cover
Contact Name
Firdaus
Contact Email
firdaus@stieanindyaguna.ac.id
Phone
+6285278594970
Journal Mail Official
firdaus@stieanindyaguna.ac.id
Editorial Address
jl.tentara pelajar no 49 semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
ISSN : 2085773X     EISSN : 27461173     DOI : 10.0593
Core Subject : Economy,
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna dengan E-ISSN: 2746-1173 dan P-ISSN: 2085-773X merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan secara enam bulan sekali. Anindyaguna Ekonobisnis bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat untuk berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi, dan pemerhati ilmu di bidang manajemen. Anindyaguna Ekonobisnis diterbitkan oleh LPPM STIE ANINDYAGUNA, Anindyaguna Ekonobisnis menerima tulisan hasil kajian di bidang manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen kewirausahaan. Focus and Scope: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategis, Perilaku Organisasi, Manajemen operasi, Manajemen Pengetahuan Kewiraswastaan, Bisnis elektronik,
Articles 68 Documents
ANALISIS KEPUASAN NASABAH MELALUI KEPRCAYAAN NASABAH, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK (STUDI KASUS PADA KOSPIN JASA CABANG WELERI) Firdaus Firdaus
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 1 No 2 (2019): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v1i1.4

Abstract

The very tight dynamics of business competition requires business actors to prioritize customer satisfaction so that consumers or customers do not move to other companies. One strategy that can be used by business people by increasing customer satisfaction. High customer satisfaction will facilitate business success, in this case customer satisfaction is seen as the spearhead in retaining customers. This study aims to examine the factors that influence customer satisfaction at Kospin Jasa Weleri Branch. This data research uses a questionnaire with a sample of 100 respondents in the Weleri region with a total number of questionnaires as much as 94. This sampling technique uses probability sampling, with one of the methods used is purposive sampling. The data obtained were then analyzed with the SPSS program. The results of this study are: (1) Customer trust has a positive and significant effect on Customer Satisfaction. (2) Service Quality has a positive and significant effect on Customer Satisfaction. (3) Product Quality has a positive and significant effect on Customer Satisfaction. (4) simultaneously customer trust, service quality, and product quality have a positive and significant effect on customer satisfaction in customer service branch Weleri.
PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Nurrofi, Akhmad
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 1 No 2 (2019): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh keadilan organisasi terhadap kepuasan kerjadan kinerja karyawan. Populasi yang digunakan dalampenelitian ini adalah seluruh karyawan PT yangberjumlah 320 orang. Teknik sampling dalam penelitianini dilakukan dengan sensus. Alat analisis yangdigunakan adalah teknik analisis jalur. Hasil yangdiperoleh pada penelitian ini adalah keadilan organisasiberpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, keadilanorganisasi berpengaruh positif terhadap kinerjakaryawan,
DETERMINAN KINERJA SUPPLY CHAINS Kukuh Mulyanto
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 1 No 2 (2019): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v1i1.6

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengujipengaruh information sharing, long term relationship,cooperation dan integration pada kinerja supply chains.Penelitian ini menggunakan data 108 UKM di Jepara.Analisis data menggunakan Structural EquationModeling (SEM) dengan bantuan program AMOS. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa information sharing,long term relationship, cooperation dan integrationprocess secara positif dan signifikan berpengaruhterhadap kinerja supply chains.
FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO M. Roby Jatmiko
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 1 No 2 (2019): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji danmenganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Atmosfir toko danlokasi Terhadap Kepuasan. Pengumpulan data dilakukan melaluipenyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada pengunjung toko HPShiba Comunication Semarang. Analisis data pada penelitian inimenggunakan bantuan SPSS versi 17. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa Atmosfir Toko berpengaruh positif dansignifikan terhadap Kepuasan, sedangkan Kualitas Pelayanan danFaktor Lokasi tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.
ANTESEDEN LOYALITAS PELANGGAN DALAM KONTEKS B2B. Asepta Hendriyanto
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 1 No 2 (2019): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji danmenganalisis Pengaruh kepercayaan, komitmen dan kepuasanTerhadap loyalitas pelanggan dalam konteks B2B. Pengumpulandata dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakanpada retailer di Semarang. Analisis data pada penelitian inimenggunakan bantuan SPSS versi 17. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa kepercayaan, komitmen dan kepuasanberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelangganKata kunci: kepercayaan, komitmen, kepuasan, loyalitaspelanggan.
PENGARUH REPUTASI LEMBAGA DAN PERSEPSI KUALITAS LAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MAHASISWA WA ODE SITTI NURRAHMAH
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 1 No 2 (2019): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v1i1.9

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadapi olehNegara Indonesia saat ini adalah bagaimanamemanfaatkan sumber daya manusia, yang jumlahnyasangat banyak untuk menjadi pendukung potensialpembangunan nasional yang sedang berlangsung.Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui seberapa besar pengaruhkepemimpinan dan dukungan terhadap lingkungankerja terhadap kinerja pegawai Dinas Bina MargaProvinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian iniadalah Dinas Bina Marga provinsi Jawa Tengah, yaitu241 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan: Ada pengaruh antara kepemimpinan dandukungan terhadap lingkungan kerja terhadap kinerjapegawai
ANALISIS PENGARUH CITRA LEMBAGA, KEPERCAYAAN TERHADAP LEMBAGA DAN KEPUASAN TERHADAP KOMITMEN RELATIONAL Wa Ode Sitti Nurrahmah
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 2 No 1 (2020): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v2i1.10

Abstract

Untuk perusahaan jasa, komitmen hubungan sangat penting untuk kesuksesan hubungan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh citra, kepercayaan, kepuasan mahasiswa terhadap komitmen relasional siswa/i di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 300 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling sensus. Ada beberapa temuan dari penelitian ini: (1) hipotesis pertama diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara citra terhadap komitmen relasional siswa; (2) hipotesis kedua diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kepercayaan terhadap komitmen relasional siswa; (3) hipotesis ketiga diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kepuasan terhadap komitmen relasional siswa.
ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN DUKUNGAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI Fiderius Ismanto
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 2 No 1 (2020): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v2i1.11

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh Negara Indonesia saat ini adalah bagaimana memanfaatkan sumber daya manusia, yang jumlahnya sangat banyak untuk menjadi pendukung potensial pembangunan nasional yang sedang berlangsung. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan dan dukungan terhadap lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah Dinas Bina Marga provinsi Jawa Tengah, yaitu 241 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Ada pengaruh antara kepemimpinan dan dukungan terhadap lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai
IMPROVEMENT OF MARKETING PERFORMANCE BASED ON PRODUCT INNOVATIVENESS Mulyanto, Kukuh; Firdaus, Firdaus
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 2 No 1 (2020): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v2i1.12

Abstract

The dynamics of business competition is very strict demands that businesses must have a good marketing performance to be able to compete with competitors. One strategy that can be used by businesses to improve marketing performance. Marketing a good performance will facilitate the success of a business, in this case the performance marketing is seen as the spearhead of success in achieving corporate goals for future. The purpose of this research is done in order to investigate the variable product innovativeness, towards differentiation advantage and cost advantage to improve the marketing performance of SMEs in Semarang. This data research using questionnaires. The sampling technique is to use probability sampling, with one of the methods used is purposive sampling.
The Effect of Debt Policy, Investment Decision , and Profitability on Firm Value (at Food and Beverages Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange in 2017 – 2019 Iin Indarti; Wenny Ana Adnanti; Nofitria Puspita Cahya Sari
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 3 No 1 (2021): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0593/jae.v3i1.13

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of debt policy (DAR), investment decision (PER) and profitability (ROE) on firm value at Food and Beverages companies listed on the Indonesian Stock Exchange in 2017 – 2019 either partially or simultaneously. The population used was financial report of Food and Beverages companies totaling 82 data or research populations. The samples were 66 data. The technique sampling used non probability technique, specified in judgement sampling. This study used multiple linear regression. The result showed that debt policy (DAR) had no effect on firm value, investment decision (PER) had a negative and significant effect on firm value, and profitability (ROE) had a positive and significant effect on firm value. Simultaneously it showed that debt policy (DAR), investment decision (PER) and profitability (ROE) significantly influenced firm value