cover
Contact Name
Ahmad Zakiyuddin
Contact Email
zaky@staici.ac.id
Phone
+6289523570605
Journal Mail Official
editornjce@gmail.com
Editorial Address
Jl.Raya Paowan No.25, Panarukan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68351 (Kompleks Ponpes Nurul Huda Paowan)
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
Nusantara Journal of Community Engagement
ISSN : -     EISSN : 27222411     DOI : https://doi.org/10.2020/njce
Core Subject : Education,
Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara mencakup artikel pengabdian masyarakat tentang pendidikan, termasuk Pendidikan untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia,pemanfaatan IPTEK untuk Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat, Kewirausahaan Sosial, dan Pendidikan Keluarga melalui pendidikan non-formal dan informal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): SEPTEMBER" : 7 Documents clear
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN KELAS DIGITAL BAGI GURU 4 SD SE-KECAMATAN LAMONGAN Durrotun Nafisah; Ratna Nurdiana
Nusantara Journal of Community Engagement Vol. 1 No. 2 (2020): SEPTEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2020/njce.v1i2.3665

Abstract

Dengan terbukanya akses informasi di era Revolusi Industri 4.0 dan perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat para guru bukan lagi menjadi sumber utama dalam pembelajaran. Hal ini menuntut para guru untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan kehadiran gadget yang sehari-hari mereka bawa dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan desain kelas digital dengan menggunakan aplikasi google classroom. Metode yang digunakan adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi, praktik kelompok, layanan bimbingan, simulasi dan presentasi kelompok. Hasil yang diperoleh meunjukkan bahwa guru kelas IV SD Se Kecamatan Lamongan sebagai peserta pelatihan memiliki keterampilan dalam mengembangkan desain kelas digital dengan menggunakan aplikasi google classroom mulai awal proses pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran
IMPLEMENTASI TECHNOPRENEURSHIP TERHADAP USAHA OJEK PENGKOLAN Rifa Alfianu Softina; Nurya Prawesty
Nusantara Journal of Community Engagement Vol. 1 No. 2 (2020): SEPTEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2020/njce.v2i2.3832

Abstract

Perkembangan Teknologi dan Internet semakin pesat. Salah satu perkembangan yang tampak yaitu perkembangan di dunia bisnis. Banyak enterpreneur menciptakan inovasi baru dengan teknologi sebagai penunjang dan peluang bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme dan manfaat dari penggunaan teknologi yang dapat memberikan kelancaran terhadap bisnis gojek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa teknologi memberikan dampak dan maanfaat yang sangat besar terhadap bisnis, dengan adanya technoprenuer juga dapat menghadirkan lapangan pekerjaan baru serta menghasilkan generasi kreatif dan inovatif.
PELUANG BISNIS DAN STRATEGI KESUKSESAN BISNIS COFFEE SHOP BERBASIS TEKNOLOGI (STUDI KASUS : CREMA COFFEE SURABAYA) Eulis Irawati Barus
Nusantara Journal of Community Engagement Vol. 1 No. 2 (2020): SEPTEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2020/njce.v1i2.3835

Abstract

Indonesia merupakan penghasil kopi terbesar nomor empat di dunia setelah brasil, vietnam dan kolombia, tak hanya dari produksi kopi, konsumsi kopi masyarakatnya pun tinggi. Meningkatnya konsumsi kopi dikarenakan banyaknya kedai-kedai kopi ataupun usaha sejenis yang menjajakan minuman ataupun kemasan olahan kopi. Dikarenakan menjamurnya usaha sejenis coffee shop diperlukan penggabungan teknologi dalam dunia bisnis (Technopreneur) agar mampu menghadapi persaingan bisnis yang tinggi. Penelitian ini merupakan kajian dari beberapa sumber yang telah sukses menjalankan bisnis coffee shop dengan mengkolaborasikan entrepreneur dengan technopreneur.
PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI OLEH PELAKU USAHA DI BANGUNSARI Annasia Oktaviana Fauzi
Nusantara Journal of Community Engagement Vol. 1 No. 2 (2020): SEPTEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2020/njce.v1i2.3836

Abstract

Di Bangunsari RT 07 terdapat berbagai macam kegiatan wirausaha yang dilakukan warganya. Terdapat usaha kuliner, fashion dan kelontong. Usaha-usaha ini berjalan seiring waktu dan menemui berbagai macam bentuk permasalahan antara lain masalah modal, tempat usaha, persaingan, pemasaran dan promosi. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya inovasi strategi dalam pemasaran dan promosi dengan menggunakan teknologi informasi agar dapat menyelesaikan masalah dan mencapai keuntungan maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan teknologi informasi oleh pelaku usaha di bangunsari.
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN IKAN CUPANG HIAS: Pengembangan usaha peternakan ikan cupang dengan analisis SWOT Muhammad Nabil Alfi
Nusantara Journal of Community Engagement Vol. 1 No. 2 (2020): SEPTEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2020/njce.v1i2.3838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis arah pengembangan usaha ikan hias air tawar, khusunya ikan cupang hias. Pernghobi ikan cupang hias semakin menjamur di hamper seluruh negara di dunia, khususnya di negera Indonesia ini. Pada kota Surabaya masih belum banyak peternak ikan cupang, oleh sebab itu dengan banyaknya penghobi pada kota Surabaya mempermudah peternak dalam penjualan ikan cupang hias hasil ternakannya. Total ikan yang dapat dihasilkan dari satu pasang ikan bisa mencapai 100 hingga 1000 ekor dalam 1 kali masa perkawinan. Dalam satu kali penjodohan bisa hingga 10 sampai 15 pasang ikan. Nebula Betta adalah kelompok budidaya ikan yang terletak di daerah Rungkut Tengah kota Surabaya. Peternakan ini berdiri pada tahun 2017 hingga saat ini masih memproduksi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendapatkan informasi tentang petani ikan cupang hias nebula betta.id, (2) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, (3) merumuskan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus.
PENDAMPINGAN KEGIATAN SHALAT DAN MENGAJI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PARENTING DI TPQ DESA CANGKRING KECAMATAN BLULUK KABUPATEN LAMONGAN Nur Zaini; Khubni Maghfirotun; Khumaidi Abdilah
Nusantara Journal of Community Engagement Vol. 1 No. 2 (2020): SEPTEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2020/njce.v1i2.3840

Abstract

Sholat merupakan tiang agama, dan hukumnya wajib, begitupun membaca Al-Quran atau yang sering disebut dengan mengaji. Walaupun mengaji hukumnya tidak wajib, namun jika sebagai kaum muslim kita dapat menjalankannya akan mendapatkan pahala. Namun permasalahan yang ditemukan di desa Cangkring ditemukan bahwa anak-anak dan menjalankan ibadah sholat dan mengaji masih belum memahami pentingnya menjalankan perintah Allah tersebut. Sehingga untuk menyikapi hal tersebut digunakan strategi yang tepat yaitu dengan menggunakan strategi parenting. Dengan menggunakan metode kualiatatif, sebagai eujud deskripsi atas kejadian dan fenomena yang ditemukan. Dan hasil yang diperoleh bahwa anak-anak di desa cangkring, semangat dalam menjalankan ibadah sholat berjamaah dimusholah, dan dilanjut dengan mengaji bersama setelah sholat berjamaah sholat Asar. Selain itu, para remaja juga sadar dalam menjalankan ibadah sholat jumat
PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEDAI KOPI CREMA COFFEE DENGAN METODE ANALISIS SWOT Silvana Puspa Nabila; Luqman Hakim
Nusantara Journal of Community Engagement Vol. 1 No. 2 (2020): SEPTEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2020/njce.v1i2.3899

Abstract

Perkembangan usaha kopi di Indonesia mulai menjamur beberapa tahun belakangan. Surabaya termasuk salah satu kota yang banyak memiliki usaha kopi ini, contoh kedai kopi yang sekarang sedang berkembang yakni Crema Coffee. Crema coffee merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner yang memproduksi dan mengolah kopi sendiri dengan bantuan teknologi mesin grinder. Ditengah krisis pandemik seperti ini, pemilik Crema Coffee memiliki strategi agar usahanya tidak sampai gulung tikar. Adapun tujuan dalam dibuatnya tulisan ini yakni mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pengembangan Crema Coffee. Kemudian, bagaimana cara pemasaran di tengah pandemi Covid-19 adalah optimalisasi strategi dalam digital marketing di sosial media, tetap menjaga kepercayaan konsumen, dan tetap mempertahankan mutu produk serta menjaga tingkat kehigienisan produk yang dijual.

Page 1 of 1 | Total Record : 7