cover
Contact Name
Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Contact Email
forbiswira@mdp.ac.id
Phone
+62711376400
Journal Mail Official
forbiswira@mdp.ac.id
Editorial Address
Jalan Rajawali No 14 Palembang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Core Subject : Economy,
FORBISWIRA , Forum Bisnis dan Kewirausahaan merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh STIE Multi Data Palembang (MDP Business School), Indonesia. Merupakan media bagi para dosen, mahasiswa, alumni, dan peneliti lainnya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan paper yang berisi perkembangan mutakhir ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu ekonomi manajemen, akuntansi, dan kewirausahaan (entrepreneurship). FORBISWIRA diterbitkan pertama kali dengan edisi Volume 1 Nomor 1 pada September 2011 dengan ISSN 2089-0001 yang diperoleh dari LIPI. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan September dan Maret. Redaksi dengan senang hati menerima artikel baik berupa publikasi hasil penelitian maupun gagasan inovatif mengenai perkembangan ilmu pengetahuan. Artikel yang masuk dan dapat diterbitkan bila telah melalui tahap review oleh para reviewer sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ucapan terima kasih disampaikan kepada dosen, mahasiswa, alumni dan peneliti yang telah mengirimkan artikel, para penyunting ahli dan mitra bestari yang telah meluangkan waktunya mereview artikel, serta segenap manajemen STIE Multi Data Palembang dan Yayasan Multi Data Palembang yang telah mendukung penerbitan jurnal. Semoga kehadiran FORBISWIRA mampu berkontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan memberi manfaat bagi kita semua.
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan" : 25 Documents clear
CELEBGRAM ENDORSEMENT AND PRODUCT QUALITY, HOW DOES IT INFLUENCE THE INTEREST TO SHOP ONLINE? Irham Amir; Alma Widiyanti
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.1843

Abstract

This research aims to determine the effect of the endorsement and product quality on online shopping interest on the cosmetic brand EMINA. By using a descriptive quantitative approach, the sampling technique used is random sampling by distributing questionnaires to 100 millennial generation women in Bogor. This study found the endorsement program and product quality have a positive and significant effect on online shopping interest.
Penggunaan Analisis Swot Dalam Menentukan Peluang Usaha Makanan Tradisional Pempek Sambal Nur Hidayah
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.2321

Abstract

Keanekaragaman makanan dengan varian baru, asing terdengar ditelinga dan jenis makanan yang belum pernah dicicipi tentunya menjadi salah satu faktor pendorong bagi konsumen dalam melakukan pembelian produk. Pempek Sambal merupakan jenis makanan tradisional yang berasal dari provinsi Jambi. Selain keunikan penyajiannya yang membedakan pempek satu ini dengan pempek pada umum nya adalah pempek disajikan dengan cara disambal dan tidak seperti jenis pempek pada umumnya yang disajikan bersamaan dengan cuka. Jenis makanan satu ini mempunyai cita rasa tersendiri dan banyak digemari oleh masyarakat terutama yang menyukai makanan bercita rasa pedas. Selain itu makanan ini juga belum terdapat di wilayah Bandar Lampung, oleh karenanya penulis melakukan penelitian memiliki tujuan agar dapat menjelaskan dan mengetahui peluang usaha makanan tradisional pempek sambal di Bandar Lampung menggunakan analisis SWOT dengan memuat resensi dari jurnal, baik buku maupun pada penelitian-penelitian sebelumnya yang sekiranya cukup relevan dengan topik penelitian. Hasil dari mana penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwasanya Pempek Sambal Lacak berada diposisi kuadran I, dengan nilai 0,83 dan 0,35. Dapat disimpulkan strategi paling tepat untuk diterapkan adalah Growth Oriented Strategy atau bisa disebut dengan strategi pertumbuhan.Kata Kunci : IFE EFE; Analisis SWOT; Peluang Usaha; Tradisional; Pempek Sambal.
Analisis Pajak Penghasilan Analisis Pajak Penghasilan Sebelum Dan Setelah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Relly Vivianda; Poppy Indriani
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.3213

Abstract

Perubahan kebijakan sejak pemerintah mengesahkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 (yang disebut UU HPP) pada 7 Oktober 2021 saat ini masih menjadi pembahasan yang cukup hangat dan juga menarik perhatian. Pada kebijakan tersebut terdapat enam perubahan peraturan perpajakan salah satunya adalah perubahan pajak penghasilan (PPh). Kebijakan ini dilakukan oleh pemerintah yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, dengan besarnya tarif pajak tersebut menyesuaikan pada keadaan perekonomian yang di alami oleh masyarakat pada saat Indonesia dan dunia sedang menghadapi wabah Corona Virus Disease 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan sebelum dan setelah UU No 7 Tahun 2021 bagi wajib pajak orang pribadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur yang dipakai dalam pengumpulan data ini yaitu, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah data perhitungan gaji karyawan pada tahun 2021 di PT. Tunas Baru Lampung cabang kota Palembang. Hasil analisis pada PT. Tunas Baru Lampung cabang kota Palembang telah melakukan perhitungan pajak penghasilam pasal 21 terhadap karyawannya baik sebelum ataupun setelah berlakunya undang-undang HPP perusahaan tetap patuh melakukan perhitungan pajak PPh pasal 21 sesuai dengan Undang –Undang Perpajakan yang telah berlaku.
Pengaruh CSR Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Studi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di BEI Ismiranti Humairoh; Efan Elpanso
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.3214

Abstract

Penelitian pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Penelitian semacam ini bersifat kuantitatif. Seluruh data keuangan dari 10 perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2016 hingga 2020 menjadi populasi dalam penelitian ini. Tujuh usaha yang paling memenuhi kriteria kemudian dipilih untuk penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, model regresi linier berganda dengan SPSS 26 digunakan untuk melakukan analisis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas dan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai bisnis.
ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER RACHEL VENNYA DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO DI KOTA PALEMBANG Felicia Angela; Lina Lina
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.3327

Abstract

This study aims to analyze the influence of celebrity endorser Rachel Vennya on Instagram on purchase decision for Erigo products in Palembang City. This study uses primary data. This research is a type of field study research with the method of collecting data with the survey method, with data collection techniques using purposive sampling technique with predetermined respondent criteria. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the celebrity endorser variable (trustworthiness, attractiveness, expertise) Rachel Vennya on Instagram has a positive and significant effect on purcahse decision for Erigo products in Palembang City. Keywords : Celebrity Endorser, Trustworthiness, Attractiveness, Expertise, Purchase Decision.
Pengaruh Motif Hedonis & Religiusitas terhadap Pembelian Impulsif Online Generasi Senior Millennial melalui Mediasi Self Esteem Yolanda Veybitha; Muhni Pamuji; Sari Sakarina; Frecilia Nanda Melvani
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.3423

Abstract

Abstrak Generasi senior milennial merupakan generasi yang lahir pada tahun 1983-1990. Salah satu ciri generasi tersebut yakni tumbuh di era digital. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengukur perilaku pembelian impulsif secara online generasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei. Alat untuk melakukan pengukuran menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan sofware LISREL. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 470 responden, mereka mengisi kuesioner secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh religiusitas terhadap pembelian impulsif tidak signifikan. Selanjutnya perhitungan pengaruh tidak langsung variabel religiusitas melalui mediasi self esteem terhadap pembelian impulsif menunjukkan berepengaruh yang signifikan sehingga self esteem dalam penelitian ini memediasi secara sempurna (full mediated). Namun untuk variabel motif hedonic, self esteem hanya memediasi secara parsial (partial mediated). Selanjunya penelitian memiliki implikasi secara teoritis dan praktis. Kata Kunci : Motif Hedonis, Religiusitas, Self Esteem, Pembelian Impulsif
PENGARUH SUKU BUNGA TERHADAP JUMLAH DANA PIHAK KETIGA BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH DI INDONESIA Muhammad Bahrul Ulum; Roswaty Roswaty; Meilin Veronica
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.3434

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suku bunga terhadap jumlah dana pihak ketiga bank umum syariah dan unit usaha syariah di Indonesia. Periode pengamatan selama Januari hingga Desember 2021. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa suku bunga berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah dana pihak ketiga bank umum syariah dan unit usaha syariah di Indonesia.
IMPLIKASI PENDAPATAN DAERAH, BELANJA PEGAWAI, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KESEIMBANGAN ANGGARAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN Muhammad Bahrul Ulum; Ayu Geby Gisela Syaputri
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.3464

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi pendapatan daerah, belanja pegawai, dan pertumbuhan ekonomi terhadap keseimbangan anggaran di provinsi Sumatera Selatan. Periode pengamatan selama 2012 hingga 2021. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Pendapatan daerah dan pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh positif terhadap keseimbangan anggaran sedangkan belanja pegawai memiliki pengaruh negatif terhadap keseimbangan anggaran dan ketiga variabel independen ini sama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keseimbangan anggaran di provinsi Sumatera Selatan.
INTEGRASI-INTERKONEKSI PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ENTREPRENEUR SKILL DAN MEMPERSIAPKAN COMPETITIVE ADVANTAGE DUNIA KERJA ERA DIGITAL SOCIETY 5.0 Zathu Restie Utamie; Muhammad Iqbal Fasa
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.3576

Abstract

Entrepreneurship education plays an important role in the development of entrepreneurial skills in individuals. It is time for universities based on teaching methods to switch to practicing methods, whose main focus is practical experience (practical work experience). This study used qualitative research methods. The results of this study found that UIN Raden Intan Lampung carried out various programs including: (1) Job Seeking Activities; (2) Entrepreneurship Training Activities; (3) Population Education Implementation Activities Through Compulsory General Lecture Materials (MKWU); (4) JOB FAIR activities; (5) Activities to prepare career center manuals; (6) OJK Teaching Activities to 1,000 students throughout Lampung Province; (7) Tracer Study Activities; (8) Pre-Employment Card Dissemination Assistance Activities; (9) Business Plan competition activities; (10) Webinar Activities "Tips and Trick How To Achieve LPDP and Mora Scholarships; (11) Astra Goes To Campus Workshop "Introduction to Insurance Business and Vehicle Financing"; (12) Assessment and Counseling Center Activities; (13) Higher Education Communication Forum Activities and the Ministry of Manpower; (14) Cooperation between the Tanggamus Regency Government and UIN Raden Intan Lampung regarding the Implementation of the CAT Test and the Fit Proper Test for the Election of Village Heads of Tanggamus Regency. The several steps that need to be taken by Raden Intan Lampung State Islamic University include: (1) Updating the entrepreneurship curriculum; (2) Digital Preneur Training and Workshops; (3) Collaboration with the Government, Banks and other stakeholders; (4) Field Competency Strengthening; (5) Building an Entrepreneurship Ecosystem
ANALISIS PENGARUH METODE PENJUALAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN BARANG Raden Fadhil Anugerah Ardiwilaga; Muhammad Aditya Hasta Pratama; Arik Rizki Akbar; Muhammad Rafi Shidiq
FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN - SINTA 4 Vol 12 No 2 (2023): Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : LPPM Universitas Multi Data Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/forbiswira.v12i2.3822

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan bisnis beralih ke metode penjualan online melalui media dan gawai berbasis internet, terutama pedagang pada daerah Gegerkalong UPI. Artikel ini bertujuan untuk mempelajari dampak yang ditimbulkan oleh penjualan online terhadap bisnis penjualan melalui analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penjualan online dapat meningkatkan hasil penjualan bagi bisnis tersebut, tetapi terkadang promosi yang diberikan oleh mitra online justru merugikan. Hal ini menunjukkan bahwa penjualan online tidak selalu menguntungkan.

Page 1 of 3 | Total Record : 25