cover
Contact Name
Arif Mansyuri
Contact Email
jurnalapi@uinsby.ac.id
Phone
+6281359067234
Journal Mail Official
jurnalapi@uinsby.ac.id
Editorial Address
Laboratory Building of the Faculty of Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya 2nd Floor Jl. A. Yani 117, Surabaya 60237
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam
ISSN : 27762017     EISSN : 27762424     DOI : https://doi.org/10.15642/api
The journal provides on articles related to conceptual innovation or empirical research in administration, management, leadership and supervision of Islamic educational institutions.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2023): March" : 10 Documents clear
Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pembelajaran dan Prestasi Akademik Siswa di SMA Khadijah Surabaya Nirma Amila; Samsul Ma'arif; Muhammad Nuril Huda
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.68-82

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari inovasi dalam dunia pendidikan yang terus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan zaman sebagai upaya memberikan layanan terbaik dan pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. Pada era new normal pandemi covid-19 SMA Khadijah menerapkan Blended Learning, dengan memadukan pembelajaran tatap muka dan memanfaatkan teknologi dalam penyampaian materi, tugas dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai 1)implementasi Blended Learning di SMA Khadijah Surabaya, 2)kualitas layanan pembelajaran di SMA Khadijah Surabaya, 3)pretasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya, 4) implementasi Blended Learning dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)implementasi Blended Learning di SMA Khadijah bertujuan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran. 2)Layanan pembelajaran yang diberikan di SMA Khadijah memberikan gadget di awal masuk sekolah, memberikan pembinaan OSN, sertifikasi Cambridge, ICAS, UTBK, SBMPTN 3)Upaya yang dilakukan SMA Khadijah dalam meningkatkan prestasi akademik yaitu melakukan pembinaaan pada setiap rogram yang selalu dikuti antara lain ada sertifikasi Cambridge, OSN, ICAS. 4)Implementasi Blended Learning dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan prestasi akademik siswa di SMA Khadijah Surabaya memberikan banyak manfaat. Kata kunci: Implementasi Blended Learning, Layanan pembelajaran, Prestasi akademik.
Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen pada Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM) dalam Meningkatkan Efektivitas Ujian Siswa Tingkat Akhir Madrasah Aliyah Negeri di Kementerian Agama Kabupaten Lamongan Achmad Deydik Kurnia; Fatihatun Nashiroh; Sulanam
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.83-94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemanfaatan sistem informasi manajemen pada aplikasi pangkalan data ujian madrasah (PDUM) dalam meningkatkan efektivitas ujian siswa tingkat akhir madrasah aliyah negeri di kementerian agama kabupaten lamongan yang ditinjau dari aspek: input, proses, dan output. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi, melalui observasi dan studi pustaka, yaitu dengan penelitian di Kementerian Agama Lamongan dan MAN 1 Lamongan selain itu juga mengumpulkan materi, data dan informasi dari buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Hasil penelitian yang didapat adalah pemanfaatan sistem informasi manajemen sudah diterapkan dengan baik. MAN 1 Lamongan menerapkan strategi khusus yaitu memanfaatkan teknologi informasi berbasis Sistem Informasi Manajemen, pemanfaatan aplikasi PDUM yang berfungsi sebagai perhitungan kebutuhan blanko ijazah, Selain itu PDUM juga digunakan untuk cetak kartu ujian, berita acara, dan daftar hadir yang dibuat menggunakan sistem. Maka dapat diketahui bahwa keefektifan PDUM terhadap ujian akhir siswa di Madrasah Aliyah telah diterapkan dengan baik.
Implementasi Petunjuk Teknis IJOP Madin dalam Meningkatkan Layanan Administrasi di Kantor Kemenag Gresik Sa’diyatul Mu’awanah; Septi Anggraeni Setyowati Putri; Surizka Dwi Siswanda; Moh. Qayyim
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.95-107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan administrasi di Kementerian Agama Kabupaten Gresik dalam melayani surat izin operasional di seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kementrian Agama Kabupaten Gresik. Kementerian Agama Kabupaten Gresik mengikuti perkembangan era digital saat ini melalui website Ditjen Dikti berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam No. 3668 Tahun 2019. Mengikuti perkembangan era digital saat ini yaitu melalui situs web Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok pesantren.
Model dan Strategi dalam Menghadapi Perubahan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung Zulfa Fadilah; Wahyu Hidayat
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.1-8

Abstract

This study aims to find out the models and strategies used in dealing with changes at SMA Muhammadiyah 4 Bandung City. This research method uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques in the form of interviews, observations, and documentation. The subject of the study is the Principal. The location of this study is SMA Muhammadiyah 4 Bandung City. The results of this study show that: 1) In one period of principal leadership, there were several changes. These changes consist of changes in facilities and infrastructure, changes in curriculum, changes in the number of students and changes in the ethics of educators and education personnel. 2) The model used by SMA Muhammadiyah 4 Bandung City in facing changes is the Tyagi model. 3) The strategy used by SMA Muhammadiyah 4 Bandung City in facing change is First, creating a team atmosphere that is not afraid of change. Second, discover what kind of dissatisfaction caused the employees to want to change. Third, the principal indicated which way the change would lead.
Implementasi Strategi Diversifikasi di Lembaga Pendidikan Diniyyah Al Azhar (DIAZ) Jambi M. Haikal Fadli; Rochmad Widodo; Rendi M. Yani
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.9-13

Abstract

Diniyyah Al Azhar (DIAZ) Jambi merupakan salah satu lembaga pendidikan terbesar dan terlengkap di Provinsi Jambi yang manajemennya di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Diniyyah (YPPD) Al Azhar Jambi. DIAZ Jambi dikatakan sebagai lembaga pendidikan terbesar karena memiliki tiga cabang, yaitu di Kota Jambi, Kabupaten Muara Bungo, dan Kabupaten Tebo. Adapun disebut terlengkap, karena memiliki jenjang pendidikan dari paling bawah (playgroup) hingga pendidikan tinggi (sekolah tinggi). Jika sebuah perusahaan, DIAZ Jambi sudah setingkat perusahaan korporasi. Karena itulah, manajemen pengembangannya pun menerapkan strategi tingkat korporasi, yaitu Strategi Diversifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan tujuan: 1) Menjelaskan bagamana implementasi strategi diversifikasi di lembaga pendidikan yang dilakukan DIAZ Jambi, 2) Menjelaskan faktor-faktor yang menghambat strategi diversifikasi yang dilakukan DIAZ Jambi, dan 3). Solusi yang ditempuh dalam menyelesaikan hambatan tersebut.
Penyelenggaraan Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik (Studi Kasus di SMAN 11 Yogyakarta) Aiz Affwa Fawwaiz; M. Naufal Daffa Ulhaq; Devi Permatasari; Ahmad Kamal Assidiqi; Kevin Alfido; Daffa Alif Umar Himawan; Nora Saiva Jannana
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.14-34

Abstract

Tercapainya pendidikan yang unggul tergantung pada sekolah yang memenuhi standar tertentu agar dapat terus beroperasi sebagai lembaga pendidikan. Dalam upaya membangun sekolah unggul, sekolah telah menerapkan sistem penjaminan mutu. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana SMA Negeri 11 Yogyakarta mengelola sistem penjaminan mutunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan analisis pengelolaan Sistem penjaminan mutu di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Penulis mengunjungi beberapa situs di SMA Negeri 11 Yogyakarta untuk mewawancarai responden yang sesuai dengan kriteria narasumber guna mengumpulkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan. Pengamatan, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen penjaminan mutu SMA Negeri 11 berada pada kategori cukup. Dalam hal ini, kita dapat membedakan antara dua jenis sistem penjaminan mutu internal dan eksternal. Menurut kelemahannya, kepemimpinan, sumber daya manusia, dan infrastruktur semua pendukung mendukung dalam administrasi dan pelaksanaan sistem penjaminan mutu di SMA N 11 Yogyakarta.
Isu Kontemporer Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kurikulum (Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah) Encep Syarifudin; Agus Gunawan; A.Hendrid Suko Prastyono; Puji Lestari
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.35-42

Abstract

Islamic education must be taught to the younger generation, especially Muslims, so they grow to be good members of society. When it comes to issues such as curriculum development and education renewal, learning studies play an important role to be carried out to raise the effectiveness of Islamic education in Islamic educational institutions such as Madrasah. This research was conducted using the library research method (Library Research), curriculum development is one of the contemporary issues in Islamic education, the question arises whether contemporary issues of Islamic education in the implementation of independent curriculum activities in madrasah are needed. This paper also explains what and how scope the implementation of the independent curriculum is implemented in Madrasah and the renewal of the curriculum imposed by the government should be able to make Madrasah more independent in management and learning. The increase of activity and creativity of students in groups could build a sense of working together according to the indicators in the pancasila profile on independent curriculum.
Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur Ikhwanul Muslimin
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.43-57

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih hangat memperbincangkan terkait kurikulum merdeka belajar. Masih terbatas rujukan mengenai teori, konsep, dan implementasi dari kurikulum merdeka belajar khususnya pada Lembaga Pendidikan Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengupas tuntas konsep kurikulum merdeka belajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, kendala, hingga solusi pada Lembaga Pendidikan Islam di Jawa Timur. Artikel dibuat berdasarkan penelitian lapangan dengan pendekatan studi kasus kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif versi Miles-Huberman. Disimpulkan bahwa konsep perencanaan dan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada Lembaga Pendidikan Islam di Jawa Timur dilakukan melalui dua proses. 1) Sosialisasi empat pilar kurikulum merdeka belajar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bersama dengan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. 2) Menyiapkan infrastruktur seperti EMIS (Education Management Information System), sistem e-learning seperti PINTAR dan Mandiri Belajar untuk mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.
Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mencapai Visi, Misi, dan Sasaran Pada MIN 31 Kabupaten Aceh Utara Syukri Syukri; Hasan Hasibuan; Zulfikar Ali Buto Siregar
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.58-67

Abstract

This study aims to determine planning, implementation, evaluation and supporting and inhibiting factors for the management of the Madrasah Principal in achieving the Vision, Mission and Targets at MIN 31 North Aceh District of North Aceh. Sources of data in this study included the Head of Madrasah, Deputy Head of Curriculum, and teachers of North Aceh MIN 31 North Aceh. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques in this study include observation, interviews and documentation. The results of the study show that first, planning for the management of the madrasah head in achieving the vision, mission and goals of North Aceh MIN 31 is carried out Formulation of character education programs that are integrated with the madrasah curriculum, holding activities to commemorate Islamic holidays, social services, holding congregational midday prayers, socialization of academic regulations, and monthly, mid-semester and annual coaching, and giving rewards and sanctions both routinely and incidentally. Second, the management of Madrasah heads in achieving the vision, mission and goals of MIN 31 North Aceh is carried out at MIN 31 North Aceh is carried out by determining the types of extracurricular activities that suit the talents and interests of students and determining character values ​​in each type of extracurricular activities by the coach extracurricular, Third, Evaluation of the management of the Madrasah head is carried out by determining the character values ​​to be instilled, the formation of the madrasa culture, and the supporting and inhibiting factors of the Madrasah Head in achieving the vision, mission and goals at MIN 31 North Aceh. The four supporting factors are: the principal's leadership factor, the educational qualification factor of all educational staff and education staff, the support factor from the community and school members including committee members and parents. While the inhibiting factors include the indiscipline of teaching and educational staff in carrying out programs, the lack of public understanding related to achieving the madrasah vision, mission and goals. and the lack of quality capabilities of all stakeholders in improving the quality of madrasas
Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kewirausahaan di MTs Nurul Huda Sedati Nurul Hidayati
Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Vol. 5 No. 1 (2023): March
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/japi.2023.5.1.108-127

Abstract

Kepala madrasah adalah pemegang kunci untuk keberlangsungan dan keberhasilan di madrasah. Kepala madrasah memiliki peran yang sangat kompleks dalam rangka mewujudkan visi dan misi serta tujuan dari madrasah yang dipimpinnya. Kompetensi Kewirausahaan adalah Kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala madrasah, dimana dengan menguasai komptensi tersebut kepala madrasah akan mudah mengembangkan madrasah agar lebih efektif dan efisien. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif yang mana metode pengumpulan data nya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini yang menjadi fokus pembahasan adalah Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kewirausahaan di MTs Nurul Huda Sedati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kompetensi kewirausahaan sebagai salah satu dari lima kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Kepala Madrasah. Hasil penelitian ini adalah kompetensi kewirausahaan Kepala Madrasah dalam meningkatkan daya saing madrasah meliputi kompetensi yang ada pada diri seorang wirausaha diantaranya mampu membaca peluang, kreatif dan inovatif, bekerja keras, memiliki motivasi, pantang menyerah dan memiliki naluri kewirausahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10