cover
Contact Name
Dian Pratiwi
Contact Email
dian.pratiwi@umpri.ac.id
Phone
+6282375697195
Journal Mail Official
jiem.febumpri@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIEM/about/editorialTeam
Location
Kab. pringsewu,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen : Jurnal Ilmiah Multi Science
ISSN : 20870434     EISSN : 25990810     DOI : -
Jurnal Ilmiah Multi Science received manuscripts which contains scientific on the results of critical thinking or research in various topics include of management, accounting, economic development, and social science.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen" : 6 Documents clear
ANALISIS BIAYA PRODUKSI DALAM RANGKA PENENTUAN HARGA JUAL MAKANAN PADA RUMAH MAKAN MEYCHAN SERBA SEPULUH RIBU DI PRINGSEWU Wagiyo Wagiyo; Lia Fransiska; Dhel Juni Pasya
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 10, No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i01.1246

Abstract

Usaha rumah makan meychan serba sepuluh ribu di Pringsewu merupakan usaha yang sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat pringsewu masalah yang dihadapi oleh pemilik usaha mengenai sulitnya menentukan harga jual yang sesuai karena biaya produksi yang telah dikeluarkan tidak sesuai dengan omset yang didapat.Harga jual adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi suatu barang atau jasa ditambah dengan persentase laba yang diinginkan oleh perusahaan. Salah satu faktor yang dapat digunkan oleh manajemen untuk membentuk harga jual adalah biaya. Biaya produksi adalah biaya yang dikorbankan oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan barang jadi sehingga barang tersebut masuk kedalam pasar untuk dijual.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus harga pokok produksi dengan metode full costing dan harga jual dengan metode cost plus pricing. Dalam analisis data diperoleh perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing yaitu sebesar Rp. 257.144.000, harga jual yang ditetapkan dengan menggunakan margin 10% yaitu sebesar Rp. 10.647 dan apabila margin 20% harga jual yang ditetapkan sebesar Rp.11.615. hasil analisis menunjukan bahwa harga jual yang ditetapkan sebesar Rp.10.000 ternyata hanya memperoleh tingkat margin sebesar 4,72%.
PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK DAN IN STORE DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA CHANDRA PRINGSEWU TAHUN 2016 Richa Andika Putri; Winarno Winarno
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i01.1247

Abstract

Strategi yang paling penting yang harus dilakukan oleh pemasar khususnya di toko ritel modern adalah dengan memiliki pengetahuan tentang perilaku belanja konsumen/pelanggan yang menjadi pasar sasaran di toko ritel modern (swalayan/ self-service ).Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan statistik regresi berganda, berdasarkan analisis data diperoleh hasil nilai F-hitung F-tabel yaitu 294,306 2,86 nilai T-hitung price discount T-tabel yaitu 3,816 2,0281 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 0,05, nilai T-hitung bonus pack T-tabel yaitu 3,583 2,0281 dengan nilai signifikan 0,001 0,05, dan nilai T-hitung in store display T-tabel yaitu 3,355 2,0281 dengan nilai signifikan 0,002 0,05 sedangkan yang paling dominan adalah price discount yaitu nilai nilai b1 = 0,936 T-hitung = 3,816 serta nilai signifikan = 0,001 yang lebih besar dari bonus pack dan in store display sehingga hipotesis dapat terbukti dan diterima. Besarnya pengaruh price discount, bonus pack dan in store display terhadap keputusan impulse buying pada Chandra Pringsewu sebesar = 95,8% dan sisanya sebesar 4,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diidentifikasikan dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa price discount, bonus pack dan in store display berpengaruh terhadap keputusan impulse buying pada Chandra Pringsewu.
PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN Anita Novialumi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i01.1248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial, gambaran tentang tingkat kinerja karyawan, dan pengaruh^ sosial media terhadap kinerja aryavsan di PI X Sampel yang diguanakn dalam penelitian ini adalah 78 karyawan Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode penelitian yang digunakan adalah metode analisisstatistic deskriptif dan statistic inferensial dengan metode Skala Likert dalam mengolah data kuesioner dengan pendekatan mixed method (kombinasi). Strategi metode kombinasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dengan model exploratory Sequential Mixed Methods Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial memiliki pengaruh signifikan dan postif terhadap kinetja karyawan Oleh karena itu. PT X disarankan untuk membuat regulasi atau kebijakan penggunaan internet di jam kerja agar menghasilkan kinetja karyawan yang lebih baik lagi.
ANALISIS PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI BERDASARKAN ASPEK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN 1)1 UNIT PELAKSANA TEKNIS BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI WESI H SEKAMPUNG Miswan Gumami; Bernadhita Hcrindri S. Utami
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i01.1249

Abstract

Seorang pegawai baru biasanya telah dibekali dengan pendidikan dan latihan dasar sesuai tugas pokok dan fungsinya. Mereka adalah produk dan suatu sistem pendidikan dan pengalaman yang telah memberikan tingkat kemampuan dan kecakapan tertentu Tujuan pemberian pendidikan dan pelatihan lanjutan adalah agar pegawai dapat memperbaiki efektivitas kerja dalam mencapai hasil kerja yang ditetapkan institusi tempat mereka bekerja. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kinerja pegawai dengan menggunakan pendidikan dan pelatihan di UPT Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Lampung. Analisis dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear dua variabel, dimana pendidikan dan pelatihan menjadi variabel independen XI dan X2 sedangkan vanabel kinerja menjadi variabel dependen Y. Hasil analisis menunjukkan bahwa model linear Y=0,248 + 0,369 XI + 0,456 X2 + e merupakan model terbaik dalam menggambarkan pengaruh variabel pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai UPT Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Lampung
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI TAHU JAYA SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH Arohman Arohman; Kohar Kohar
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science Vol 10, No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i01.1245

Abstract

Pengembangan produk merupakan sekumpulan aktivitas yang dimulai dengan mengidentifikasi peluang pasar dan diakhiri dengan kegiatan produksi, penjualan, dan pengiriman produk . Untuk tetap mampu bersaing dalam dunia industri, perusahaan tidak hanya memerlukan pengembangan produk saja melainkan perlu meningkatkan produktivitas kerja. Perancangan alat bantu dalam proses produksi menghasilkan manfaat yang cukup signifikan dalam proses produksi. Masalah penelitian ini adalah jumlah konsumen pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung fluktuatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung. Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui  Apakah ada pengaruh pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung. Dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan kuesioner. populasi dalam  penelitian ini adalah  karyawan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung yang berjumlah 15 Orang karyawan. Dalam penelitian ini maka jumlah sampel yang dibutuhkan peneliti adalah 15 orang karyawan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan didapat nilai t-hitung Pengembangan Produk  (X1) sebesar 1,427 t-tabel (0,699), yang berarti terdapat pengaruh Kompensasi  (X1) terhadap Volume Penjualan  (Y), dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan nilai t-hitung Saluran Distribusi (X2) sebesar 2,716 t-tabel (0,699) yang berarti terdapat pengaruh  Saluran Distribusi   (X2) terhadap Volume Penjualan  (Y), dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.  Nilai r-square sebesar 0,692 sehingga dapat disimpulkan bahwa, Pengembangan Produk  dan Saluran Distribusi memberikan kontribusi sebesar 69,2% terhadap volume penjualan pada Industri Tahu Jaya Sendang Agung  dan sisanya sebesar 30,8% dijelaskan atau dipengaruhi faktor lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.
PENINGKATAN PENDAPATAN PEMILIK USAHA MEBEL MELALUI EKONOMI KERAKYATAN DI KABUPATEN PRINGSEWU Taufiqurrahman Taufiqurrahman; Arifin Arifin
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 10, No 01 (2019): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v10i01.1250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal kerja, upah, dan lama usaha terhadap produksi dan pendapatan usaha mebel di Kabupaten Pringsewu. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan pihak yang terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari modal kerja dan upah dan lama usaha secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pemilik usaha mebel di kabupatenb Pruingsewu, melalui variabel produksi pada tingkat signifikansi 5 persen. Modal kerja dan upah berpengaruh positif dan signifikan terhadap  pendapatan pemilik usahai mebel di kabupaten Pringsewu, sedangkan lama usaha berpengaruh negatif dan signifikan terhadap  pendapatan pemilik usaha mebel di kabupatenb Pringsewyu. Sebesar 44,2 persen variasi dalam variabel independen dijelaskan oleh variasi dalam variabel produksi dan pendapatan usaha mebel yang digunakan dalam model ini, sisanya sebesar 55,8 persen dijelaskan oleh variabel-variabel lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 6