cover
Contact Name
Suherman
Contact Email
suherman@ar-raniry.ac.id
Phone
+6285277389989
Journal Mail Official
jurnal.libria@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
Perpustakaan Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Jln. Ar-Raniry No.1 Darussalam - Banda Aceh, 23111
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
LIBRIA: Library of UIN Ar-Raniry
ISSN : 20861532     EISSN : 25498606     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
This journal specializes in any topics and subjects related to the Librarianship, information and documentation, also it present the subjects and topics related to archives and literacy
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry" : 9 Documents clear
TRANSFORMASI PUSTAKAWAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI Qudusi sara Qudusi
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4995

Abstract

Perpustakaan merupakan gudang ilmu dan membaca adalah sebagai kuncinya sesuai dengan perkembangan zaman. Perpustakaan terus berkembang dari masa ke masa. Sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan mengharuskan sebuah perpustakaan untuk mengelola ilmu pengetahuan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat telah menjadikan lembaga perpustakaan mengubah sistem lama ke sistem yang baru dalam mengelola perpustakaan. Dengan hadirnya internet dapat memudahkan pemustaka dalam mencari informasi secara cepat dan tepat, sasarannya bukan hanya pada sebuah buku teks atau buku cetak yang tersusun diruang koleksi akan tetapi bisa diakses dimana saja dan kapanpun. Pada umumnya perpustakaan perguruan tinggi saat ini secara bertahap telah menerapkan teknologi informasi didalamnya yang dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi tersebut. Pada era globalisasi saat ini pustakawan dituntut untuk berperan aktif dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi sehingga pustakawan bisa memenuhi kebutuhan pengguna.
PENERAPAN METODE CONSPECTUS UNTUK MELIHAT CAKUPAN BAHASA KOLEKSI BIDANG FARMASI DI UNIT PERPUSTAKAAN TERPADU POLTEKKES KEMENKES ACEH TAHUN 2016 Cut Ratna Dewi
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4991

Abstract

Penelitian berjudul penerapan metode conspectus untuk melihat cakupan bahasa koleksi Bidang Farmasi di unit Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Aceh tahun 2016 dilatarbelakangi oleh koleksi Bidang Farmasi yang lebih diminan oleh bahasa Indonesia. Rumusan masalah bagaimana penerapan metode conspectus untuk melihat cakupan bahasa koleksi bidang Farmasi di unit Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Aceh tahun 2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan metode conspectus untuk melihat cakupan bahasa koleksi bidang Farmasi di unit Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Aceh tahun 2016. Jenis penelitian kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah koleksi Bidang Farmasi di unit Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Aceh tahun 2016 yang berjumlah 84 Koleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dan wawancara dengan mencocokkan dengan daftar standar indikator cakupan bahasa dengan metode conspectus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode cakupan bahasa yang paling banyak ditempati oleh kode bahasa W yang berjenis Wide Selection Languange yaitu seleksi yang luas dari koleksi dalam berbagai bahasa dan tidak ada kebijakan membatasi bahan literatur berdasarkan bahasa tertentu, yaitu sebanyak 39 koleksi Bidang Farmasi, sedangkan 36 koleksi Bidang Farmasi ditempati oleh kode bahasa Y yang berjenis One-Non English Language yaitu bahan literatur didominasi oleh salah satu bahasa selain bahasa Inggris, dan yang paling sedikit di tempati oleh kode bahasa E yang berjenis English yaitu Bahan literatur berbahasa Inggris mendominasi, sedangkan koleksi dalam bahasa lain hanya tersedia sedikit atau bahkan tidak sama sekali.
ANALISIS USABILITY PADA WEB AKADEMIK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI DI PROVINSI ACEH Mukhtar Ruddin Mukhtar; Nurhayati Ali Hasan; Nur Rahmi Nur
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4987

Abstract

Fokus penelitian ini terkait dengan usability web akademik pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) di Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, yaitu suatu pendekatan yang menggunakan ukuran nominal untuk mengambarkan dan melukiskan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta–fakta, sifat-sifat serta hubungan fenomena yang diselidiki. Objek Penelitian adalah web akademik pada tiga perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri di Provinsi Aceh, yaitu Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UIN Ar-Raniry, IAIN Lhokseumawe dan IAIN Langsa. Sampel penelitian adalah mahasiswa UIN Ar-Raniry, IAIN Langsa, dan IAIN Lhokseumawe tahun masuk 2017 yang berjumlah 789 mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian adalah analisis presentasi relatif, yaitu menafsirkan data dengan cara membuat presentasi dari setiap hasil responden yang diperoleh. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat usability web akademik pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Provinsi Aceh, yaitu UIN Ar-Raniry, IAIN Langsa dan IAIN Lhokseumawe adalah tinggi. Hal ini ditandai dari nilai skor rata-rata tingkat learnability, efficiency, memorability, dan satisfaction tergolong dalam rentang 3.76 – 3.85 persen. Namun demikian, tingkat errors yang dialami oleh mahasiswa pada saat menggunakan web akademik juga tinggi.
TINGKAT PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN PADA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA Rovika Bidayasari sari
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4992

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan unit pelaksana teknis yang turut melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara memilih, menghimpun, mengolah, merawat dan melayankan sumber informasi kepada lembaga induknya pada khususnya dan masyarakat akademis pada umumnya. Salah satu upaya perpustakaan dalam mewujudkan visi dan misi lembaga induknya dengan menyediakan sumber informasi sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Oleh karena itu, perpustakaan harus memahami kebutuhan informasi civitas  akademika, yakni bahan literatur apa yang secara faktual dibacadan apa yangseharusnya dibaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi  pada perpustakaan Fisip mengalami penurunan setiap tahunnya dalam tiga tahun terakhir (2016-2018). Adapun koleksi yang dimanfaatkan oleh pemustaka antara lain; buku teks, referensi, jurnal, hasil penelitian, dan skripsi. Tabel menunjukkan bahwa pada tahun 2016 koleksi dimanfaatkan sebanyak 12011, pada tahun 2017 sebanyak 9535, dan pada tahun 2018 sebanyak 9295. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam tiga tahun terakhir pemanfaatan koleksi paling banyak adalah tahun 2016, pada tahun-tahun selanjutnya mengalami kemunduran terhadap pemanfaatan koleksi di perpustakaan Fisip Unsyiah. 
PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL BAGI PERPUSTAKAAN ZAMAN NOW Nadia Amelia Qurrota A’yunin
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4988

Abstract

Makalah yang berujudul Peran Kepemimpinan Transformasional Bagi Perpustakaan Zaman Nowini bertujuan untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kepemimpinantransformasional serta bagaimana peran kepemimpinan transformasional bagi perpustakaan zaman now. Untuk menghadapi tantangan perpustakaan zaman now, maka diperlukan adanya pemimpin yang memiliki visi serta mampu mendorong stafnya untuk melakukan perubahan stafnya untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Kepemimpinan yang idela untuk gebrakan perpustakaan zaman now, yaitu diperlukannya kepemimpinan transformasional, yaitu kepemimpinan yang bertujuan untuk perubahan. Adapun peran pemimpin transformasional terhadap perpustakaan zaman now antara lain sebagai berikut : 1) memiliki visi yang membawa perubahan perpustakaan ke arah yang lebih baik, 2) sebagai motivator bagi pustakawan, 3) memberikan kesempatan kepada pustakawan untuk menyampaikan ide, gagasan dan berinovasi untuk perkembangan perpustakaan, 4) sebagai role model bagi pustakawan/staf, 5) menyebarkan pembelajaran dalam organisasi, 6) memberikan penghargaan belajar dan inovasi, 7) meningkatkan kompetensi pustakawan/sstaf, 8) memberikan stimulasi intelektual kepada pustakawan/staf untuk dapat berinovasi di dalam perkembangan perpustakaan. 9) menyediakan sumber daya yang memadai bagi pustakawan/staf untuk menjalankan sebuah tugas dimana mereka diberikan tanggung jawab.
TRANFORMASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN MIN 3 KOTA BANDA ACEH Cut Afrina Cut
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4993

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tranformasi kepemimpinan kepala perpustakaan terhadap pengembangan perpustakaan Sekolah MIN 3 Kota Banda Aceh. Penelitiaan ini merupakan penelitiaan lapangan (field researsch), yakni penelitiaan yang mengumpulkan data dilakukan di lapangan untuk mengadakan mengadakan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Jenis penelitiaan ini adalah penelitiaan kualitatif, dimana yang dimaksud dengan penelitiaan kualitatif yaitu metode penelitiaan naturalistic karena penelitiaannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Adapun objek yang diamati adalah kepala sekolah dan strategi kepemimpinan dalam pengembangan perpustakaan. Adapun hasil penelitiannya adalah; Transformasi kepala perpustakaan sangatlah penting untuk meningkatkan mutu pendidikan pada masa sekarang ini, Kalaborasi transformasi menjadi salah satu pendorong untuk terlaksananya visi dan misi perpustakaan sekolah, dan Dengan adanya transformasi kepala sekolah dapat meningkatkan pengembangan perpustakaan baik dari sumber daya manusia ataupun perbaikan fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan sekolah
UPAYA TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) AR-RASYID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS LITERASI Mutia Watul Wardah
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4989

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan di bidang bahan bacaan dan pelaksanaan kegiatan literasi kepada masyarakat . Metode penelitian dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kualititatif melalui data yang diperoleh dari lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini adalah salah satu Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang menyediakan dan memberikan layanan dalam hal pemberdayaan masyarakat berbasis literasi adalah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid. Rasyid mempunyai program dalam pemberdayaan anak-anak seperti pengenalan huruf, membaca, berhitung, merajut, menari, melukis,  pengenalan bahasa asing terutama bahasa Arab dan Inggris, pengenalan komputer, program literasi kepada masyarakat secara umum pada hari Minggu saat Car Free Day. Upaya TBM Ar-Rasyid dalam pemberdayaan masyarakat berbasis literasi tidak terlepas dari peran relawan pegiat literasi.
MEMBANGUN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM LAYANAN REFERENSI PERPUSTAKAAN Syukrinur A. Gani
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4994

Abstract

Tulisan ini berjudul “Membangun Komunikasi Antar Pribadi Dalam Layanan Referensi Perpustakaan”. Komunikasi antar pribadi yang merupakan proses komunikasi antara dua orang yang berlangsung secara tatap muka memegang peranan penting dalam layanan referensi perpustakaan yang merupakan pemberian bantuan secara langsung dan bersifat lebih personal. Bentuk-bentuk utama pelayanan referensi dideskripsikan dalam artikel ini. Tulisan ini menelusuri komunikasi antar pribadi antara pustakawan dengan pemustaka dalam layanan referensi perpustakaan. 
MANAJEMEN KINERJA GURU PUSTAKWAN DALAM PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SMAN 2 MEULABOH Cut Putroe Yuliana; Sri Hardianty Sri; Rahmad Syah Putra
LIBRIA Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/4990

Abstract

Guru pustakawan adalah guru sekolah yang mendapatkan pendidikan atau pelatihan di bidang perpustakaan, selain tugas mengajar juga bertugas di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: obeservasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapuntujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui  penyusunan program, pelaksanaan program, upaya atau strategi m dan faktor pendukung dan penghambat kinerja guru pustakawan dalam pemberdayaan perpustakaan sekolah pada SMAN 2 Meulaboh, dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, dan Guru Pustakawan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) Belum terdapatnya; (2) Program/kegiatan Perpustakaan SMAN 2 Meulaboh sebagian dapat terlaksanakan, namun sebagian lagi belum terlaksanakan sepenuhnya dan ada kegiatan yang sama sekali belum terlaksana; (3) Upaya pemberdayaan Perpustakaan SMAN 2 Meulaboh yang dilakukan oleh guru pustakawan adalah dengan melakukan lomba siswa/siswi peminjam buku terbanyak, pembinaan bakat dan minat siswa dan menggalakkan kegiatan membaca sebelum memulai pelajaran serta melakukan kerjasama dengan Dinas terkait untuk membentuk GLS (Gerakan Literasi Sekolah); dan (4) terdapat faktor pendukung kinerja guru pustakawan dalam pemberdayaan Perpustakaan SMAN 2 Meulaboh serta faktor penghambat kinerja guru pustakawan dapat menunjang manajemen kinerja guru pustakawan pada SMAN 2 Meulaboh seperti sarana-prasana, pustakawan dan lain sebainya. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9