS menggunakan metode PBL. Selanjutnya, dianalisis menggunakan pengujian MANOVA untuk mengukur pengaruh variabel independen yang berskala kategorik terhadap beberapa variabel dependen sekaligus yang berskala data kuantitatif. Dari hasil analisis data yang dilakukan menggunakan pengujian MANOVA diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran yang digunakan terhadap capaian belajar mahasiswa mata kuliah Proses Stokastik.
Analisis Perbandingan Tingkat Inflasi di Indonesia Sebelum dan Pada Saat Pandemi Covid-19 Titania Tasya Wananda; Desinta Eka Sari; Nadhira Ferita Kusuma; Edy Widodo
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.1339

Abstract

Inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa secara menyeluruh dan berkelanjutan selama periode waktu tertentu. Dengan adanya Covid-19 berdampak pada aktivitas perekonomian yang dibatasi oleh pemerintah. Berdasarkan data BPS, tingkat inflasi Indonesia pada Maret 2020 sebesar 2.96% dan mulai turun dengan tingkat inflasi berkisar 1,3% sampai 2% selama Agustus 2020 – Februari 2022. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat inflasi di Indonesia sebelum Covid-19 dan selama Covid-19 menggunakan metode uji t berpasangan. Karena didapatkan bahwa data berdistribusi tidak normal, maka uji perbandingan menggunakan uji Wilcoxon yang merupakan uji non-parametrik dan didapatkan bahwa terdapat perbedaan inflasi pada sebelum dan selama pandemi Covid-19 di Indonesia.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep Vira Salsabila; Erfan Yudianto; Reza Ambarwati; Toto Bara Setiawan; Edy Wihardjo
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.1390

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa karena kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan menerapkan etnomatematika, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar matematika menjadi lebih maksimal. Keterkaitan antara Matematika dengan kehidupan sehari hari digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa dapat dengan mudah menemukan adanya matematika pada kehidupan nyata. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model 4D. Hasil penelitian menujukkan lembar kerja peserta didik yang sudah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dengan persentase 82,02% dengan ketegori baik, dan efektif dengan 25 siswa memenuhi kriteria tuntas dan jumlah keseluruhan siswa yang telah tuntas lebih dari  sehingga dapat dikategorikan dalam tuntas secara klasikal. Selain itu, Persentase hasil angket siswa yang memilih pilihan setuju dan sangat setuju sebanyak lebih dari 75% pada setiap indikator, maka lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika di Masjid Jamik Sumenep mendapatkan respon positif.
Analisis Komunikasi Matematis Siswa Melalui Soal Model PISA pada Era Literasi Digital Pasca Pandemi Covid-19 Anisa Fitri; M. Ivan Ariful Fathoni; Nurul Ilmiyah
Journal of Mathematics Education and Science Vol. 6 No. 1 (2023): Journal of Mathematics Education and Science
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/james.v6i1.1589

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan aspek penting dalam PISA. Dengan mengikuti program PISA, negara-negara maju dapat memperbaiki kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan soal model PISA. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bojonegoro dengan mengambil subjek kelas Sembilan. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analasis data kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Selanjutya untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianguasi metode, yakni membandingkan hasil jawaban siswa dengan hasil wawancara. Studi ini menemukan bahwa banyak siswa tidak terbiasa dengan masalah matematika yang berbeda dari biasanya. Mereka membutuhkan lebih banyak latihan dengan soal yang lebih sulit seperti yang ada di tes PISA. Jenis soal konten Uncertainty and Data dan juga soal konten Quantity merupakan jenis soal yang mendapatkan presentase kesalahan terbesar dari siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10