cover
Contact Name
Anrial
Contact Email
anrialma@gmail.com
Phone
+6285274498672
Journal Mail Official
jdk@iaincurup.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ak. Gani No. 01, Dusun Curup, Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia
Location
Kab. rejang lebong,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Dakwah dan Komunikasi
ISSN : 25483293     EISSN : 25483366     DOI : http://doi.org/10.29240/jdk
Jurnal Dakwah dan Komunikasi is a scientific journal published by IAIN Curup. This journal specializes in the study of dakwah and communication. The managers invite scientists, scholars, professionals, and researchers in the disciplines of Dakwah and Communications to publish their research results after the selection of manuscripts, review of partners, and editing process. This journal is published every May and November every year.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019)" : 5 Documents clear
Kita Juga Bisa Menjadi Th?g?t (Analisis Wacana Model Teun A. Van Dijk di serial film kartun CISForm UIN Sunan Kalijaga) M. Sabron Sukmanul Hakim
Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jdk.v4i2.1238

Abstract

Perkembangan zaman begitu pesat. Pertukaran informasi bagaikan kilat. Berbagai inovasi dan inprovisasi terus dilakukan manusia, mulai dari bentuk rupa sampai sistem media informasi dan komunikasi yang berlaku. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran Artinya : Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. Al-Qasas : 77). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebuah wacana yang terdapat di serial film kartun CISForm yang berjudul Kita Juga Bisa Menjadi Th?g?t. Model analisis yang digunakan adalah analisis wacana model Teun A. Van Dijk, yang dimana model ini mempunyai tiga dimensi/ bangunan: pertama, teks. Kedua, kognisi sosial. Ketiga, konteks sosial. Menurut van Dijk, penelitian atas wacana tidak cukup hanya didasarkan pada analisis teks semata, karena teks hanya hasil dari suatu praktik produksi yang harus diamati. Disini juga harus dilihat juga bagaimana suatu teks diproduksi, sehingga kita memperoleh suatu pengetahuan kenapa teks bisa semacam itu. Hasil dari penelitian ini bahwa kita seringkali melihat suatu masalah hanya dari satu sisi, dan mengkonsumsi secara mentah masalah itu tanpa pengkajian lebih dalam. Padahal makna yang terkandung masih luas dari hanya sekedar wacana. Salah satunya tentang masalah th?g?t, ketika ada wacana yang mengatakan bahwa pemerintah itu th?g?t karena tidak menggunakan hukum islam sebagai hukum Negara, serta mengutip dalil-dalil yang mendukung, sehingga semakin yakin bahwa apa yang menjadi asumsi kita itu benar. Solusi yang disampaikan di sisni adalah secara harfiah, th?g?t itu bermakna melampaui batas. Melampaui batas bisa dilakukan oleh siapa saja, iblis, firaun, orang kafir, termasuk juga kita. Kalau kita bertindak melampaui batas, kita juga bisa disebut th?g?t. Dalam video tersebut seakan-akan memberikan pesan kepada kita bahwa pemerintah sudah benar dalam menentukan hukum. Sistem hukum yang dipakai bukan islam karena masyarakat di Indonesia adalah masyarakat yang majemuk, terdiri dari berbagai agama dan keyakinan. Di sini yang menjadi prioritas utama adalah pemerintah.
Makna Pesan DakwahDalamLirik Lagu Deen As-salamcover Nissa Sabyan Yuli Puspita Sari
Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jdk.v4i2.1252

Abstract

Artikel ini berisi tentang analisis semiotik makna pesan dakwah pada lirik lagu Deen Assalam yang di cover Group Band Nissa Sabyan dengan kajian semiotik Ferdinand de Saussure. Sebelumnya lagu tersebut dipopulerkan oleh penyayi asal arab Saudi Sulaiman Al-Mughani. Metode yang akan digunakan dalamPenelitian ini adalah semioticdaripemikiranSaussure.DalamteoriSaussuredijelaskanbahwatandamemiliki unsur yang saling berhubungan yaitupenanda(signifier),petanda(signified). Pada proses semiotik ini mencoba menghubungkan makna dari lirik lagu Deen Assalam pada pesan dakwah yang terkandung. Hasil dari penelitian ini dari lirik lagu Deen Assalam pada setiap bait memiliki makna yang saling berkaitan antara bait satu dan bait selanjutnya. Pesan dakwah pada lirik lagu tersebut adalah agama yang cinta perdamaian dan toleransi di dalam masyarakat. Lirik lagu yang paling bermakna Abmahabbaat Wabtisaam Asyaru Bainil Anamhadahu dinassalamyangartinyasebarkanlahdiantarainsaneinilahislamagamaperdamaian.Teknikanalisis data yang digunakan yaitu analisis dengan menggunakanteorisemiotika ferdinan de Saussure. Model teori dari Saussure lebih memfokuskanperhatian langsungadatandaitusendiri.DalampenelitianterhadapliriklaguDeenAsalamini,penelitimembuatinterprestasidenganmembagikeseluruhanliriklagumenjadibeberapabaitdanselanjutnyaperbaitakandianalisis Dengan menggunakan teori Semiotika dari Saussure.
Membangun Efektifitas Dakwah Dengan Memahami Psikologi Madu Ujang Muhadi
Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jdk.v4i2.1251

Abstract

Bangsa Indonesia saat ini tengah terpuruk dalam krisis multi dimensional, krisis kepercayaan (amanah), krisis moral, ekonomi, sosial politik dan budaya. Bangsa ini pun sedang mengalami krisis nilai-nilai insani, keringnya nilai-nilai spiritual, terjadinya perubahan sosial dan sosial keagamaan, termasuk perubahan tradisional kepada modern. Oleh karena itu, gerakan dakwah sudah menjadi keharusan yang sangat dibutuhkan dan tidak boleh ditunda-tunda untuk menghadapi tantangan dan krisis multi dimensional itu. Aktivitas dakwah akan senantiasa bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berhadapan dengan berbagai realitas persoalan kehidupan manusia, maka dakwah harus dilakukan secara terencana, memiliki konsep yang jelas, terukur, terorganisir dan bahkan dapat dievaluasi. Dakwah harus tampil secara aktual, faktual dan kontekstual. Dakwah hendaklah disampaikan dengan cara yang baik, bijak, penuh hikmah, penuh perhatian, keseriusan, niat yang ikhlas, dengan tetap memperhatikan psikologi madu agar pesan moral dan nilai-nilai luhur ajaran agama yang disampaikan dalam dakwah dapat diterima dan dicerna.
Analisis Wacana Sara Mills Tentang Kekerasan Perempuan dalam Rumah Tangga Studi Terhadap Pemberitaan Media Kumparan Siti Nur Alfia Abdullah
Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jdk.v4i2.1236

Abstract

Kekerasan terhadap perempuan dalam kehidupan berumah tangga yang dilakukan suami kepada istri saat ini kian ramai diperbincangkan menjadi isu yang sudah mendunia, media online kumparan sebagai penyalur aspirasi rakyat serta memuat pemberitaan soal fenomena kekinian, tidak ketinggalan dalam menyajikan berita tersebut. Fokus penelitian ini melihat bagaimana perspektif media dalam memberitakan masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan model analisis wacana kritis sara mills, yang dimuat pada media online kumparan dengan mengambil lima judul berita kekerasan terhadap perempuan yakni, Sering ditanyai usai keluar rumah, suami aniaya istri hingga tewas, Belum 3 bulan, ada 7 kasus kekerasan terhadap perempuan, Seorang suami di sikka pukul istri hingga kepala bocor usai cekcok, Gara-gara rebutan remote tv suami tega hajar istri hingga berdarah, Aniaya istri dan anak pakai pisau pria di pasuruan diamankan. Hasil penelitian ini menunjukan peran perempuan sebagai objek tulisan, karena perempuan pada teks berita di atas selalu mendapatkan perlakuan kasar dalam bentuk adu mulut, dan mendapat tusukan pisau berulan kali serta pukulan hingga berakibat pada kematian, namun dalam beberapa kesempatan kumparan juga menampilkan perempuan sebagai subjek yang merepresentasikan dirinya dalam tulisan tersebut. Dengan demikian, media online kumparan dalam memberitakan wacana soal perempuan memiliki persepktif tersendiri dengan bisa melukiskan perempuan sebagai korban yang dijelaskan dalam teks, juga mendapati perempuan mewakili subjek dalam teks berita.
Sistem Pertandaan Semiotik Pada Iklan Layanan Masyarakat Stop Hoax Dalam Media Televisi Indosiar (Analisis Semiotik Jhon Fiske) Siroy Kurniawan
Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jdk.v4i2.1237

Abstract

Berita Hoak menjadi sebuah kabar berita yang memiliki unsur kebohongan. Maraknya berita hoax menimbulkan kekawatiran yang cukup mendalam bagi masyarakat. Untuk itu sebuah media memberikan edukasi melalui iklan. Iklan yang dimuat bukan iklan seperti biasa yang hanya mempromosikan barang. Iklan Layanan Masyarakat memberikan edukasi yang dalam hal ini edukasi mengenai berita Hoax. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pertandaan dalam iklan Stop Hoax penulis menggunakan analisis semiotika model John Fiske yang terdiri dari level realistas, repsentasi dan level idiologi. Hasil analisis tersebut pada level realitas menggambarkan bagaimana suasana kesibukan pagi hari sehingga terjadi keteledoran hingga peristiwa ingin minum cairan pembersih kendaraan. Pada level ini menghasilkan bentuk ekspresi serta lingkungan perumahan. Pada level representasi menggambarkan bagaimana pengambilan gambar yang signifikan kemudia ditambah backsound music yang digunakan serta efek warna yang keseluruhan mempresentasi bagaimana kondisi yang terjadi dalam iklan tersebut. Level ke tiga ideologi, ideologi yang di pakai dalam iklan tersebut bagaimana iklan mampu mengemas sebuah informasi dalam bentuk iklan layanan masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5