cover
Contact Name
Arif Mansyuri
Contact Email
jurnalapi@uinsby.ac.id
Phone
+6281359067234
Journal Mail Official
jurnalapi@uinsby.ac.id
Editorial Address
Laboratory Building of the Faculty of Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya 2nd Floor Jl. A. Yani 117, Surabaya 60237
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam
ISSN : 27762017     EISSN : 27762424     DOI : https://doi.org/10.15642/api
The journal provides on articles related to conceptual innovation or empirical research in administration, management, leadership and supervision of Islamic educational institutions.
Articles 67 Documents
Fungsi Pengawasan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Asenan Erik Ibrahim; Romadhona Intan Pratiwi; Aan Nadjib
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.83-98

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan sebuah fenomena yang terjadi pada MTs. Hasyim Asy’ari yaitu kurang optimalnya kinerja guru yang mengabdi disana. Guru seringkali kurang disiplin dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik. Walaupun tidak semuanya, namun hal ini tentunya akan sangat merugikan apabila tidak dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dari salah satu fungsi manajemen yaitu pengawasan yang ada di MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri, Sukodono, Sidoarjo. Dengan adanya pengawasan, pihak kepala sekolah berharap akan mencapai keberhasilah khususnya dalam memantau kinerja guru yang berhubungan langsung dengan kualitas dan tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar pada siswa. Landasan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pernyataan menurut Siagian, bahwa pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang paling penting dan harus dilakukan oleh seorang pimpinan dalam suatu usaha mencapai tujuan organisasi yang dipimpinnya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif. Fungsi utama evaluasi adalah menelaah suatu objek atau keadaan untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk untuk pengambilan keputusan. Seorang pimpinan sekolah harus jeli mengidentifikasi dan mengklasifikasikan permasalahan yang ada sehingga menjadi suatu skala priorotas pemecahan apalagi berhubungan dengan upaya peningkatan kinerja guru. Masalah-masalah yang muncul dalam upaya peningkatan kinerja guru di sekolah merupakan tantangan yang harus diselesaikan karena hal tersebut akan menjadi pelajaran yang berharga untuk mengambil keputusan di kemudian hari.
Peran Manajemen Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di MTSN 2 Lamongan Rahmatulloh Rahmatulloh
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2020.2.2.108-123

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan antara (1) Perencanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MtsN 2 Lamongan. (2) Pelaksanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MtsN 2 Lamongan. (3) Evaluasi manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MtsN 2 Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dengan metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan kata tertulis atau lisan sebagai alat untuk menentukan keterangan mengenai gambaran secara ringkas suatu gejala, peristiwa atau keadaan sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa. Pertama, perencanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MtsN 2 mereka selalu membuat program bersama-sama melalui rapat semua pihak diantaranya kepala sekolah, kabid humas, para guru serta pegawai yang menyusun program bidang lain yang akan dilaksanakan . Kedua, Pelaksanaan manajemen humas sesuai perencanaan dimana tugas humas untuk memberikan pelayanan dan informasi, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Ketiga, evaluasi manajemen humas merupakan tahap akhir dari pengelolaan humas, dilakukan sesuai standart pelayanan madrasah, dilakukan pihak internal dan eksternal madrasah
Implementasi Manajemen Program Gerakan Literasi Madrasah di MAN 1 Lamongan Saida Rifda Barokah; Yensika Yosi Bentari
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2019): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2019.1.2.102-118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi menejemen program Gerakan Literasi Madrasah, menjelaskan tahap-tahap pelaksanaan program Gerakan Literasi Madrasah, menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari program Gerakan Literasi Madrasah di MAN 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman meliputi reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil pembahasan implementasi menejemn program Gerakan Literasi Madrasah di MAN 1 Lamongan yang dilaksanakan sesuai dengan fungsi menejemn meliputi perencanaan pengorganisasian , pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang terlaksana dengan menetapkan visi, misi, dan tujuan program Gerakan Literasi Madrasah. Pengorganisasian yang memberi tanggung dan pembagian tugas pada penanggung jawab, pelakasanaan yang dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dan evaluasi yang mana mengkontrol semua aktivitas yang terlaksana. Dan dalam penelitian ini juga menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dalam Program Gerakan Literasi Madrasah di MAN 1 Lamongan.
Implementasi Budaya Sekolah dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di MTs Mambaus Sholihin Rieke Regita Cahyani; Puput Ayu Wulandari; Ida Miftakhul Jannah
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2020.2.2.124-140

Abstract

Pembangunan karakter merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter. Penanaman nilai-nilai karakter berbasis budaya sekolah dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar secara optimal untuk menanamkan, memperbaiki, menguatkan, dan menyempurnakan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan budaya sekolah yang mendorong terbentuknya karakter pada peserta didik di MTs Mambaus Sholihin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Madrasah membentuk karakter peserta didik melalui penerapan budaya sekolah. 2) Budaya sekolah yang diterapkan meliputi etika peserta didik kepada pendidik, budaya ketika memulai dan mengakhiri pelajaran, budaya jujur dan tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain, 3) Karakter yang terbentuk meliputi disiplin, religius, sikap peduli, jujur, dan tanggung jawab.
Pengelolaan Administrasi Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo Risma Amiliya Indahsari; Nurul Hasanah; Nur Indahsari
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2019): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2019.1.2.119-134

Abstract

Penelitian ini dititik beratkan pada pengelolaan administrasi madrasah yang didalmnya mencangkup hubungan antara pegawai administrasi dan kualitas madrasah, pegawai administrasi dan siswa, pegawai administrasi dan guru,dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang cara pengelolaan administrasi dan apa saja tugas yang harus dikerjakan oleh pegawai administrasi pada tiap-tiap administrasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Para Waka, Pegawai Tata Usaha, perwakilan guru, serta komite madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengelolaan administrasi untuk meningkatkan kualitas madrasah sesuai dengan prosedur, sistematis, terarah, jelas dilihat dari setiap pegawai administrasi melakukan tugasnya sesaui dengan tupoksinya masing-masing. Kata kunci: Pengelolaan adminisrtasi, Layanan Administrasi
Penerapan Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Perpustakaan MTs Al Ibrohimi Manyar Kabupaten Gresik Thoriq Alimi; Achmad Achmad; Ainur Rochmah; Muhammad Fahmi
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2019): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2019.1.1.1-26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen perpustakaan, menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi serta mendiskripsikan solusi implementasi manajemen perpustakaan di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik Tahun 2019. Jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan 1) metode wawancara, wawancara dilakukan kepada beberapa sumber seperti kepala sekolah, guru, petugas perpustakaan dan siswa. 2) metode observasi dengan mengamati keadaan fisik perpustakaan baik peralatan dan perlengkapannya. 3) Metode Dokumen digunakan untuk mengumpulkan data arsip dan administrasi perpustakaan sekolah. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik, keabsahan data tersebut digunakan untuk menguji data-data yang terkumpul. Hasil pembahasan implementasi manajemen perpustakaan di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik yang dilaksanakan belum sesuai dengan fungsi manajemen. mulai dari Perencanaan yang tidak diperbarui, pengorganisasian yang sangat kurang, pengelolaan perpustakaan yang kurang terkelola dengan baik, dan pengawasan yang sangat kurang. Kendala-kendala dalam penerapan fungsi manajemen dalam pengelolaan perpustakaan di perpustakaan MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik meliputi: 1) Tidak Adanya Kepemimpinan Manajemen Perpustakaan Sekolah, 2) Kurangnya Sumberdaya Manusia dan pustakawanan yang profesional, 3) Koleksi Buku Yang Kurang Lengkap dan Kurang Diperbarui, 4) Kurangnya Pengunjung Perpustakaan. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen perpustakaan meliputi: 1) Kepala sekolah dapat merekrut atau memilih guru untuk ditugaskan menjadi kepala perpustakaan. 2) pustakawan di perpustakaan MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik, harus memiliki tenaga professional dibidang perpustakaan khususnya penerapan fungsi manajemen perpustakaan dalam pengelolaan perpustakaan. 3). mengajukan penambahan koleksi kepada kepala sekolah, sekolah juga mengadakan kerjasama dengan pihak terkait misalnya dengan penerbit dan mengimbuu kepada siswa, guru atau karyawan untuk memberikan sumbangan buku atau menitipkan buku-buku pribadinya untuk disimpan di perpustakaan. 4) memperbaiki Etika Layanan Perpustakaan dan Layanan Sepenuh Hati. Kata Kunci: Penerapan, Manajemen Perpustakaan, Mutu Layanan ni
Peningkatan Kualitas Madrasah terhadap Sistem Zonasi MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo Naila Afifa Rohmatillah; Rahmawati Fitriyanti; Ali Wafa
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.141-156

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal penting sehingga mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan dan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan diaplikasikannya sistem zonasi terhadap proses penerimaan peserta didik baru. Ketentuan sistem zonasi dimuat dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Disebut penelitian deskriptif karena bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan keadaan suatu obyek dan subjek penelitian. Dilihat dari besarnya jumlah peminat yang masuk ke MTs Nurul Huda dan dari sudut prestasi, MTs Nurul Huda dapat dikategorikan sebagai salah satu madrasah yang memiliki daya saing tinggi. Salah satunya yaitu kepimpinan kepala sekolah yang efektif dan inovatif, sarana yang memadai, kualitas pendidik yang memenuhi standar dan dikembangkannya berbagai inovasi pembelajaran. Dengan sistem zonasi ini MTs. Nurul Huda tahun ini telah memaksimalkan kekuatan madrasah untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat dan membuat MTs. Nurul Huda ini lebih unggul dari sekolah lain.
Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Kerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik, di MA Matholi’ul Anwar Kabupaten Lamongan Muhammad Siroj Hakim; Misbahus Surur
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2020): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2020.2.1.50-62

Abstract

This study aims to determine the effect of school principal, communication, and work motivation on MA Matholi'ul Anwar Sungelebak Karanggenang teachers in Lamongan Regency. This research is a type of qualitative research using a case study approach to understand the phenomena about what is experienced by research subjects. analysis using interpretative descriptive research, the researcher conducts research based on literature literature and observations in the field, namely through observation and interviews with research objects, as the main method. The results in this study indicate that leadership, communication, and work motivation affect the performance of MA Matholi'ul Anwar Sungelebak Karanggenang teachers in Lamongan Regency. partially the most influential is leadership on the performance of teaching staff communication and work motivation.
Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Rangka Penigkatan Mutu Pendidikan di MTsN Gresik Nur Hanifatus Saadah; Moh. Nadhiful Khoir; Junaedi Junaedi
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.17-28

Abstract

Penerapan dan penanaman nilai kedisplinan dalam jiwa peserta didik merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan di lingkungan sekolah lebih-lebih bisa diterapkan dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter. Penanaman nilai kedisiplinan di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar secara optimal untuk menumbuhkan jiwa atau rasa tanggung jawab peserta didik di sekolah dengan menumbuhkan rasa disiplin peserta didik. Selain itu, dengan disiplin dapat mengembangkan produktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Madrasah membentuk nilai kedisiplinan peserta didik sehingga menjadi madrasah yang bermutu. 2) kedisiplinan yang tiap hari ditingatkan, 3) Menjadikan madrasah ini menjadi madrasah yang terpandang di Gresik.
Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatan Kualitas Peserta Didik melalui Program Karya Tulis Ilmiah Ilyas Ichsani; Bayu Candra Pamungkas; Taufiq Subty; Anton Wahyudin
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 (2021): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2021.3.1.29-48

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan seluruh kegiatan pembinaan dan pengembangan peserta didik yang dilaksanakan secara kontinu untuk menumbuhkan bakat, minat, dan kemampuan peserta didik melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler. Program karya tulis ilmiah merupakan salah satu program dalam ranah kesiswaan yang dibuat dan dijalankan untuk melatih dan mengembangkan para peserta didik dalam melaksanakan penelitian dan penulisan suatu karangan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Manajemen kesiswaan dalam implementasi program karya tulis ilmiah; (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program karya tulis ilmiah; dan (3) peningkatan kualitas peserta didik dengan adanya program karya tulis ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) atau penelitian kualitatif. Sasaran penelitian (subjek penelitian) ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, dan guru yang menjadi pembimbing dan penguji Karya Tulis Ilmiah di MA Muhammadiyah 9 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kesiswaan dalam implementasi program karya tulis ilmiah terdiri dari empat tahap, yakni perencaaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian program karya tulis ilmiah; (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program karya tulis ilmiah diantaranya adalah faktor siswa, faktor pembimbing, dan faktor fasilitas madrasah; (3) peningkatan kualitas siswa dengan adanya program karya tulis ilmiah dapat dilihat dari pengembangan penalaran peserta didik, terbentuknya mental peserta didik, dan penguasaan teknologi oleh peserta didik.