cover
Contact Name
Diah Widasmara
Contact Email
diah2ko@gmail.com
Phone
+6281296736449
Journal Mail Official
diah2ko@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pari
ISSN : 25020730     EISSN : 25490133     DOI : http://dx.doi.org/10.15578/jp.v6i2
Jurnal PARI adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekertariat Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan - Kementrian Kelautan dan Perikanan (BRSDM KKP), yang memiliki p-ISSN : 2502-0730 dan e-ISSN : 2549-0133 dengan tujuan menyebarluaskan hasil karya tulis ilmiah di bidang Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi, Kearsipan, Kehumasan serta Ilmu Komputer. Naskah yang dimuat jurnal tersebut berasal dari Pejabat Fungsional Pustakawan Arsiparis,Pranata Humas dan Pranata Komputer.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)" : 8 Documents clear
KAJIAN PENYUSUNAN DOKUMEN SISTEM (PANDUAN, PROSEDUR, DAN FORMULIR) GUNA MENDUKUNG MANAJEMEN MUTU PERPUSTAKAAN Yeni Pebrianti
Jurnal Pari Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)
Publisher : BRSDM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15578/jp.v2i2.3252

Abstract

ABSTRAKManajemen mutu sebuah perpustakaan harus didukung oleh dokumen pendukung yang dikenal dengan istilah dokumen sistem yang terdiri dari panduan mutu sesuai acuan SNI 7496 : 2009, Standar Operasional Prosedur (SOP), serta formulir-formulir pendukung lainnya. Penyusunan dokumen sistem tersebut dimaksudkan agar semua kegiatan yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan dapat tercatat/terekam dengan baik ABSTRACTThe library quality management must be supported  by a document system that includes manual, Standard Operating Procedures, and forms in accordance with SNI 7496:2009 guideline. The aim of this document  system is to ensure that the whole activities are well documented. 
PERPUSTAKAAN KAFE: KONSEP UNIK SEBAGAI USAHA PENINGKATAN MINAT BACA DAN INTERAKSI SOSIAL ketut masiani
Jurnal Pari Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)
Publisher : BRSDM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15578/jp.v2i2.3263

Abstract

ABSTRAKBerbagai permasalahan saat ini dihadapi oleh perpustakaan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta rendahnya minat baca merupakan permasalahan yang harus segera di atasi. Rendahnya minat baca masyarakat saat ini merupakan ancaman serius yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Indeks membaca di Indonesia masih sangat rendah sehingga berpengaruh terhadap tingkat kualitas sumberdaya manusia yang dimiliki. Perpustakaan sebagai lembaga yang bertugas dalam upaya peningkatan minat baca perlu melakukan terobosan baru sehingga minat baca masyarakat dapat meningkat. Perpustakaan kafe merupakan perpustakaan yang menggabungkan desain antara perpustakaan dengan kafe dengan tetap mengedepankan tujuan dan peranan perpustakaan. Tujuan pengembangan perpustakaan kafe ini adalah untuk dapat memberikan kesan baru pada perpustakaan berupa tempat yang nyaman, menyenangkan sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung, membaca koleksi yang tersedia sehingga mampu meningkatkan minat baca, yang akan berpengaruh dalam peningkatan kecerdasan bangsa dan Negara. Ruangan perpustakaan didesain seperti kafe dengan mengutamakan kenyamanan pengunjung serta penyediaan koleksi yang dapat menarik perhatian masyarakat untuk membacanya. Pengembangan perpustakaan kafe perlu memperhatikan lokasi, desain, koleksi, kerjasama dan jenis layanannya. Pengembangan perpustakaan ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi dari perpustakaan, meningkatkan minat baca masyarakat serta sebagai media interaksi sosial masyarakat ABSTRACTA lot of problems being faced by the library nowadays. The growth of information and communication technology, and the low interest in reading must be overcome. Low reading interest in today's society is a serious threat being faced by Indonesia. Reading index in Indonesia is still very low and therefore contributes to the quality level of its human resources. Library as an institution in charge of the effort to increase reading interest need to make new breakthroughs for it. Library cafe is a library that combines the design of a library with a café while still promoting the purpose and role of the library. The purpose of developing  a cafe library is to give a new impression of a library as a comfortable and fun place to attract people to visit and read the available collections so as to increase their reading interest, which will take effect in improving national intelligence. Library room is designed like a cafe which emphasizes comfort  for visitor as well as provision of a collection that can attract people to read it. The library café development must take into account  its location, design, collection, cooperation and kinds of services. The development of this library is an attempt to optimize the duties and functions of the library, to increase public interest as well as to serve as a social media of interaction
PERPUSTAKAAN ELEKTRONIK (E-LIBRARY) MENGGUNAKAN CALIBRE Dani Saepuloh
Jurnal Pari Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)
Publisher : BRSDM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15578/jp.v2i2.3253

Abstract

ABSTRAKPerpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi tesebut melalui perangkat digital. Layanan ini diharapkan dapat  mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi obyek informasi seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat, dan akurat. Perpustakaan digital itu tidak berdiri sendiri, melainkan terkait dengan sumber-sumber lain dan pelayanan informasinya terbuka bagi pengguna di seluruh dunia. Koleksi perpustakaan digital tidaklah terbatas pada dokumen elektronik pengganti bentuk cetak saja, ruang lingkup koleksinya malah sampai pada artefak digital yang tidak bisa digantikan dalam bentuk tercetak. Koleksi menekankan pada isi informasi, jenisnya dari dokumen tradisional sampai hasil penelusuran. Perpustakaan ini melayani mesin, manajer informasi, dan pemakai informasi. Semuanya ini demi mendukung manajemen koleksi, menyimpan, pelayanan bantuan penelusuran informasi.ABSTRACTE-library is a system that provides some services and information and supports  information access through digital tools. These services are expected to simplify information searching in the data collection such as document, diagrams, and database in digital format becoming more quickly, pricisely and accurately. E-library does not stand alone but is related to other resources which is open-accessed to user worldwide. E-library collection is not only limited to an electronic document as a substitution of a hardcopy document, but is also encompassing a digital artefact that can not be replaced in printed format. The collection is emphasizing on the information contents, traditional document types, and searching results. This library serves engine, information manager, as well as information user. All this concept will support collection management, storage, service and information searching
PENGOLAHAN KARYA TULIS ILMIAH DI PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERIKANAN Suyatno suyatno
Jurnal Pari Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)
Publisher : BRSDM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15578/jp.v2i2.3254

Abstract

ABSTRAKPusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan merupakan instansi yang mempunyai tugas menyelenggarakan penelitian dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hasil-hasil penelitian baik berupa laporan maupun karya tulis ilmiah membutuhkan suatu wadah untuk menampungnya agar dapat digunakan oleh masyarakat, baik masyarakat umum maupun stakeholder yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan. Untuk menampung hasil-hasil penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah dibutuhkan suatu organisasi khusus yang menangani karya tulis ilmiah yaitu dengan di bentuknya suatu penerbitan. Oleh sebab itu maka di pusat penelitian dan pengembangan perikanan satu bidang khusus yang menangani tentang penerbitan karya tulis ilmiah yaitu Sub Bidang Data dan Informasi dibawah Bidang Data informasi Monitoring dan Evaluasi. Kegiatan Sub bidang Data dan Informasi hampir sama dengan kegiatan penerbitan lainya yaitu dari proses Pendaftaran ISSN, Pengumpulan makalah, Pemilihan Mitra Bestari, Proses evaluasi makalah oleh reviewer yang ditunjuk, Proses revisi makalah, Pengeditan dan layout makalah yang telah dinyatakan Accepted, Pengiriman hasil penyuntingan makalah kepada penulis untuk dilakukan proof read, Penerbitan Artikel/Jurnal, Pendaftaran ISJD/Serah Simpan dan Pendaftaran Akreditasi. Tiap-tiap jurnal mempunyai jumlah artikel yang berbeda dalam setiap nomornya. Permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan jurnal antara lain jumlah sumberdaya yang kurang memadai, kurangnya pakar dalam proses evaluasi makalah, lamanya proses perbaikan dari penulis. ABSTRACTFisheries Research and Development Center is an institution operating under the auspices of the Research and Development Agency for Marine and Fisheries – Ministry of Marine Affairs and Fisheries Republic of Indonesia. The research results, both in the form of reports and scientific papers; require rooms for storage in order for users, both general public and marine and fisheries stakeholders, to be able to access them. A publication is organized to manage scientific reports and papers. In the R&D Center for Fisheries, the Data and Information sub Division is responsible for the publication. Such publication is similar to other publishing activities which starts from ISSN registration, papers collection, Mitra Bestari selection, evaluation of papers and reports by appointed reviewers, revision processes, editing and layout designing for the accepted papers and reports, delivery of the edited papers and reports to the authors for proof reading, publication of article/ journal, ISJD registration/ depository and submission for accreditation. The R&D Center publishes periodicals such as Indonesian Fisheries Research Journal, Bawal Widya Riset Perikanan Tangkap, Indonesian Fisheries Policy Journal, Indonesian Fisheries Research Journal, Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya Dan Penangkapan, Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur, Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur, Indonesian Aquaculture Journal, Jurnal Riset Akuakultur, and Media Akuakultur.  Each journal has various numbers of articles in each publication. Lack of resources, scarcity of experts for evaluation, time needed for revision, are among the problems in journal management.
Indeks Abstrak Jurnal Pari Jurnal Pari Jurnal Pari
Jurnal Pari Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)
Publisher : BRSDM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15578/jp.v2i2.3270

Abstract

ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERIKANAN BUDIDAYA Erny puspa
Jurnal Pari Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)
Publisher : BRSDM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15578/jp.v2i2.3256

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap pelayanan pada perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya. Variabel penelitian terdiri dari koleksi, sirkulasi, tenaga perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan angket. Sampel terdiri 40 resonden, teknik pengambilan sampling dilakukan secara accidental. Analisis pengukuran data menggunakan skala likert dengan penghitungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepuasan terhadap koleksi diperoleh skor rata rata 2,92 (cukup puas),  pada tingkat kepuasan terhadap layanan perpustakaan diperoleh skor rata rata 3.30 (cukup puas),  pada  tingkat kepuasan terhadap petugas perpustakaan diperoleh skor rata rata 3.64 (puas) dan pada tingkat kepuasan sarana prasarana diperoleh skor rata rata 3.38 (cukup puas). Hasil rekapitulasi semua variabel diperoleh skor 3.31 berada pada skala interval 2.62-3.42 menunjukkan hasil kepuasan pemustaka terhadap pelayanan perpustakaan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya cukup memuaskan ABSTRACTThe purpose of this research is to know the visitors’ satisfaction level of Puslitbangkan Budidaya library services. Research  consist of collection, circulation, Library workers, and Library’s facilities and infrastructures. The research method is Descriptive Quantitative with data collection techniques through observations, literature review and questionnaires. Samples consist of 40 respondent, sampling techniques are done accidentally. Data measurement is using Likert scale with score calculations. The result for visitors’ satisfactions of library’s collection is 2,92 (adequately content). The result for visitors’ satisfaction to library’s circulation service is 3,3 (adequate). The result for visitors' satisfaction of library's worker is 3,5 and visitors’ satisfaction of library's facilities and infrastructures is 3.64 (adequate). Recapitulation result of all the variables is 3.32 within the scale 2.62-3.42 intervals shows library’s visitors' satisfaction to  Puslitbangkan Budidaya library services is adequate
TERBITAN BIBLIOGRAFI SEBAGAI ALAT BANTU PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN PUSAT PENELITIAN SOSIAL EKONOMI KELAUTAN DAN PERIKANAN Siti Nurhayati; Arfah Elly
Jurnal Pari Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)
Publisher : BRSDM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15578/jp.v2i2.3249

Abstract

ABSTRAKBibliografi sangat penting bagi peneliti khususnya peneliti di Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Tujuan penulisan makalah memberikan gambaran pentingnya bibliografi dalam mendukung tugas peneliti. Makalah ini menguraikan tentang pengertian dan definisi bibliografi jenis-jenis bibliografi, serta peranan bibliografi bagi peneliti. Peneliti perlu memahami biliografi ini untuk menunjukkan tentang kegiatan-kegiatan penelitian yang telah dan akan dilakukan oleh peneliti lain. Fungsi lain dari bibliografi adalah sebagai bagian dari jasa pelayanan perpustakaan kepada pemustaka. Dengan menerbitkan suatu bibliografi, pustakawan dapat menawarkan koleksinya kepada pemakai tanpa harus mengeluarkan seluruh koleksi yang dimilikinya, serta dapat menjangkau pemustaka yang tinggal jauh dari perpustakaan. Dengan demikian maka, bibliografi dapat digunakan sebagai bahan rujukan terhadap koleksi perpustakaan. Selain itu diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengelola perpustakaan yang lainnya dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pemustaka khususnya peneliti.ABSTRACTThe Bibliography is very important for  researchers in particular those at the Marine and Fisheries for   Socio-Economic Research Center. The purpose of writing this paper is to give an illustration of  the importance of the bibliography  to support  the task of researchers. It describes   the definition of  bibliogra-phy, the   types of bibliographic, as well as the role of  bibliography for  researchers. Researchers need to understand bibliography in order to  show other researchers the research activities that have been and will be conducted.  Another function of the bibliography is as a part  of the library services to the patrons/users. By publishing a bibliography, librarians  can offer  their  collection to the users without having to  displaytheir entire collection, and they can also  reach those who are in remote places away from the library. Therefore, the bibliography can be  used  as a reference material to the library collection as well as a reference for other  library managers in  improving the quality of their service to the patrons especially researchers
PROMOSI DAN PUBLIC RELATION DI PERPUSTAKAAN Nazrul Rizal lubis; Arief Gunawan; darwanto darwanto
Jurnal Pari Vol 2, No 2 (2016): (Desember 2016)
Publisher : BRSDM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15578/jp.v2i2.3257

Abstract

ABSTRAKFungsi utama penyelenggaraan perpustakaan adalah pelayanan. Dalam menjalankan fungsi pelayanan tersebut, public relations (PR) memiliki peran yang sangat penting. PR berfungsi sebagai pendukung manajemen, membangun citra perpustakaan, dan sebagai komunikator. Artikel ini mengetengahkan prinsip-prinsip PR yang perlu diimplementasikan pada perpustakaan dan berbagai upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan membangun pencitraan perpustakaan. ABSTRACTLibrary service is the main function of a library. Public relations (PR) is one of factors determining the function. PR has functions as management support, building library image, and as communicator. This article sheds light on PR principles that should be implemented at library and several efforts which should be conducted in improving library service and library image.

Page 1 of 1 | Total Record : 8