cover
Contact Name
Arif Mansyuri
Contact Email
jurnalapi@uinsby.ac.id
Phone
+6281359067234
Journal Mail Official
jurnalapi@uinsby.ac.id
Editorial Address
Laboratory Building of the Faculty of Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya 2nd Floor Jl. A. Yani 117, Surabaya 60237
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam
ISSN : 27762017     EISSN : 27762424     DOI : https://doi.org/10.15642/api
The journal provides on articles related to conceptual innovation or empirical research in administration, management, leadership and supervision of Islamic educational institutions.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2021): March" : 6 Documents clear
Fungsi Pengawasan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Asenan Erik Ibrahim; Romadhona Intan Pratiwi; Aan Nadjib
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.83-98

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan sebuah fenomena yang terjadi pada MTs. Hasyim Asy’ari yaitu kurang optimalnya kinerja guru yang mengabdi disana. Guru seringkali kurang disiplin dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik. Walaupun tidak semuanya, namun hal ini tentunya akan sangat merugikan apabila tidak dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dari salah satu fungsi manajemen yaitu pengawasan yang ada di MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri, Sukodono, Sidoarjo. Dengan adanya pengawasan, pihak kepala sekolah berharap akan mencapai keberhasilah khususnya dalam memantau kinerja guru yang berhubungan langsung dengan kualitas dan tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar pada siswa. Landasan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pernyataan menurut Siagian, bahwa pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang paling penting dan harus dilakukan oleh seorang pimpinan dalam suatu usaha mencapai tujuan organisasi yang dipimpinnya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif. Fungsi utama evaluasi adalah menelaah suatu objek atau keadaan untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk untuk pengambilan keputusan. Seorang pimpinan sekolah harus jeli mengidentifikasi dan mengklasifikasikan permasalahan yang ada sehingga menjadi suatu skala priorotas pemecahan apalagi berhubungan dengan upaya peningkatan kinerja guru. Masalah-masalah yang muncul dalam upaya peningkatan kinerja guru di sekolah merupakan tantangan yang harus diselesaikan karena hal tersebut akan menjadi pelajaran yang berharga untuk mengambil keputusan di kemudian hari.
Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Rangka Penigkatan Mutu Pendidikan di MTsN Gresik Nur Hanifatus Saadah; Moh. Nadhiful Khoir; Junaedi Junaedi
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.17-28

Abstract

Penerapan dan penanaman nilai kedisplinan dalam jiwa peserta didik merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan di lingkungan sekolah lebih-lebih bisa diterapkan dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter. Penanaman nilai kedisiplinan di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar secara optimal untuk menumbuhkan jiwa atau rasa tanggung jawab peserta didik di sekolah dengan menumbuhkan rasa disiplin peserta didik. Selain itu, dengan disiplin dapat mengembangkan produktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Madrasah membentuk nilai kedisiplinan peserta didik sehingga menjadi madrasah yang bermutu. 2) kedisiplinan yang tiap hari ditingatkan, 3) Menjadikan madrasah ini menjadi madrasah yang terpandang di Gresik.
Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatan Kualitas Peserta Didik melalui Program Karya Tulis Ilmiah Ilyas Ichsani; Bayu Candra Pamungkas; Taufiq Subty; Anton Wahyudin
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.29-48

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan seluruh kegiatan pembinaan dan pengembangan peserta didik yang dilaksanakan secara kontinu untuk menumbuhkan bakat, minat, dan kemampuan peserta didik melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler. Program karya tulis ilmiah merupakan salah satu program dalam ranah kesiswaan yang dibuat dan dijalankan untuk melatih dan mengembangkan para peserta didik dalam melaksanakan penelitian dan penulisan suatu karangan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Manajemen kesiswaan dalam implementasi program karya tulis ilmiah; (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program karya tulis ilmiah; dan (3) peningkatan kualitas peserta didik dengan adanya program karya tulis ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) atau penelitian kualitatif. Sasaran penelitian (subjek penelitian) ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, dan guru yang menjadi pembimbing dan penguji Karya Tulis Ilmiah di MA Muhammadiyah 9 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kesiswaan dalam implementasi program karya tulis ilmiah terdiri dari empat tahap, yakni perencaaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian program karya tulis ilmiah; (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program karya tulis ilmiah diantaranya adalah faktor siswa, faktor pembimbing, dan faktor fasilitas madrasah; (3) peningkatan kualitas siswa dengan adanya program karya tulis ilmiah dapat dilihat dari pengembangan penalaran peserta didik, terbentuknya mental peserta didik, dan penguasaan teknologi oleh peserta didik.
Implementasi Emis Tanggap Covid-19 dalam Pemantauan Kesiapan Madrasah pada Masa Pandemi Covid-19 di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto Fitria Hindahsari; Rizki Ayuningtyas; Wahyu Aji Lusdianto
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.49-68

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaaan EMIS Tanggap Covid-19, pemantauan kesiapan madrasah malalui EMIS Tanggap Covid-19, Faktor pendukung, dan faktor penghambat EMIS Tanggap Covid-19 dalam pemantauan kesiapan madrasah pada masa pandemi Covid-19 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian operator EMIS pada seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 378 madrasah di Kabupaten Mojokerto telah mengisi daftar kesiapan satuan pendidikan melalui EMIS Tanggap Covid-19 dari 378 madrasah yang merespon belum mendapat persetujuan untuk memulai pembelajaran tatap muka dikarenakan Kabupaten Mojokerto termasuk zona merah sehingga belum mendapatkan surat rekomendasi dari Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten mojokerto. Faktor pendukung adanya aplikasi EMIS Tanggap Covid-19 dalam pemantauan kesiapan madrasah yaitu kompetensi Oprator EMIS, sarana dan prasarana, data yang valid, komitmen madrasah, sedangkan faktor penghambatnya yaitu sulitnya jangkauan jaringan untuk mengakses aplikasi Emis Tanggap Covid-19 di waktu-waktu tertentu dan terdapat beberapa madrasah yang belum merespon EMIS Tanggap Covid-19 sehingga menghambat proses pemantauan kesiapan madrasah pada masa pandemi Covid-19..
Efektivitas SIM SIAGA Terhadap Pengelolaan Manajemen Guru PAIS di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan Holifah Kurniyah; Imam Tirmidzi A; Nur Hasanah
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.1-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang efektivitas SIM SIAGA terhadap pengelolaan manajemen guru PAIS di kantor kementerian agama kabupaten Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukandenganobservasilapangan dan wawancara yang dilakukan pada tanggal tugas yang telah ditetapkan oleh kampus terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas SIM SIAGA terhadap pengelolaan manajemen guru PAIS di kantor kementerian agama kabupaten Bangkalan dinilai sangat efektif untuk digunakan dibandingkan aplikasi Emis. dimana beberapa fitur-fitur yang sangat mendukung didalamnya, dan sama sekali tidak menemukan kendala apapun. meskipun ada sebagian fitur yang masih tidak dapat berjalan secara efektif dikarenakan aplikasi tersebut masih terbilang sangat baru yang membutuhkan inovasi-inovasi dalam pengembangannya.
Peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Pengelolaan Layanan Informasi E-Government di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Dalilah Ayu Permatasari; Irsyadatun Ni’mah Almatin; Wiladatus Sholihah
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.69-82

Abstract

Public relations in an organization aims to create a positive image of the organization in public. Government public relations provide services, disseminate information and provide education to the public regarding policies and institutional work programs for the public. Management of information services can be accessed through social media, one of which is the website. E-government is an activity carried out by the government using information technology support in providing services to the community. The purpose of this study was to determine the role of public relations in managing e-government information at the Office of the Ministry of Religion, Gresik Regency. This study used a qualitative descriptive research method with a phenomenological approach, while the informants of this study were the Gresik Ministry of Religion's public relations officers. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. Based on the results of data reduction, the results of this study indicate that the role of public relations in the management of e-government information services at the Office of the Ministry of Religion of Gresik Regency has not been implemented optimally.

Page 1 of 1 | Total Record : 6