cover
Contact Name
-
Contact Email
jppkn@fkip.untan.ac.id
Phone
+6289681943104
Journal Mail Official
jppkn@fkip.untan.ac.id
Editorial Address
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontinak-78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan PKn
Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura Journal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (JPPKn) with ISSN printed 2622-4697 and ISSN online 2723-0996 is a Peer-Review Journal published by Pancasila and Civic Education Department of FKIP Pontianak Tanjungpura University. The study of the Journal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (JPPKn) aims to disseminate Conceptual thinking or ideas, reviews, and research findings/results in Pancasila and Civic Education studies. The Journal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (JPPKn) focuses on: 1. Education and Learning 2. Pancasila Studies 3. Learning of PPKn Issues 4. Education of Character 5. Social Politics and Social Sciences 6. Education of Law and Civic.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020" : 5 Documents clear
PERAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SIKAP HIDUP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI KOTA KUPANG Nimrod Frebdes Taopan; Petrus Ly; Leonard Lobo
Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jppkn.v1i1.40086

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: Mendeskripsikan program kerja FKUB sebagai bentuk usaha meningkatkan kualitas sikap toleransi. Mendeskripsikan hambatan dalam mengimplementasikan program Kerja FKUB. Mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan dan Mendeskripsikan kualitas sikap toleransi antar umat beragama di Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:1) Peran FKUB NTT dalam membangun toleransi umat beragama di Kota Kupang dilakukan dengan program rutin dalam bentuk dialog, seminar, sosialisasi, lomba pidato serta lomba Hyme dan mars kerukunan, program tidak rutin dalam bentuk penerbitan buku, pembuatan striker, kalender dan spanduk keagamaan. 2) Terdapat hambatan berupa kesibukan dari pemuka agama sehingga rapat belum berjalan secara baik, komunikasi dalam rapat juga hanya terjadi setiap ada rapat dan terbatasnya fasilitas serta Pemerintah maupun masyarakat belum menyadari peran dari FKUB NTT.3) Upaya mengatasi hambatan dilakukan dengan diskusi antar badan pengurus, komunikasi dengan pemerintah, sosialisasi, membuat proposal dan menghemat dana sesuai dengan kebutuhan.4) Kerukunan di Kota Kupang berjalan dengan baik tanpa ada konflik keagamaan disebabkan kerukunan yang ada di Kota Kupang merupakan warisan dari leluhur yang terus dijaga dan dikembangkan hingga saat ini. Kata Kunci: Peran, Forum Kerukunan Umat Beragama, Toleransi Beragama
KESEJAHTERAAN SOSIAL: Sebuah Pesrpektif Dialektis Balthasar Watunglawar; Katarina Leba
Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jppkn.v1i1.40127

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa persepsi masyarakat perihal kesejahteraan sosial yang secara tanpa sadar memengaruhi perilaku dan sikap hidup dalam hidup bermasyarakat dan bernegara.  Perspektif dialektis menjadi objek formal penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka. Data yang telah dikumpulkan, diklasifikasikan untuk mendapatkan data dominan, untuk dianalisis. Peneliti menganalisis data dengan cara disajikan, direduksi, dideskripsikan, dan dievaluasi. Peneliti merefleksikan dan menganalisis untuk memboboti secara kritis dari perspektif peneliti untuk kemudian disimpulkan. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa kesejahteraan sosial tidak hanya terkait dengan pemenuhan barang, jasa, kepastian hukum untuk keseimbangan dan kenyamanan, serta kepentingan individu semata, melainkan sebuah kesejahteraan yang berorientasi pada kesejahteraan umum dan kebaikan bersama (communal well-being & bonum communio). Perspektif diaklektis kesejahteraan adalah kolaborasi hak dan kewajiban secara proporsional antara ayah-ibu-anak atau masyarakat-pemerintah-negara. Kesejahteraan membutuhkan perbaikan positif untuk penciptaan peradaban baru sebagai sintesis dan bukan repetisi. Gerakan kesejahteraan bersifat altruistik dan bukan egoistik-individualistik. Kesejahteraan menuntut pemberdayaan, maksimalisasi kinerja, peningkatan etos kerja sebagai bagian dari pengungkapan identitas dan hakekat manusia sebagai "homo vaber" atau “animal rationale”.
DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP PARTISIPASI PENDIDIKAN Sulaiman Sulaiman; Era Prestoroika; Mujib Mujib
Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jppkn.v1i1.40613

Abstract

Penelitian ini mengambil judul; Dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang Berdasarkan Peraturan Walikota Malang Nomor 46 Tahun 2010 Tentang Penetapan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) dan Sumbangan Biaya Pengembangan Pendidikan (SBPP) pada SD, SMP, SMA dan SMK Negeri. Tujuan penelitian ini adalah; 1). Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang. 2). Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang faktor yang mendorong serta menghambat dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, indikator yang diteliti adalah masukan (input) program BOS, proses pendistribusian (process) BOS, hasil (outcome) program BOS, Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan Angka Siswa Mengulang (AU). Data primer dikumpulkan dengan kuesioner, jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis Tabulasi yaitu; memberi skoring terhadap item-item yang perlu diberi skor, setelah data terkumpul dilakukan pengolahan data, menghitung jumlah skor jawaban dan memprosentasekan setiap pertanyaan, menghitung rata-rata per-item, menghitung prosentase total dari semua jawaban kuesioner, narasi kesimpulan dengan kriteria kesimpulan, dan melakukan analisa serta interpretasi data sesuai perhitungan dari data kualitatif sehingga didapatkan gambaran hasil penelitian. Penelitian ini mendapatkan hasil; bahwa pelaksanaan program BOS di SMP Negeri 15 Kota Malang adalah baik (sesuai dengan harapan) yang berdampak pada Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan Angka Siswa Mengulang (AU) hal ini ditunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang masuk dan adanya penurunan jumlah siswa yang mengulang yang disebabkan kurangnya biaya untuk sekolah.Kata kunci: Evaluasi Kebijakan, Program BOS, Partisipasi Pendidikan
Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran PPKn Pada Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang Margi Wahono
Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jppkn.v1i1.40655

Abstract

Penilaian yang dilaksanakan oleh guru digunakan untuk memantau proses, kemajuan belajar dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkelanjutan yang digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru tentang penerapan penilaian kurikulum 2013, mendeskripsikan permasalahan guru dalam penerapan penilaian kurikulum 2013, kendala-kendala guru serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan penerapan penilaian kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas di Kota semarang. Jenis peneltian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian menunjukkan pada jenjang Sekolah Menengah Atas Di Semarang dalam pembelajaran PPKn telah melaksanakan penilaian autentik. Penilaian autentik ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan afektif siswa sehingga siswa tidak hanya unggul dalam bidang kognitif saja. Namun, dalam pelaksanaanya penilaian autentik mengalami beberapa hambatan seperti karakter siswa dalam setiap kelas berbeda-beda, alokasi waktu yang terbatas, dan temuan dilapangan adalah guru merasa kurang memahami pelaksanaan penilaian autentik karena minimnya sosialisasi dan pelatihan mengenai penilaian autentik. Penulis memberikan rekomendasi khususnya pada guru agar lebih mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dalam penilaian pembelajaran PPKn.
PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 MENTEBAH Suhaida Dada; Erna Octavia; Lady Diana
Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Vol 1, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jppkn.v1i1.40596

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa PPKn, tujuan penelitian ini khusunya ingin memperoleh informasi pada motivasi belajar siswa PPKn dengan memanfaatkan perpustakaan. Metode penelitian kualtitatif dengan bentuk diskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi, untuk teknik analisis data yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa, motivasi belajar siswa dengan memanfaatkan perpustakaan cukup baik, hal tersebut tergambar dalam aktivitas siswa yang berkunjung ke perpustakaan selalu menggunakan buku dari perpustakaan dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah, dan aktivitas siswa meminjam buku di perpustakaan cukup sering.Kata kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Motivasi Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 5