cover
Contact Name
sumardi
Contact Email
sumardi1610@gmail.com
Phone
+6282343633455
Journal Mail Official
jurnalalqisthistisipm@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik
ISSN : 23016876     EISSN : 27155750     DOI : https://doi.org/10.47030/jaq.v10i2.156
Core Subject : Social,
Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Muhammadiyah Sinjai, yang diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik menerima artikel dari hasil penelitian (original research article) dan artikel telaah (review article) dari para akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang ilmu sosial dan politik, yang fokus dan ruang lingkupnya meliputi kajian: Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik Kebijakan Publik; Administrasi Publik; Manajemen Publik; Administrasi Pembangunan; Pembangunan Daerah. P-ISSN: 2301-6876 | E-ISSN: 2715-4750
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2020): VOLUME 10, NOMOR 2, DESEMBER 2020" : 6 Documents clear
ANALISIS TINGKAT KOMPETENSI PEGAWAI DI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KOTA MAKASSAR Santosa, Rudi
Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik Vol 10 No 2 (2020): VOLUME 10, NOMOR 2, DESEMBER 2020
Publisher : STISIP Muhammadiyah Sinjai Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/jaq.v10i2.153

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui atau memperoleh gambaran tentang bagaimana kompetensi pegawai dilihat dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Makassar, sebab Kemampuan sumber daya manusia atau kompetensi pegawai sangat menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi.Olehnya itu, pegawai bisa menjadi pusat persoalan atau kegagalan organisasi apabila kompetensi yang dimiliki tidak dapat ditingkatkan.Sebaliknya pegawai merupakan pusat segala keberhasilan organisasi apabila kompetensi yang dimiliki dapat dimanfaatkan dan ditingkatkan secara optimal. Pendekatan yang digunakan adalah mengarah kepada model penelitian yaitu rasional empiris Sedangkan Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penulisan ini adalah teknik analisis deskriptif, yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlakuuntuk umum atau generalisasi. Hasil data yang disajikan dalam bentuk tabel atau daftar gambar-diagram atau ukuran-ukuran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pegawai pada Bappeda Kota Makassar dalam hal peningkatan kompetensi pegawai belum dilakukan secara optimal dan komprehensif. Kesimpulan ini diambil berdasarkan hasil analisis terhadap distribusi data penelitian yang diperoleh melalui angket/kuesioner, wawancara, observasi dan telaah dokumen.Yang didasarkan pada variabel penelitian, sub variabel berikut indikator-indikatornya.
INOVASI PELAYANAN PUBLIK Muliadi, Aras Solong
Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik Vol 10 No 2 (2020): VOLUME 10, NOMOR 2, DESEMBER 2020
Publisher : STISIP Muhammadiyah Sinjai Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/jaq.v10i2.154

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengungkap tentang aspek-aspek inovasi yang dijalankan oleh pemerintah sebagai pelayan publik. Inovasi merupakan peralihan dari prinsip-prinsip, proses, dan praktik-praktik manajemen tradisional atau pergeseran dari bentuk organisasi yang lama kemanajemen modern.Pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang dikenal dengan sebutan pelayanan publik merupakan isu yang sangat strategis karena interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam rangka mengetahui Inovasi pelayanan publik. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik adalah inovasi conseptual dimana memunculkan paradigma, ide, gagasan, pemikiran, dan terobosan baru. Sedangkan inovasi delivery adalah termasuk cara – cara baru atau dalam menyelesaikan masalah, memberikan layanan atau berinteraksi dengan klien untuk tujuan pemberian layanan khusus kepada pelanggang.
ANALISIS FUNGSI PENGAWASAN BERBASIS KINERJA DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN GOWA Bachtiar, Bachtiar
Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik Vol 10 No 2 (2020): VOLUME 10, NOMOR 2, DESEMBER 2020
Publisher : STISIP Muhammadiyah Sinjai Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/jaq.v10i2.155

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan fungsi pengawasan yang dilaksanakan oleh unsur pimpinan terhadap kinerja para pegawai dan sejauh mana pengaruh pengawasan yang dilakukan oleh unsur pimpinan terhadap peningkatan kinerja pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian “deskriptif” dengan maksud memberikan gambaran secara komprehensif tentang sejauh mana proses pengawasan oleh unsur pimpinan (Kepala Unit) terhadap pelaksanan pekerjaan oleh para bawahannya.Adapun dasar penelitian ini adalah “survei” yaitu untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena-fenomena empirik (faktual) tentang proses pengawasan dan tingkat kinerja pegawai di lokasi penelitian. Hasil dari penelitan ini adalah bahwa Pelaksanaan fungsi pengawasan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa sudah cukup efektif, hal ini dilihat dari kemampuan pegawai memanfaatkan teknologi informasi dalam menyajikan data yang dibutuhkan secara akurat dan tepat waktu. Semua tahap-tahap pelaksanaan fungsi pengawasan juga sudah cukup baik dengan proses monitoring, pelaporan, penilaian, dan tindak lanjut yang dilakukan oleh atasan juga cenderung baik. Pengawasan yang dilakukan oleh unsur pimpinan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa ternyata sangat mempengaruhi kinerja pegawai. Selain pengawasan yang efektif, pemanfaatan waktu kerja dapat menghasilkan output yang maksimal untuk menghasilkan pekerjaan yang produktif dan berdasarkan dengan faktor motivasi dan kompetensi pegawai juga sangat mempengaruhi tingkat kinerja pegawai.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) PADA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SINJAI Fitrianti Hamka, Abd Haris Sumardi
Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik Vol 10 No 2 (2020): VOLUME 10, NOMOR 2, DESEMBER 2020
Publisher : STISIP Muhammadiyah Sinjai Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/jaq.v10i2.156

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana mendiskripsikan Adopsi dan penerapan Information Communication and Technology (ICT) dalam ranah pemerintahan, selain sebagai bentuk inovasi, juga merupakan bukti transformasi dan tolak ukur peningkatan kinerja birokrasi terutama dalam memberikan akses pelayanan prima. Salah satu wujudnya adalah inisiatif Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Kementerian Agama Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengintegrasikan data primer dan sekunder dalam rangka menganalisis lebih mendalam terhadap implementasi SIMPEG tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi SIMPEG pada Kementerian Agama Kabupaten Sinjai belum optimal, hal ini disebabkan karena kapasitas sumber daya manusia masih tergolong rendah sehingga terjadi kecenderungan gagap dalam mengoperasikan SIMPEG, pada aspek kebijakan yang tergolong lemah hal itu dibuktikan dengan belum adanya Standar Operasional Prosedure (SOP) yang dibuat sehingga cenderung tumpang tindih dalam proses pelayanannya, kemudian belum adanya evaluasi terhadap upaya peningkatan kapasitas sarana jaringan serta anggaran operasional adalah bukti nyata belum optimalnya implemnetasi SIMPEG khususnya pada Kementerian. Agama Kabupaten Sinjai. Oleh sebab itu sebagai rekomendasi adalah perlunya peningkatan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan termasuk kebijakan operasional dan anggaran dan sarana jaringan.
MAKNA SIMBOLIK UANG PANAI’ PADA PERKAWINAN ADAT SUKU BUGIS MAKASSAR DI KOTA MAKASSAR Alimuddin, Asriani
Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik Vol 10 No 2 (2020): VOLUME 10, NOMOR 2, DESEMBER 2020
Publisher : STISIP Muhammadiyah Sinjai Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna simbolik uang panai’ pada proses perkawinana adat suku Bugis Makassar di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara dengan 6 (enam) orang informan dan dokumentasi serta menganalisa dengan teori Interaksi Simbolik George Herbert Mead. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Simbol yang terkandung dalam uang panai’ pada proses perkawinan adat suku Bugis Makassar, yaitu simbol penghargaan atau penghormatan, simbol pengikat, simbol Strata Sosial, simbol keikhlasan dan ketulusan yang memiliki makna yang merupakan bentuk penghargaan dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan yang begitu ia cintai dan rela melakukan segalanya, ikhlas berusaha keras dalam memenuhi persyaratan keluarga perempuan. Jadi makna yang sebenarnya terkandung dalam uang panai’ sangat berharga, bahkan dapat dijadikan sebagai motivasi dalam mewujudkan keinginan dalam memperoleh apa yang diinginkan, apalagi hal ini berkaitan dengan calon pendamping hidup yang dilandasi dengan budaya siri’ na pacce’
MODEL KOLABORASI DALAM PENGEMBANGAN PARAWISATA DI KABUPATEN SINJAI Amiruddin, Hermansyah Abd. Haris
Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik Vol 10 No 2 (2020): VOLUME 10, NOMOR 2, DESEMBER 2020
Publisher : STISIP Muhammadiyah Sinjai Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47030/jaq.v10i2.158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan Model Kolaborasi dalam pengembangan Pariwisata di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metodologi penelitian kualitatif adalah proses, prinsip, dan prosedur yang kita gunakan untuk mendekati problem dan mencari jawaban. Dengan ungkapan lain metodologi adalah suatu pendekatan umum untuk mengkaji topik penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman Hasil peneletian menunjukkan bahwa peran aktor dalam kolaborsi terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Sinjaimasih didominasi oleh aktor pemerintah, sementara peran aktor masyarakat dan swasta belum optimal. Olehnya itu dibutuhkan adanya Model Kolaborasi Pengembangan Pariwisata di kabupaten Sinjai dengan tiga dimensi antara lain, dinamika kolaborasi, kebebasan dan disteminasi pariwisata sehingga pada sisi disteminasi pariwisata dan insfrastruktur pariwisata dapat terwujud dengan peran antar sektor.

Page 1 of 1 | Total Record : 6