cover
Contact Name
Rahayu Budhi Handayani
Contact Email
rahayu.handayani@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmoda@ciputra.ac.id
Editorial Address
CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Moda : The Fashion Journal
ISSN : 26565005     EISSN : 26558203     DOI : https://doi.org/10.37715/moda.v3i1.1795
Core Subject : Art,
MODA merupakan jurnal akademik yang diterbitkan secara online oleh Program Fashion Product Design Universitas Ciputra. Jurnal ini merupakan kompilasi dari hasil penelitian, produksi, perancangan, review teori dan literatur maupun praktik-praktik bisnis dari produk-produk fashion, yang tidak terbatas dalam ruang lingkup nasional namun juga dalam kajian internasional. Nama Moda, diambil dari bahasa Italia yang artinya Fashion dalam bahasa Indonesia. Harapannya ke depan Moda dapat menjadi salah satu rujukan mutakhir dan terpercaya di bidang produk fashion baik secara akademik maupun industri. . Artikel yang dimuat belum pernah diterbitkan di media lain dan atau proceeding ber-ISBN/ISSN. Isi artikel beserta semua akibat yang ditimbulkan oleh artikel itu menjadi tanggung jawab penuh penulisnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2020)" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI TEKNIK ECOPRINTING DALAM PEMANFAATAN LIMBAH ORGANIK DI PASAR BUNGA KAYOON Fabio Ricardo Toreh
Moda : The Fashion Journal Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/moda.v2i1.1471

Abstract

Pasar Bunga Kayoon telah berdiri sejak puluhan tahun lalu dan telah menjadi salah satu bagian penting dari Kota Surabaya. Keberadaan pasar ini telah ikut berjasa bagi penduduk disekelilingnya. Namun, pasar Kayoon menghasilkan banyak limbah organik setiap harinya yang dapat mengganggu lingkungan sekitar dan menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan lainnya. Penggunaan teknik Ecoprinting sangatlah tepat karena selain dapat menggunakan sampah organik tersebut dan juga sekaligus dapat mengurangi penggunaan pewarnaan kimia pada kain yang berbahaya bagi lingkungan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan survey, paper ini bertujuan untuk meminimalisasikan limbah untuk pewarnaan kain dengan memanfaatkan limbah organik dari sampah tumbuhan yang berasal dari sampah Pasar Bunga Kayoon, dan juga untuk memperkenalkan teknik pewarnaan Eco-printing kepada masyarakat sekitar Pasar Bunga Kayoon dan mahasiswi FDB di Universitas Ciputra.
PERANCANGAN KOLEKSI BUSANA WANITA BERKARAKTER NORMCORE UNTUK BRAND THE AND YANG MENDUKUNG SLOW FASHION Jessica Mandy; Geraldus Sugeng
Moda : The Fashion Journal Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/moda.v2i1.1484

Abstract

Industri fast fashion yang menjawab keinginan pasar akan pakaian dengan berbagai model, kuantitas yang banyak, serta harga yang terjangkau mendorong masyarakat untuk melakukan konsumsi secara berlebi­ han. Sementara itu isu sustainability dalam industri fashion, dijawab dengan munculnya slow fashion yang memiliki pendekatan berbeda dari fast fashion. Slow fashion melihat secara holistik setiap proses yang ada dan mengusahakan untuk meminimalisir dampak yang timbul atas kegiatan produksi dan bertanggung jawab kepada lingkungan, sosial, dan ekonomi. Oleh karena itu dibuatlah perancangan ini yang memba­ has perancangan womenswear brand yang memiliki nilai karakteristik normcore yang sejalan dengan slow fashion sebagai solusi terhadap isu yang ada. Perancangan ini dilakukan dengan metode kualitatif yang diambil dari model Design Thinking, dimana narasumber yang ada dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok ahli, dan kelompok konsumen. Tujuan yang ingin dicapai dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan mini koleksi pakaian yang terdiri dari essential pieces yang bisa dipakai tanpa ketinggalan jaman, serta untuk membuat brand pakaian yang bisa mengedukasi konsumennya untuk mengkonsumsi pakaian dengan lebih bijak.
PERANCANGAN KOLEKSI WANITA YANG MENGANGKAT BUDAYA SENI KALIMANTAN TIMUR UNTUK BRAND “DOMINIQUETAN” Dominique Tan; Marini Yunita Tanzil
Moda : The Fashion Journal Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/moda.v2i1.1485

Abstract

Globalisasi adalah proses integrasi yang terjadi karena pertukaran pandang dunia, produk, pemikiran dan aspek kebudayaan. Indonesia negara sedang berkembang dimana SDM cukup terbatas. Secara umum masyarakat menyadari pentingnya memelihara kekayaan budaya seni lokal namun beberapa pihak berasumsi budaya seni lokal harus dijaga keasliannya karena dapat menyalahi nilai loso s dan tradisi budaya. Hal tersebut mengakibatkan terbatasnya kreati tas untuk mengembangkan dan mengenalkan budaya seni lokal. Perancangan ini dilakukan dalam rangka pembuatan Tugas akhir yang mengankat budaya Kaliamantan Timur dan menggabungkan dengan elemen arsitektur moderen sebagai inspirasi untuk siluet. Metode penggalian data yang digunakan adalah metode kualitatif, yang diharapkan dapat menjawab masalah dengan penciptan sebuah brand fesyen DOMINIQUETAN melalui perancangan 5 buah produk desain busana siap pakai yang menerapkan budaya seni lokal Kalimanatan Timur melalui aplikasi ornamen yang menggunakan teori quotation dan mimicry. Perancangan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memperkenalkan budaya seni Kaliamantan Timur.
PERANCANGAN PAKAIAN READY TO WEAR WANITA DEWASA UNTUK BRAND “SENZE” YANG MENGADAPTASI JAPANESE ZEN Monique Amelia Santoso; Enrico Enrico
Moda : The Fashion Journal Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/moda.v2i1.1486

Abstract

Perancangan ini dilakukan dalam rangka pembuatan pakaian Ready to Wear untuk brand “Senze”, menin- jau dari pengaruh masuknya budaya Jepang ke Indonesia. Sehingga banyaknya pengaruh fesyen Jepang terhadap Indonesia, namun masyarakat Indonesia belum mengerti benar mengenai budaya luar. Kita sebagai masyarakat Indonesia tidak bisa mengambil mentah-mentah terhadap budaya luar, harus mengerti benar unsur apa yang diadaptasi untuk menghasilkan suatu produk yang bernilai. Sehingga perancang mengambil tema pengaruh budaya Jepang terhadap fesyen Indonesia dengan memadupadankan modernisasi dan budaya di balut dalam teknologi sehingga menghasilkan karya yang tinggi. Brand “Senze” bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat bahwa produk brand “Senze” berbasis budaya dengan melokalisasi trend global yang ada, dengan pasar Indonesia dan gaya masyarakat indonesia.Oleh karena itu untuk membuktikan perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa wawancara ter- hadap expert user dan extreme user untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam perancangan.
PERANCANGAN AKSESORIS MENGGUNAKAN DAUN JATI SEBAGAI ALTERNATIF KULIT Dianita Ratnasari; Regita Christy; Sasi Oktavia; Ivona Maria; Daffina Chrismalinda
Moda : The Fashion Journal Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/moda.v2i1.1487

Abstract

Di zaman globalisasi ini, banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari bahan alternativf yang membuat industri fashion, terutama fast fashion, menjadi lebih baik dan ramah lingkungan. Karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa fast fashion banyak memberikan dampak kerusakan yang signi kan bagi lingkungan. Pohon jati merupakan salah satu tumbuhan yang banyak memiliki manfaat. Mulai dari akar, batang, sampai dengan daunnya. Pemanfaatan daun jati sebagai bahan pengganti atau alternatif kulit belum banyak diketahui dan dilakukan oleh masyarakat. Alternatif ini sangat baik untuk dilakukan dan deiketahui banyak orang mengingat banyaknya eksploitasi hewan-hewan langka yang dicari untuk digunakan kulitnya sebagai bahan dan material fashion. Hasil penelitian dan eksperimen ini sudah terbukti dan layak untuk dilakukan oleh mereka yang bergerak di industry fashion.

Page 1 of 1 | Total Record : 5