cover
Contact Name
Adi Permana Sidik
Contact Email
buanakomunikasi@usbypkp.ac.id
Phone
+6285720033550
Journal Mail Official
adi.permana@usbypkp.ac.id
Editorial Address
Jl. PHH. Mustofa No. 68 Telp. 022-7275489, 7202841, Fax. 022-7201756 Bandung 40124
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
ISSN : 27742342     EISSN : 27742202     DOI : -
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the review process of the reviewers, which are related to communication science. The articles that are published can also be in the form of scientific ideas, theoretical and conceptual studies, as well as practical applications from both academics or practitioners in the field of communication. The scope of the Buana Communications Journal includes: Interpersonal Communication, Public Communication, Organizational Communication, Mass communication, Political Communication, Cultural Communication, Communication Ethics, and Religious communication.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): Desember" : 6 Documents clear
Perilaku Mahasiswa Dalam Menanggapi Informasi Hoaks Di Platform Whatsapp Taufik Sahroni; Sandra Irawaty
Jurnal Media Komunika Vol 2, No 2 (2021): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan atau pemahaman, perilaku pencarian informasi mahasiswa, dan cara melawan atau menangkal informasi hoaks di platform whatsapp terkait informasi pendaftaran kartu prakerja oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam (depth interviews). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) pengetahuan atau pemahaman mahasiswa terhadap informasi hoaks terkait informasi pendaftaran kartu prakerja sudah mengetahui apa itu informasi hoaks, tidak mudah percaya terhadap informasi yang didapatkan, dan mampu membedakan mana informasi benar dan mana informasi hoaks di platform whatsapp. 2) perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam menerima berita yaitu dengan mencari tahu dulu kebenaran berita yang didapatkan dengan cara cross-check kepada media-media terpercaya, dan memilki kewaspadaan dan keraguan dari berita yang kebenaran beritanya patut dipertanyakan. 3) cara mahasiswa melawan atau menangkal informasi hoaks yang beredar di platform whatsapp yaitu dengan cara tidak langsung mempercayai berita yang didapatkan, membaca dengan teliti dan melakukan cross-check, pintar berliterasi terhadap berita, tidak menyebarkan kepada orang lain, dan memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap bahaya informasi hoaks dan ikut serta dalam komunitas anti-hoaks.
Komunikasi Rukun Tetangga Dan Rukun Warga Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Saat Pandemi Covid-19 Witri Cahyati; Pupi Indriati Zaelani; Dina Dianti
Jurnal Media Komunika Vol 2, No 2 (2021): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk menganalisis dan mengkaji Komunikasi Rukun Tetangga dan Rukun Warga Kampung Pasir Jati Kabupaten Bandung Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Saat Pandemi Covid–19. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatanpenelitiannya yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan tidak berperan serta, wawancara mendalam, studi literatur/dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya dengan reduksi data, model data,dan penarikan kesimpulan, untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini dapat dijadikan model komunikasi yang dapat di aplikasikan oleh RT khususnya di kabupaten Bandung, umumnya di Negara Republik Indonesia. Dengan adanya model komunikasi yang ditemukan diharapkan menjadi solusi dari segala permasalahan yang terjadi di masyarakat terkait pandemi Covid–19 sehingga baik pengurus maupun warga sama – sama dapat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan  dan dapat menekan jumlah korban yang terpapar Covid–19.
Strategi Komunikasi Pemasaran Martabak Mertua Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Arief Mulya Utama; Nunung Sanusi
Jurnal Media Komunika Vol 2, No 2 (2021): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Eksistensi Martabak Mertua sebagai brand kuliner masih bertahan hingga saat ini sejak didirikan pada tahun 2015. Eksistensinya ini dibuktikan dengan menempati posisi ke-3 TOP Brand Award pada kategori martabak pada tahun 2019 dengan perolehan Indeks Top Brand 9,0% dan meningkat pada tahun 2020 dengan perolehan Indeks Top Brand 15,9%. Strategi komunikasi pemasaran berperan penting membentuk brand awareness dan peningkatkan omset penjualan Martabak Mertua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model komunikasi pemasaran Martabak Mertua dalam meningkatkan omset penjualan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan observas,i wawancara, dan studi dokumentasi.. Berdasarkan hasil penelitian, model strategi komunikasi pemasaran Mantabak Mertua yaitu dengan menerapkan konsep bauran komunikasi pemasaran 4P yaitu product, price, place, promotion yang dipadukan dengan berbagai instrumen komunikasi pemasaran seperti iklan, promosi penjualan, public relations, personal selling, dan direct & online marketing.
Representasi Sosok Muslimah Cantik Pada Akun Instagram @atalla_official Megah Purnamasari; Pupi Indriati Zaelani
Jurnal Media Komunika Vol 2, No 2 (2021): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai representasi sosok muslimah cantik pada foto katalog di Instagram. Pada era dulu hingga saat ini banyak sekali brand yang mendominasi penggunaan sosok perempuan bertubuh ideal pada setiap foto katalognya ditambah pada era digital saat ini foto katalog hadir di media sosial khususnya Instagram. Gambaran perempuan cantik bertubuh proposional telah menancap kuat dibenak masyarakat karena dalam kehidupan sehari-hari mereka selalu bertemu dengan banyak contoh bentuk iklan yang menawarkan berbagai macam produk maupun foto katalog setiap brand dengan menampilkan perempuan cantik, muda dan langsing dalam setiap bentuk dan promosi produk iklan. Hal tersebut jelas sangat berpengaruh juga pada citra dari brand itu sendiri. Peneliti mencoba meneliti fenomena tersebut dengan menggunakan analisis semiotika dengan mencari makna denotasi, konotasi, serta mitos. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi gambaran bagi public relations maupun brand agar mengetahui keefektifitasan penggunaan sosok muslimah cantik pada foto katalog di Instagram.
Pengaruh Efektivitas Komunikasi Konsultan Terhadap Kepuasan Klien Ramdani Ramdani; Widyapuri Prasastiningtyas
Jurnal Media Komunika Vol 2, No 2 (2021): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi konsultan dan kepuasan klien, serta bagaimana pengaruh efektivitas komunikasi konsultan terhadap kepuasan klien pada Addict Design Studio Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah efektivitas komunikasi konsultan sebagai variabel independen, sedangkan kepuasan klien sebagai variabel dependen.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah klien Addict Design Studio. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver  25. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial dan simultan menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi konsultan berpengaruh terhadap kepuasan klien di Addict Design Studio. Sedangkan besarnya pengaruh efektivitas komunikasi konsultan dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepuasan klien adalah sebesar 72,4%.
Persepsi Masyarakat Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Dina Dianti; Witri Cahyati
Jurnal Media Komunika Vol 2, No 2 (2021): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan, faktor, minat dan penyebab adanya perbedaan persepsi masyarakat di Kampung Pasir Jati pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1)Pengetahuan  masyarakat pada Program Studi Ilmu Komunikasi adalah mengetahui keberadaan program studi Ilmu Komunikasi dan menganggap Komunikasi itu penting tapi tidak cukup penting untuk dipelajari di perguruan tinggi. Masyarakat menganggap program studi Ilmu Komunikasi hanya untuk anak ekstovert, pandai berbicara dan bergaul. (2) Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat diantaranya pendapatan ekonomi yang rendah, kerangka rujukan, stereotif dan efek halo (3)Minat masyarakat Pada Program Studi Ilmu Komunikasi tergantung passion dan minat anak, keadaan ekonomi orang tua, ataupun tidak berminat karena malas belajar. (4)Penyebab adanya perbedaan persepsi masyarakat pada Program Studi Ilmu Komunikasi adalah faktor fungsional yang berasal dari kebutuhan, pengalaman masa lalu, latar pendidikan masyarakat serta  karakteristik masyarakat yang  berbeda.

Page 1 of 1 | Total Record : 6