cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Persepsi Orang Tua Dalam Pembelajaran Calistung Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah Nurul Fitria Kumala Dewi; Uswatun Hasanah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v13i2.4012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Persepsi Orang tua Dalam Pembelajaran Calistung Anak Kelompok B Pada Usia 5-6 Tahun”. Tetdapat orang tua yang terlalu memaksakan anaknya agar mampu calistung sejak dini. Oleh karena itu, pembelajaran calistung yang dilakukan sebaiknya harus disesuaikan dengan prinsip dasar anak usia dini yaitu salah satunya dengan bermain sambil belajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Metode penelitian yang dilakukan meliputi empat tahap, yaitu : persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B usia 5-6 tahun. Data penelitian yang terkumpul dianalisis, data diklasifikasikan, dan dideskripsikan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa besar persepsi orang tua terhadap pembelajaran calistung anak. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat persepsi orang tua di TK Negeri Pembina Akhlaqul Karimah yang menginginkan anaknya mampu calistung sejak dini diantaranya.
Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Selama Masa Covid-19 di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang Iman Nurjaman; Destya Alya Monica
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v13i2.4011

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Jumlah seluruh populasi adalah 30 orang tua dan 30 guru di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan NonProbability Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket. Instrument pengumpulan data untuk hubungan pola asuh orang tua (X) dan kemampuan berhitung (Y) menggunakan angket skala likert dengan 4 pilihan jawaban. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, yang diawali dengan uji normalitas dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan hubungan pola asuh orang tua (X) dan kemampuan berhitung (Y) Hal ini terbukti dengan dilakukannya uji regresi linier sederhana  yang menghasilkan Fhit untuk uji signifikansi sebesar 2677,26 dan Ftab sebesar 4,20 dengan ketentuan Fhit > Ftab berarti terdapat hubungan yang signifikan.  Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan berhitung anak usia dini selama masa covid-19 di Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang.
Peran Orangtua Dalam Pembiasaan Mencuci Tangan Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat Evy Fitria; Mukhlisoh Mukhlisoh
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v13i2.4015

Abstract

Penelitian ini untuk bertujuan mengetahui peran orangtua dalam pembiasaan mencuci tangan pada anak di Masa Pandemi Covid-19. Informan dalam penelitian ini ialah  Orangtua dan Anak yang berjumlah 5 Orangtua dan 5 Anak di Daerah Kecamatan Kalideres Jakarta Barat dengan 5 Kelurahan Semanan, Kalideres, Kamal, Pegadungan, Tegal Alur pada tahun 2020. Fokus Penelitian antara lain; 1) Pembiasaan Mencuci Tangan, 2) Kendala orangtua mengajarkan mencuci tangan, dan 3) penyebab yang diharuskan mencuci tangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif Studi Kasus dengan teknik Pengumpulan Data di ambiil dengan cara Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Peran orangtua sangat penting dalam hal mengingatkan kepada anaknya kapan waktu mencuci tangan, memberikan contoh kepada anak tentang cara-cara mencuci tangan dengan baik dan benar agar anak terbiasa dalam mencuci tangan, 2) Kendala yang dihadapi orang tua saat membiasakan anak mencuci tangan saat akan melakukan kegiatan, pulang dari berpergian ialah anak masih menangis dan berterik saat diingatkan untuk mencuci tangan., 3) Penyebab yang di haruskan mencuci tangan yaitu orangtua selalu mengingatkan kepada anaknya waktu anak harus mencuci tangan.
Analisi Kompensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Covid-19 Titi Rachmi; Aqidatul Nabilah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v13i2.4010

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan adanya permasalahan Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Covid-19 di Kota dan Kabupaten Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru memberikan pengajaran dalam pembelajaran jarak jauh selama covid-19 serta mengetahui kompetensi guru yang di gunakan, sehingga masalah pembelajaran jarak jauh selama covid19 dapat membuktikan dan menjelaskan statergi kegiatannya berjalan sesuai dengan rancangan yang disusun oleh setiap sekolah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan proses transformasi data penelitian dalam bentuk tabulasi. Penelitian ini di lakukan pada sepuluh sekolah di Kota dan Kabupaten wilayah Tangerang Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan dan dengan wawancara. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa proses pembelajaran jarak jauh selama covid-19 telah dilaksanakan dengan menerapkan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh seorang guru taman kanak-kanak. sedangkan untuk kompetensi pedagogik guru taman kanak-kanak baik secara pelaksanaanya selama daring sudah baik, namun harus tetap adanya bimbingan yang diambil melalui pengetahuan oleh para guru di Kota dan Kabupaten Tangerang Banten.
Analisa Metode Proyek Terhadap Kreativitas Anak Di Masa Karantina Covid 19 Angger Prima Widiasih; Ari Astuti
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v13i2.4014

Abstract

Penelitian ini dilakukan dikarenakan adanya permasalahan kreativitas anak selama di sekolah dan juga selama masa karantina covid 19 di Taman Kanak – Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Cirarab. Dan metode proyek yang sudah sering dilaksanakan disekolah,  dialihkan dirumah karena BDR (Belajar Dari Rumah) dengan menggunakan video tutorial yang guru buat untuk diikuti oleh anak di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui bagaimana metode proyek dari pengembangan kegiatan kreativitas anak selama masa karantina covid 19, penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengungkapkan fakta – fakta yang ada. Subjek dari penelitian ini adalah berjumlah 4 anak dari kelas TK B. Pengumpulan data dengan cara menganalisa video rekaman proyek bubur kertas sebanyak 4 kali yang dilakukan oleh siswa dirumah dengan orang tua sebagai fasilitator, instrumen wawancara dan dokumentasi. Penilaian kreativitas berdasarkan 4 tahapan kreativitas yaitu : persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Hasil setelah anak diberikan video tutorial proyek bubur kertas yaitu anak menjadi lebih semangat dalam berkreativitas, senang dengan hasil karya, termotivasi untuk mengerjakan proyek hingga selesai, dan metode proyek bisa dilaksanakan dirumah maupun disekolah untuk terus mengasah kemampuan kreativitas anak
Hubungan Tanggung Jawab Anak dan Tugas Sekolah Selama Pandemi Covid-19 Ajijah Sadiah Nufus; Larasati Dian Pertiwi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 2 (2021): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v13i2.4013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara tanggung jawab anak terhadap tugas sekolah selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Jumlah seluruh populasi adalah 55 siswa TK sekecamatan Pagedangan dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket. Instrument pengumpulan data untuk pemahaman tingkat tanggung jawab variabel (X) dan tugas sekolah variabel (Y) menggunakan angket skala likert dengan 5 pilihan jawaban. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, yang diawali dengan uji normalitas dari data yang diperoleh. Pengujian hipotesis yang peneliti dapatkan setelah penelitian yaitu data memiliki regresi yang linier yaitu sebesar fhitung > ftabel dengan nilai 49.95 > 3.51 yang berarti data tersebut memiliki data yang linier tetapi memiliki hubungan yang tidak signifikan yaitu sebesar fhitung < ftabel dengan nilai 0.07 < 1.00. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil analisis varian (anova) uji regresi linear sederhana. Berdasarkan tabel anova tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tanggung jawab terhadap tugas sekolah selama pandemi covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 6