cover
Contact Name
Fauzi Rachman
Contact Email
fauzirachman.veteranbantara@gmail.com
Phone
+6285728585911
Journal Mail Official
pendidikansejarahunivet@gmail.com
Editorial Address
Univet Bantara Sukoharjo Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Sukoharjo
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Keraton: Journal of History Education and Culture
Keraton: Journal of History Education and Culture Is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas or innovative work in the field of science and history education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal. History Education History literature Cultural studies Anthropology Social Studies Humaniora Multicultural Education Character Education Education Issues and Policy Curriculum Instructional Media and Model Teaching and Learning
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH Ivan Prapanca Wardhana
Keraton: Journal of History Education and Culture Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/.v2i1.873

Abstract

Upaya pemerintah untuk mengembangkan hard skills dan soft skills dalam dunia pendidikan dengan dirancangnya konsep Merdeka Belajar sangatlah baik dan harus didukung. Selain pemerintah, sekolah beserta unsur guru yang ada harus  menjalankan proses penerapan kurikulumnya dan berupaya keras memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya. Selain itu untuk mengasah soft skills dan hard skills ada beberapa cara yang dapat dilakukan peserta didik diluar pendidikan formal yang sedang ditempuh seperti mengikuti kursus, mencari mentor dan menjadi relawan. Melalui pendidikan, akan diperoleh sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, kreatif dan mampu bersaing. Oleh karena itu, peserta didik sebagai produk pendidikan dituntut memiliki soft skills dan hard skillsKata Kunci: Soft Skills, Hard Skills, Pembelajaran Sejarah.
PERANCANGAN BUKU DIGITAL LABORATORIUM SEJARAH RUMAH ARCA SUKOHARJO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENINGGALAN SEJARAH LOKAL SISWA SMA KABUPATEN SUKOHARJO Fauzi Rachman
Keraton: Journal of History Education and Culture Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/.v2i1.874

Abstract

Semakin berkembang maju teknologi digital yang terjadi di Kabupaten Sukoharjo, membuat remaja kurang mengetahui keberadaan lingkungan yang berada di sekitar yang mempunyai nilai sejarah lokal seperti Laboratorium Sejarah Rumah Arca Sukoharjo. Siswa kurang mengetahui dan tertarik untuk berkunjung ke Laboratorium Sejarah, karena Laboratorium Sejarah dianggap sebagai sebuah tempat yang membosankan. Sehingga pengetahuan siswa sekarang tentang sejarah khususnya sejarah lokal sangat terbatas. Oleh karena itu perancangan ini bertujuan untuk membuat alternatif media berupa buku digital yang menjadi trend sekarang ini untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah lokal. Perancangan ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka untuk mendapatkan data-data yang digunakan sebagai pendukung pembuatan konsep perancangan media. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Melalui analisis data tersebut maka diperoleh tema konsep perancangan yaitu efektifitas & efisiensi. Deskripsi dari efektifitas adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran yang efektif menggunakan media dapat dilaksanakan mencapai tujuan. Sedangkan efisiensi, optimalisasi dalam sumber daya dengan menampilkan berbagai sumber media pembelajaran di dalam buku digital sehingga mempelajari sejarah termasuk sesuatu hal yang optimal memanfaatkan berbagai media, yaitu dengan membuat adanya media audiovisual dalam penyampaian informasi dari isi buku ini. Hasil pembuatan buku digital ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran untuk menarik minat siswa belajar tentang peninggalan sejarah khususnya sejarah lokal kabupaten Sukoharjo.Kata kunci: Buku Digital, Sejarah Lokal, Media Pembelajaran.
SITUS TINGGI HARI SEBAGAI OBJEK WISATA EDUKASI DI KABUPATEN LAHAT Dandi Dwi Prayitno; Syarifuddin Syarifuddin; Aulia Novemy Dhita
Keraton: Journal of History Education and Culture Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/.v2i1.870

Abstract

Situs tinggi Hari merupakan salah satu situs peninggalan zaman megalitik yang ada di kabupaten Lahat yang berada di desa tinggi hari, situs ini merupakan salah satu situs yang unik yang ada di kabupaten Lahat dari sekian banyak situs – situs megalitik di daerah lainnya, dalam tulisan ini akan dibahas mengenai potensi situs tinggi hari tersebut menjadi wisata edukasi kesejarahan yang terpadu dan terawat serta dapat menarik minat pengunjung untuk datang dan belajar mengenai peniggalan zaman batu besar atau Megalitikum.Kata kunci: Lahat, tinggi Hari, Peninggalan, situs
KAIN BATIK BESUREK DI KOTA BENGKULU Muhammad Deppendra; Syarifuddin Yusuf; Aulia Novemy Dhita
Keraton: Journal of History Education and Culture Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/.v2i1.875

Abstract

penulisan yang berjudul “Batik Besurek” ini adalah sebuah penulisan yang membahas hampir tentang keseluruhan gambaran umum yang berkaitan dengan sub judul mulai dari sejarah cara pembuatan, bahan pembuatan hingga perkembangan sendiri. Perlu diketahui bersama bahwa batik ini merupakan batik khas yang dimiliki kota Bengkulu. Batik ini memiliki sejarah panjang dalam perkembangannya dari awal hingga sekarang, unik nya ini memiliki motif utama yaitu motif kaligrafi, sehingga bisa didapatkan bahwa ada berkaitan dengan unsur Islam, karena awalnya kain ini dibawa langsung oleh Sentot Ali Basya yang merupakan salah satu orang yang menyebarkan agama Islam. Dalam penulisan ini dijelaskan juga tentang nilai dan arti dari macam-macam motif yang ada, karena dalam motif ini memiliki makna dan arti sendiri serta berbeda dengan lainnya. Pada masa sekarang perkembangannya telah menjadi pakaian dinas wajib bagi pegawai negeri sipil yang ada di Provinsi Bengkulu dan ini membuktikan bahwa besurek merupakan karyabesar yang dimiliki serta dapat didapatkan bahwa pemerintah provinsi telah berupaya untuk mencerminkan nilai-nilai yang ada pada kearifan lokal.Kata Kunci : Batik, Batik Besurek, Bengkulu, Kearifan Lokal
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH Rus Hartata
Keraton: Journal of History Education and Culture Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/.v2i1.871

Abstract

Proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan secara umum melibatkan empat buah komponen utama yaitu peserta didik, "guru", lingkungan belajar dan materi pelajaran. Belajar adalah proses internal dalam diri manusia maka guru bukanlah merupakan satu-satunya sumber belajar, namun merupakan salah satu komponen dari sumber belajar yang disebut orang. Media mempunyai beberapa kegunaan yaitu : Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis, mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga, daya indra dan menimbulkan gairah belajar. Kelompok media instruksional: Audio, Cetak, Audio-cetak, Proyek Visual Diam,Visual Gerak, Visual Gerak dengan Audio, Benda, Komputer. Motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya dan penggerak di dalam diri peserta didik yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar. Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu baik berupa perubahan tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan. Materi pelajaran sejarah mengandung nilai-nilai kepahlawanan, keteladanan, kepeloporan, patriotisme, nasionalisme, semangat pantang menyerah yang mendasari watak dan kepribadian peserta didik. Penggunaan media audio visual yang tepat sangat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat kita lihat dalam wujud motivasi dan prestasi belajar sejarah peserta didik yang memuaskan. Kata kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
KONFLIK INTERNAL DAN PERPINDAHAN KERATON KARTASURA KE SALA I Made Ratih Rosanawati
Keraton: Journal of History Education and Culture Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/.v2i1.872

Abstract

Perpindahan istana kerajaan Keraton Mataram dari Kartasura ke Surakarta, menyebabkan keraton Kartasura tidak pernah ditempati lagi. Berdasarakan pengamatan terhadap peninggalan yang masih tersisa di lokasi bekas keraton. Perpindahan istana kerajaan Keraton Mataram dari Kartasura ke Surakarta, menyebabkan keraton Kartasura tidak pernah ditempati lagi. Berdasarakan pengamatan terhadap peninggalan yang masih tersisa di lokasi bekas keraton. Penelitian ini mendeskripsikan tentang konflik internal yang terjadi di Mataram Islam yang mengakibatkan berpindahnya istana kerajaan dari Kartasura ke Sala. Penelitian ini menggunakan metode historis. Kata kunci : konflik internal, keraton Kartasura, perpindahan Keraton

Page 1 of 1 | Total Record : 6