cover
Contact Name
Widya Anjelia Tumewu
Contact Email
widyaanjeliatumewu@unima.ac.id
Phone
+6285341020002
Journal Mail Official
scieningjournal@unima.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Manado Jl. Kampus Unima Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Sciening : Science Learning Journal
ISSN : -     EISSN : 27746895     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran IPA.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2: Desember 2020" : 5 Documents clear
Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya di SMPN 2 Tondano Via Dalam Jaringan (Daring) Jilly Surachman; Fransiska Harahap
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v1i2.122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi klasifikasi materi dan perubahannya dengan menggunakan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMPN 2 Tondano dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum proses perlakuan dan posttest sesudah diberikan perlakuan. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata-rata hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 46 sedangkan untuk kelas kontrol selisih nilai rata-rata hasil pretest dan posttest adalah 36,38. Setelah dilakukan uji statistik melalui uji-t, rata-rata hasil belajar yang diperoleh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu thitung = 7,052 > ttabel = 1,688. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh PBMP terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi klasifikasi materi dan perubahannya di SMPN 2 Tondano kelas VII.
Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado Hiskia Koloten; Jovialine A. Rungkat
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v1i2.249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP dan lembar observasi. KKM yang ditentukan di sekolah yaitu 70. Pada siklus I materi klasifikasi makhluk hidup, jumlah siswa yang tuntas KKM ada 16 orang dengan persentase klasikal 64% kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan materi klasifikasi kunci dikotom dan kunci determinasi, jumlah siswa yang tuntas 24 orang dengan persentase klasikal 96%. Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado.
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 4 Melonguane Beryd Magenda; Ferny Tumbel
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v1i2.550

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Melonguane pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan pada 2 kelas yang tersedia, dengan jumlah masing-masing 19 siswa. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji perbedaan dua rerata (uji-t) pada taraf nyata 0,05 diperoleh  thitung = 3,55 dan ttabel = 2,10 sehingga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 4 Melonguane.
Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN 2 Poigar Tirsa Regina Potu; Cosmas Poluakan
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v1i2.560

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Poigar, yang terdiri dari dua kelas yakni kelas A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang diuji menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Poigar mempunyai pengaruh yang signifikan, dengan nilai Sig. α sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena nilai Sig. α sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia interaktif  terhadap  kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 2 Poigar.
Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry dan Discovery Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di SMP Negeri 3 Tondano Sanci Mangar; Ni Wayan Suriani
SCIENING : Science Learning Journal Vol. 1 No. 2: Desember 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/slj.v1i2.603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran inquiry dan discovery pada materi sistem ekskresi di SMP Negeri 3 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experimen) dengan rancangan penelitian pretest posttest group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII-A menggunakan metode inquiry dan kelas VIII-C menggunakan metode discovery. Hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 2,39. Data tabel distribusi t pada 0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 57, maka diperoleh ttabel sebesar 2,00. Jadi diperoleh thitung = 2,39 > ttabel = 2,00. Berdasarkan kriteria pengujian, jika thitung lebih besar dari ttabel, maka H0 ditolak yang berarti H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia antara kelas yang menggunakan pembelajaran dengan meteode inquiry dan kelas yang menggunakan pembelajaran dengan metode discovery.

Page 1 of 1 | Total Record : 5