cover
Contact Name
Hastuti Diah Ikawati
Contact Email
hastutiikawati@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM)
ISSN : -     EISSN : 27455955     DOI : -
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication. This journal is published every month since August 2020.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2020): November" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsN 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Puji Lastuti
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 4 (2020): November
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i4.195

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) siswa kelas IX.A MTsN 2 Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga Siklus. Subjek penelitian adalah siswa IX.A MTsN 2 Kudus yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keaktifan belajar siswa, dari siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 63,54% menjadi 73,26% pada siklus II dan siklus III sebesar 76,04%; 2) Hasil belajar matematika siswa yang diambil dari ranah kognitif dan ranah afektif. Untuk ranah kognitif dari tes siklus dimana siklus I diperoleh rata-rata 57,58 dengan ketuntasan klasikal sebesar 58,33%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 76,03 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,56%. Dan siklus III nilai rata-rata sebesar 79,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,89%. Sedangkan ranah afektif didapat dari lembar observasi afektif siswa dimana pada siklus I diperoleh persentase sebesar 48,26%; siklus II diperoleh persentase sebesar 56,25%; dan siklus III diperoleh persentase sebesar 66,32%; 3) Persentase respon siswa pada siklus I sebesar 87,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,19%. Sedangkan pada siklus III persentase respon siswa sebesar 90,28%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS VI MIS. MUHAMMADIYAH DEMBE I KOTA BARAT Rahma Bakari Mooduto
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 4 (2020): November
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i4.196

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievemen Divisions (STAD) untuk meningkatkan Pemahaman Siswa di Kelas VI MIS. Muhammadiyah Kota Barat. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas VI MIS. Muhammadiyah Kota Barat. Adapaun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VI MIS. Muhammadiyah Kota Barat. Adapun metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan beberapa tahapan yang di lalui di mulai dari perencaaan, tindakan/observasi dan refleksi. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model STAD indikator capaian pemahaman siswa masih jauh dari harapan peneliti. Maka perlu di tindaklajut dengan pelaksanaan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Di Siklus II mengalami kemajuan dari 73,5 % menjadi 81,3% atau indikator kinerja berhasil. Kesimpulannya bahwa dengan model STAD pemahaman siswa pada pembelajaran IPS khususnya pada materi koperasi Indonesia dapat di tingkatkan.
TINGKAT ANTUSIASME TERHADAP WEBINAR DI BKPSDMD PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG SEBAGAI SOLUSI ANTISIPASI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERFEKTIF SOSIAL Rachmat Bahmim Safiri
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 4 (2020): November
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i4.197

Abstract

Masa Pandemi Covid-19 yang panjang mempengaruhi segala sektor kehidupan masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melemahnya perekonomian, libur panjang dunia pendidikan, harga komoditas tambang, pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata dan sebagainya berimbas dengan daya beli menurun secara signifikan akhirnya roda pembangunan mengalami permasalahan. Sebagai mahluk ciptaan Allah manusia diberikan kemampuan berfikir/kecerdasan untuk mengantisipasi kesulitan yang dihadapi dalam kehidupan. Wabah di muka bumi adalah cobaan senantiasa dicarikan solusi sehingga semua ganjalan dapat teratasi secara bijak bukan malah khawatir berlebihan namun harus bersyukur bahwa semua kejadian ada hikmahnya. Kebutuhan yang besar untuk mendapatkan tatap muka tapi para pesertanya berbeda lokasi dapat dilakukan dengan cara online secara bersama-sama sesuai aturan yang disediakan. Solusi telah ditemukan oleh para pakar untuk mendapatkan informasi melalui dunia maya,semua lapisan mayarakat bisa menikmati tayangan secara online baik,lokal,nasional maupun internasional. Jaringan internet adalah kunci utama syarat menikmati tayangan webinar.Luar biasa sambutan pengguna fasilitas ini di tiap Kabupaten/Kota mulai pelosok sampai ke kota dalam berbagai profesi.
PELAKSANAAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS VIII A MTsN BOBOTSARI Siti Mudrikah
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 4 (2020): November
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i4.198

Abstract

Pendidikan Al Qur’an Hadits di MTs Negeri Bobotsari Purbalingga sebagai bagian dari integral dari pendidikan Agama, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian, peserta didik, tetapi secara subtansional Al Qur’an Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai agama sebagai mana terkandung dalam AlQur'an Hadits dalam kehidupan sehari– hari. Yang dimaksudkan pada penelitian tindakan kelas ini adalah hasil setelah siswa belajar, yaitu berupa nilai ulangan. Tutor sebaya adalah pembimbing atau pihak yang memfasilitasi akan suatu hal (kegiatan belajar) diambil dari sekelompok peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits sebelum Siklus I (pertama) di dapat nilai 56,4. Siklus II (kedua) 68,3 dan Siklus III (ketiga) 82,1. Dengan hasil tersebut dapat di ketahui bahwa nilai rata-rata atau hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Bobotsari 2012/2013 dengan kriteria yang cukup baik dan mengalami peningkatan, hal tersebut menunjukkan bahwa Pembelajaran Al Qur'an Hadits dengan bab Tolong menolong dan mencintai anak yatim dengan pelaksanaan tutor sebaya menunjukkan keberhasilan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN BERPANGKAT DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 20 KOTA BOGOR Siti Rofiqoh
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 1 No. 4 (2020): November
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v1i4.199

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Berpangkat Dengan Model Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas 9F SMPN 20 yang terdiri dari 32 peserta didik. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini di lakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019–2020. Hasil yang diperoleh pada pertemuan pertama, kedua dan pertemuan ketiga dirata – ratakan untuk menjadi hasil akhir dari setiap siklus. Jika dilihat kenaikan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I, terjadi kenaikan persentase ketuntasan sebesar 31,25 % yaitu ketuntasan belajar pada pra siklus sebesar 25 % menjadi 56,25 %, sedangkan dari siklus 1 ke siklus II,terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 21,88 % yaitu dari 56,25 % menjadi 78,13 %. terjadi kenaikan nilai rata-rata dari 53,13dari pra siklus menjadi 70,63 pada siklus 1 dan menjadi 78,12 pada siklus 2, berarti kenaikan sebesar 7,49. Apabila dibandingkan antara hasil tes pada kondisi awal dengan hasil tes pada siklus II, akan terlihat perubahan yang lebih signifikan yaitu kenaikan rata-rata nilai dari 53,13 menjadi 78,12, berarti kenaikan sebesar 24,99. Peserta didik yang memperoleh nilai mencapai KKM dari 8 orang atau sebesar 25 % menjadi 25 orang atau sebesar 78,13 %, berarti kenaikan sebanyak 17 orang atau sebesar 52,13 %. Sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai belum mencapai KKM yang semula sebanyak 24 orang atau sebesar 75 % berkurang menjadi sebanyak 7 orang atau sebesar 21,87%, berarti terjadi penurunan sebanyak 20 orang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5