cover
Contact Name
Styawati
Contact Email
styawati@teknokrat.ac.id
Phone
+62721-702022
Journal Mail Official
jdmsi@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. ZA. Pagar Alam No.9 -11, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35132
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi
ISSN : 27458458     EISSN : 27759660     DOI : https://doi.org/10.33365/jdmsi
Core Subject : Science,
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi (JDMSI) is a peer-reviewed scientific Open Access journal that published by Universitas Teknokrat Indonesia. This Journal is built with the aim to expand and create innovation concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies in the sciences of Information System. FOCUS AND SCOPE The study of other sciences that examine topics related to Information Systems and Data Mining is not limited to: 1. Data Mining, Data Warehouse, Big Data, Data Science, Business Intelligence 2. Web Semantik 3. Database Management 4. Bioinformatics 5. Kecerdasan Buatan 6. Analisis dan Rancangan Sistem Informasi 7. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi 8. Pengukuran dan Evaluasi Sistem Informasi 9. Sistem Informasi Strategis (Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Informasi Eksekutif, Sistem Enterprise) 10. Manajemen Sistem Informasi 11. Audit Sistem Informasi, Manajemen Perubahan dan Inovasi dalam Sistem Informasi, Sistem Informasi dan Kaitannya dalam Bisnis yang Kompetitif 12. Investasi Teknologi Informasi / IT, Manajemen Teknologi Informasi / IT, Manajemen SDM dan Organisasi Teknologi Informasi / IT, Perencanaan Strategis Teknologi Informasi / IT, Analisis Investasi Teknologi Informasi / IT, Manajemen Proyek Teknologi Informasi / IT, Inkubasi Bisnis Teknologi Informasi / IT 13. E-learning, E-Bussiness, E-Health, E-Commerce, E-Supply Chain Management, E-Government 14. Sistem Enterprise, Manajemen dan Perancangan Arsitektur Sistem Enterprise, Perencanaan Sumberdaya Sistem Enterprise 15. Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Perhotelan, Sistem Informasi Transportasi, Sistem Informasi Sumber Daya, Sistem Informasi Produksi, Sistem Informasi Perbankan, Sistem Informasi Enterprise, Sistem Informasi Sosial, Sistem Informasi Geografis
Articles 35 Documents
Analisis Sentimen Terhadap Opini Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19 Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier Winda Yulita
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2021): VOL 2, NO 2 (2021), AGUSTUS 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v2i2.1344

Abstract

Wabah virus corona telah membawa langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang memaksa pihak berwenang untuk membuat keputusan terkait dengan penerapan lockdown di beberapa daerah yang dilanda pandemi. Media sosial telah menjadi pendukung penting bagi orang-orang saat melewati masa sulit ini. Pada tanggal 9 November 2020, ketika vaksin pertama dengan tingkat efektif lebih dari 90% telah diumumkan, media sosial telah bereaksi dan orang-orang di seluruh dunia mulai mengekspresikan perasaan mereka terkait dengan vaksinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapat tentang vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Analisis dilakukan terhadap data 3780 tweet yang berkaitan vaksinasi dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier. Berdasarkan analisis, dapat diamati bahwa sebagian besar tweet memiliki sikap positif (60,3 %), sementara jumlah tweet yang netral (34,4 %) melebihi jumlah tweet yang menentang (5,4 %). Nilai akurasi yang dihasilkan sebesar 0,93 (93 %).
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN RUMAH SAKIT TERBAIK DI LAMPUNG TENGAH MENGGUNAKAN METODE AHP Dias Aziz pramudita; Reviana Christy
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1, Agustus 2020
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v1i1.800

Abstract

Dinas Kesehatan Lampung Tengah merupakan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang menangani kesehatan di wilayah khusus Lampung Tengah, dengan jumlah rumah sakit terdaftar sebanyak 9 rumah sakit. Belum adanya sistem pengambil keputusan tentang rumah sakit terbaik membuat pihak dinas mengalami kesulitan untuk memutuskan rumah sakit terbaik yang ada di wilayah Lampung Tengah. Di samping itu belum terdapat juga sistem informasi bagi masyarakat mengenai rumah sakit terbaik yang ada di wilayahnya. Sistem dikembangkan menggunakan metode Analitical Hirarchy Process (AHP) berbasis web. Proses pengumpulan data diawali dengan penentuan tujuan, memilih kriteria dan alternatif pilihan yang merupakan 9 rumah sakit yang ada di wilayah Lampung Tengah. Selanjutnya kriteria-kriteria yang ada dibandingkan tingkat kepentingannya berdasarkan data yang diperoleh sehingga diperoleh rumah sakit terbaik. Data diperoleh dari studi literatur dan referensi penelitian terdahulu, sementara pengujian dilakukan menggunakan standar kualitas ISO 25010. Penelitian  ini  menghasilkan  sistem informasi pengolahan rumah sakit dan pengambilan keputusan rumah sakit terbaik menggunakan AHP. Berdasarkan pengujian menggunakan kriteria ISO 25010 dalam aspek usability di dapat hasil sebesar 95,83%, functional suitability sebesar 93% dan dalam aspek performance effeciency diperoleh skor A dengan tingkat load time atau waktu yang dibutuhkan untuk mengambil/membuka halaman Web pada komputer dengan waktu 15.042 detik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layak untuk diterapkan untuk membantu mengolah data rumah sakit terbaik di wilayah Lampung Tengah.
Rancang Bangun Aplikasai Pemesanan Katering Berbasis Web dimas elang setiyoko
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v3i1.1932

Abstract

The package process and ordering the katering package are carried out by means of the customer directly visiting the katering place. This process has many complaints from consumers who are in the city of Bandar Lampung to come directly to the katering place, when they want to place orders and pay for packages, Packages in companies can be done using internet technology which is better known as (e-promotion). The process of the activities carried out by the (company) in offering food packages through online media (internet), so there is no face-toface between the buyer and the seller of this study resulted in an application that can simplify the booking package foods, based on the results implementai performed by the application ISO / IEC 25010 standard is tested based on functional suitability, performance efficiency and operability, so it can be concluded that it is feasible to be applied to help package ordering and marketing processes..
SENTIMEN ANALISIS PUBLIK TERHADAP KEBIJAKAN LOCKDOWN PEMERINTAH JAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA SVM Auliya Rahman Isnain; Adam Indra Sakti; Debby Alita; Nurman Satya Marga
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2021): Vol 2, No 1, Februari 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v2i1.1021

Abstract

Media sosial menjadikan masyarakat mengalami pergeseran perilaku baik budaya, etika dan norma yang ada, sehingga mereka dapat mengeluarkan opini-opini yang mereka miliki. Opini merupakan suatu pendapat dari pemikiran masayarakat mengenai suatu permasalahan yang sedang terjadi, saat ini Indonesia sedang dihadapkan oleh masalah mengenai virus Covid-19 yang memakan begitu banyak korban jiwa sehingga masyarakat mengeluarkan opini mereka mengenai virus tersebut dan kebijakan yang dilakukan pemerintah menghadapi virus tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sentiment publik terhadap kebijakan yang akan dilakukan pemerintah mengenai kebijakan lockdown ataupun pembatasan sosial berskala besar menggunakan metode Support Vector Machine denga ekstraksi fitur tf-idf  dengan pengujian yang nantinya akan dilihat bagaimana nilai accuracy, precision, Recall dan F1-Score.Penggunaan metode Support Vector Machine dan ekstraksi fitur dengan tf-idf yang membagi kelas menjadi sentiment positif 68,75% dan negative 31,25% menghasilkan nilai accuracy sebesar 74%, precision sebesar 75%, recall sebesar 92% dan F1-Score sebesar 83%.
KLASIFIKASI MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) PADA TANGKAPAN LAYAR HALAMAN INSTAGRAM Abdul Kholik
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2021): VOL 2, NO 2 (2021), AGUSTUS 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v2i2.1345

Abstract

Instagram adalah media sosial yang sangat populer untuk saat ini. keseluruhan postingan juga berpengaruh pada tingkat ketertarikan banyak orang, jika halaman instagram memiliki ciri tersendiri secara visual maka akan menarik minat orang untuk mengikuti halaman tersebut khususnya bagi orang yang memiliki selera yang sama.Pada bidang image processing terdapat beberapa algoritma yang dapat digunakan di antaranya adalah Naïve Bayes, Support Vector Machine, dan Neural Network. Sejalan dengan perkembangan teknologi maka, dikembangkan algoritma pengolahan citra digital. Salah satu pengembangan dari deep learning adalah Convolutional Neural Network. Penelitian ini bertujuan mengklasifikasi halaman instagram secara visual atau citra pada tangkapan layar menggunakan metode Convolutional Neural Network.Klasifikasi tangkapan layar halaman instagram pada penelitian ini dibagi menjadi 5 kelas, yaitu Kecantikan, Keluarga, Kebugaran, Mode dan Makanan dengan total data citra 3770 tangkapan layar halaman instagram. Hasil dari pengujian confusion matrix penelitian ini dengan tingkat nilai accuracy sebesar 91%, precision sebesar 93%, recall sebesar 90%, dan F1-Score sebesar 91%. pengujian model yang didapatkan juga diuji dengan data yang berbeda dengan dataset, total ada 25 data citra tangkapan layar yang di uji pada model, model dapat memprediksi 20 citra tangkapan layar halaman instagram.
APLIKASI PEMETAAN LOKASI PELAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN WAY KANAN Hayatunnufus Hayatunnufus; Fikri Ari Wibowo
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1, Agustus 2020
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v1i1.801

Abstract

Layanan Kesehatan merupakan tempat menyelenggarakan upaya kesehatan. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa  permasalahan mengenai informasi layanan kesehatan, seperti website resmi kabupaten Way Kanan hanya memberikan informasi beberapa rumah sakit besar, tidak semua lokasi layanan kesehatan diketahui oleh masyarakat baik yang berasal dari Kabupaten Way Kanan maupun yang berasal dari luar kota serta jika mencari menggunakan Aplikasi Google Maps masih ada lokasi pelayanan kesehatan yang tidak terdaftar, sehingga adanya aplikasi ini bisa melengkapi data yang belum terdaftar di Aplikasi Google Maps sehingga masyarakat bisa lebih tahu serta mempermudah pencarian lokasi kesehatan di Way Kanan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan studi literatur. Metode perancangan yang digunakan adalah prototype dan teknik pengujian yang digunakan adalah ISO/TEC 25010. Dari penelitian ini menghasilkan aplikasi pemetaan lokasi pelayanan kesehatan di Kabupaten Way Kanan berbasis Android, serta dapat menampilkan daftar informasi Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Utama dan Lihap Map. Selain itu pengujian sistem yang dilakukan yaitu aspek Functional Suitability dan Usability. Berdasarkan pengujian Aspek Functional Suitability mendapatkan hasil 100% dan Usability mendapatkan hasil 81.6%. Kesimpulan hasil pengujian dengan pengujian ISO/TEC 25010 menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu masyarakat dan dapat dikatakan berhasil sehingga sistem dinyatakan sangat layak untuk digunakan oleh masyarakat Way Kanan.
Perancangan Data Base Kasir Menggunakan MongoDB anggita maharani
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v3i1.1939

Abstract

Istilah NoSQL di dunia IT sudah mulai terkenal di bidang basis data. Basis data SQL dan NoSQL memilki perbedaan yang cukup signifikan.Model data yang digunakan basis data SQL yaitu berupa tabel, yang tersusun atas baris dan kolom. Basis data SQL manapun pasti model data yang sama dalam menyimpan arsip datanya, yaitu melalui tabel. Hal ini berbeda dengan basis data NoSQL. No SQL memilki arti non SQL atau not only SQL yang artinya ditujukan pada penggunaan model data alternatif selain tabular (relasi antar tabel). Tergantung basis datanya, basis data NoSQL bisa berupa dokumen, grafik ataupun nilai kunci. Salah basis data NoSQL yang sudah banyak dikenal orang yaitu MongoDB. MongoDB adalah basis data NoSQL yang bersifat document based, artinya hanya tersusun atas koleksi dan dokumen. Paper ini tertulis tentang karakteristik MongoDB, Kelebihan dan kekurangan MongoDB, Aplikasi yang sudah menggunakan MongoDB, serta beberapa contoh query yang di gunakan di MongoDB. Dengan paper ini, penulis berharap pembaca bisa mengerti dengan benar apa itu MongoDB serta implementasinya.
APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN PENDEKATAN FRAMEWORK OF DYNAMIC (STUDI KASUS: PT BINTANG KHARISMA MOTOR BANDAR LAMPUNG) Syahirul Alim
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2021): Vol 2, No 1, Februari 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v2i1.1022

Abstract

PT Bintang Kharisma Motor is a Honda dealer engaged in motorbike service located on Jalan Raya Soekarno Hatta 5A Tanjung Seneng, Bandar Lampung. PT Bintang Kharisma Motor has equipment related to motorbike service, which does not have a system for ordering motorbike service orders and there is no system to measure the level of service found at PT Bintang Kharisma Motor. Apart from that, the recording of the purchase and sale of spare parts still uses manual recording so that distorting data on the purchase and sale of spare parts is still deemed inefficient and ineffective. Making reports that are long and deemed ineffective makes researchers want to develop a system at PT Bintang Kharisma Motor. In making the system at PT Bintang Kharisma Motor made with UML diagrams consisting of three diagrams, namely usecase diagrams, activity diagrams, and class diagrams as the initial system design to be made, then programming is made with the PHP programming language according to the existing user interface design. and MySql as database. The system that has been created can help distort sales / service data, purchase and create purchase and sales reports faster than before, and the system helps in processing complaint data, ordering services, and measuring the level of service provided at PT Bintang Kharisma Motor.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN SEKOLAH BERBASIS CLIENT SERVER Isnawati Muslihah; Nendy Akbar Rozaq rais
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2021): VOL 2, NO 2 (2021), AGUSTUS 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v2i2.1343

Abstract

Pentingnya informasi akuntansi keuangan sekolah mengharuskan dunia pendidikan memiliki prosedur akuntansi yang baik sebagai media pengambilan keputusan oleh kepala sekolah. Pada proses pencatatan akuntansi keuangan khususnya pada bagian penerimaan kas dan pengeluaran kas, proses pencatatan masih menggunakan aplikasi Spreadsheet untuk merekap atau melaporkan penerimaan dan pengeluaran kas, penerimaan kas meliputi dana komite sekolah, dana daftar ulang dan dana kegiatan evaluasi, pada pengeluaran kas digunakan untuk mencatat penggunaan bagi kebutuhan sekolah seperti pengembangan standar kompetensi lulusan, belanja barang dan jasa, pengembangan standar isi atau KTSP, pengembangan standar proses, pengembangan standar pendidikan, pengembangan standar sarana dan prasarana, dan pengembangan standar pembiayaan serta standar nilai.Proses integrasi data keuangan yang dilakukan sebagai alat untuk pengendalian internal dan pembagian fungsi masih belum diterapkan atau belum adanya integrasi data keuangan antar bagian, sehingga perlu adanya sistem yang dapat mempermudah integrasi data keuangan antar bagian untuk penanganan pelaporan penerimaan kas dan pengeluaran kas secara tersistem dengan menggunakan teknologi client Server.Penelitian  ini  menghasilkan  suatu  aplikasi yang dapat mempermudah proses pengolahan data keuangan sekolah, berdasarkan hasil implementai yang dilakukan dengan penerapan black box testing dengan diuji berdasarkan functionality menghasilkan 95,83% dengan hasil tersebut pengguna menyatakan kesesuaian fungsi pada sistem dan usability maka berdasarkan kuisioner yang dilakukan di dapat hasil yaitu sebesar 94,79 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa layak untuk diterapkan untuk membantu memonitoring siswa.
SURVEY UKURAN KESAMAAN SEMANTIC ANTAR KATA Styawati Styawati; Winda Yulita; Sarasvananda Sarasvananda
Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1, Agustus 2020
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jdmsi.v1i1.803

Abstract

Pengukuran kesamaan semantic antara kata telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir. Pengukuran kesamaan semantic antar kata dikelompokkan menjadi tiga yaitu distance based method, information content based method  dan distance and information content based method. Distance based method adalah cara yang lebih alami untuk mengukur kesamaan semantic antara kata. Pendekatan ini memperkirakan jarak antara node yang sesuai dengan konsep yang dibandingkan. Information content based method menggunakan basis pengetahuan yang sistematis dan statistik informasi kata-kata dari database seperti WordNet, Corpus dan HowNet. Distance and information content based method merupakan penggabungan dari pendekatan berbasis jarak dengan pendekatan berbasis konten informasi.

Page 1 of 4 | Total Record : 35