cover
Contact Name
Ananda Setiawan
Contact Email
ananda.setiawan@ulm.ac.id
Phone
+6281265715244
Journal Mail Official
jee@ulm.ac.id
Editorial Address
Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JOURNAL OF ECONOMICS EDUCATION AND ENTREPRENEURSHIP
ISSN : 27465438     EISSN : 2745729X     DOI : https://doi.org/10.20527
Journal of Economics Education and Entrepreneurship (JEE) is a journal that was started publishing in 2020 in the Economics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. JEE is a collection of research articles and studies of lecturers, researchers, teachers, and students in the scope of economics education and entrepreneurship that has not been published elsewhere. The scopes of this Journal are Economics learning models, media & technology in economics learning, economics thinking processes, economics learning assessment, the curriculum in economics learning, professional development of economics teachers, entrepreneurship education, and Accounting.
Articles 48 Documents
Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Sosial Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Banjarmasin Mursida Husna; Rizali Rizali; Melly Agustina Permatasari
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 1 (2020): JEE, April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i1.2236

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memahami seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas berdasarkan kondisi belajar yang optimal, menunjukkan sikap tegas, memusatkan perhatian, dan memberi tujuan yang jelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini memakai penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini, sebanyak 142 anak didik yaitu seluruh siswa kelas X Jurusan Sosial di SMAN 8 Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik rumus Slovin, sehingga dapat ditentukan sampel sebanyak 106 siswa. Uji yang digunakan diantaranya: uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, linearitas. Sedangkan teknik analisis yang digunakan: uji regresi linier berganda, korelasi sederhana, korelasi parsial dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa kondisi belajar yang optimal (46,23%), menunjukkan sikap tegas (56,60%), memusatkan perhatian (50,94%), memberikan tujuan yang jelas (55,66%) kategori tinggi, dan motivasi belajar (75,47%) kategori tinggi. Nilai Fhitung sebesar 91,222 dengan p < 0,05 koefisien korelasi bersama sebesar 0,885 dan determinasi (R2) sebesar 78,3%. Terdapat pengaruh kondisi belajar yang optimal (X1), menunjukkan sikap tegas (X2), memusatkan perhatian (X3) memberikan tujuan yang jelas (X4) terhadap motivasi belajar (Y). Saran bagi siswa dapat meningkatkan mtivasi belajarnya, yaitu dengan meningkatkan keinginan untuk berhasil dalam belajar dan dorongan terhadap kebutuhan dalam belajar sehingga dapat mencapai cita-cita masa depan.
Pengaruh Business Center terhadap Faktor Penentu Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran SMK Bina Banua Banjarmasin Raudah Raudah; Rizali Hadi; Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 2 (2020): JEE, October 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i2.2429

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel pengaruh business center terhadap faktor penentu hasil belajar mata pelajaran produktif pemasaran Smk Bina Banua Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 62 orang siswa yang berasal  dari  kelas X dan XI program kejuruan pemasaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumemtasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan uji  faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Business center mempunyai pengaruh terhadap faktor penentu hasil belajar dengan Fhitung=3,724 dengan p<0,01 (signifikan). Pengaruh  business center dengan faktor penentu hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar (R) 0,455 dengan determinasi  (R²) 207.Kata kunci : Business center, faktor hasil belajar
Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Industri Kecil Dodol di Hulu Sungai Selatan Akhmad Haudi; Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang; Mahmudah Hasanah
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 1 (2020): JEE, April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i1.2239

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengembangan ekonomi kreatif pada industri kecil khusus nya dodol di daerah Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan serta mendeskripsikan bauran pemasaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Produksi pengrajin olahan dodol akan terus berkembang dikarenakan bahan baku yang mudah didapat dan selalu tersedia, ditambah para supplier bahan baku yang dapat mengantarkan bahan baku ketempat produksi mereka. (2) Proses pembuatan masih menggunakan cara yang tradisional tidak menggunakan mesin yang lebih canggih dikarenakan harga mesin yang mahal dan juga biaya perawatan yang tentu mahal. (3) Produksi rumahan yang tradisional dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar di daerah tempat rumah produksi, sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran didaerah kota Kandangan. (4) Kemasan masih sederhana hanya menggunakan plastik transparan sehingga kurang menarik bagi konsumen, tidak seperti produksi daerah lainnya yang memiliki tampilan kemasan yang menarik contohnya dodol didaerah Garut.
Pengaruh Minat Menjadi Guru terhadap Kebiasaan Belajar Mahasiswa Muna Hartini; Sri Setiti; Mahmudah Hasanah
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 2 (2020): JEE, October 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i2.2424

Abstract

Minat akan membentuk keberagaman belajar pada setiap mahasiswa sehingga membentuk kebiasaan pada setiap mahasiswa dalam belajarnya. Keberagaman tersebut tergantung individu masing-masing dalam belajar untuk mengembangkan minatnya pada profesi guru. Tujuan penelitian untuk: (1) Mengetahui minat mahasiswa pada profesi guru. (2) Mengetahui kebiasaan mahasiswa dalam belajar. (3) Mengetahui minat mahasiswa pada profesi guru yang mempunyai pengaruh pada kebiasaan mahasiswa dalam belajar. Kegunaan dalam penelitian ini untuk mengetahui data dilapangan sesuai kenyataan yang dihitungan menggunakan kuantitatif untuk menjawab hasil sebuah penelitian. Sampel yang diambil 160 menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan rumus Slovin. Data yang diambil menggunakan kuesioner dan hasil jawaban responden dijadikan dokumentasi. Penganalisisan penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) Minat mahasiswa pada profesi guru dengan persentase sebesar 79,39% berada pada kategori tinggi dilihat dari hasil sub variabel yaitu adanya wawasan dan informasi pada profesi guru, adanya perasaan senang, ketertarikan dan perhatian pada profesi guru serta keinginan, usaha dan keyakinan terhadap profesi guru. (2) kebiasaan mahasiswa belajar dengan persentase sebesar 71,85% berada pada kategori tinggi dilihat dari hasil sub variabel yaitu teknik mengikuti kuliah, teknik belajar mandiri di rumah, teknik belajar kelompok, teknik mempelajari buku pelajaran, teknik menghadapi ujian, membuat jadwal dan pelaksanaannya dan mengerjakan tugas. (3) adanya pengaruh minat mahasiswa pada profesi guru dengan kebiasaan belajar dengan nilai product moment rxy 0,290 berada pada interval 0,20-0,399 berada pada kategori rendah dilihat dari model summary pada hasil analisis regresi linier sederhana.
Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Memajukan Hasil Belajar Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal Siti Jamiah Dewi; Sri Setiti; Mahmudah Hasanah
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 1 (2020): JEE, April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i1.2232

Abstract

Tujuan dari penelitian ini: (1) agar tahu bagaimana guru dalam menggunakan model berbasis proyek. (2) agar tahu bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (3) Untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat  meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi ekaperimen kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, pilihan ganda. pengambilan sampel Non-Rendomized Control-GroupPretesr-Posttest dengan jumlah sampel 63 Hasil penelitian menunjukkan: (1) guru dalam menerapkan dengan sangat baik. (2) hasil belajar pserta didk sebelum dan sesudah memakai model pembalajaran berbasis projek sebelum menggunakan model pembelajar berbesis projek pada kelas eksperimen memiliki skor tertinggi sebesar 16% dengan kategori baik, dan skor terendah 56% dengan kategori rendah, kelas kontrol mendaparkan skor tertinggi 10% katagori amat baik dan skor terendah sebesar 10% katagori amat rendah. Setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek kelas eksperimen mendapatkan skor tertinggi sebesar 50% dengan kategori baik, nilai afektif mendapatkan skor sebesar 47% katagori amat baik, psikomotorik mendapatkan skor 56% amat baik. Kelas kontrol mendapatkan skor sebesar 35% dengan kategori sedang, afektif mendapatkan skor sebesar 52% dengan kategori sedang, psikomotorik mendapatkan skor sebesar 54% dengan kategori sedang. (3) terdapat berubahan hasil belajar yang belum dan yang sudah memakai pembelajaran projek dengan kenaikan 34,16%. sehingga kesimpulannnya model pembelajarn projec based leaning dapat menirgkatkan hasil belajar pelajar dengan hasil uji independent-test nilai thitng sebesar 4,862 dan ttabel sebesar 1,670 (thitng > ttebel) pada taraf kesalahan 5% sigrifikan sebesar 0,0000 < 0,05 Ha diterima.
Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Akuntansi terhadap Karakter Kejujuran Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP ULM Nur Izzati Ilma; Rizali Hadi; Muhammad Rahmattullah
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 2 (2020): JEE, October 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i2.2425

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk menentukan sejauh mana pengaruh persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 174 mahasiswa. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif dan analisis uji korelasi product moment. Hasil penelitian didapatkan bahwa berdasarkan uji korelasi product moment menunjukan bahwa koefisien korelasi mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran rhitung sebesar 0,201 lebih besar dari rtabel 0,148 pada taraf 5%. Karena koefisien korelasi yang didapat lebih besar dari 0,05 dan taraf signifikan (sig) 0,008<0,05 maka Ho ditolak. Hal ini terjadi ada korelasi yang signifikan antara mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran mahasiswa Pendidikan Ekonomi ULM.
Analisis Kesehatan Koperasi Tri Civitas FKIP ULM Banjarmasin Periode Tahun 2016-2018 M Restu Aji; Sri Setiti; Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 1 (2020): JEE, April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i1.2234

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesehatan Koperasi Tri Civitas FKIP ULM Banjarmasin Periode Tahun 2016-2018. Subjek penelitian adalah pengurus dan karyawan koperasi, objek penelitian adalah kesehatan koperasi. Pengumpulan data dengan caraobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian berupa deskriptif evaluatifsesuai Perdep KUKM Nomor:06/Per/Dep.6/IV/2016 yang menyangkut tujuh aspek. Hasil penelitian didapatkan tingkat kesehatan Koperasi Tri Civitas FKIP ULM periode tahun 2016-2018 dalam kategoricukup sehat dengan skor 71,7167 dengan rincian: (a) Aspek modal dengan rerata 13,4; (b) Aspek aktiva produktif dengan rerata 20,58; (c) Aspek manajemen dengan rerata 13,9; (d) Aspek effisiensi dengan rerata 7; (e) Aspek likuiditas dengan rerata 7,083; (f) Aspek kemandirian & pertumbuhan dengan rerata 4,5; dan (g) Aspek jati diri dengan rerata 5,25; (h) Tingkat kesehatan selama tiga tahun berurutan didapat kategori cukup sehat dengan skor 72,6; 71,6; dan 70,95.
Efektivitas Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik pada Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Nahdlatul Ulama Banjarmasin Nurmaya Sari; Rizali Hadi; Melly Agustina Permatasari
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 2 (2020): JEE, October 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i2.2426

Abstract

Penelitian yang  ini ialah agar mengetahui pengaruh prakerin dan motivasi kepada kesiapan kerja. Metode penelitian yang ini memakai metode deskriptif kuantitatif dengan sampel terdiri dari 79 siswa tahun ajaran 2016-2017 yang sedang magang atau melakukan prakerin pada program keahlian akuntansi. Sementara itu untuk Instrumen penelitian menggunakan angket dengan uji validitas sebanyak 33 butir soal. Pengaruh antara perbandingan pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja ditunjukkan oleh regressi koefisien Ry1,2,3,4 = 0,666 (p<0,01) dengan determinasi 44,00% dan didapati hubungan signifikansi dengan nilai korelasi koefisien rxy=0,66 (p<0.01). Pengaruh antara perbandingan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja ditunjukkan oleh regressi koefisien Ry1,2,3,4,5 = 0,474 (p<0,01) dengan determinasi 22,00% dan terdapat hubungan yang signifikansi senilai korelasi koefisien rxy=0,40 (p<0.01). Setelah dilakukan pengendalian variabel lain, diperoleh koefisien  korelasi parsial terdapat tidak signifikansi diantara kedua variabel pada kesiapan kerja. Maka hal ini berarti bahwa kesiapan kerja tidak hanya ditentukan oleh kedua variabel tersebut, melainkan bahwa variabel tersebut saling menunjang. Kata Kunci: Prakerin, Motivasi, Kesiapan Kerja
Studi Komparasi Hasil Belajar Berbasis Zonasi Fitri Raini; Sri Setiti; Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 1 (2020): JEE, April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i1.2235

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan sekolah-sekolah yang telah menerapkan zonasi yang ditinjau dari rerata hasil Ujian Nasional. Metode penelitian digunakan deskriptif komparasi, dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian  terdiri dari 17 sekolah yang tersebar di Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data mengggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  ditemukan perbedaan yang signifikan hasil UN pada sekolah-sekolah antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi dengan harga t = 2,860 dengan p<0,05. (2) Sementara itu jika dilihat dari wilayah zonasi, pada zona wilayah I ditemukan perbedaan yang signifikan hasil UN antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi ditemukan dengan harga t = 31,603 dengan p<0,05. (3) Pada zona wilayah II ditemukan perbedaan yang signifikan hasil UN antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi ditemukan dengan harga t = 31,383 p<0,05 . (4) Pada zona wilayah III ditemukan perbedaan hasil UN yang signifikan hasil UN antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi ditemukan dengan harga t = 30,250 dengan p<0,05.
Analisis Penerapan Lintas Minat Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Jurusan MIPA Tahun Ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 4 Banjarmasin Viona Sari; Dwi Atmono
Journal of Economics Education and Entrepreneurship Vol 1, No 2 (2020): JEE, October 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/jee.v1i2.2430

Abstract

Program lintas minat diadakan agar dapat memenuhi kebutuhan minat siswa diluar dari peminatannya. Penerapan lintas minat pada pemelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Banjarmasin telah melaksanakannya beberapa tahun terakhir, sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapannya khususnya pada siswa jurusan MIPA yang mengambil pemelajaran ekonomi pada tahun ajaran 2019/2020 dengan metode kualitatif serta triangulasi data atas pengamatan, interviu, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, pemilihan lintas minat tidak sesuai dengan minat siswa serta jumlah siswa di kelas melebihi 36 siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan silabus dengan pendekatan saintifik dan teori belajar konstruktivisme  serta didukung media, sumber belajar, serta sarana prasarana dari sekolah dengan jam pelaksanaan yang cukup, pembelajaran yang dihubungkan kehidupan siswa sehari-hari sehingga menumbuhkan kepercayaan diri serta berpikir kritis dan menciptakan prestasi siswa di pemelajaran ekonomi. Kata Kunci: Lintas minat, Mata Pelajaran Ekonomi, MIPA