cover
Contact Name
Rani Anggraeni
Contact Email
rani.anggraeni34@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppmsahid21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. DR. Soepomo No.84, RT.7/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Industri Pariwisata
ISSN : -     EISSN : 26209322     DOI : https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1
Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research activities of academics who are interested in the field of tourism such as Culinary and Shopping Tour, Cultural Heritage, History and Religion, Marine Tourism, Eco-tourism, Adventure Tour, Countryside Tour, MICE, and also Halal Tourism
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): JULY" : 7 Documents clear
STRATEGI DIREKTIF KEBERLANJUTAN ETIKA DAN KOMUNIKASI EFEKTIF INDUSTRI PARIWISATA MENGHADAPI ISO 45001 MDD Maharani; Marlinda Irwanti Poernomo
Jurnal Industri Parawisata Vol 4, No 1 (2021): JULY
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i1.416

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (i) menganalisis komponen penting dan diperlukan dalam keberlanjutan etika dan komunikasi yang efektif di industri pariwisata dalam menghadapi ISO 45001; (ii) merumuskan dan merekomendasikan strategi arahan keberlanjutan etika dan komunikasi yang efektif dalam industri pariwisata menghadapi implementasi ISO 45001. Metode yang digunakan adalah Multidimensional Scaling (MDS), leverage analisis, Monte Carlo analisis, dan SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) analisis. Atribut-atribut yang disertakan dalam analisis MDS adalah: (i) studi literatur; (ii) pendapat ahli dari unsur bidang ISO 45001, industri pariwisata, akademisi dan pemerintah; serta data primer di lapangan. Nilai indeks keberlanjutan etika dan komunikasi industri pariwisata sebesar 74,55 persen (cukup berkelanjutan). Ada dua atribut leverage dengan nilai Root Mean Square (RMS): (i) mengevaluasi dan memodifikasi sistem pengiriman layanan adalah 4,51; dan (ii) peran kelembagaan sertifikasi internasional ISO 45001 adalah 3,13. Hasil atribut leverage melalui konsultasi ahli disertakan sebagai faktor internal dan eksternal dalam SWOT analisis. Selanjutnya output analisis SWOT akan menghasilkan strategi direktif. Strategi yang dihasilkan adalah kolaborasi kekuatan dan peluang, yaitu Meningkatkan evaluasi dan modifikasi sistem melalui komunikasi yang efektif dengan lembaga sertifikasi internasional ISO 45001.
TANTANGAN DAN STRATEGI UNIT USAHA EKONOMI KREATIF TENUN IKAT NTT DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 Yudha Eka Nugraha
Jurnal Industri Parawisata Vol 4, No 1 (2021): JULY
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i1.417

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tantangan yang dialami oleh unit usaha ekonomi kreatif dalam bidang industri kriya yakni Tenun Ikat NTT. Selanjutnya deskripsi akan dilanjutkan dengan menganalisis upaya untuk menghadapi tantangan yang muncul akibat pandemic COVID-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi pada kelompok usaha dan pengrajin tenun ikat NTT, wawancara dengan pengelola unit usaha, melakukan focus group discussion dengan 12 anggota kelompok pengrajin, studi literature, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat tantangan utama bagi unit usaha ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak pandemic, yakni : (1) penurunan pendapatan, (2) hilangnya kesempatan kerja, (3) tuntutan inovasi produk, dan (4) tantangan pemanfaatan teknologi. Tantangan yang telah dielaborasi mengarahkan strategi berikut untuk mempertahankan unit usaha dalam menghadapi pandemic COVID-19: (1) Penerapan CHSE, (2) Inovasi produk dan perlindungan HKI, (3) meningkatkan kerjasama, dan (4) mengikuti event pariwisata dalam rangka peningkatan volume penjualan.
KARAKTERISTIK WISATAWAN DAN PERILAKU KEAMANAN PANGAN DI KAWASAN KOTA TUA DKI JAKARTA Shanti Pujilestari; Julfi Restu Amelia
Jurnal Industri Parawisata Vol 4, No 1 (2021): JULY
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i1.418

Abstract

Kota Tua adalah wisata heritage di DKI Jakarta yang banyak dikunjungi wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendapatkan karakteristik wisatawan, kedua mendapatkan perilaku keamanan pangan wisatawan, dan ketiga, mendapatkan hubungan antara usia, pendidikan, pengetahuan dan sikap terhadap praktek keamanan pangan wisatawan di Kota Tua DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan desain cross-sectional, pengolahan data dengan uji analisis bivariat pada 86 wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Kota Tua DKI Jakarta adalah 95,35% usia produktif (15-49 tahun), 58,14% perempuan, 76,74% belum menikah, tingkat pendidikan 37,21% SMA, 40,7% pegawai swasta  dengan 55,81% pendapatan sebesar 1,5-3 juta rupiah. Perilaku keamanan pangan wisatawan adalah pengetahuan 52.32% katagori sedang, sikap 72.09%  katagori tinggi, dan praktik keamanan pangan 72.09% katagori tinggi.. Dari hasil analisis bivarian pendidikan dan pengetahuan memiliki hubungan yang signifikan  terhadap praktik keamanan pangan wisatawan (α=0.05). Rekomendasi penelitian ini dapat dilakukan peningkatan pengetahuan agar bisa terjadi perubahan perilaku.
ANALYSIS OF SMART TOURISM MODEL IN SOUTH TANGERANG CITY Bambang Widodo; Ary Rahman
Jurnal Industri Parawisata Vol 4, No 1 (2021): JULY
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i1.413

Abstract

The tourism industry is one of the largest foreign exchange earners in Indonesia and is able to provide new jobs. Therefore, tourism is one of the most important sectors in Indonesia, including in the South Tangerang City. South Tangerang City has various tourism potentials ranging from natural tourism, educational tourism, historical tourism, to shopping tourism. One strategy that can be implemented to maximize tourism potential in the South Tangerang City and increase tourist visits is to utilize the application of information technology innovation, also known as the Smart Tourism concept. Smart Tourism can significantly change tourist behavior, number of visits, as well as the function and structure of the tourism industry. This research will discuss how the application of smart tourism in South Tangerang City based on three components, namely smart experience, smart business ecosystem, and smart destination, the impacts of smart tourism implementation, factors that influence the implementation of smart tourism, and strategic analysis of smart tourism model using the SWOT method to determine the relationship between external opportunities and internal strengths and between internal weaknesses and external threats. From this strategic analysis, a strategy will be produced that will be applied in the smart tourism model in South Tangerang City.
KEBERMAKNAAN SOSIAL DALAM PENGELOLAAN SITUS SEMEDO TEGAL Muhammad Ichsan
Jurnal Industri Parawisata Vol 4, No 1 (2021): JULY
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i1.419

Abstract

Potensi Situs Semedo sangat layak untuk dikembangkan menjadi tempat tujuan destinasi wisata cagar budaya yang mendunia karena selain untuk rekreasi juga dapat digunakan sebagai saran penelitian dan pembelajaran mengenai benda purbakala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi kebermaknaan social dalam pengelolaan situs semedo, penelitian ini dikaji dengan wawancara sejumlah 13 orang responden dengan teknik snowball sampling, hal ini menjadi ciri agar ada kesesuaian ide dan gagasan dalam hal pengelolaan dan pelaksanaan. Dasil didapatkan bahwa : Mengadakan pertemuan ilmiah dalam rangka menjaga kebermaknaan social, lebih terukur dalam mengambil kebijakan, dan perlu dibuat undang-undang untuk tingkat kabupaten Tegal. Pengelolaan terebut tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dari kawasan cagar budaya tersebut.
PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP TRADISI MAKAN BEDULANG SEBAGAI WISATA GASTRONOMI DI BELITUNG TIMUR Hajiman Hajiman; Caria Ningsih; Dewi Turgarini
Jurnal Industri Parawisata Vol 4, No 1 (2021): JULY
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i1.414

Abstract

Fokus penelitian ini membahas mengenai nilai gastronomi yang terdapat pada tradisi makan bedulang dan mengukur persepsi wisatawan serta strategi pengembangan wisata gastronomi di Kabupaten Belitung Timur. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan dokumentasi tertulis dalam rangka melestarikan tradisi makan bedulang yang bisa dimanfaatkan sebagai sebuah wisata gastronomi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan mix methods. Wawancara dilakukan dengan salapan cinysu dan menyebar kuesioner kepada 100 responden yaitu wisatawan yang sudah atau sedang berwisata di Kabupaten Belitung Timur dan dianalisis menggunakan uji hipotesis dan analisis SWOT.  Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai-nilai gastronomi yang terkandung pada tradisi makan bedulang, faktor internal dan eksternal persepsi wisatawan berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap aspek-aspek persepsi wisatawan dan menghasilkan 9 strategi untuk pengembangan tradisi makan bedulang sebagai wisata gastronomi di Kabupaten Belitung Timur, kemudian dilakukan perancangan rute dan paket wisata gastronomi sebagai bentuk dari pemanfaatan tradisi makan bedulang sebagai wisata gastronomi di Kabupaten Belitung Timur.
POTENSI JAWADAH TAKIR SEBAGAI ATRAKSI WISATA GASTRONOMI DI DESA PANJALU KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS Karina Sinthiya; Caria Ningsih; Dewi Turgarini
Jurnal Industri Parawisata Vol 4, No 1 (2021): JULY
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v4i1.415

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan dokumentasi tertulis pengembangan dari Jawadah Takir yang dapat digunakan sebagai atraksi wisata gastronomi. Objek pada penelitian ini yaitu Jawadah Takir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan metode campuran. Wawancara dilakukan dengan salapan cinyusu dan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden wisatawan yang pernah berwisata ke Desa Panjalu dan mencicipi Jawadah Takir kemudian dianalisis menggunakan pengujian hipotesis dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Jawadah Takir merupakan makanan buhun khas Panjalu yang muncul di Dusun Garahang dan sudah lama turun-temurun sejak 100 tahun yang lalu hingga sekarang. Jawadah Takir juga memiliki filosofi, tradisi dan sosial yang melekat dengan kebudayaan Sunda. Jawadah Takir memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai atraksi wisata gastronomi karena terikat dengan adanya budaya masyarakat daerah Panjalu. Faktor-faktor Daya Tarik Wisata memiliki pengaruh positif dan signifikan secara bersama pada Daya Tarik Desa Panjalu sebagai wisata gastronomi Jawadah Takir dan menghasilkan 9 strategi untuk pengembangan Jawadah Takir sebagai atraksi wisata gastronomi di Desa Panjalu.

Page 1 of 1 | Total Record : 7