cover
Contact Name
Fadly Yashari Soumena
Contact Email
fadly.yashari@gmail.com
Phone
+6282293854875
Journal Mail Official
el.iqtishod.parahikma@gmail.com
Editorial Address
Jln. Mustafa Dg. Bunga No.191, Kecamatan Pacciongan, Kabupaten Gowa. Sulawesi Selatan
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
El-Iqtishod
ISSN : 25991760     EISSN : 27757315     DOI : -
Jurnal EL-IQTISHOD dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Parahikma Indonesia. Tujuan Jurnal EL-IQTISHOD adalah membantu para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal ini juga didedikasikan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya pada ruang lingkup ekonomi syariah namun tidak terbatas secara implisit. Sejak tahun 2017-2020, proses penerbitan Jurnal EL-IQTISHOD dilakukan sebanyak 1 kali dalam setahun, akan tetapi terhitung sejak tahun 2021, jurnal ini akan diterbitkan secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Syariah EL-IQTISHOD" : 5 Documents clear
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Makanan Halal (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim di Pulau Bali) sulastri
El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Syariah EL-IQTISHOD
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia adalah negara dengan penduduk terbanyak beragama Islam. Meskipun memiliki penduduk mayoritas yang beragama Islam namun tidak setiap daerah di Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam. Salah satu daerah yang memiliki agama mayoritas selain Islam adalah daerah Bali yang memiliki 86% masyarakat beragama Hindu dan 10% beragama Islam. Bagi umat Islam sangat penting untuk mengkonsumsi makanan dan minuman halal karena memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan jiwa seseorang agar menjadi lebih tenang dan makbul doanya. Meski masyarakat beragama Islam di pulau Bali menjadi masyarakat minoritas, namun tetap saja terdapat kebutuhan akan makanan dan minuman halal. Dengan demikian dibuatlah penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari faktor kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal dan sertifikasi halal terhadap minat beli makanan dan minuman halal masyarakat muslim di Bali. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda terhadap 100 responden. Penelitian memberikan hasil bahwa kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal dan sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal secara simultan. Secara parsial kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal, kepercayaan beragama tidak berpengaruh terhadap minat beli makanan dan minuman halal, pemasaran halal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan dan minuman halal, sedangkan sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan halal. Kata kunci—kesadaran halal, kepercayaan beragama, pemasaran halal, sertifikasi halal, minat beli
Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Laba dengan Asimetri informasi sebagai Variabel Interveing Nur Wahid Setiawan
El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Syariah EL-IQTISHOD
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of corporate governance mechanism (managerial ownership, institutional ownership, and audit committees) on earning management with information asymmetry as an intervening variable. The type of research is quantitative using secondary data in the form of data from the financial statements of company listed in Indonesia Sharia Stock Index (ISSI). The sampling method in this study uses purposive sampling with a sample of 78 companies listed in ISSI with 3 years period. Then the results obtained were processed with Eviews-12. The analysis used included descriptive statistical test, classical assumption test, path analysis regression test and hypothesis testing. Based on the test results obtained: managerial ownership does not have significant negative effect on earning management. Institutional ownership has a significant negative effect on earning management. Audit committees does not have negative effect significant on earning management. Information asymmetry has a positive significant effect on earning management. Managerial ownership does not have effect on information asymmetry. Institutional ownership has a negative significant on information asymmetry. Audit committees does not have effect on information asymmetry. Managerial ownership, institutional ownership and audit committees can mediate earning management with information asymmetry.
FAKTOR – FATOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN PT. METINCA PRIMA INDUSTRIAL WORKS SALATIGA Salsabila Insyira Pramana; Mohammad Soleh
El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Syariah EL-IQTISHOD
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk megetahui pengaruh etos kerja Islam terhadap kinerja karyawan, (2) untuk mengetahui pngaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, (3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, (4) untuk mengetahui pengaruh komitmen orgaisasi terhadap kinerja karyawan, (5) untuk mengetahui etos kerja Islam terhadap komitmen organisasi, (6) untuk mengetahui disiplin kerja terhadap komitmen organisasi, (7) untuk mengetahui lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi, (8) untuk mengetahui pengaruh etoskerja Islam terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi. (9) untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi (10) untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi. Penelitian berjenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Metinca Prima Industrial Works Salatiga. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 124 responden teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumentsetelah itu analisis regresi linear berganda. Selanjutnya dilakukan uji path analysis, uji asumsi klasik. Kemudian dilakukan uji ketepatan model dan uji sobel. Data diolah menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan jika variabel disiplin kerja, lingkungan kerja serta komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sedangkan variabel etos kerja Islam tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Variabel etos kerja Islam, disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Komitmen organisasi mampu memediasi etos kerja Islam, disiplin kerja, danlingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Etika Kerja Islam Dan Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan Perbankan Syariah Dengan Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi Putri Nur Huzaini; Mustafa Kamal Rokan; Rahmi Syahriza
El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Syariah EL-IQTISHOD
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan dan melihat apakah etika kerja Islam berpengaruh atau tidaknya terhadap kinerja karyawan di BSI KC Medan Gajah Mada. Sifat religius yang berbeda antara individu dengan individu lainnya apakah akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan yang terdapat di BSI KC Medan Gajah Mada karena pada dasarnya bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh etika Kerja Islam (X1), Religiusitas (X2), Kinerja Karyawan (Y) dan Pendidikan (Z) (Studi Kasus BSI KC Medan Gajah Mada). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan membagikan kuesioner pernyataan kepada karyawan BSI KC Medan Gajah Mada. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 32 responden dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS Versi 26. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menyatakan pada uji t menunjukkan hasil bahwa penerapan etika kerja Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, tingkat religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, etika kerja Islam dan tingkat religiusitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, pendidikan mampu memoderasi pengaruh penerapan etika kerja Islam terhadap kinerja karyawan, pendidikan mampu memoderasi antara tingkat religiusitas terhadap kinerja karyawan, dan pendidikan mampu memoderasi pengaruh penerapan etika kerja Islam dan tingkat religiusitas terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH HALAL LIFESTYLE DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP COSTUMER VALUE SURVEY DI AL-BADAR HOTEL SYARIAH MAKASSAR Achmad Riady; Baso Akib; Hilya Fitriani
El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Syariah EL-IQTISHOD
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal lifestyle dan daya tarik wisata terhadap customer value survey di Al-Badar Hotel Syariah Makassar. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung yang sedang atau pernah menginap di Al-Badar Hotel Syariah Makassar yaitu sebanyak 45 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk pengujian hipotesis dan asumsi klasik. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa halal lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer value survey di Al-Badar Hotel Syariah Makassar dan daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer value survey di Al-Badar Hotel Syariah Makassar. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan halal lifestyle dan daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer value survey di Al-Badar Hotel Syariah Makassar. Implikasi dalam penelitian ini adalah pelayanan Al-Badar Hotel Syariah Makassar dengan menggunakan konsep halal lifestyle menjadi pengaruh yang kuat dalam meningkatkan customer value survey yang bersifat positif, begitupun daya tarik wisata yang berada disekitar hotel menjadi pertimbangan pengunjung untuk memutuskan menginap di Al-Badar Hotel Syariah Makassar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5