cover
Contact Name
Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Contact Email
forbiswira@mdp.ac.id
Phone
+62711376400
Journal Mail Official
forbiswira@mdp.ac.id
Editorial Address
Jalan Rajawali No 14 Palembang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Core Subject : Economy,
FORBISWIRA , Forum Bisnis dan Kewirausahaan merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh STIE Multi Data Palembang (MDP Business School), Indonesia. Merupakan media bagi para dosen, mahasiswa, alumni, dan peneliti lainnya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan paper yang berisi perkembangan mutakhir ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu ekonomi manajemen, akuntansi, dan kewirausahaan (entrepreneurship). FORBISWIRA diterbitkan pertama kali dengan edisi Volume 1 Nomor 1 pada September 2011 dengan ISSN 2089-0001 yang diperoleh dari LIPI. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan September dan Maret. Redaksi dengan senang hati menerima artikel baik berupa publikasi hasil penelitian maupun gagasan inovatif mengenai perkembangan ilmu pengetahuan. Artikel yang masuk dan dapat diterbitkan bila telah melalui tahap review oleh para reviewer sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ucapan terima kasih disampaikan kepada dosen, mahasiswa, alumni dan peneliti yang telah mengirimkan artikel, para penyunting ahli dan mitra bestari yang telah meluangkan waktunya mereview artikel, serta segenap manajemen STIE Multi Data Palembang dan Yayasan Multi Data Palembang yang telah mendukung penerbitan jurnal. Semoga kehadiran FORBISWIRA mampu berkontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan memberi manfaat bagi kita semua.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan" : 20 Documents clear
Analisis Profil Konsumen Melalui Customer Profile Map Terhadap Aplikasi Berbasis Website “Merempah” Awdia Hana' Q.S; Nisfi Lutfian A.A; Kristina Sisilia
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan dari konsumen yang meliputi persepsi dan ekspektasi pada rancang bangun website pendistribusian rempah-rempah lokal “Merempah”. Teknik analisis data yang digunakan adalah Customer Profile Map dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Customer profile digunakan sebagai identifikasi pelanggan yang ditargetkan secara spesifik berdasarkan pendefinisian masalah, kebutuhan, keinginan dan yang harus dihindari oleh pelanggan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profil konsumen dari Merempah adalah belum terbiasa dan familiar terhadap aplikasi jual-beli rempah menggunakan website. Adapun hal-hal yang menjadi keinginan konsumen adalah efektifitas dan efisiensi serta fitur yang mudah digunakan serta dipahami, sederhana dan menarik.
Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya) Hiras Hutapea; Sugeng Purwanto
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2232

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap minat beli. Penelitian ini dilaksanakan terhadap mahasiswa di kota Surabaya. Besaran sampel yang diambil sejumlah 99 responden, melalui metode purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan melelui penyebaran kuesioner pada sampel yaitu mahasiswa yang mengenal dan pernah melihat iklan smartphone Samsung. Teknik analisis yang dipilih yakni dengan aplikasi partial least squares (PLS). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: 1) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. 2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Agar perusahan Samsung dapat meningkatkan minat beli konsumen maka disarankan agar memberi harga dan kualitas yang sesuai serta meningkatkan promosi supaya calon konsumen lebih mengenal dan meningkatkan minat beli.
Pengaruh Harga Emas Dunia Dan Harga Minyak Dunia Terhadap Perkembangan Harga Saham Jakarta Islamic Index Muhammad Bahrul Ulum; Ayu Geby Gisela Syaputri
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2233

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harga minyak dunia dan harga emas dunia terhadap perkembangan harga saham Jakarta Islamic Index. Periode pengamatan selama Januari hingga Desember Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa harga emas dunia berpengaruh secara negatif namun tidak signifikan terhadap perkembangan harga saham Jakarta Islamic Index, sedangkan harga minyak dunia berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perkembangan harga saham Jakarta Islamic Index.
Pengaruh Komisaris Independen, Kualitas Audit Dan Financial Distress Terhadap Integritas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2020 Trisnadi Wijaya
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2234

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin menganalisis dan memperoleh bukti empiris pengaruh komisaris independen, kualitas audit dan financial distress terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan pertambangan di Indonesia. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 39 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI dari tahun 2018 sampai 2020 yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komisaris independen dan financial distress berpengaruh negatif signifikan terhadap integritas laporan keuangan sedangkan kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap integritas laporan keuangan.
Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua Mella Ramadhani; Nurhadi Nurhadi
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kepuasan konsumen dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan secara langsung dan secara tidak langsung melalui kepercayaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 200 responden dengan menggunakan teknik quota sampling. Data analisis menggunakan teknik Analisis Jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra merek, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Citra merek, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan.
Pengaruh Indepedensi, Kompetensi Dan Skeptisme Profesional Auditor Internal Pada Pencegahan Fraud Karyawan Di Universitas Akbar Malik Muharam; Etna Nur Afri Yuyetta
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh independensi, kompetensi dan skeptisme professional auditor internal berpengaruh terhadap pendeteksian fraud karyawan di universitas secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini yaitu salah satu universitas di sebanyak 328 orang dan sampel penelitian sebanyak 42 orang responden diambil menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan alat uji SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan pendeteksian fraud di universitas yang diteliti menggunakan variabel independensi, kompetensi dan skeptisme professional auditor internal bahwa berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap pendeteksian fraud karyawan di universitas.
Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo) Eka Andriyanti; Siti Ning Farida
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing shopee affiliate, kualitas produk dan harga secara simultan dan secara parsial terhadap minat beli konsumen Shopee Indonesia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden generasi Z konsumen Shopee di Sidoarjo, berusia 11-26 tahun yang menggunakan aplikasi Tiktok. Penelitian ini menggunakan teknik sampling unknown population dan menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda. Hasil yang diperoleh variabel viral marketing shopee affiliate, kualitas produk, dan harga secara simultan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Pengujian secara parsial variabel viral marketing shopee affiliate, kualitas produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Shopee Indonesia (generasi Z yang menggunakan aplikasi Tiktok)
Persepsi Tanggung Jawab Auditor Dalam Mendeteksi Kecurangan Pada Kantor Akuntan Publik Fabio Bolanda Sandy; Indira Januarti
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengalaman auditor, pelatihan audit, dan risiko audit berpengaruh terhadap tanggungjawab auditor dalam mendeteksi kecurangan. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor Kantor Akuntan Publik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling dan jumlah sampel sebanyak 94 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam pengumpulan datanya. Teknik uji yang dipakai adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengalaman auditor dan pelatihan audit memiliki pengaruh terhadap tanggung jawab auditor dalam mendeteksi kecurangan. Namun, variabel risiko audit tidak memiliki pengaruh terhadap tanggung jawab auditor dalam mendeteksi kecurangan.
Cross-Border Shuttle Trade Indonesia And Egypt: Challenges And Solutions Irham Amir; Elisa Elisa
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2239

Abstract

With the development of technology, it is possible to establish communication with people among countries, with the aim to offer products and services to potential customers abroad. Shuttle trade business is mushrooming among millennials, this is motivated by the desire to take a vacation to a certain destination, so courier service open up opportunities to stay efficient on vacation by performing shuttle trade activity through Whatsapp Group or Instagram. The purpose of the research is to identify challenges and solutions in performing a cross-border shuttle trade business. This study applied action research method and qualitative approaches through in-depth online interview with 30 respondents consisted of travelers, requesters, and candidates of travelers and requesters occupied in Egypt and Indonesia. The result indicates that challenges of the shuttle trade are price competition, packing, platform, and custom clearance. A final solution given is that there must be a competitive price, safety packaging, special and legal platform to perform the shuttle trade activity that can give guarantee over the unexpected situation such as damaged goods, delayed arrival of goods, and goods has not arrived.
Pengaruh Audit Internal Dan Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Kota Metro Provinsi Lampung) Diadara Gloria; Anton Arisman
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 11 No 2 (2022): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v11i2.2240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit internal dan pengendalian internal terhadap pencegahan kecurangan. PT Pos Indonesia (Persero) Kota Metro Provinsi Lampung merupakan objek dari penelitian ini. Dasar pengambilan data pada penelitian adalah data primer yang peneliti peroleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pegawai PT Pos Indonesia Kota Metro terkecuali pada bagian kurir dan sekuriti sehingga data yang dihasilkan sebanyak 36 responden. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan menggunakan uji analisis regresi berganda serta menambahkan uji validitas data dan uji reliabilitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,597 atau 59,7% yang menyatakan bahwa pencegahan kecurangan di pengaruhi oleh variabel audit internal dan pengendalian internal sedangkan sisanya 40,3% di pengaruhi oleh faktor lain di luar variabel.

Page 1 of 2 | Total Record : 20