cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
jtp@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917931525
Journal Mail Official
jtp@undikma.ac.id
Editorial Address
Jl. Pemuda No. 59 A Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : 25030620     EISSN : 26561417     DOI : https://doi.org/10.33394
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 (Online) and ISSN: 2503-0620 (Print). JTP contains scientific articles from research and critical review in Education, Teaching and Learning which include : Learning Media, Multymedia, E-learning, Curriculum, Educational Technology, Learning Technology, Learning Design, Assessment, Development, Management, & Learning Evaluation. Language used in this journal are Bahasa and English (Preferred). JTP is available for free (open access) to all readers.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): Oktober" : 20 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Seluma Fennyta Melasari; Asiyah Asiyah; Saepudin Saepudin
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5801

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah terdiri dari seluruh siswa SMP Negeri 5 Seluma yaitu dari kelas VII, VIII, IX sebanyak 450 siswa. Jumlah sampel 67 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan media internet terhadap minat belajar IPS siswa  di SMP Negeri 5 Seluma. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 4974 + 0,0014 X nilai b (koefisien regresi) menunjukkan adanya pengaruh positif variabel X terhadap variabel Y dengan keeratan hubungan sebesar 0,40 yang artinya Ha pada penelitian ini diterima (terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media internet terhadap minat belajar siswa) dan Ho pada penelitian ini ditolak (Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media internet terhadap minat belajar siswa).
Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Film Animasi Pada Kecakapan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar Dinda Vica Deminda; Mubarak Ahmad
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5530

Abstract

This study aimed to determine the impact of the demonstration method that was conducted through animation movie on the narration writing skills of elementary school students. This study was conducted using a quantitative research approach, with Quasi-Experimental Design (Posttest Only Control Design) as a research method. Participants were divided into two groups, namely the experimental class and the control class, with each group consisted of 33 students. The results of a study showed that the posttest mean value of the experimental class was higher, which was 76.30, compared to the score in the control class, which was 63.51. This study establishes that the use of an animation movie as a teaching tool for students at Elementary School 12 in Depok had an impact on students' narration writing skills. Through the use of animation movie, students become more enthusiastic and active when participating in learning activity.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kelas IV SD Negeri Doyong 2 Dini Rahmawati; Muhroji Muhroji; Wahyu Ratnawati
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5841

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Doyong 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Bnetuk Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) dengan menggunakan dua sikus. Tiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri Doyong 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 9 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Agustus 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Miles & Huberman. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yaitu trianggulasi sumber dan teori. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri learning untuk meningkatkan percaya diri kelas IV SD Negeri Doyong Tahun Ajaran 2021/2022 mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya persentase jumlah percaya diri peserta didik pada proses kegiatan belajar mengajar sebelum dan sesudah diberi tindakan. Berdasarkan dari hasil observasi, menunjukan adanya peningkatan percaya diri pada pra siklus dan pada tiap siklusnya. Pada pra siklus, didapati data tentang percaya diri peserta didik kelas IV pada muatan pelajaran IPA masih rendah. Tingkat pencapaian percaya diri prasiklus masih rendah yaitu 40,00%. Pada siklus I terdapat peningkatan percya diri peserta didik yaitu 55,56% dan pada siklus II  tingkat pencapaian percaya diri mengalami peningkatan dengan tingkat pencapaian rata-rata 88,89%.
Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Laju Reaksi Rizky Fadilah Pane; Gulmah Sugiharti
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5663

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar yang ditangani siswa serta respon siswa terhadap bahan ajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, dan sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sebanyak dua kelas, kelas eksperimen yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah. diajarkan menggunakan buku pegangan siswa. Hasil analisis data berdistribusi normal dan homogen. Lebih-lebih lagi, uji t (sisi kanan) dilakukan untuk mengetahui pengaruh model dan bahan ajar terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada taraf signifikansi 0,05 dan uji n-gain untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa hasil. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar yang ditangani siswa. sedangkan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis masalah memiliki persentase sebesar 76,04% dan dikategorikan baik. Kata Kunci: Bahan Ajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PBL.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi siswa, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar pegangan siswa serta respon peserta didik terhadap bahan ajar. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, dan sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Samplingsebanyak dua kelas, kelas eksperimen yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar menggunakan buku pegangan siswa. Hasil analisis data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t (pihak kanan) untuk mengetahui pengaruh model dan bahan terhadap hasil belajar dan motivasi pada taraf signifikansi 0,05 dan dilakukakn uji n-gainuntuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar pegangan sedangkan respon siswa terhadap bahan ajar memiliki persentase 76, 04% dan dikategorikan baik.Kata Kunci:  Bahan Ajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PBL.
Pengaruh Model Pembelajaran Pdeode Berbasis Teaching Factory Terhadap Keterampilan Dan Kemampuan Penalaran Formal: Studi Pilot Ayu Sarwendah; Muhajir Muhajir; Sunardjo Sunardjo
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5411

Abstract

Keterampilan dan kemampuan penalaran formal siswa mata pelajaran PKK pada siswa kelas XI di SMKN 2 Kediri masih belum optimal. Hasil observasi menunjukkan pembelajaran masih terpusat pada guru. Salah Satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran PDEODE berbasis teaching factory. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian pada pengaruh model pembelajaran PDEODE berbasis teaching factory terhadap peningkatan keterampilan dan kemampuan penalaran formal siswa pada mata pelajaran PKK di SMKN 2 Kediri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil studi pilot, reliabilitas instrumen lembar observasi keterampilan siswa menggunakan teknik Interclass Correlation Coefficients (ICC) dengan koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,675, sehingga instrumen ini reliabel dan validitasnya sebesar 3,2 dengan keterangan valid. Uji coba tes pengetahuan mata pelajaran PKK, diperoleh nilai  sebesar 0,316 dengan signifikansi level 5%, sehingga sebanyak 11 butir soal dinyatakan valid. Tingkat kesukaran soal terdiri dari 10 soal sedang dan 1 soal sukar dengan daya beda baik dan sangat baik, serta validitasnya sebesar 3,15 dengan keterangan valid. Validitas ahli tes kemampuan penalaran formal sebesar 4 dengan keterangan sangat valid, sementara validitas modul ajar PDEODE berbasis teaching factory sebesar 3,3 dengan keterangan valid. Oleh karena itu, instrumen penelitian ini layak digunakan.
Peran Media Video Emphaty Dalam Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Dengan Teman Sebaya di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu Ike Junita; Asiyah Asiyah; Desy Eka Citra
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5802

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media video emphaty dalam  pembelajaran IPS untuk menumbuhkan sikap toleransi siswa dengan teman sebaya, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi untuk menumbuhkan sikap toleransi peserta didik dengan teman sebaya melalui media video emphaty dalam pembelajaran IPS.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru IPS, guru IPS lainnya dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian maka peran penggunaan media video emphaty dalam pembelajaran IPS sangat cocok digunakan dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa dengan teman sebaya. Dengan penggunaan media video emphaty bisa meningkatkan sifat kemanusian siswa, sifat kepedulian siswa terhadap teman, sikap saling tolong menolong dan meningkatkan sikap saling menghargai siswa dengan teman sebaya, akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penggunaan media emphaty dalam pembelajaran IPS. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan media emphaty adalah guru belum mahir, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dana yang terbatas serta kurangnya kesiapan guru dalam menggunakan media video emphaty.
Modul Berbasis Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Materi Sistem Koloid: Kelayakan dan Kepraktisan Nadia Hilyatin; Agus Edi Purwoko; Lalu Rudyat Telly Savalas
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan kepraktisan pengembangan modul berbasis PAIKEM(Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) pada materi sistem koloid di SMA Negeri 1 Praya Barat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Praya Barat yang terdiri dari  23 siswa XI IPA 1, 25 siswa XI IPA 2 dan 22 siswa kelas XI IPA 3. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) modul pembelajaran ini dinyatakan sangat valid berdasarkan perhitungan indeks Aiken rata-rata nilai validasi dari lima validator sebesar 0,88; 2) hasil perhitungan persentase rata-rata praktikalitas setelah penerapan modul pada kelas XI IPA 1 sebesar 88%, XI IPA 2 sebesar 81% dan XI IPA 3 sebesar 91% dengan katagori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajran berbasis PAIKEM pada materi sistem koloid layak digunakan sebagai media pembelajaran dikarenakan mendapatkan respon positif dengan katagori “sangat baik” dari siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Praya Barat.
Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa di SMA Swasta Cerdas Murni Rida Anastasia Nasution; Ani Sutiani
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5642

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk memperoleh informasi dari studi literatur dan studi lapangan pada modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. 2) Untuk membuat rancangan modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. 3) Untuk mengetahui kelayakan modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah modul berbasis discovery learning sedangkan objek penelitian yaitu materi larutan asam basa yang dimana akan divalidasi oleh 3 orang validator ahli materi, 3 orang ahli media, 2 respon guru kimia dan 10 orang siswa XII MIPA 1 (evaluasi satu lawan satu). Langkah-langkah pengembangan modul ini adalah 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi. 2) Perencanaan produk. 3) Pengembangan Produk Awal. 4) Uji coba lapangan. 5) Revisi modul hasil uji coba. Kesimpulannya adalah modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan larutan asam basa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak/menarik digunakan dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan penilaian dari ahli materi mencapai pesentase rata-rata sebesar 85,33% dengan kriteria sangat tinggi dan valid/layak dan ahli media memberikan penilaian dengan persentase rata-rata sebesar 91,44% dengan kriteria sangat tinggi dan valid/layak. Tingkat kemenarikan berdasarkan respon guru adalah sebesar 92,02% dengan kriteria sangat menarik. Tingkat kemenarikan berdasarkan respon siswa SMA kelas XII IPA d mendapatkan kriteria sangat menarik dengan persentase 89,91%.
Pengaruh Media Video Animasi terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Firbi Utami; Kowiyah Kowiyah
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5415

Abstract

This research aims to study was to see whether there was an effect of animated video media on the early reading ability of the 1st graders of SD Negeri 13 Toboali. The approach used is quantitative in the form of an experiment or can be called, pre-experimental. The research design used in this research is the one-group pretest – posttest. The population in this study were all students of class I/B SDN 13 Toboali, totaling 26 students. The sampling technique in this study was a saturated sample. The instrument used in this study was in the form of questions to measure initial reading ability. The results of this study with the pretest value which was initially 51.923 to 77.692 after the posttest. This result is also seen from the results of hypothesis testing, namely, count > table with a value of 10,775 > 1,782, so the conclusion is H0 is accepted, meaning that there is an Effect of Animated Video Media on Beginning Reading Ability of First Grade Students of SD Negeri 13 Toboali.
Pengembangan Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Pendudukan Jepang untuk Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMAN 3 Probolinggo Pujianto Hari Wibowo; Ibut Priono Leksono; Ujang Rohman
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2022): Oktober
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v7i2.5547

Abstract

Pandemi Covid-19 jugamenuntut sekolah dan guru untuk melaksanaan pembelajaran secara online karena terkait dengan kebijakan pemerintah untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Guru dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan memanfatkan dan memaksimalkan  perkembangan  Teknologi Informatika (TI). Hal ini tentu menjadi tantangan bagi guru untuk dapat memfasilitasi siswa dengan memberikan sumber belajar yang efisien, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Bahan ajar yang digunakan disekolah kurang menarik peserta didik dalam pembelajaran sejarah karena kurang berkaitan dengan kemajuan IPTEK masa kini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul interaktif yang  sudah tervalidasi oleh ahli, yaitu ahli materi, media, dan desain. Produk ini diujicobakan pada kelompok kecil dengan responden 9 siswa dan kelompok besar dengan jumlah responden 35 siswa. Pengembangan modul interaktif ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdapat 10 tahapan. Modul interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Maker diharapkan dapat menciptakan pembelajaran mandiri dan  dapat memberikan pengalaman yang berkesan dan bermakna.

Page 1 of 2 | Total Record : 20