cover
Contact Name
marudin
Contact Email
markmarudin88@gmail.com
Phone
+6287762226534
Journal Mail Official
aurapiaudiaihnwpancor@gmail.com
Editorial Address
Jl. TGKH M. Zainuddin Abdul Majid No. 134 Pancor, Kec. Selong Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Telp/fax:0376-2991086/22566 Email: aurapiaudiaihnwpancor@gmail.com
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
ISSN : 24775002     EISSN : 27743330     DOI : https://doi.org/10.37216/aura
Core Subject : Education, Social,
Focus dan scope jurnal ini adalah upaya untuk mengaktualisasikan pemahaman yang lebih baik tentang studi-studi pendidikan islam anak usia dini dari berbagai aspek perkembangan. Baik yang terkait dengan perkembangan Spiritual,kongnitif, sosial-emosional, fsikomotor,bahasa,dan seni. teori-teori yang berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan Anak usia dini serta praktik-praktik pendidikan.Baik lokal maupun internasional melalui publikasi artitel, laporan penelitian, dan ulasan buku Jurnal Pendidikan Aura (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Jurnal yang terbit setiap bulan Januari dan Juli ini berisi kajian-kajian Pendidikan Islam Anak Usia Dini seputar perkembangan Anak Usia dini
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)" : 5 Documents clear
Pengaruh Aktivitas Menghafal Doa Harian Terhadap Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo Nesyatus Sulichah; Nurul Khotimah
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v2i2.548

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh adanya kegiatan di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo, yang mana anak tersebut menghafal doa harian. Sehubungan dengan kegiatan tersebut memunculkan pertanyaan apakah dengan aktivitas menghafal doa harian di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo mampu berpengaruh terhadap nilai agama dan moral anak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo sebanyak 28 responden. Karena jumlah siswa < 100, dan penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Data terkumpul dianalisis menggunakan analisis Product Moment dan regresi sederhana dengan bantuan Software Program SPSS versi 25 for windows. Hasil dari penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara menghafal Do’a harian terhadap Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo, hal ini ditunjukkan oleh hasil r= 0,845, dengan p= 0,000 < 0,05 dan berada pada tingkat tinggi. (2) Besarnya pengaruh menghafal Do’a Harian terhadap Nilai Agamandan Moral anak Usia 5-6 Tahun di RA. Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo adalah sebesar 71,5% yang ditunjukkan harga p = 0.000 < 0.05 dan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh factor lain yang belum diketahui oleh peneliti.
Penerapan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Pekembangan Kognitif Anak Pada Kelompok B RA Mi’rajus Shibyan NW Dasan Lekong Sari Nurmila
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v2i2.549

Abstract

Dunia pendidikan senantiasa diarahkan pada peningkatan mutu sumber daya manusia terutama pada anak TK. Anak sebagai peserta didik dipersiapkan untuk menjadi dan memiliki jiwa yang tangguh, mandiri, dan kreatif dalam memasuki era globalisasi yang penuh persaingan. Untuk itu penyelenggaraan program pendidikan akan lebih menitik beratkan pada perkembangan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penggunaan media bahan alam untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak dimaksudkan untuk lebih menarik perhatian anak sehingga dapat menimbulkan kemauan dan keinginan anak dalam belajar serta menarik minat dan memotivasi anak, selain itu bahan pembelajaran yang digunakan lebih jelas maknanya serta metode mengajar guru akan lebih baik. Penggunaan media bahan alam merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat anak dalam proses pembelajaran. Hasil perkembangan kognitif anak disimpulkan melalui lembar observasi. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadinya perubahan yang minimal berkategori Mulai Berkembang (MB) dan mencapai peningkatan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan prsentase mencapai target 75%. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan perkembangan kognitif anak pada siklus I dan II. Skor perkembangan kognitif dalam penerapan media bahan alam pada anak Siklus I kategori Belum Berkembang (BB) dengan persentase 0%, Mulai Berkembang (MB) dengan perentase 73.3%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan persentase 26.6% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan pesentase 0%. Skor perkembangan kognitif anak pada Siklus II kategori Belum Berkembang (BB) dengan persentase 0%, Mulai Berkembang (MB) dengan perentase 0%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan persentase 13.3%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan persentase 86,6%. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bahanalam dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B RA Mi’rajus Shibyan NW Dasan Lekong.
Pengaruh Pembiasaan Orangtua Dalam Menanamkan Bahasa Jawa Krama Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Mirigambar Tulungagung Eva Diana; Nurul Khotimah
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v2i2.579

Abstract

Abstrak Negara Indonesia merupakan daerah yang memiliki banyak suku dan bangsa dan tentunya memiliki banyak bahasa, salah satunya yaitu bahasa Jawa. Di dalam bahasa Jawa ada tingkatan yang menjadi dasar dari bahasa dan penuturan yaitu bahasa Jawa Ngoko dan bahasa Jawa Krama. Pembiasaan berbahasa tentunya tidak lepas dari bimbingan orangtua dan kebiasaan berbahasa dalam keluarga. Maka dari itu disinilah nilai moral dan sikap anak dibentuk, salah satunya yaitu sopan santun. Anak-anak maupun remaja sekarang kurang menerapkan bahasa Jawa Krama dan nilai moral khususnya sopan santun terhadap orang yang lebih tua, atau yang seharusnya mereka hormati. Semakin berkembangnya sistem pembelajaran membuat pembelajaran mengenai budaya Jawa semakin tergeser keberadaannya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji, mengetahui dan mendeskripsikan tentang pembiasaan orangtua menanamkan bahasa jawa krama terhadap karakter dan nilai moral anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini sumber data diperoleh dengan menggunakan metode survei. Tehnik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuisioner (angket) dengan jumlah 48 responden yang dibagikan kepada orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di desa Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Dari penelitian yang telah dilaksanakan memperoleh hasil (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel (X) pembiasaan orangtua dengan variabel (Y) nilai moral anak usia 5-6 tahun di desa Mirigambar, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Pembiasaan orangtua menanamkan bahasa Jawa Krama dapat dilakuan dengan berbagai strategi antara lain pembiasaan anak mengucapkan kata-kata dasar seperti “nggih, dalem, sampun”. Orangtua diharapkan menanamkan bahasa Jawa Krama kepada anak sejak usia dini agar menjadi karakter berbicara anak selanjutnya.
Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak TK Idhata Cambayya Herman; Asri Febrianti; Rusmayadi; Herman
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v2i2.602

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetauhi pengaruh metode bercerita menggunakan media boneka jari terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Pre Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan selama lima hari dan dalam beberapa tahap yaitu pretest yang dilakukan selama sehari dan dinilai dari segi aspek kemampuan bahasa anak sebelum diberikannya perlakuan/treatment dengan menggunakan media boneka jari, treatment dilakukan selama tiga hari menggunakan media boneka jari untuk mengetahui adakah pengaruh penggunakan media tersebut terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak, dan yang terakhir posttest yang dilakukan selama sehari dan berlangsung dari awal pembelajaran hingga selesai yang bertujuan untuk mengukur keadaan akhir sesudah subyek diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media boneka jari terdapat perubahan yang signifikan, dibuktikan dari hasil uji wilcoxon yaitu diperoleh Zhitung -2,810 dan sig ,005. Apabila nilai sig. Statistik uji wilcoxon < alpha (0,05) atau |Zhitung |> |Ztabel (1,96)|, maka Ho ditolak. Diperoleh nilai sig = 005 < alpha (0,05) sehingga diputskan untuk menolak Ho. jika Ho yang ditolak, maka secara otomatis H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media boneka jari terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak TK Idhata Cambayya
Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Melalui Role Playing Pada Kelompok B di TK Islam Al-Asy’ari NW Reban Tebu Baiq Halimatuzzuhrotulaini; Salmiah
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal) Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Publisher : Fakultas Tarbiayh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/aura.v2i2.603

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan role playing mampu meningkatkan kemampuan emosional anak kelompok B di TK Islam Al- Asy’ari NW Reban Tebu Tahun Pelajaran 2018/2019, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Islam Al- Asy’ari NW Reban Tebu Selong Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019, dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2018. Subjek penelitian ini ada 2, yaitu subjek yang melakukan tindakan yaitu Guru kelas B TK Islam al-Asy’ari, dan subjek yang menerima tindakan yaitu siswa kelompok B sebanyak 19 orang anak. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrument lembar observasi yang berbentuk checklist dan instrument wawancara untuk guru, indikator kinerja, prosedur tindakan, dan analisis data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: dengan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan emosional siswa yang dilihat dari peningkatan yang terjadi pada Siklus I dan Siklus II. Setelah mendapat tindakan pada pertemuan Siklus I terjadi peningkatan sebesar 48 % atau 9 orang siswa katagori Mulai Berkembang (MB) dan 52% atau 10 orang siswa katagori berkembang sesuai harapan. Pada pertemuan ke-2 siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 16% atau 3 orang siswa pada katagori Mulai berkembang ( MB) dan 84% atau 16 siswa pada katagori berkembang sesuai harapan (BSH). pada anak Kelas B usia 5-6 tahun di TK Islam AL-Asy’ari NW Reban Tebu pada tahun ajaran 2017/2018 yaitu sesuai dengan katagori ketuntasan yaitu 80%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5