cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Kahfi Tanah Tinggi Tangerang Romlah Romlah; Ratna Istiarini
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v5i2.549

Abstract

Kemampuan berbicara anak di RA Al Kahfi Tanah Tinggi Tangerang sangat rendah, hanya 2 anak yang memiliki kemampuan berbicara Berkembang Sesuai Harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, secara khusus mengetahui seberapa besar kemampuan berbicara anak melalui kegiatan bercerita dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana peningkatan kemampuan berbicara melalui kegiatan bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al Kahfi Tanah Tinggi Tangerang Penelitian ini dilaksanakan pada kelas B di RA Al Kahfi Tanah Tinggi Tangerang. Subyek penelitian 10 orang anak didik. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) siklus. Data penelitian ini adalah data kemampuan berbicara anak, instrument pengambilan data dengan lembar pengamatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisa data dengan menggunakan data kuntitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pada prasiklus, kemampuan berbicara 2 anak didik kategori berkembang sesuai harapan, 1 anak mulai berkembang. 7 anak belum berkembang. Siklus I kemampuan berbicara anak didik kategori berkembang sesuai harapan 4 anak, 2 anak mulai berkembang, 6 anak belum berkembang. Siklus II kemampuan berbicara anak didik kategori berkembang sesuai harapan 6 anak,, 2 anak mulai berkembang, 2 anak belum berkembang. Siklus III 10 anak kemampuan berkembang sesuai harapan.
Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Gambar Seri di TK Mentari Cipondoh Nita Kurniawati; Titi Rachmi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v5i2.552

Abstract

Anak usia 4-5 tahun mempunyai kemampuan berbahasa akan berkembang anak sudah mampu mengucapkan sebagian besar kata dalam bahasa Indonesia, kosa kata yang di kuasainya telah berkembang mencapai 1.500 kata dan akan bertambah lagi sekitar 1.000 kosa kata. Anak pun dapat menjelaskan cerita yang menggunakan kalimat yang relatif beragam hingga delapan kata per kalimat. Dalam penuturannya anak tidak hanya dapat menjelaskan tentang apa yang terjadi padanya atau sesuatu yang dia inginkan tetapi juga berbicara tentang mimpi dan khayalannya dan dalam tahap perkembangan bahasa. Bahwa anak usia 4-5 tahun sudah dapat mengenal perbendaharaan kata mengenal kata sifat dan mengulang kalimat sederhana. Menceritakan kembali cerita yang pernah di dengar. Kegiatan kosa kata melalui media gambar dapat meningkatkan kosa kata anak Kelompok A TK  Mentari Cipondoh. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kosa kata anak pada saat pra siklus 27.75%, siklus 1 mulai muncul sebesar  41.50%, siklus II berkembang sesuai harapan sebesar 57.75% pada siklus III meningkat menjadi 77.00%, jadi perkembangan kriteria kosakata anak berkembang dengan sangat baik.
Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Dongeng di Kelompok Bermain Az-Zakiyyah Sri Hartati; Evy Fitria
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v5i2.546

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas B Kelompok Bermain Az-Zakiyyah Kecamatan Periuk. Subyek penelitian 7 anak didik terdiri laki-laki 3 anak dan perempuan 4 anak, Penelitian dilakukan selama 3 (tiga) siklus. Data penelitian ini adalah data kemampuan berbicara anak, instrument pengambilan data dengan lembar pengamatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisa data dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pada pra siklus : kemampuan berbicara anak didik kategori Berkembang Sangat Baik ada 1 anak, katagori Belum Berkembang 6 anak. Siklus I kemampuan berbicara anak didik kategori Berkembang Sangat Baik 1 anak, katagori Mulai Berkembang 2 anak, Belum Berkembang 4 anak. Siklus II kemampuan berbicara anak didik kategori Berkembang Sangat Baik 1 anak, Berkembang Sesuai Harapan 4 anak, Belum Berkembang 2 anak. Siklus III kemampuan berbicara anak didik Berkembang Sangat Baik 7 anak .
Upaya Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Menggambar pada Kelompok B di TK Al-Fath BSD Tangerang Selatan Eka Wahyuni; Iman Nurjaman
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v5i2.547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan visual-spasial anak kelompok B TK Al-Fath BSD Tangerang Selatan. Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan visual-spasial pada kelompok B di TK Al-Fath BSD Tangerang Selatan. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan persentase yang terjadi pada kondisi awal dari 15 anak hanya 5 anak yang mampu mengikuti kegiatan menggambar sesuai dengan indikator (33%), pada siklus I meningkat jadi 8 anak (53%), pada siklus II meningkat lagi menjadi 12 anak (80%), dan pada siklus III meningkat menjadi 15 anak (100%).
Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kreatif di TK Islam Al-Husna Jatiuwung Kecamatan Cibodas Kota Tangerang Rizka Yuliatul Barkah; Nurul Fitria Kumala Dewi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v5i2.548

Abstract

Kreativitas anak di TK Islam Al-husna masih rendah, pengamatan awal menunjukkan hanya 5 siswa yang memiliki kemampuan kreativitas dengan baik dari 15 siswa yang di amati. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak, dan secara khusus untuk mengetahui seberapa besar kreativitas anak melalui kegiatan bermain kreatif (Jejak). Penelitian ini dilaksanakan kelas B TK Islam Al-husna Jatiuwung Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Subyek penelitian 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian dilakukan selama 3 siklus. Teknik analisa data dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada pra siklus : kreativitas 2 siswa masuk dalam ketegori berkembang sangat baik, 5 siswa masuk kategori berkembang sesuai harapan, 4 siswa masuk kategori mulai berkembang, dan 4 siswa masuk kategori belum berkembang. Siklus I kreativitas anak menunjukkan 1 siswa kategori berkembang sangat baik,  2 siswa ketegori berkembang sesuai harapan, 8 siswa kategori mulai berkembang, dan 4 siswa kategori belum berkembang. Siklus II kreativitas 6 siswa mulai masuk kategori berkembang sangat baik, 3 siswa ketegori berkembang sesuai harapan, 5 siswa kategori mulai berkembang, dan 1 siswa kategori belum berkembang. Siklus III kreativitas 7 siswa masuk dalam kategori berkembang sangat baik, 7 siswa masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan dan 1 siswa mulai berkembang. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan atau penggunaan kegiatan bermain kreatif mencari jejak dapat meningkatkan kreativitas anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5