cover
Contact Name
Heriyadi
Contact Email
psikoborneo@fisip.unmul.ac.id
Phone
+625414121765
Journal Mail Official
psikoborneo@fisip.unmul.ac.id
Editorial Address
Gedung Dekanat Fisipol Lantai 3, Jln. Tanah Grogot, Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman - Samarinda 75119
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 24772666     EISSN : 24772674     DOI : 10.3872/psikoborneo
PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi is a peer-reviewed journal which is published by Mulawarman University, East Kalimantan publishes biannually in March, June, September and December. This Journal publishes current original research on psychology sciences using an interdisciplinary perspective, especially within Organitational and Industrial Psychology, Clinical Psychology, Educational Psychology, and Experimental Psychology Studies. PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi published regularly quarterly in March, June, September, and December. The purpose of this journal is to disseminate ideas and results of research conducted by universities, particularly Psychology Studies, Faculty of Social and Political Sciences at Mulawarman University, which can be applied in society. PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi contains a variety of activities carried out both internally by the Social Sciences Mulawarman University or from externally in handling and overcoming various problems that occur in society by applying science and technology which can then be beneficial to improve the welfare of the society.
Articles 738 Documents
Penyesuaian Diri Orangtua dan Keberfungsian Keluarga yang Memiliki Anak Penyandang Autisme Juni Alvionita Nainggolan
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 3, No 3 (2015): Volume 3, Issue 3, Juli 2015
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v3i3.3788

Abstract

Penelitian mengenai penyesuaian diri orangtua dan keberfungsian keluarga ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri orangtua dan keberfungsian keluarga yang memiliki anak penyandang autisme di Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif berdasarkan dengan pendekatan studi kasus. Responden diambil berdasarkan purposeful sampling yaitu pemilihan subjek dalam penelitian didasarkan atas ciri-ciri yang memenuhi tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Metode pengumpulan data adalah metode wawancara mendalam (in depth interview), dengan enam subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keenam subjek memiliki gambaran penyesuaian diri dan keberfungsian keluarga yang hampir sama dalam menghadapi anak dengan gangguan perkembangan autisme.
Pengaruh Strategi Koping dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswi Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Dessi Rismelina
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Issue 2, June 2020
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v8i2.4902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi coping dan dukungan sosial terhadap ketahanan mahasiswa korban KDRT (studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 90 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman terpilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala ketahanan, strategi koping, dan dukungan sosial. Data penelitian dianalisis dengan regresi berganda dengan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan strategi coping dan dukungan sosial terhadap ketahanan KDRT santri dengan nilai f tabel (24,865> 3,10) dan p value = 0,000 (p <0,05). Kontribusi efek strategi koping dan dukungan sosial terhadap ketahanan KDRT santri sebesar 0,364; (2) terdapat pengaruh yang signifikan strategi koping terhadap ketahanan KDRT santri dengan koefisien beta (β) = 0,188, dan nilai t> t tabel (2,113> 1,987) dan nilai p = 0,037 (p <0,05); (3) Ada pengaruh yang signifikan dukungan sosial terhadap ketahanan KDRT siswa korban dengan koefisien beta (β) = 0,525, dan nilai t> t tabel (5,918> 1,987) dan nilai p = 0,000 (p <0,05).
Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Merokok Febriyanto Ari Wibowo
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 6, No 4 (2018): Volume 6, Issue 4, December 2018
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v6i4.4678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan pengendalian diri terhadap perilaku merokok pada siswa SMA Negeri 6 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 60 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku merokok, konformitas teman sebaya, dan pengendalian diri. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi berganda dan uji analisis regresi bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara konformitas teman sebaya dengan pengendalian diri terhadap perilaku merokok pada siswa SMA Negeri 6 Samarinda dengan R = 0,452, F hitung = 17,303 (F hitung <F tabel = 3,16), R2 = 0,204, dan p = 0,002 (p> 0,05). Selain itu, dari analisis regresi model bertahap diketahui bahwa terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku merokok dengan nilai beta = 0,348; t hitung = 2,940 (t hitung <t tabel = 1,670), dan p = 0,005 (p> 0,05). Kemudian dari hasil analisis regresi model langkah selanjutnya diketahui bahwa terdapat pengaruh pengendalian diri terhadap perilaku merokok dengan nilai beta = -0,301; t hitung = -2,548 (t hitung <t tabel = 1,670), dan p = 0,014 (p> 0,05).
Strategi Coping dan Kelelahan Emosional (Emotional Exhaustion) Pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Destryarini Miranda
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 1, No 2 (2013): Volume 1, Issue 2, April 2013
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v1i2.3283

Abstract

Penelitian ini menunjukkan ketidaksiapan ibu untuk menerima kenyataan yang tidak dapat dihindari, yang memiliki anak berkebutuhan khusus juga memengaruhi kehidupan ibu secara keseluruhan, terutama pada strategi koping dan kelelahan emosional. Ini terjadi karena dalam hal mengasuh anak, ibu lebih membutuhkan dukungan sosial-emosional dalam waktu yang lama dan lebih banyak informasi tentang kondisi anak serta dalam hal merawat anak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah empat subjek yang merupakan ibu dari seorang anak berkebutuhan khusus dan empat informan adalah suami subjek. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil umumnya menunjukkan bahwa subjek yang menggunakan coping yang berfokus pada emosi dan coping yang berfokus pada masalah tetapi subjek lebih cenderung menggunakan strategi coping yang berfokus pada masalah dalam menghadapi masalah dengan segera mencoba mengambil tindakan untuk mengatasi masalah dan terlibat dalam pemecahan masalah serta untuk membuat upaya mencari informasi diperlukan cara mengatasi masalah tersebut. Selain itu, subjek mengalami kelelahan emosional yang berpusat pada unsur-unsur gangguan fisik dan emosional seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, masalah tidur, dan kelelahan fisik, kebosanan, cemas, mudah putus asa, sulit beradaptasi, tutup mulut, lekas marah, kesepian, dan gelisah.
Hubungan Pemberian Kompensasi dan Lingkungan Kerja dengan Kepuasan Kerja Pegawai Tidak Tetap Hendy Atmawijaya Saputra
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 4, No 1 (2016): Volume 4, Issue 1, Maret 2016
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v4i1.3978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompensasi dan lingkungan kerja dengan kepuasan terhadap karyawan honorer di Sekretariat Daerah Kabupaten Paser. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, variabel dependen adalah kepuasan kerja dan variabel independen adalah kompensasi dan lingkungan kerja. Data dikumpulkan dengan skala kompensasi, skala lingkungan kerja dan skala kepuasan kerja. Sampel pada penelitian ini adalah karyawan honorer di Sekretariat Daerah Kabupaten Paser sebanyak 95 karyawan. Teknik pengambilan sampel dipilih dengan metode total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji tau-b Kendall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara kompensasi dengan kepuasan kerja karyawan dengan nilai F = 0,016 dan p = 0,824, serta terdapat hubungan yang tidak signifikan antara lingkungan kerja dengan kepuasan kerja karyawan dengan nilai F = 0,060 dan p = 0,406.
Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Loyalitas Merek Pengguna Smartphone Samsung Dwi Prayoga Prayoga
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 5, No 3 (2017): Volume 5, Issue 3, September 2017
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v5i3.4428

Abstract

Loyalitas merek pada diri seseorang pada dasarnya dimulai dari rasa puas akan merek yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas merek pengguna smartphone Samsung pada Komunitas SFS Kaltim Online Shop Kota Samarinda. Subjek penelitian ini adalah Anggota Komunitas Pedagang SFS Kaltim Online Shop Kota Samarinda dengan jumlah sampel 83 anggota. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala loyalitas merek dan skala kepuasan konsumen. Kedua skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan dengan menggunakan teknik analis data uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pada anggota Komunitas Pedagang Online Shop SFS Kaltim di Kota Samarinda.
Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Guru Tahfidz terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran Muhammad Zaini
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 8, No 3 (2020): Volume 8, Issue 3, September 2020
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v8i3.5381

Abstract

Motivasi menghafal Alquran terbentuk dari keyakinan santri bahwa mereka mampu mencapai target harian dalam menghafalkan Alquran dan didukung oleh guru tahfidz dalam bentuk emosional, penghargaan, materi, dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh efikasi diri dan dukungan guru tahfidz terhadap motivasi menghafal Alquran pada Santri SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda. Subyek penelitian ini adalah santri SMA Tahfidz Al-Izzah Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 87 santri. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi menghafal Alquran, skala efikasi diri, dan skala dukungan guru tahfidz. Ketiga skala tersebut disusun dengan bentuk skala model Likert dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji statistik nonparametrik berupa uji Kendall’s Tau. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan efikasi diri terhadap motivasi menghafal Alquran santri yaitu dengan nilai p = 0.000. Pada dukungan guru tahfidz terdapat pengaruh signifikan terhadap motivasi menghafal Alquran santri yaitu dengan nilai p = 0.003.
Pengaruh Pola Asuh dan Stabilitas Emosi Terhadap Kemandirian Mahasiswa Perantau Amelia Herawati
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 7, No 2 (2019): Volume 7, Issue 2, June 2019
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v7i2.4774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pola asuh dan stabilitas emosi terhadap kemandirian mahasiswa perantau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Likert, yang terdiri dari skala kemandirian, skala pola asuh, dan skala stabilitas emosi. Sampel penelitian ini adalah 43 mahasiswa perantau. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pola asuh dan stabilitas emosi terhadap kemandirian mahasiswa perantau, dengan nilai R = 0,421, f-hitung = 14,533 > f-tabel = 3,23 dan p = 0,000. Tambahan dari hasil model analisis regresi diketahui bahwa ada pengaruh pola asuh dan kemandirian mahasiswa perantau, dengan nilai Beta = 0,341, t-hitung = 2,635 > t-tabel = 2,020 dan p = 0,002. Kemudian, ada pengaruh stabilitas emosi terhadap kemandirian mahasiswa perantau dengan nilai Beta = 3,390> t-tabel = 2,020, dan p = 0,002.
Faktor-Faktor Pendorong Perilaku Diet Tidak Sehat Pada Wanita Usia Dewasa Awal Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Mulawarman Fadlullah Abdurrahman
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 2, No 1 (2014): Volume 2, Issue 1, Januari 2014
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v2i1.3569

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana faktor stimulus pola diet tidak sehat terhadap studi kasus wanita dewasa dini pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Faktor stimulus adalah perilaku proses yang meliputi motif, niat, dan karakteristik perilaku manusia dengan melihat perilaku yang terlihat dan tidak terlihat. Jumlah sampel 3 orang sebagai informan kunci adalah mahasiswa dewasa Universitas Mulawarman. Sampel diambil dengan menggunakan bola salju. Data diambil dengan wawancara mendalam yang menggunakan faktor indikator perilaku variabel stimulus. Data yang diambil dari penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa faktor dominan yang menyebabkan siswa melakukan diet, karena kurangnya kepercayaan pada siswa. Aspek muncul kurangnya kepercayaan pada siswa yang disebabkan oleh lingkungan sosial, di mana aspek eksternal yang saling terkait mempengaruhi aspek internal siswa melakukan diet. Kurangnya pengetahuan tentang diet sehat dan juga keinginan untuk menurunkan berat badan dengan cepat, menyebabkan siswa membuat pola makan yang tidak sehat terlepas dari efek samping yang ditimbulkan.
Stress dan Strategi Coping Pada Anak Pidana Decky Diyan Kesuma
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 4, No 3 (2016): Volume 4, Issue 3, September 2016
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikoborneo.v4i3.4099

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul Stress dan Strategi Coping pada Anak Pidana (Studi kasus di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Samarinda) dengan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran stress yang dialami anak pidana dan bagaimana bentuk strategi coping yang digunakan oleh anak pidana dalam mengatasi stressnya selama menjalani masa hukuman didalam lapas. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan stress yang dialami anak pidana selama berada di dalam lapas dan memberi gambaran mengenai bentuk strategi coping apa yang digunakan oleh anak pidana didalam lapas kelas IIA Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jumlah keseluruhan subjek dan informan dalam penelitian ini adalah 9 orang dengan alasan subjek penelitian yang dipilih oleh peneliti menyesuaikan keadaan atau situasi kondisi di tempat penelitian yakni, di Lapas Kelas IIA Samarinda. 5 subjek penelitian untuk di penelitian awal kemudian 4 subjek untuk penelitian lanjutan.  Kondisi pemicu (symptom) stress yang paling sering ditemui subjek penelitian ini adalah merasakan sakit kepala, mengalami kecemasan awal masuk ke dalam lapas, kegelisahan memikirkan kedua orangtua dirumah, kegagalan membahagiakan orangtua, mengalami kesedihan, depresi, dan ketidakmampuan rileks atau santai di dalam lapas. Kemudian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan emotion focused coping paling sering dipakai oleh subjek penelitian ini. Alasannya emotion focused coping lebih efektif untuk mencegah stressor selama anak pidana berada di dalam lapas dibandingkan dengan problem focused coping. Selain itu media untuk melakukan emotion focused coping banyak, tersedia, dan dilakukan hampir setiap hari.

Page 1 of 74 | Total Record : 738


Filter by Year

2013 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 3 (2023): Volume 11, Issue 3, September 2023 Vol 11, No 2 (2023): Volume 11, Issue 2, Juni 2023 Vol 11, No 1 (2023): Volume 11, Issue 1, Maret 2023 Vol 10, No 4 (2022): Volume 10, Issue 4, Desember 2022 Vol 10, No 3 (2022): Volume 10, Issue 3, September 2022 Vol 10, No 2 (2022): Volume 10, Issue 2, Juni 2022 Vol 10, No 1 (2022): Volume 10, Issue 1, Maret 2022 Vol 9, No 4 (2021): Volume 9, Issue 4, Desember 2021 Vol 9, No 3 (2021): Volume 9, Issue 3, September 2021 Vol 9, No 2 (2021): Volume 9, Issue 2, Juni 2021 Vol 9, No 1 (2021): Volume 9, Issue 1, Maret 2021 Vol 8, No 4 (2020): Volume 8, Issue 4, December 2020 Vol 8, No 3 (2020): Volume 8, Issue 3, September 2020 Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Issue 2, June 2020 Vol 8, No 1 (2020): Volume 8, Issue 1, March 2020 Vol 7, No 4 (2019): Volume 7, Issue 4, December 2019 Vol 7, No 3 (2019): Volume 7, Issue 3, September 2019 Vol 7, No 2 (2019): Volume 7, Issue 2, June 2019 Vol 7, No 1 (2019): Volume 7, Issue 1, March 2019 Vol 6, No 4 (2018): Volume 6, Issue 4, December 2018 Vol 6, No 3 (2018): Volume 6, Issue 3, September 2018 Vol 6, No 2 (2018): Volume 6, Issue 2, June 2018 Vol 6, No 1 (2018): Volume 6, Issue 1, March 2018 Vol 5, No 4 (2017): Volume 5, Issue 4, Desember 2017 Vol 5, No 3 (2017): Volume 5, Issue 3, September 2017 Vol 5, No 2 (2017): Volume 5, Issue 2, June 2017 Vol 5, No 1 (2017): Volume 5, Issue 1, Maret 2017 Vol 4, No 4 (2016): Volume 4, Issue 4, Desember 2016 Vol 4, No 3 (2016): Volume 4, Issue 3, September 2016 Vol 4, No 2 (2016): Volume 4, Issue 2, Juni 2016 Vol 4, No 1 (2016): Volume 4, Issue 1, Maret 2016 Vol 3, No 4 (2015): Volume 3, Issue 4, Oktober 2015 Vol 3, No 3 (2015): Volume 3, Issue 3, Juli 2015 Vol 3, No 2 (2015): Volume 3, Issue 2, April 2015 Vol 3, No 1 (2015): Volume 3, Issue 1, Januari 2015 Vol 2, No 4 (2014): Volume 2, Issue 4, Oktober 2014 Vol 2, No 3 (2014): Volume 2, Issue 3, Juli 2014 Vol 2, No 2 (2014): Volume 2, Issue 2, April 2014 Vol 2, No 1 (2014): Volume 2, Issue 1, Januari 2014 Vol 1, No 4 (2013): Volume 1, Issue 4, October 2013 Vol 1, No 3 (2013): Volume 1, Issue 3, Juli 2013 Vol 1, No 2 (2013): Volume 1, Issue 2, April 2013 Vol 1, No 1 (2013): Volume 1, Issue 1, Januari 2013 More Issue