cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini Angger Prima Widhiasih; sandra Yunita
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 1 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i1.4831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Permainan Interaktif Berbasis Teknologi dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran. Pengembangan permainan interaktif ini menggunakan model 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan lembar validasi. Hasil expert review diperoleh nilai rata-rata hasil penilaian permainan interaktif oleh ahli materi mendapat hasil 92% dan ahli media mendapat hasil 92%. Hasil uji coba guru mendapat hasil 83%. Pada tahap uji coba lapangan mendapat hasil 77%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan menunjukkan permainan interaktif termasuk dalam kategori “baik”, maka permainan interaktif berbasis teknologi untuk anak usia dini telah layak untuk digunakan.Kata kunci: Pengembangan Permainan Interaktif, Anak Usia Dini
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Kelompok B di TK Daarul Hikmah Ajijah Sadiah Nufus; siti Jukhariyah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 1 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i1.4833

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. pembelajaran yang di terapkan adalah bermain peran (role playing). Penelitian ini di lakukan dengan alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus  dan tiap siklusnya terdiri atas 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif  dilaksanakan di TK Daarul Hikmah Cipondoh Kota Tangerang pada bulan Oktober 2020, dengan subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri 10 anak.Rumusan masalah dinpenelitian ini adalah 1.apakah metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak?,2.bagaimana metode bermain peran  dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Dan permasalahannya untuk mencari sebuah solusi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode bermain peran aspek kemampuan berbicara meningkat. Hal ini dapat di lihat dari hasil siklus 1 anak mendapat nilai 25%, siklus ke II anak mendapat nilai 50% dan pada siklus ke III rata-rata 95% sesuai indikator peneliti yang ingin di capai.Hasil di atas memperlihatkan bahwa kemampuan berbicara anak, melalui tekhik bermain peran di TK Daarul Hikmah Cipondoh kota Tangerang Meningkat. Hal ini menunjukan bahwa teknik bermain peran (Role Playing) layak dan dapat di gunakan, untuk di terapkan di sekolah karena memberikan hasil yang baik khususnya dalam kemampuan berbicara.Kata kunci:  Bermain peran (Role Playing), Kemampuan Berbicara
KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI RA AL-HIDAYAH KECAMATAN CENGKARENG JAKARTA BARAT Nurul Fitria Dewi; Sabrina Gaisani
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 1 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i1.4834

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berhitung permulaan anak yang menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa RA Al-Hidayah dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 25 siswa yaitu kelompok A1 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelompok A2 10 siswa sebagai kelas kontrol.teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes kemampuan berhitung permulaan berbentuk tes tertulis yang terdiri dari 12 soal yang valid dan realibel. Untuk pengujian hipotesis pretes dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t diperoleh terhitung = -2,72 dan tabel = 2,00, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes dari hasil uji t diperoleh terhitung = 5,68 dan tabel = 1,99, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai postes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa kemampuan berhitung permulaan anak yang menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching lebih baik daripada dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.Kata kunci : Metode Hypnoteaching, Berhitung Permulaan.
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN KEPADA SISWA TAMAN KANAK KANAK Iman Nurjaman; puspa Resmi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 1 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i1.4838

Abstract

AbstrakPeran guru sangat menentukan dalam kegiatan pembelajaran, karena guru merupakan motivator dan penyampai ilmu pengetahuan atau informasi kepada anak didik sehingga anak mendapatkan pengalaman dan pengayaan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam mengenalkan konsep bilangan di RA Al-Mukhlisin serta mengetahui apakah model pembelajaran terdapat permasalahan dalam mengenalkan konsep bilangan kepada siswa di RA Al Mukhlisin. Sumber dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di RA Al- Mukhlisin Kecamatan Pinang Kota Tangerang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber dari penelitian ini dilengkapi data berupa hasil wawancara. Rumusan masalah yang akan di analisis peneliti ini terbagi menjadi 2 (Dua) rumusan masalah. Berdasarkan temuan data peneliti dan pembahasan, maka peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di RA Al-mukhlisin dalam mengenalkan konsep bilangan kepada siswa adalah model klasikal. Peneliti juga menyimpulakan kembali berdasarkan temuan dilapangan, bahwa guru-guru RA Al-Mukhlisin tidak menemui kendala menerapkan model klasikal dalam mengenalkan konsep bilangan kepada siswa. Kata kunci: model pembelajaran, konsep bilangan anak usia dini 
Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Ar-Rafi’, Ciledug, Kota Tangerang Evy Fitria; Yulin Rahmawati
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 1 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i1.4832

Abstract

                                                         ABSTRAKKemampuan sosial anak di TK Ar-Rafi’ masih tergolong rendah, subyek penelitian 10 anak terdiri dari 2 orang anak yang diam saja apabila diganggu teman, 2 anak yang suka mengejek temannya, 2 anak yang belum mau berbagi dan membantu teman, penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak melalui permainan konstruktif di TK Ar-Rafi’,Ciledug,Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 3 (tiga) siklus. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan sosial anak pada pembahasan di siklus I, siklus II dan siklus III anak didik yang berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan presentase pencapaian peningkatan kemampuan sosial anak dari kondisi awal presentasenya sebesar 35% masuk pada siklus I adanya peningkatan yaitu mencapai 48% pada siklus II meningkat sebesar 64% dan pada siklus yang terakhir yaitu siklus III mencapai 82%. Sehingga presentase kenaikan dari pra siklus (kondisi awal) ke siklus I adalah 13% dan presentase kenaikan dari siklus II ke siklus III adalah sebesar 16%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat penulis simpulkan bahwa permainan konstruktif dapat meningkatkan kemampuan sosial anak padaKelompok A di TK Ar-Rafi’,Ciledug,Kota Tangerang Kata kunci : Kemampuan Sosial, Permainan Konstruktif
PENGEMBANGAN MEDIA MAKET TATA SURYA PADA ANAK USIA DINI Titi Rachmi; Nuraeni Zumi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 1 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i1.4839

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan merancang, mendesain, membuat dan menguji kelayakan sebuah produk yaitu berupa media pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran materi Tata surya. Media yang dihasilkan dalam penelitian berupa ”Media Maket Tata Surya Pada Anak Usia Dini”. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (RnD) dengan model pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) penelitian dilakukan sesuai prosedur pengembangan secara sistematis, tahap pertama pendahuluan pengumpulan data/informasi, tahap kedua perencanaan dan pengembangan pembuatan produk dengan mengrealisasikan konsep dari produk yang akan dibuat dan didesain, kemudian pengujian penilaian validasi ahli dan penilaian tanggapan pengguna media, tahap ketiga adalah revisi dan evaluasi yaitu perbaikan dan mengevaluasi dari setiap langkah kegiatan uji coba lapangan melalui uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan produk utama, tahap keempat implementasi dan desiminasi yaitu sosialisasi dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Media Maket Tata Surya memperoleh penilaian dari para ahli diantaranya ahli materi memperoleh kriteria”Layak”dengan persentase sebesar 76,9%, ahli media memperoleh kriteria “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 83,5% dan hasil penilaian tanggapan pengguna media memperoleh kriteria”Sangat Layak” dengan persentase sebesar 95,3% sedangkan hasil uji coba lapangan awal dan uji coba produk utama melalui catatan lapangan menunjukan bahwa media ini memudahkan anak dalam mengenal nama dan urutan Planet dalam Tata Surya.Kata Kunci: media, maket tata surya, anak usia dini

Page 1 of 1 | Total Record : 6