cover
Contact Name
M. Kamal
Contact Email
eduinsan75@gmail.com
Phone
+6282210210100
Journal Mail Official
eduinsan75@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Jambi Muara Bulian KM. 21 Kel. Pijoan Kec. Jambi Luar Kota Provinsi Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Bina Ilmu Cendekia
ISSN : -     EISSN : 27223612     DOI : https://doi.org/10.46838/jbic.v1i1.1
Core Subject : Education,
Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning Environments,Teacher Education,Educational Technology,Educational Developments
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Bina Ilmu Cendekia" : 3 Documents clear
Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Lokal Indari; ST. Fatimah; Adi Mulyadi
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v4i1.405

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk memperbaiki kualitas kehidupan dalam rangkaian pengembangan sumber daya manusia yang bermutu. Mata pelajaran IPS merupakan program pengajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Siswa diharapkan memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi dan terampil mengatasi masalah yang di hadapinya sendiri maupun yang terjadi di masyarakat. Model pembelajaran inovatif untuk menumbuhkan aktivitas siswa guna mengenal kebudayaan dan masalah lokal pada pembelajaran IPS yakni model pembelajaran berbasis masalah atau yang lebih dikenal dengan Problem Based Learning. PBL juga dimaknai sebagai model pembelajaran yang menantang siswa agar belajar, bekerjasama dalam kelompok untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui cara meningkatkan pembelajaran IPS melalui pembelajaran berbasis masalah; 2) untuk mengetahui apakah pemebelajaran IPS berbasis masalah dapat meningkatkan motibvasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah kuasi eksperimen Nonequivalent Control Group Pretest-posttest Design (NCP-PD). Siswa lebih menguasai konsep IPS dan memiliki kemampuan memecahkan masalah social, serta citra pembelajara IPS berbasis masalah memotivasi siswa dalam pembelajaran di kelas.
Menelisik Pendidikan di Sekolah dalam Perspektif Pendidikan Kritis Indari; ST Fatimah; Dalilah
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v4i1.407

Abstract

Pendidikan tidak lepas dari tantangan berupa tuntutan perbaikan kualitas pendidikan dan juga tenaga kependidikan. Melihat kondisi yang dihadapi dan harus dilewati tersebut, maka pendidikan membenahi diri baik bergeser dari tatanan epistomologi kearah pengembangan inovasi dan solusi bagi perkembangan pendidikan ke depannya. Dalam upaya memberikan perhatian kepada berfikir kritis untuk tujuan pengajaran dan penelitian studi sosial membedakan dua model berfikir kritis dalam studi sosial dan literatur pendidikan umum, mental dan logika. Untuk menciptakan pembelajaran yang terbaik, seorang guru harus pandai-pandai mendesain model pembelajaran. Desain pembelajaran pada penelitian ini adalah Model Dick dan Carrey yang memiliki pembelajaran yang sistematis. Model pembelajaran dick and carey merupakan model pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan sistem (System Approach). Hasil penerapan model Dick dan Carrey dapat meningkatkan pola berfikir siswa yang kritis dengan realitas atau pengalaman.
Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Siti Aisyah; Indari; ST. Fatimah; Dalilah
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v4i1.411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada kegiatan pembelajaran momentum, impuls dan tumbukan di kelas X. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, RPP, LKS, buku ajar siswa, instrumen tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis ini mengacu pada model Dick and Carey. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Model ini merupakan model pembelajaran yang menitik beratkan pada penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari agar keterampilan berpikir kritis siswa terlatih melalui kegiatan pemebelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 3