cover
Contact Name
marudin
Contact Email
markmarudin88@gmail.com
Phone
+6287762226534
Journal Mail Official
aurapiaudiaihnwpancor@gmail.com
Editorial Address
Jl. TGKH M. Zainuddin Abdul Majid No. 134 Pancor, Kec. Selong Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Telp/fax:0376-2991086/22566 Email: aurapiaudiaihnwpancor@gmail.com
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
ISSN : 24775002     EISSN : 27743330     DOI : https://doi.org/10.37216/aura
Core Subject : Education, Social,
Focus dan scope jurnal ini adalah upaya untuk mengaktualisasikan pemahaman yang lebih baik tentang studi-studi pendidikan islam anak usia dini dari berbagai aspek perkembangan. Baik yang terkait dengan perkembangan Spiritual,kongnitif, sosial-emosional, fsikomotor,bahasa,dan seni. teori-teori yang berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan Anak usia dini serta praktik-praktik pendidikan.Baik lokal maupun internasional melalui publikasi artitel, laporan penelitian, dan ulasan buku Jurnal Pendidikan Aura (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Jurnal yang terbit setiap bulan Januari dan Juli ini berisi kajian-kajian Pendidikan Islam Anak Usia Dini seputar perkembangan Anak Usia dini
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)" : 5 Documents clear
Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Ape Dalam Dan Ape Luar Sederhana Baiq Zuhratul Aini; Evanalie Rachmi
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v1i2.438

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mengkaji implementasi Alat Peraga Edukatif (APE) sederhana luar ruangan dan Alat Peraga Edukatif (APE) sederhana dalam ruangan di dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Subyek penelitian adalah siswa siswi umur 4-6 tahun pada TK Az-Zaitun desa Kerongkong kecamatan Suralaga. Sebanyak 23 orang yang terdiri dari 10 perempuan dan 13 laki-laki. Pelaksanaan penelitian meliputi: (1) perencanaan, yaitu menyiapkan Alat Peraga Edukatif (APE) sederhana luar ruangan dan Alat Peraga Edukatif (APE) dalam sederhana, serta menyiapkan instrumen lembar observasi untuk melihat keaktifan anak di dalam menghasilkan kreativitas (2) tindakan berupa mengimplementasikan Alat Peraga Edugatif (APE) sederhana dalam ruangan ketika berada di dalam kelas dan Alat Peraga Edukatif (APE) sederhana luar ruangan ketika berada di luar kelas, (3) observasi dan evaluasi berupa mengisi instrumen lembar observasi untuk melihat keaktifan anak di dalam menghasilkan kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengunakan Alat Peraga Edukatif (APE) sederhana luar ruangan dan Alat Peraga Edukatif (APE) sederhana dalam ruangan dapat meningkatkan kreativitas Anak Usia Dini (AUD).
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Dan Teknik Penilaian Terhada Hasil Belajar Matematika Awal Setelah Mengontrol Kemampuan Awal Matematika EM. Thonthowi Jauhari EM. Thonthowi Jauhari; Janniatin Rusmaeni Janniatin Rusmaeni
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v1i2.439

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran dan teknik penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa setelah mengontrol kemampuan matematika siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial. Model pembelajaran dan teknik penilaian sebagai variabel perlakuan, hasil belajar matematika sebagai variabel respon, dan kemampuan awal matematika siswa sebagai variabel kovariat. 1) hasil belajar matematika pada kelas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBI lebih tinggi dari hasil belajar matematika pada kelas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, setelah mengontrol kemampuan awal siswa. 2) hasil belajar matematika pada kelas siswa yang dinilai dengan penilaian kinerja lebih tinggi dari hasil belajar matematika pada kelas siswa yang dinilai dengan penilaian tertulis, setelah mengontrol kemampuan awal siswa. 3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan teknik penilaian terhadap hasil belajar matematika awal , setelah mengontrol kemampuan awal siswa. 4) untuk kelas siswa yang dinilai dengan penilaian kinerja, hasil belajar matematika pada kelas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBI lebih tinggi dari hasil belajar matematika pada kelas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, setelah mengontrol kemampuan awal siswa. 5) untuk kelas siswa yang dinilai dengan penilaian tertulis, hasil belajar matematika pada kelas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi dari hasil belajar matematika pada kelas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBI, setelah mengontrol kemampuan awal siswa. 6) untuk kelas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBI, hasil belajar matematika pada kelas siswa yang dinilai dengan penilaian kinerja lebih tinggi dari hasil belajar matematika pada kelas siswa yang dinilai dengan penilaian tertulis, setelah mengontrol kemampuan awal siswa. 7) untuk kelas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, hasil belajar matematika pada kelas siswa yang dinilai dengan penilaian tertulis lebih tinggi dari hasil belajar matematika pada kelas siswa yang dinilai dengan penilaian kinerja, setelah mengontrol kemampuan awal siswa.
Pengembangan Permainan Outbound untuk Mendorong Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Siswa PAUD Sayang Anak Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019 Muslihan Muslihan; Lalu Awaludin Akbar Lalu Awaludin Akbar
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v1i2.440

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memasuki pendidikan jasmani sebagai bagian dari pengembangan kemampuan dasar untuk meningkatkan kemampuan jasmani anak sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun dalam kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini menghasilkan model pengembangan permainan outbound untuk mendorong peningkatan keterampilan gerak dasar siswa PAUD Sayang Anak Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 205/2016 dalam pembelajaran fisik motorik sehingga dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan dan hasil wawancara oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasi luji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk skala kecil sebesar 87, 55% dengan kriteria “baik”. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba skala besar. Data hasil uji skala besar diperoleh persentase rata-rata sebesar 93, 33% dengan kriteria “sangat baik”. Data hasil pengamatan dan wawancara siswa pada uji coba skala kecil diperoleh rata-rata dengan persentase 73, 51% dengan kriteria “baik”. Data hasil pengamatandan wawancara siswa uji coba skala besar diperoleh rata-rata dengan persentase 83, 93% dengan kriteria “baik”. Pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar terjadi peningkatan hasil pengamatan dan wawancara siswa dengan persentase 10, 42%. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan permainan outbound untuk mendorong peningkatan keterampilan gerak dasar efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa yang sangat aktif bergerak dan sangat senang bermain sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada PAUD. Diharapkan bagi guru pada PAUD dapat menggunakan model permainan outbound untuk mendorong peningkatan keterampilan gerak dasar ini. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran fisik motorik untuk siswa PAUD.
Pengembangan Skill-Based Curriculum Untuk Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini Elis Komalasari Elis Komalasari
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v1i2.441

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus kekerasan pada anak (child abuse) mengalamipeningkatan. Komisi Nasional Perlindungan Anak mencatat bahwa sejak tahun 2010, jumlahkekerasan pada anak baik secara fisik maupun psikis mengalami peningkatan setiap tahunnya,terutama dalam bentuk kejahatan seksual pada anak. Pada umumnya, kejahatan seksual ataukekerasan bentuk lainnya pada anak seringkali dilakukan oleh anggota keluarga, tetangga danorang dekat sehingga hal tersebut menunjukan bahwa lingkungan rumah bagi anak ternyatatidak memberikan jaminan keamanan dan perlindungan. Untuk mengatasi permasalahantersebut, maka pendidikan anak usia dini sebagai bagian makro dari perkembangan anak danbagian dari masyarakat memiliki tanggung jawab untuk mencegah terjadinya tindak kekerasanpada anak. Lembaga pendidikan anak usia dini harus menganut sistem berperspektif anakdengan menyelenggarakan pendidikan dan perlindungan anak, salah satunya yaitu denganmengembangkan kurikulum berbasis keterampilan (skill-based curriculum) yang memilikifokus pada pengajaran keterampilan perlindungan diri dari berbagai bentuk kekerasan,khususnya kekerasan seksual pada anak. Skill based curriculum perlindungan diri untuk anakusia dini dikembangkan dengan melibatkan berbagai pihak dan komponen sekolah, yang terdiridari: kepala sekolah, guru, komite orang tua, tim ahli dan stake holder pendidikan anak usiadini.
Ajaran Mendidik Anak Tanpa Kekerasan Dalam Islam Evi Muafiah Muafiah
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v1i2.442

Abstract

Islam diturunkan kepada Rasulullah Muhammad Saw sebagai rahmatan li al-‘alamin,yang diantaranya mengajarkan kita untuk selalu saling mengasihi dan menyayangi sesamamakhluk Allah, baik yang hidup maupun benda mati. Anak adalah amanah Allah yang hadirmenyertai kasih sayang antara ibu dan bapaknya, maka sudah sewajarnya jika kemudian orangtua mengasuhnya dalam suasan penuh kasih dan sayang. Suasana tersebut tentunya jangansampai dicampuri dengan kekerasan baik verbal maupun fisik, karena kedua hal tersebut sangatbertentangan. Islam mengajarkan kepada kita bagaimana mendidik anak tanpa kekerasan.Kekerasan hanya boleh dilakukan sebagai alternatif terakhir dan itupun dilakukan untukmembina bukan menyakiti. Rasulullah Saw merupakan contoh bagaimana mendidik anakdengan baik. Bahkan saat shalatpun beliau dengan sabar mengasuh anak-anak denganmembiarkan punggungnya dinaiki anak-anak saat beliau sujud.

Page 1 of 1 | Total Record : 5