cover
Contact Name
Hastuti Diah Ikawati
Contact Email
hastutiikawati@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM)
ISSN : -     EISSN : 27455955     DOI : -
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication. This journal is published every month since August 2020.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2022): Maret" : 5 Documents clear
ANALISIS KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN MAKROALGA DI KAWASAN PANTAI RANCABUAYA DESA PURBAYANI KABUPATEN GARUT Sriwahjuningsih, Dewi Hernawati, dan Crisya Monetha Raharjo
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 3 No. 3 (2022): Maret
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v3i3.581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk “Menganalisis Keanekaragaman dan Kelimpahan Makroalga di Kawasan Pantai Rancabuaya Desa Purbayani Kabupaten Garut” yang dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2020. Metode penelitian deskriptif. Sampel yang diambil adala 30 % panjang pantai Rancabuaya, yaitu 350 m yang dibagi menjadi 3 stasiun. Teknis pengambilan menggunakan teknis garis transek dengan menggunakan metode transek kuadrat (kuadrat transect) dimana dipasang 9 line transek dengan 72 transek kuadrat berukuran 1x1 m2 dalam 3 stasiun. Analisis data menggunakan rumus indeks keanekaragaman, indeks kemerataan, indeks dominansi, dan kelimpahan. Identifikasi dilakukan dengan membandingakan dengan internet dan juranal. Faktor lingkungan (abiotik) yang diukur yaitu suhu, intensitas cahaya, dan pH air laut. Hasil dari penelitian terdapat 11 spesies yang tergolong dalam 3 divisi, 7 0rdo, 7 famili dengan jumlah keseluruhan 5977 spesies. Hasil analisis data identifikasi makroalga Indeks keanekeragaman sebesar 0,891 yang termasuk kategori melimpah rendah, nilai indeks kemerataan sebesar 0,856 termasuk kondisi stabil, indeks dominansi sebesar 0,182 termasuk kondisi rendah dan nilai kelimpahan sebesar 9,1 termasuk kondisi kelimpahan kurang.
PENERAPAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 PARE KEDIRI) Roy Wahyuningsih
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 3 No. 3 (2022): Maret
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v3i3.582

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya yaitu dengan menerapkan dan memperbarui kurikulum 2013. Di dalam kurikulum 2013 terdapat gagasan Sistem Kredit Semester (SKS) yang berbasis mandiri, kemudian muncul modul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). SMAN Negeri 1 Pare telah menerapkan SKS maka seorang guru dituntut untuk mampu menyediakan UKBM. Dan siswa juga dituntut untuk menyelesaikan UKBM secara mandiri dalam proses pembelajaran salah satunya pelajaran Ekonomi kelas XI IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam mengembangkan kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pare yang berjumlah 141 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket online dengan menyebar kuisioner secara online kepada 35 responden dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam mengembangkan kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pare dengan nilai Sig. (0,004) < 0,05. Nilai R Square sebesar 0,220 yang berarti 22,0%, sehingga dapat disimpulkan presentase sumbangan pengaruh penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam mengembangkan kognitif siswa adalah sebesar 22%. Sedangkan sisanya (100% - 22% = 78%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran dalam penelitian ini sebaiknya guru lebih meningkatkan kinerja profesionalitas dengan cara menyesuaikan metode dan strategi pembelajaran untuk siswa. Lebih memantau kemampuan siswa, sehingga siswa yang berkategori lambat belajar bisa menyesuaikan dengan temannya yang lain.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 7 KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Sri Wahyuningsih
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 3 No. 3 (2022): Maret
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v3i3.583

Abstract

Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 7 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Pembelajaran IPS sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual siswa kelas VIIIA SMPN 7 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi dan aktivitas belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Bidang Studi IPS siswa kelas VIIIA SMPN 7 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar IPS siswa kelas VIIIA SMPN 7 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Model penelitian pada penelitian ini merujuk pada proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang meliputi menyusun rancangan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Kota Bima pada kelas VIIIA selama 2 siklus pada semester 2 dari bulan Pebruari sampai dengan April 2019. Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Kota Bima pada kelas VIIIA dengan jumlah siswa 30 orang terdiri dari laki-laki 10 orang perempuan 20 orang dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat peneliti simpulkan bahwa: Aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS meningkat dari siklus I hanya mencapai 20% meningkat menjadi 92% padasiklus II. Aktivitas pembelajaran mata pelajaran IPS yang dilakukan guru pada siklus I hanya 38% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Prestasi belajar siswa pada siklus I baru mencapai rata-rata kelas 53 dengan ketuntasan 11% meningkat menjadi rata-rata kelas 85 dengan ketuntasan belajar 90% pada siklus II berarti pencapaian ketuntasan klasikal sudah terpenuhi yaitu minimal ≥ 85%. Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti dapat memberikan saran: Guru IPS diharapkan mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk memilih metode ataupun teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Kepada guru IPS khususnya di SMPN 7 Kota Bima agar dapat menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar termasuk menggunakan model pembelajaran contectual agar keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 7 KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Nurkurniaty
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 3 No. 3 (2022): Maret
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v3i3.584

Abstract

Manusia memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share pada siswa Kelas VIII B SMPN 7 Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII B SMPN 7 Kota Bima. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Thing Pair Share dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VIII B SMPN 7 Kota Bima, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Inggris.
HEALT PREVENTION : OVERVIEW OF PARENTS' KNOWLEDGE AND ATTITUDE ABOUT DIARRHEA DISEASE IN THE CHILDREN'S POLY PARIAMAN HOSPITAL Aulia Asman and An Autika Asman
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 3 No. 3 (2022): Maret
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v3i3.585

Abstract

The incidence of diarrhea is not less than one billion episodes every year worldwide, 25-35 million of which occur in Indonesia. Each child under five experiences diarrhea two to eight times each year with an average of 3.3 times. From the results of the Pariaman Hospital medical record report, cases of diarrhea treated from January to August 2018 recorded 108 patients and diarrhea cases who visited the pediatric polyclinic from January to October 2017 recorded as many as 82 sufferers. The purpose of the study was to see how the knowledge and attitudes of parents about diarrheal disease at the Children's Poly Hospital of Pariaman Hospital were described. Diarrhea is an excessive loss of fluids and electrolytes that occurs due to the frequency of one or more bowel movements in the form of watery/liquid stools. The causes of diarrhea are infection factors, malabsorption factors, food factors, psychological factors. This research uses a descriptive method. This research was conducted on February 02 to February 09, 2018 at the children's poly hospital Pariaman. The target of this study were all parents who visited the children's polyclinic of RSUD Pariaman during the research period. A sample of 30 respondents using the Accidental Sampling technique. The data is processed using manual methods. From the results of the study in general, it shows that of the 30 respondents, who have low knowledge 56.7%, 63.3% have a negative attitude. Knowledge and attitude variables are a description that causes low knowledge and attitudes of parents at the Children's Poly Hospital Pariaman in 2018. It is hoped that parents can increase knowledge about diarrhea which is useful for reducing the incidence of diarrhea and increasing attitudes towards diarrheal disease, and immediately go to the hospital. or other health services if diarrhea occurs. It is also recommended for health care workers to play an active role in providing information and counseling about diarrhea.

Page 1 of 1 | Total Record : 5