cover
Contact Name
Ilham Safar
Contact Email
ilhamsafar25@gmail.com
Phone
+6281340202750
Journal Mail Official
manorunifa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof Abdurahman Basalamah No. 101
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Published by Universitas Fajar
ISSN : 26570130     EISSN : 2716148X     DOI : 10.47354
Core Subject : Economy, Humanities,
Fokus dan ruang lingkup MANOR: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review adalah: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Operasional 5. Manajemen Bisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review" : 8 Documents clear
MANAJEMEN PENANGANAN PENGADUAN PADA KANTOR OMBUDSMAN RI PERWAKILAN SULAWESI SELATAN Muslimin Muslimin
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v3i2.299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan dalam organisasi Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan dalam konteks manajemen pengaduan pelayanan publik. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif kuantitatif dengan metode analisis triangulasi. Hasil Penelitian ini menemukan dan menunjukkan bahwa perencanaan program dan anggaran masih bersifat top down karena Kantor Perwakilan belum ditetapkan menjadi satuan kerja (satker).. Pengorganisasian dilakukan Kepala Perwakilan dan secara teknis dilakukan oleh Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan Laporan pada Kantor Perwakilan Ombudsman Sulsel. Ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh Bidang Pemeriksaan Laporan meliputi pemeriksaan dokumen, pemeriksaan Terlapor, pemeriksaan lapangan, hingga membuat Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP). Tahapan pemeriksaan tersebut untuk bisa membuktikan pelanggaran mal administrasi atau tidak oleh Terlapor. Pengarahan/penggerakan sesuai dengan rentang kendali dalam struktur organisasi. Sesuai dengan struktur organisasi, Kepala Perwakilan membawahi para Kepala Keasistenan Bidang Penerimaan dan Verifikasi laporan, Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan Laporan dan Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan. Selain itu, Kepala Perwakilan juga dapat langsung memberikan pengarahan tentang kebijakan organisasi langsung kepada Asisten Ombudsman dan tenaga supporting (pendukung) para ASN yang menjalankan administrasi dan keuangan. Pengendalian berada pada tim QA (Quality Assurance). Kata Kunci : Penanganan Pengaduan, Manajemen Organisasi Publik
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK, LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA RUMAH JAHIT AKHWAT (RJA) CABANG MAKASSAR Nasyirah Nurdin; Wahyu Wahyu; Novita Kumala Sari; Istiqomah Mawahda
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v3i2.300

Abstract

Tujuan dari penelitian ingin menetahui dan melihat pengaruh lingkungan kerja fisik (X1), lingkungan kerja non fisik (X2), dan kompensasi (X3) terhadap kepuasan kerja karyawan pada rumah jahit akhwat (RJA) cabang Makassar. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh artinya semua karyawan tetap yang berjumlah 45 orang menjadi responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.Hasil penelitian menunjukan uji parsial (t) pada variabel lingkungan kerja fisik (X1) terhadap kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan, Variabel lingkungan kerja non fisik (X2) terhadap kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan Dan variabel kompensasi terhadap kepuasan kerja menunjukan pengaruh positif dan signifikan. Hasil uji simultan (f) variabel lingkungan kerja fisik (X1), lingkungan kerja non fisik (X2) dan kompensasi (X3) memiliki pengaruh simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan kerja (Y) Kata Kunci : lingkungan fisik, lingkungan non fisik, kompensasi, kepuasan
OPTIMALISASI PENGELOLAAN MANAJEMEN ZAKAT PADA BADAN ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DI KABUPATEN MAMUJU abdurahman basalamah; Tri Sulkarnain Ahmad; Saharuddin Saharuddin
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v3i2.301

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengelolaan zakat, optimalisasi zakat dan manajemen zakat pada Badan Amil Zakat Nasional di kabupaten Mamuju. Penelitian bersifat kualitatif atau memiliki karakteristik dalam halnya melihat keadaan penelitian digunakan yang sewajarnya (natural setting). Pengumpulan data dari informan dengan bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subyek penelitian, dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Mamuju. Adapun populasi di Badan Amil Zakat Kabupaten Mamuju berjumlah 13 Orang. Analisis data menunjuk pada kegiatan mengorganisasikan data kedalam susunan-susunan tertentu. Data dari hasil observasi,wawancara serta catatan-catatan lapangan dirangkum ke dalam kategori analisis yang disebut reduksi data. Hasil penelitian mengungkapkan optimalisasi zakat dapat lebih menyerukan kepada pemerintah daerah agar dapat mengalokasikan APBD dalam mendanai biaya operasional pengelolaan zakat di Kabupaten Mamuju. Pengelolaan zakat dapat lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan kepada pegawai negeri sipil tentang betapa pentingnya berzakat, serta Manajemen zakat dapat bekerjasama dengan instansi pemerintah yang lain termasuk instansi vertical serta swasta dan juga mengaktifkan unit pengumpul zakat di instansi tersebut. Mengaktifkan kembali pemanfaatan sarana media baik itu media cetak, media elektronik maupun media sosial sebagai sarana publikasi kegiatan di Kabupaten Mamuju serta mengungkapkan hasil laporan pelaksanaan tahunan kepada masyarakat umum secara transparansi. Kata Kunci: Pengelolaan Zakat, Optimalisasi Zakat , Manajemen Zakat
PENGARUH RELIGIUSITAS, LOVE OF MONEY, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU TAX EVASION DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Riska Oktaviana; M Iqbal Fasa; Suharto Suharto
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v3i2.302

Abstract

Pajak ialah pengeluaran wajib yang dibebankan kepada wajib pajak untuk membantu pembangunan negara.Namun wajib pajak merasa bahwa pajak merupakan beban bagi mereka, karena belum maksimalnya pemerataan pembangunan menyebabkan rakyat merasa enggan untuk membayarkan kewajibannya. Sehingga dalam kasus ini wajib pajak berusaha untuk mencari cara agar dapat menggelapkan pajak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh religiusitas, love of money, dan status sosial ekonomi terhadap kecenderungan perilaku tax evasion dalam perspektif ekonomi islam.Penelitian ini menggunakan studi pustaka dimana merujuk pada jurnal-jurnal dan buku. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa religiusitas dan love of money berpengaruh dalam perilaku penggelapan pajak. Namun Status sosial ekonomi tidak berpengaruh pada perilaku penggelapan pajak. Kata Kunci : Penggelapan pajak, Religiusitas, Love of money, Status sosial ekonomi
DIGITAL ECONOMIC TRANSFORMATION : OPTIMALISASI EKONOMI DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19 PADA PELAKU UMKM Rizky Fadillah; M Iqbal Fasa
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v3i2.303

Abstract

Ekonomi digital adalah kegiatan ekonomi berbasis teknologi digital internet yang menggunakan bantuan internet dan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Transformasi ekonomi dari ekonomi tradisional ke ekonomi digital merupakan kebijakan peningkatan pembangunan ekonomi di Indonesia, di masa pandemi Covid-19 saat ini hampir semua sektor mengalami kesulitan terutama pada industri mikro, kecil dan menengah seperti banyak usaha yang tutup memiliki berdampak besar pada tingginya angka pengangguran dan kemiskinan. Namun dibalik itu semua, keadaan ini menjadi pendorong besar bagi UMKM untuk naik kelas dengan memanfaatkan teknologi dalam pemasaran produk, penyediaan barang/jasa, hingga akses perluasan pasar kepada generasi muda atau biasa disebut dengan generasi milenial. Kata Kunci : Ekonomi Digital, Pandemi, Perkembangan UMKM
Analysis of Business Practices and income for Micro and Medium Enterprises ( MSMEs) due to Covid-19 in Tamalanrea district Makassar City. (Case study kasus in tamalanrea district) Andi Suryani Syamsuddin; Asriandi Asriandi; Muhammad Hasan; Teni Prayogo Putri; Nursaida Nursaida
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v3i2.304

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak COVID-19 terhadap bisnis dan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa studi dokumentasi dan teori. Berdasarkan salah satu hasil penelitian di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. COVID-19 berdampak signifikan terhadap bisnis perdagangan kuliner, industri kuliner dan kerajinan tangan, UMKM juga mengalami penurunan pendapatan di masa pandemi COVID-19 bahkan ada yang terancam bangkrut. Pemerintah harus membuat kebijakan yang dapat membantu perekonomian UKM di tengah pandemi COVID-19. Dengan cara ini, para pelaku UM mampu bertahan dalam usahanya masing-masing meskipun pendapatannya menurun. Kata Kunci : UMKM, Pendapatan Usaha
ANALISIS METODE ALTMAN (Z-SCORE) SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN BATUBARA YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014 – 2018 Rukia Harun; Srie Isnawaty Pakaya; Meriyana Fransissca Dungga
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v3i2.305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebangkrutan dengan menggunakan metode Altman z-score untuk memprediksi kebangkrutan pada perusahaan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi sebanyak 22 perusahaan, dan teknik pengambilan sampel menggunakan kriteria sampel. Teknik analisis data menggunakan metode Altman Z-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perusahaan terdapat 3 perusahaan yang mengalami grey risk dengan nilai Z-Score 1,20<Z>2,90 , 4 perusahaan mengalami risiko tinggi dengan nilai Z-Score Z < 1,20 , dan 3 perusahaan mengalami risiko rendah dengan nilai Z-Score Z>2,90. Dari 5 variabel yang diamati, 4 variabel signifikan dalam membedakan ketiga kelompok kebangkrutan. Sedangkan variabel lain seperti rasio modal kerja terhadap total aset tidak signifikan dalam membedakan tingkat kebangkrutan. Variabel yang memiliki kontribusi terbesar dalam fungsi diskriminan adalah variabel X5 (rasio penjualan terhadap total aset) dan variabel X4 (nilai pasar ekuitas terhadap nilai buku utang). Variabel yang memiliki kontribusi terbesar pada fungsi diskriminan 2 adalah variabel X3 (rasio EBIT terhadap total aset) dan X2 (rasio laba ditahan terhadap total aset), dan nilai model diskriminan rasio hit yang dihasilkan adalah 86%. Hal ini menunjukkan bahwa model diskriminan mampu membedakan 86% dari variabel yang diamati secara tepat. Kata kunci: Altman Z-Score, Kebangkrutan
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DI HOTEL ELJI KOTA GORONTALO Ramlan Amir Isa
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 3 No. 2 (2021): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v3i2.306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Loyalitas Pelanggan terhadap Keunggulan Bersaing. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner pada Pengunjung Hotel Eljie Kota Gorontalo serta data sekunder dari dokumen yang diperoleh dari Hotel Eljie Kota Gorontalo. Sampel yang digunakan dalam pengumpulan data primer adalah sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel kualitas pelayanan, variabel kepuasan pelanggan, dan variabel kepercayaan pelanggan terhadap variabel keunggulan bersaing, dan juga terdapat pengaruh secara tidak langsung dari variabel kualitas pelayanan, variabel kepuasan pelanggan, dan variabel kepercayaan pelanggan terhadap variabel keunggulan bersaing jika melalui variabel loyaliatas pelanggan Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan dan Keunggulan Bersaing

Page 1 of 1 | Total Record : 8