cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
jtp@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917931525
Journal Mail Official
jtp@undikma.ac.id
Editorial Address
Jl. Pemuda No. 59 A Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : 25030620     EISSN : 26561417     DOI : https://doi.org/10.33394
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 (Online) and ISSN: 2503-0620 (Print). JTP contains scientific articles from research and critical review in Education, Teaching and Learning which include : Learning Media, Multymedia, E-learning, Curriculum, Educational Technology, Learning Technology, Learning Design, Assessment, Development, Management, & Learning Evaluation. Language used in this journal are Bahasa and English (Preferred). JTP is available for free (open access) to all readers.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): October" : 11 Documents clear
Cover Depan, Dewan Redaksi, dan Daftar Isi Cover Depan Dewan Redaksi Daftar Isi
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2250

Abstract

Cover Depan, Dewan Redaksi, dan Daftar Isi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Juniah Juniah; Zinnurain Zinnurain
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2246

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mnemonikterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajarn bahasa indonesia kelas VII di SMPN 15 Pujut KabupatenLombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen adapunpopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 15 Pujut yang berjumlah 20 orangsiswa. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tessebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Selanjutnyametode analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besardari t-tabel pada taraf signifikansi 5% yakni (8,69 > 2,131). Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak danhipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas VII Pada mata pelajaran bahasa indonesia diSMPN 15 Pujut tahun pelajaran 2019/2020, maka hasil penelitian ini dinyatakan Signifikan. 
ANALISIS PENGGUNAAN DANA SERTIFIKASI DOSEN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI Restu Wibawa; Wiwien Kurniawati; Hardiansyah Hardiansyah
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2251

Abstract

Analisis penggunaan dana sertifikasi dosen terhadap peningkatan mutu perguruan tinggimerupakan penelitian studi kasus yang dilakukan di IKIP Mataram. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui implementasi penggunaan dana sertifikasi dosen terhadap peningkatanmutu perguruan tinggi. Responden penelitian adalah dosen penerima dana sertifikasi yang ada diIKIP Mataram. Penentuan responden diambil secara acak sebanyak 100 orang dosen penerimadana sertifikasi yang terbagi dalam 11 program studi di IKIP Mataram pada kurun waktupenerimaan minimal 1 tahun. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakankuesioner, observasi, dan studi pustaka. Dalam penelitian ini, penggunaan dana sertifikasi dosenada 5 variabel yang diteliti yaitu Komitmen, Internally driven, Tanggungjawab/pengawasanmelekat, Kepatuhan kepada rencana, dan Evaluasi. Sedangkan untuk mutu perguruan tinggi ada 3aspek yang dilihat yaitu Pendidikan/pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan komputer paket program SPSS/PC +(Statistical Package For The Social Sciences/Personal Computer +) Versi 22.0 dan AnalisisFishbein Attitude Model. Dari hasil analisis menggunakan teori Fishbein Atittude terlihat bahwarata-rata dari setiap variable di atas angka 2,00 dan variable tanggung jawab yang memiliki skalapaling tinggi sebesar 430. Sehingga peningkatan mutu perguruan tinggi tidak terlepas daritanggungjawab dosen baik dalam aspek pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepadamasyarakat. Penelitian ini menunjukkan hasil yang positif antara penggunaan dana sertifikasidosen dengan mutu perguruan tinggi yang diperoleh.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PRAKTIKUM OLAHAN TAPE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOTEKNOLOGI Handayani, Lilik
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2247

Abstract

Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan PrestasiBelajar di kelas dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan,pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karenapenelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasukpenelitian deskriptif, sebab menggambarkan suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasilyang diinginkan dapat dicapai. Dari data Observasi didapatkan hasil siklus I dengan rata-rata 48,6 %dan pada siklus ke II didapatkan dengan nilai rata – rata 82,5 %. Sedangkan hasil evaluasi pada sikluske I didapatkan hasil evaluasi dengan nilai rata – rata 65.5 sedangkan hasil evaluasi pada siklus ke IIdidapatkan nilai rata-rata 87,45 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke I peserta didikmasih dinyatakan tidak aktif dalam menjalani proses pembelajaran, yang ditunjukkan juga denganhasil evaluasi yang masih jauh dari katagori Baik. Sedangkan pada siklus ke II peserta didikdinyatakan aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran yang ditunjukkan juga pada hasilpembelajaran yang meningkat . dan dinyatakan dengan kreteria dengan kategori Baik. Sehingga dapatditarik kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
PENGARUH STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH DAN AKHLAK Putri, Suniarti Dwi; Muzakkir, Muzakkir
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2252

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu penjelasan guru dalam mengajar yang bersifatmonoton, gaya mengajarnya yang bersifat membosankan, mengakibatkan siswa kurang aktif disaatproses belajar, sehingga hasil yang diperoleh kurang efektif. Salah satu untuk mengatasi masalahbelajar dengan menggunakan strategi the power of two , Strategi ini memungkinkan siswa untukbelajar berkelompok dengan memanfaatkan potensi interaksi dan kerja sama antar siswa. Ketikaproses belajar berlangsung, siswa dapat berdiskusi dan saling membantu memahami materi. Darisini diharapkan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Rumusan masalahnya yaitu ApakahAda Pengaruh Strategi The Power Of Two Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada MataPelajaran Aqidah Dan Akhlak di MTs Darudda’wah Kelep Kecamatan Sekotong Tahun Pelajaran2019/2020? Tujuan penelitiannya untuk mengetahui Strategi the power of two terhadap motivasibelajar pada mata pelajaran aqidah dan akhlak Kelas VIII di MTs Daruddah’wah Kelep TahunPelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Metode pengumpulan datamenggunakan metode angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasisebagai metode pelengkap. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chisquare. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ????2 hitung lebih kecil daripada ????2tabel (7,384 < 9,488), dengan taraf signifikan 5%. Demikian penelitian ini tidak signifikan.Ini berarti hipotesis alternatif (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Kesimpulan yangdiperoleh dalam penelitian ini adalah: Tidak ada pengaruh Strategi The Power Of Two terhadapmotivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah dan akhlak di MTs Darudda’wah KelepKecamatan Sekotong Tahun Pelajaran 2019 / 2020.
PENGARUH MEDIA APLIKASI MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR Kantari, Ade; Baysa, Muh. Husein
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2242

Abstract

Abstract. The problem that occurs is the teaching and learning activities in the classroom centeredon the media used by the teacher. The media used by teachers for presentations is to only usedpowerpoint applications that contain theories only, and teachers also sometimes used the lectureand question and answer method, when delivered material. So students do not understand thematerial presented by the teacher. The purpose of this study was to determine The Effect ofMacromedia Director MX 2004 Application Media Towards Students’ Outcomes Class X inComputer Subjects and Basic Networks at SMKN 1 Lingsar, West Lombok Regency in AcademicYear 2019/2020.. Data collection techniques in this study used the test as the main method whiledocumentation and observation as a complement. Data analysis techniques in this study used the ttest formula. The results obtained from the results of the t-test showed the t-test of 43.85, thenbased on a significant level of 5% and N = 37 it turned out that the amount of the rejection of thenull hypothesis stated in the table was 2.042. This statement shows that the t-test value was greaterthan t-table (43.85> 2.042), because t-test was greater than t-table, this research was said to besignificant. This means that the null hypothesis was rejected and the alternative hypothesis wasaccepted which reads: There was The Effect of Macromedia Director MX 2004 Application MediaTowards Students’ Outcomes Class X in Computer Subjects and Basic Networks at SMKN 1Lingsar, West Lombok Regency in Academic Year 2019/2020., so it can be concluded that theresults of this study are “significant”.
PENGARUH MEDIA EDITING VIDEO BERBENTUK TUTORIAL PEMBELAJARAN TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA Mar&#039;aen Mar&#039;aen; Mujiburrahman Mujiburrahman
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2248

Abstract

The purpose of this study was to determined The Effect of Video Editing Tutorialstowards students’ Creativity Class XI at MA Darul Qur'an Wal Hadits Sekotong Tengah inAcademic Year 2018/2019. This study used samples from class XI at MA Darul Qur'an Wal HaditsTelaga Lebur Sekotong Tengah, West Lombok. This research was quantitative research todetermined The Effect of Video Editing Tutorials towards students’ Creativity Class XI at MADarul Qur'an Wal Hadits Sekotong Tengah. The method used in this study was questionnaire asthe main method, observation and documentation as a complementary method. Data analysis usedstatistical analysis chi square formula. The analysis was results obtained value = 15,943 while thechi square db (C-1) x (R-1) = (5-1) x (2-1) = 4 with a significance level of 5% = 9,488 thus thatthe value Chi square analysis was greater than the chi square table (15,943> 9,488). This meansthat the null hypothesis was rejected and the alternative hypothesis was accepted is: there was TheEffect of Video Editing Tutorials towards students’ Creativity Class XI at MA Darul Qur'an WalHadits Sekotong Tengah in Academic Year 2018/2019. so it can be concluded that the results ofthis study was "significant".
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS Ary Purmadi; Diah Lukitasari
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2243

Abstract

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengubah budaya konsumtif menjadi produktif iniyakni mengedukasi masyarakat untuk berwirausaha sejak dini. Dampak yang ditimbulkan pastinyasangat baik karena dapat mengantisipasi merebaknya pengangguran selepas menempuh pendidikan disetiap jenjang. Pemberian softskill yang tepat sejak dini akan meningkatkan keterampilan dan inovasipeserta didik dalam berwirausaha. Menjadi wirausahawan sejak dini secara tidak langsungmengedukasi peserta didik untuk mandiri dan menghargai proses yang dilakukan selama usahatersebut dijalankan. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis videotutorial yang layak (uji ahli) untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaranPrakarya dan kewirausahaan. Metode penelitian ini termasuk kedalam metode Research AndDevelopment (R & D). Hasil penelitian uji kelayakan pada ahli materi yang terdapat pada tabel 1.,dapat dijelaskan perolehan rerata 3,93 dari ahli materi tegolong “baik. Sementara hasil uji kelayakanpada ahli media yang terdapat pada tabel 2., dapat dijelaskan perolehan rerata 3,67 dari ahli materitegolong “baik”. Sedangkan data angket yang disebarkan kepada 3 orang peserta didik terhadapbeberapa aspek yang terdapat pada angket, dapat jelaskan bahwa bahwa penilaian peserta didikdiperoleh rerata 4,3 (kategori “ sangat baik”). Berdasarkan hasil penelitian tentang uji kelayakan padabahan ajar berbasis video tutorial ini maka dapat disimpulkan bahwa media ini telah layak digunakanuntuk pembelajaran di kelas.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA Rani Winarni; Endah Resnandari Puji Astuti
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2249

Abstract

Hasil Belajar di SMPN 1 Janapria masih dikatakan sangat rendah di sebabkan oleh prosespembelajaran yang di gunakan oleh guru-guru di sekolah masih konversional seperti dalampelaksanaan proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya menerangkandan menulis di papan, guru lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajaryang rendah terutama di mata pelajaran Seni budaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran storyboard terhadap kreativitas belajar siswapada mata pelajaran seni budaya kelas VII SMPN 1 Janapria kabupaten Lombok tengah tahunpelajaran 2019/2020. Metodde penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif denganmenggunakan pendekatan eksperimen adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVII SMPN 1 Janapria dan sampelnya adalah 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakanAngket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap.Selanjujtnya metode analisis data menggunakan rumus Chi-squere hasil menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada t-tabel pada taraf signifikasi 5% = 9,488 dengan demikian bahwa nilai chisquare analisis lebih besar dari pada nilai chi square tabel (11,762>9,488).ArtinyaHipotesis (Ha)diterimadanhipotesis (Ho) di tolak.Jadi kesimpulannya yaitu Ada Pengaruh Penggunaan MediaPembelajaran Media Storyboard Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni BudayaKelas VII SMPN 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020, jadi hasilpenelitian ini dinyatakan Signifikan.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Junari Junari; Farida Fitriani
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2254

Abstract

Sociodrama methods play an important role in increasing student creativity becausetheir used can help students in the learning process and was expected to increase creativity. But inreality there are still teachers who are not creative in teaching such as lecture learning methods andquestions and answers. The formulation of the problem in this study was. This research usedquantitative methods with 24 subjects. Data collection techniques used Questionnaire as the mainmethod, observation as a step to find information directly while the documentation as a supportmethod. Data analysis techniques used the chi square. Based on the results of data analysis inwhich X2 > X2-table was 10.757 > 9488 with a significance level of 5% in accordance with dataanalysis that has been obtained through research used the chi square formula, it turns out that thenull hypothesis (H0) proposed was rejected and alternative hypothesis (Ha) was accepted, then theresults of data analysis in this study are stated to be Significant. Thus it can be concluded that“There was The Effect of Sociodrama Method Towards Students’ Creativity Class XI inIndonesian Language Subjects at Al-Azhar Islamic High School West Lombok in Academic Year2019/2020.

Page 1 of 2 | Total Record : 11