cover
Contact Name
Firdaus
Contact Email
firdaus@stieanindyaguna.ac.id
Phone
+6285278594970
Journal Mail Official
firdaus@stieanindyaguna.ac.id
Editorial Address
jl.tentara pelajar no 49 semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
ISSN : 2085773X     EISSN : 27461173     DOI : 10.0593
Core Subject : Economy,
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna dengan E-ISSN: 2746-1173 dan P-ISSN: 2085-773X merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan secara enam bulan sekali. Anindyaguna Ekonobisnis bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat untuk berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi, dan pemerhati ilmu di bidang manajemen. Anindyaguna Ekonobisnis diterbitkan oleh LPPM STIE ANINDYAGUNA, Anindyaguna Ekonobisnis menerima tulisan hasil kajian di bidang manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen kewirausahaan. Focus and Scope: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategis, Perilaku Organisasi, Manajemen operasi, Manajemen Pengetahuan Kewiraswastaan, Bisnis elektronik,
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna" : 6 Documents clear
The Influence of Policies With Islamic Norms And Travel Safety On The Interest Of Visiting Muslim Tourists In Halal Tourism Destinations In Indonesia Post Pandemi Covid 19 Firdaus Firdaus
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 5 No 1 (2023): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang dapat membuat wisatawan muslim Indonesia berminat mengunjungi destinasi wisata medis di Indonesia setelah pandemic covid 19. Dalam penelitian ini menggunakan dua variable bebas dalam mendukung minat kunjung wisatawan muslim di Indonesia yakni kesesuaian kebijakan dengan norma islam dan keamanan dalam perjalanan. Metodologi survei digunakan untuk mengumpulkan data. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan muslim Indonesia yang berjumlah 145 responden. Untuk memperjelas hubungan antara kesesuaian kebijakan dengan norma islam dan keamanan dalam perjalanan dengan minat kunjung wisatawan muslim tinjauan literatur kualitatif telah dilakukan. Ulasan ini telah mengungkapkan satu model struktural menghadirkan interaksi yang mungkin antara konstruk diamati. Confirmatory factor analisis telah digunakan untuk evaluasi model pengukuran yang diusulkan sementara pemodelan persamaan struktural telah digunakan untuk model structural penilaian dan pengujian hipotesis. Kesesuaian kebijakan dengan norma islam yang digunakan oleh penyedia jasa destinasi wisata di Indonesia terbukti dapat meningkatkan minat kunjung wisatawan muslim terhadap suatu destinasi wisata halal. Hal tersebut juga terjadi pada keamanan dalam perjalanan, artinya semakin keamanan itu terjamin keamanannya, maka minat kunjung wisatawan juga semakin meningkat. Dari uji statistika yang dilakukan ditemukan bahwa kesesuaian kebijakan dnegan norma islam lebih dominan mempengaruhi minat kunjung wisatawan muslim dibandingkan keamanan dalam perjalanan dalam penelitian ini.
Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Mengelola Potensi Wisata Untuk Meningkatkan Ekonomi Desa Punden Rejo Alivia Azzahra; Tiara Ermeli; Nur Haqqul Hisyam Al Ma’shum; Maulana Muhammad Hamzah; Juliana Nasution
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 5 No 1 (2023): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas terkait dengan upaya peningkatan ekonomi di Desa Punden Rejo dengan pengelolaan potensi wilayahnya melalui pengembangan sumber daya manusia. Pertumbuhan ekonomi dapat terlaksana salah satunya dengan pengembangan potensi wisata yang ada di suatau daerah. Peningkatan perekonomian, kesempatan lapangan kerja, meningkatnya pendapatan nasional, serta meningkatnya kesejahteraan dapat direalisasikan melalui peran pengembangan potensi wisata. Objek wisata yang dapat dikembangkan bukan hanya objek wisata yang ada di daerah perkotaan melankan objek wisata yang ada di wilayah pedesaan. Dalam pengembangan potensi wisata adanya sumber daya manusia sangat mempengaruhi dan berperan dalam hal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa upaya pengelolaan potensi wisata untuk meningkatkan ekonomi Desa Punden Rejo dilakukan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia dan disertai olah dukungan para stakesholder agar pengembangannya berjalan sebagaimana yang diharapkan. Akses yang mudah, adanya jaminan keamanan serta transparansi dalam pengembangan Potensi Wisata di Desa Punden Rejo akan memperbesar peluang banyak investor berinvestasi untuk pengembangan potensi wisata di Desa Punden Rejo.
Analisis Laporan Keuangan Bank Syari’ah Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Budi Dharma; Juli Syahputri; Aidhawani
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 5 No 1 (2023): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laporan keuangan menampilkan situasi finansial serta hasil usaha sebuah instansi ataupunlembaga di waktu tertentu ataupun berjangka waktu. Beberapa jenis laporan tersebut secaraumum diketahui sebagai pelaporan laba rugi, neraca, arus kas, dan perusahaan posisi finansial.Masih banyak kesalahan dan kurangnya media informasi bagi para analis atas laporan keuangansehingga data pelaporan keuangan dapat dimanipulasi dan merugikan pelanggan atau konsumen.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptifkuantitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa keputusan konsumen untuk memilih bankdengan kategori tinggi mencapai 3 orang yaitu 11.11% bernilai 52.12 ke atas. Sampel yangmemperoleh kategori sedang mencapai 18 orang yaitu 66.67% bernilai kisaran 48.1 -52.12,sampel yang memperoleh kategori rendah mencapai 6 orang yaitu 22.22% bernilai 48.1 kebawah. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwasanya keputusan konsumen menetapkanperbankan ditinjau berdasarkan pada laporan keuangan yang mampu dikategorikan sedang.
KOMPARASI APLIKASI MOBILE BANKING BANK SUMUT DENGAN APLIKASI MOBILE BANKING BANK PESAING Ardina Khoirunnisa Harahap; Waizul Qarnii; Ahmad Syukri
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 5 No 1 (2023): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mobile banking yang digunakan sekarang ini dapat mempermudah semuaurusan perbankan karena nasabah bisa melakukannya dengan lebih praktis. Tidak perlulagi menghabiskan waktu dan energi untuk mengunjungi bank atau Anjungan TunaiBNI (ATM) demi melakukan transaksi perbankan yang dibutuhkan. Pada Bank SumutKantor Cabang Syariah HM Joni Medan terjadi ketidakpuasan nasabah terhadaplayanan elektronik yang diberikan oleh bank, seperti sulitnya nasabah untuk melakukantransaksi akibat server Bank Sumut yang kurang lancar, sehingga adanya MobileBanking yang bertujuan untuk membantu transaksi nasabah. Penelitian inimenggunakan jenis pendekatan kualitatif dimana hasil penelitian ini diperoleh denganobservasi dan wawancara. serta menggunakan sumber data primer dan sekunder. Hasilpenelitian ini adalah Persepi Nasbah Dalam penggunaan Mobile Banking dapat Faktoryang mempengaruhi minat nasabah untuk menggunakan mobile banking ialah karenakenyamanan, kemanan, dan kemudahan yang diberikan oleh layanan mobile banking.Hal ini dikarenakan kenyamanan, keamanan dan kemudahan yang diberikan membuatnasabah tidak ragu lagi untuk menggunakan aplikasi mobile banking ini.
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING Pengguna Laptop Asus di Kota Semarang Nurhayati
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 5 No 1 (2023): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v5i1.82

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen serta untuk menganalisa dan mendeskripsikan pengaruh kualitas produk di moderating harga terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna laptop Asus dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling probability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan google form. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas,serta uji hipotesis menggunakan regresi sederhana, dan moderated regression analysis.Hasil penelitian ini menunjukan Adjusted R Square ada peningkatan angka 8,4%, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai, t hitung sebesar (10,519) > t tabel (2,004), nilai signifikansi. 0,000 < 0,05. dan Harga tidak mampu memoderasi (memperlemah) hubungan pengaruh antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Moderated Reggression Analysis (MRA) Koefisien b₂Z tidak signifikan (0,097 > 0,05), Koefisien b₃XZ tidak signifikan (0,725 > 0,05). dan R Square ada peningkatan angka sebesar 9,1%.
Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap Inflasi di Indonesia Periode 2013-2022 Bayu Teguh Wibowo; Muhammad Roby Jatmiko
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 5 No 1 (2023): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

: Penelitian ini berfokus pada pertumbuhan ekonomi dan bagaimana dampaknya terhadap inflasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan data time series dari triwulan pertama tahun 2013 sampai dengan triwulan ke empat tahun 2022 yang diperoleh dari website Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik dalam satuan persen. Data diuji dengan analisis regresi linear sederhana mempergunakan IBM SPSS v26 for Windows. Rumusan hipotesa H0 yaitu Pertumbuhan Ekonomi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi dan H1 yaitu Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inflasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, karena variabel Pertumbuhan Ekonomi mempunyai nilai signifikan 0,1 > 0,05 dan memiliki t hitung 2,722 > t tabel 2,024 yang menunjukan bahwa variabel Pertumbuhan Ekonomi tidak berpengaruh secara positif terhadap variabel Inflasi. Dan dengan nilai R Square sebesar 0,163 yang menunjukan hanya 16,3% Inflasi dipengaruhi oleh Pertumbuhan Ekonomi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6