cover
Contact Name
Zaedun Na'im
Contact Email
leadershipjurnal@gmail.com
Phone
+6282330512288
Journal Mail Official
zaedunnaim82@gmail.com
Editorial Address
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/mpi/pages/view/Editorial%20Team
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 27217108     EISSN : 27150399     DOI : https:/doi.org/10.32478/leadership
Core Subject : Education,
Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang terbit berkala dan diterbitkan oleh STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji seputar ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Pengelola sangat mengapresiasi atas kontribusi dalam bentuk artikel dari kalangan akademisi dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan melalui mekanisme seleksi naskah, telaah dan penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan merupakan pandangan dan gagasan yang bersifat individu dari para penulis tidak mewakili jurnal ini ataupun lembaga afiliasi penulis. LEADERSHIP: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember Fokus telaah di Jurnal Leadership sebagai berikut: 1. ilmu manajemen pendidikan Islam 2. Issue manajemen pendidikan di sekolah, madrasah atau pesantren 3. Peningkatan mutu pendidikan di sekolah, madrasah atau pesantren
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): JUNI" : 11 Documents clear
Karakteristik Kepemimpinan Pesantren di Era 4.0 Isro’un Nur Anifatul Azizah
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.717

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikian tertua yang ada saat ini. Untuk menaungi masyarakat dalam menjaga akidah dan syariat mereka, dibutuhkan peran pesantren sebagai kiblat yang dijadikan masyarakat pemimpin untuk menjaga kultur dan budaya masyarakat yang dikhawatirkan akan tergerus oleh arus globalisasi yang terus berkembang pesat. Di era 4.0 ini banyak sekali masalah yang ditemui pesantren diantaranya kurikulum yang telah kuno sehingga kurang relefan untuk menghadapi tantangan zaman, atau pengasuh pesantren yang terhasut dalam dunia politik sehingga menganak tirikan santrinya, dan masalah lain yang tergolong baru. Hal tersebut tentunya perlu diperhatikan dan diatasi dengan membentuk karakter pesantren yang sesuai dengan peradaban saat ini, yakni diantaranya : (1) Memahami ilmu agama dan ilmu umum terutama MIPA, (2) Melek teknologi, (3) Memahami metode dakwah islam Rahmatan lil alamin, dan lain-lain. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif studi pustaka dengan mengkutip dari berbagai sumber baik primer maupun sekunder, sehingga peneliti mendapat pemahaman bahwa dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan pesantren di era 4.0 ini, perlu di tanamkan karakter baru yang dapat membantu pesantren dalam menjawab tantangan zaman, agar pesantren tetap mampu membantu negara dalam menjaga akidah dan syariat masyarakat disekitarnya
FUNGSI PERENCANAAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST Nur Sholahuddin; Hikmatul Asqi; Siti Rahmawati; Nilna Rizqiyah
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.718

Abstract

Setiap hal apapun yang ingin kita lakukan atau yang ingin kita gapai perlu melakukan suatu perencanaan dalam setiap kegiatan dan Langkah-langkahnya, baik perencanaan jarak dekat maupun perencanaan jarak jauh atau disebut juga dengan perencanaan jangka panjang. Perencanaan (planning) merupakan proses dasar bagi segala hal, yaitu seperti untuk memilih sasaran dan menetapkan bagaimana cara mencapainya. Oleh karena itu, perusahaan atau sebuah Lembaga Pendidikan harus menetapkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai sebelum melakukan proses-proses perencanaan.Perencanaan diperlukan dan terjadi dalam berbagai bentuk organisasi misalnya, sebab perencanaan ini merupakan proses dasar manajemen di dalam mengambil suatu Keputusan dan tindakan. Perencanaan diperlukan dalam jenis kegiatan baik itu kegiatan organisasi, perusahaan maupun kegiatan di masyarakat, dan perencanaan ada dalam setiap fungsi-fungsi manajemen, karena fungsi-fungsi tersebut hanya dapat melaksanakan keputusan-keputusan yang telah ditetapkan dalam perencanaan.Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen, terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah dinamis. Dalam era globalisasi ini, perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis dan bukan hanya pada intuisi dan firasat (dugaan).
LEADERSHIP DALAM PERSPEKTIF ISLAM Aulia Rahma Agiska Putri; Dissy Syafira Salsabilla; Isma’il Sholehuddin; Trysia Syafa’atul Husnia
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.719

Abstract

Pemimpin dan kepemimpinan merupakan dua persoalan keseharian yang saling berkaitan dalam kehidupan bermasyarakat, berorganisasi, berbangsa dan bernegara.Maju dan mundurnya masyarakat, organisasi maupun bangsa dan Negara dipengaruhi oleh para pemimpin dan kepemimpinannya.Islam sendiri sebagai agama rahmatan lil ‘alamin juga menempatkan persoalan pemimpin dan kepemimpinan sebagai salah satu persoalan pokok dalam ajarannya.Dalam al-Qur’an dan Hadits kepemimpinan mendapatkan porsi bahasan yang tidak sedikit, banyak ayat-ayat al-Qur’an maupun hadits-hadits Nabi yang membincang tentang kepemimpinan. Dalam konsep Islam sendiri, kepemimpinan dapat diartikan sebagai sebuah konsep interaksi, relasi, proses otoritas, kegiatan mempengaruhi, mengarahkan dan mengkoordinasi baik secara horizontal dan vertikal
TINGKAT MANAJEMEN DAN MANAJER BESERTA FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN Citra Ayu Anisa
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.712

Abstract

Dalam suatu pekerjaan atau kegiatan terdapat bagian yang sangat penting yang diharuskan ada di setiap pekerjaan atau kegiatan yang biasa disebut dengan bagian manajemen. Dalam sebuah bagian manajemen terdapat kerangka pencapaian tujuan yang dapat dikelompokkan dalam beberapa tingkat manajemen, yaitu Top Management, Middle Management, and Lower Management yang dapat mempermudah pembagian dan pengelolaan tanggung jawab dan penugasan pada setiap kelompok yang dibentuk. Dalam pengelompokan tingkat manajemen tersebut, berdampak pada tipe tanggung jawab dan tugas yang berbeda-beda dari pelaku atau pelaksana yang secara umum disebut dengan manager. Tingkat manajemen dalam organisasi akan membagi manajer menjadi tiga golongan yang berbeda, yaitu Manajer Lini Pertama, Manajer Menengah, dan Manajer Puncak yang memiliki tanggung jawab dan tugas yang berbeda-beda pula.Berdasarkan pernyataan tersebut, dalam proses pelaksanaan manajemen terdapat manajer yang bertanggung jawab untuk pelaksanaan sebuah program manajemen. Dalam hal ini manajer akan melakukan berbagai aktivitas yang dibentuk dari beberapa kegiatan tertentu yang disebut dengan fungsi – fungsi manajemen yang telah disusun dan disepakati sebelum sebuah program manajemen dimulai. Fungsi – fungsi manajemen tersebut adalah faktor yang berperan cukup besar dalam menentukan persentase tercapainya tujuan dari sebuah program manajemen.
MANAJEMEN KONFLIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM Zaedun Na'im
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.720

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari sangat rentang terjadi yang namanya konflik, baik antar pribadi atau kelompok, apalagi jika kita berinteraksi dalam sebuah organisasi, konflik bisa saja muncul karena hal sepele atau mungkin hal yang berat. sehingga salah satu jalannya adalah bagaimana mengatur konflik agar tidak menjadi lebih meluas atau bisa dikendalaikanpengelolaan konflik ke arah positif membutuhkan proses dan usaha yang tidak mudah. konflik dapat dijadikan sebagai stimulus peningkatan komunikasi dan kualitas kerja, namun  juga dapat menurunkan kualitas kinerja seseorang jika tidak dapat dikendalikan( wijayanti, dalam hasanah). oleh karena itu, konsep dan perumusan manajemen  konflik yang tepat sangatlah dibutuhkan. pengelolaan konflik juga mendapatkan perhatian dalam kajian agama islam.  hubungan baik antara manusia dengan allah diatur secara terperinci dalam seluruh dasar agama islam yang juga mengatur hubungan antara manusia dengan manusia termasuk masalah konflik. dalam islam, konflik merupakan bawaan alami manusia sebagai bukti penciptaan allah swt dalam berbeda jenis kelamin serta berbeda bangsa dan suku bangsa. perbedaan tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan mulai dari bentuk fisik, warna kulit, pemikiran, nilai, bahasa, agama, kebudayaan, perilaku dan sebagainya yang keseluruhannya merupakan sumber terjadinya konflik 
PEMBIAYAAN MAKRO PENDIDIKAN Fatahul Rahman
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.714

Abstract

Pembiayaan pendidikan adalah suatu hal yang urgen didalam merkembangan dan pelaksanaan pendidikan. Pembiayaan makro pendidikan adalah pembiayaan yang dilakukan secara komperhensip dalam suatu negara. Penelitian ini mencoba untuk menguraikan hakekat pembiayaan makro pendidikan dan menganalisis redaksi-redaksi dari undang-undang Sisdiknas dan undang-undang pesantren mengenai pembiayaan pendidikan.Dari kajian literatur yang peneliti lakukan, penelitian ini menghasilkan pertama, hakekat pembiayaan makro pendidikan adalah pembiayaan yang di berikan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang semuanya dianggarkan 20% dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan dari pemerintah sendiri Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Kedua, Analisis UU Sisdiknas dan UU Pesantren didalam pembiayaan pendidikan ada beberapa perbedaan, karena disetiap pemabasan baik dari Sumber Pendanaan, Pengelolaan Dana dan Gaji Pendidik dan Tenaga Kependidikan ada penjabaran-penjabaran yang berbeda dari kedua undang-undang tersebut.
MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRASI DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI 2 KOTA MALANG Wahyudi Widodo
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.806

Abstract

Integration curriculum management is an effort to explain all components that combine general science and religious science in achieving Islamic educational goals without any dichotomy of science. The curriculum in that question is a curriculum that strengthens monotheism, with the intention of describing Islam which complete, comprehensive and integral.        This research was conducted at MTsN 2 Kota Malang  that are advanced and performing with the aim of analyzing and finding: (1) the concept of integration curriculum, (2) implementation of integration curriculum management, (3) implications of integration curriculum management.         This study uses an interpretative paradigm, with a qualitative approach, a type of case study, with a multi site design. Data collection is done by in-depth interviews, participant observation, and documentation.            The formal finding of this research is Curriculum Management Based Spiritual
PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH Rohmah Istikomah
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.808

Abstract

Islamic education is a very important lesson for elementary school’s age where this lesson is a basic knowledge for student’s in the future but, there is problem to apply Islamic lesson in this society because people still using traditional approach, where the point of value depends on cognitive aspect, whom teacher helping the student yo pass the final examination without any further values. And they built this tyoe of learning without develop attitude character, psychology development, society life, physical and mental state of students. So in this research, the researcher look for development Islamic education, the process and the execution of curriculum 2013 at elementary school. This research is using qualitative method with literarture review. The points of this research are Islamic education at elementary level using thematic approach for basic implementating involving juridical religious base and psychological and curriculum 2013 pointing on competency and character of students.
MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DALAM PENGEMBANGKAN SKILL SANTRI (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Mahasiswi Daruzzahra Arrifa’i Kota Malang) Nury Firdausia
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.812

Abstract

Pesantren institution needs to change to positive things continuously because there is a hope for society from the output of pesantren. The development of the pesantren management is one of solution which used for increasing the quality of pesantren. The management will accompany and give an advice for the process of pesantren. Not unlike other educational institutions such as formal schools, pesantren education also requires management to develop or advance a pesantren. Management is an important thing in the management of Islamic boarding schools to continue and maintain the quality and progress of the pesantren. Pesantren whose management system is low or even bad, can result in reduced efficiency of a pesantren. Therefore, Islamic boarding schools need management, especially the leadership management of caregivers in developing the skills of their students
KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM ERA REFORMASI Anas Tania Janari
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2021): JUNI
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/leadership.v2i2.815

Abstract

This article aims to find out about the policies implemented in the reform era. This can be seen in the application of Islamic education which can contribute to the progress of Muslims in all fields. It is said so because the curriculum applied includes the treatment applied in everyday life. In the reformation era, Islamic education got better after the end of the New Order era when Suharto stepped down from his presidency. With the improvement of the Islamic education system, new policies emerged with the times. The method used in this article uses a qualitative approach and this type of research is a literature review research. The results of the analysis show that the reform era was a major change made in the world of Islamic education. The education levels that have been raised are Madrasah Ibtidaiyah which is equivalent to elementary school, Madrasah Tsanawiyah which is equivalent to junior high school, and also Madrasah Aliyah which is equivalent to high school level. The largest Islamic educational institution is the Islamic boarding school, which is the biggest contributor to the development of Islamic education.

Page 1 of 2 | Total Record : 11