cover
Contact Name
safriana
Contact Email
safriana@unimal.ac.id
Phone
+628116813047
Journal Mail Official
safriana@unimal.ac.id
Editorial Address
Kampus Utama Cot Tengku Nie Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia Telp : +62.645.41373, Fax : +62.645.44450 Email : relativitasjurnal@gmail.com | safriana@unimal.ac.id Hp/WA: +628116813047 atau +62852 6088 0453
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
ISSN : 26544172     EISSN : 26558793     DOI : 10.29103/relativitas.v2i1.1790
Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of Professionalism of physics teachers ICT-based physics learning, and other issues in the field of physics education
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika" : 12 Documents clear
KESALAHAN YANG DILAKUKAN SISWA PADA PENGGUNAAN BENTUK PAST TENSE DALAM MENULIS RECOUNT TEXT Rahmati, Rahmati
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i2.1461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan jenis kesalahan dalam penggunaan tense(bentuk waktu) past tense yang dibuat oleh siswa kelas satu SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Dalam menulis kalimat, para siswa diminta untuk menulis bebas tentang pengalaman mereka ketika liburan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan identifikasi dan penjelasan dari jenis kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Lhokseumawe dengan jumlah siswa sebanyak 32. Dalam penelitian ini penulis menerapkan teori error analysis dari beberapa buku dan referensi yang berhubungan dengan analisis kesalahan dan tata bahasa dan juga memberikan tes untuk mengumpulkan data penelitian. Kemudian data dianalisa untuk menentukan kesalahan tata bahasa dari kalimat yang menandainya, merekonstruksi kalimat tersebut, menganalis kalimat yang memiliki kesalahan, mengelompokkan jenis kesalahan, dan menghitung setiap jenis kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan mana yang paling sering dibuat oleh siswa. Data menunjukkan bahwa siswa yang melakukan kesalahan pada Omission sebanyak 64 kesalahan, Addition 29 kesalahan, misformation sebanyak 83 kesalahan.dengan persentase kesalahan pada bagian orientation sebanyak 61 (35%), pada bagian Events sebanyak 82(46%), dan pada bagian reorientation sebanyak 23(19%). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan bahwa siswa harus lebih fokus dalam memahami penggunaan past tense khususnya pada perubahan bentuk kata kerja baik dalam bentuk kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan , dan juga dalam penggunaan kata kerja bantu (Auxiliaries). Selain itu, guru juga perlu mengetahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam hal perubahan kata kerja pada bentuk past tense, dan dapat menerapkan metode baru.
STUDI EKSPERIMENTAL PERANCANGAN TURBIN ANGIN MULTI-BLADE SEDERHANA SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF Usmaniar, Cut Yana; Ayu, Desi; Razak, Zuryatina
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i2.1462

Abstract

Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, sebagaian besar pusat pembangkitan untuk memproduksi energi listrik berasal dari energi fosil seperti batu bara yang sumber energinya sewaktu-waktu bisa habis. Salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik adalah angin. Energi angin merupakan sumber energi yang melimpah dan sangat potensial dimanfaatkan oleh masyarakat yang hingga kini masih sulit dalam pengadaan listrik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan turbin angin sederhana jenis multi-blade sebagai penghasil energi listrik alternatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimental (experimental research) yang dilakukan di desa Reulet kabupaten Aceh Utara. Objek dalam penelitian ini menggunakan turbin angin horizontal tipe multi bladed yang terdiri dari sebuah sudu dan dinamo. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa turbin angin sederhana jenis multi blade dapat digunakan sebagai penghasil listrik alternatif di desa Reulet. Tegangan listrik yang dihasilkan melalui rancangan turbin angin sederhana jenis multi-blade adalah 2,8 Volt dengan kecepatan rata-rata angin 5 m/s.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI BILANGAN KUANTUM Fitriani, Henni; Rahmi, Ayu
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i2.1458

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  pada materi bilangan kuantum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  terhadap hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia semester 4 yang mengikuti perkuliahan kimia dasar II . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal pilihan ganda mengenai materi bilangan kuantum dan lembar respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif persentase. Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi bilangan kuantum, dengan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 90,5 %. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing juga menunjukkan respon yang positif yaitu 97,6 % mahasiswa tertarik pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe Snowball Throwing tersebut. 
PENGGUNAAN DHT11 DAN ARDUINO UNO SEBAGAI PENDETEKSI SUHU PADA LAPTOP Hardianti, Dinda; Rizki, Mutia; Yanti, Fajri
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i2.1463

Abstract

Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik atau komputer yang membantu pekerjaan manusia yang  sangat sering digunakan. Penggunaan laptop yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan laptop menjadi panas/overheat. Jika dibiarkan akan menimbulkan masalah pada laptop. Overheating merupakan salah satu  penyebab utama kerusakan hard drive. Kerusakan ini dapat dicegah dengan menggunakan software sensor suhu, salah satunya adalah DHT11 dan Aduino Uno. DHT11 adalah salah satu sensor yang digunakan untuk mengukur suhu dan kelembaman (humidity). Sedangkan Aduino  Uno adalah kit atau papan rangkaian elektronik yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler. Mikrokontroler pada arduino dapat di program menggunakan komputer sesuai kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat alat pendeteksi suhu pada laptop dengan menggunakan sensor DHT11 sebagai sensor suhu pada laptop yang diteliti, mikrokontroler ATMega328P sebagai pemrosesan data dan memanfaatkan teknologi kode pemrogram sebagai sarana informasi secara cepat dan akurat. Penggunaan Arduino uno sebagai sistem pengendali pada alat pendeteksi dengan menggunakan kode pemrogram dan sebagai hasil output yang dikeluarkan pada laptop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model prototype. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada berbagai merek laptop, hasil menunjukkan bahwa suhu ketiga merek laptop masih dalam keadaan baik dan ideal. Secara umum hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Alat pendeteksi suhu yang dirancang dapat mengukur suhu pada laptop secara terus menerus, 2) Sistem dapat memberikan informasi suhu pada laptop kepada pengguna secara tepat dan akurat. 3) Alat pendeteksi dapat mendeteksi suhu dan melihat suhu ideal, suhu normal dan suhu yang tidak stabil.
PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PENDIDIKAN “SI ASSEB” DI SMA NEGERI 1 MATANGKULI ACEH UTARA Qusthalani, Qusthalani
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i2.1459

Abstract

Evaluasi pendidikan itu wajib dilaksanakan oleh  guru  sebagai  penanggung  jawab  dalam  proses  pembelajaran  siswa. evaluasi tersebut dapat dilakukan dengan jalan memberikan tes yang diadakan  setiap selesai satu bab pembelajaran atau biasa disebut dengan ulangan harian, ujian tengah  semester atau ujian akhir semester. Beberapa peneliti telah membuat software untuk mempermudah guru dalam menganalisis hasil jawaban siswa, Namun, software yang dibuat tersebut hanya menyajikan hasil belajar siswa dalam bentuk benar dan salah saja. Soal-soal yang telah dibuat tersebut tidak dapat melihat sejauhmana siswa tersebut tersebut sudah memahami suatu materi dari soal yang diuji, sehingga software yang akan penulis buat soal pilihan ganda dua tingkat. Soal tersebut tidak hanya melihat benar dan salah dari jawaban siswa, tetapi dapat juga menganalisis tingkat pemahaman siswa dari suatu konsep dalam soal yang diuji tersebut. Sistem  asesmen  ini  akan  berbasis  web  sehingga  nama  sistem  yang dikembangkan adalah Si Asseb (Aplikasi Assesment Berbasis WEB).
PENGGUNAAN ALAT PERAGA FISIKA BERBASIS LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN KONSTEKTUALUNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN CALON GURU safriana, safriana; Fatmi, Nuraini; Zahara, Syarifah Rita
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v1i2.1460

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterampilan calon guru\ di program studi pendidikan fisika FKIP universitas Malikussaleh dalam menggunakan alat peraga fisika berbasis lingkungan pada pembelajaran kontekstual.  Selain itu, Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama akademik antara sekolah dan universitas dan pemanfaatan lingkungan sebagai media dalam pembuatan alat peraga. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari (1) metode Ceramah/Penyuluhan, dimaksudkan untuk menyampaikan informasi untuk materi yang bersifat umum dan teoritis, dalam hal ini adalah materi pembuatan alat peraga berbasis lingkungan dengan penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning), (2) metode Dialogis, dimaksudkan untuk Tanya jawab dan diskusi tentang bagaimana pembuatan alat peraga. (3) Metode Pelatihan, dimaksudkan mampu menekan tingkat kebosanan siswa saat mempelajari konsep fisika sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan memberikan gambaran kepada calon guru bahwa proses belajar-mengajar dengan menggunakan alat peraga sangat efektif untuk dilakukan. Kegiatan pelatihan untuk calon-calon guru dalam pembuatan alat peraga banyak memberikan manfaat, karena calon- calon guru bisa merancang dan mempraktekkan langsung di depan siswanya sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif. 
KESALAHAN YANG DILAKUKAN SISWA PADA PENGGUNAAN BENTUK PAST TENSE DALAM MENULIS RECOUNT TEXT Rahmati Rahmati
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v2i1.1461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan jenis kesalahan dalam penggunaan tense(bentuk waktu) past tense yang dibuat oleh siswa kelas satu SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Dalam menulis kalimat, para siswa diminta untuk menulis bebas tentang pengalaman mereka ketika liburan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan identifikasi dan penjelasan dari jenis kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Lhokseumawe dengan jumlah siswa sebanyak 32. Dalam penelitian ini penulis menerapkan teori error analysis dari beberapa buku dan referensi yang berhubungan dengan analisis kesalahan dan tata bahasa dan juga memberikan tes untuk mengumpulkan data penelitian. Kemudian data dianalisa untuk menentukan kesalahan tata bahasa dari kalimat yang menandainya, merekonstruksi kalimat tersebut, menganalis kalimat yang memiliki kesalahan, mengelompokkan jenis kesalahan, dan menghitung setiap jenis kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan mana yang paling sering dibuat oleh siswa. Data menunjukkan bahwa siswa yang melakukan kesalahan pada Omission sebanyak 64 kesalahan, Addition 29 kesalahan, misformation sebanyak 83 kesalahan.dengan persentase kesalahan pada bagian orientation sebanyak 61 (35%), pada bagian Events sebanyak 82(46%), dan pada bagian reorientation sebanyak 23(19%). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan bahwa siswa harus lebih fokus dalam memahami penggunaan past tense khususnya pada perubahan bentuk kata kerja baik dalam bentuk kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan , dan juga dalam penggunaan kata kerja bantu (Auxiliaries). Selain itu, guru juga perlu mengetahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam hal perubahan kata kerja pada bentuk past tense, dan dapat menerapkan metode baru.
STUDI EKSPERIMENTAL PERANCANGAN TURBIN ANGIN MULTI-BLADE SEDERHANA SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF Cut Yana Usmaniar; Desi Ayu; Zuryatina Razak
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v2i1.1462

Abstract

Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, sebagaian besar pusat pembangkitan untuk memproduksi energi listrik berasal dari energi fosil seperti batu bara yang sumber energinya sewaktu-waktu bisa habis. Salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik adalah angin. Energi angin merupakan sumber energi yang melimpah dan sangat potensial dimanfaatkan oleh masyarakat yang hingga kini masih sulit dalam pengadaan listrik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan turbin angin sederhana jenis multi-blade sebagai penghasil energi listrik alternatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimental (experimental research) yang dilakukan di desa Reulet kabupaten Aceh Utara. Objek dalam penelitian ini menggunakan turbin angin horizontal tipe multi bladed yang terdiri dari sebuah sudu dan dinamo. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa turbin angin sederhana jenis multi blade dapat digunakan sebagai penghasil listrik alternatif di desa Reulet. Tegangan listrik yang dihasilkan melalui rancangan turbin angin sederhana jenis multi-blade adalah 2,8 Volt dengan kecepatan rata-rata angin 5 m/s.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI BILANGAN KUANTUM Henni Fitriani; Ayu Rahmi
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v2i1.1458

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  pada materi bilangan kuantum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  terhadap hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia semester 4 yang mengikuti perkuliahan kimia dasar II . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal pilihan ganda mengenai materi bilangan kuantum dan lembar respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif persentase. Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi bilangan kuantum, dengan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 90,5 %. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing juga menunjukkan respon yang positif yaitu 97,6 % mahasiswa tertarik pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe Snowball Throwing tersebut. 
PENGGUNAAN DHT11 DAN ARDUINO UNO SEBAGAI PENDETEKSI SUHU PADA LAPTOP Dinda Hardianti; Mutia Rizki; Fajri Yanti
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 2, No 1 (2019): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v2i1.1463

Abstract

Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik atau komputer yang membantu pekerjaan manusia yang  sangat sering digunakan. Penggunaan laptop yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan laptop menjadi panas/overheat. Jika dibiarkan akan menimbulkan masalah pada laptop. Overheating merupakan salah satu  penyebab utama kerusakan hard drive. Kerusakan ini dapat dicegah dengan menggunakan software sensor suhu, salah satunya adalah DHT11 dan Aduino Uno. DHT11 adalah salah satu sensor yang digunakan untuk mengukur suhu dan kelembaman (humidity). Sedangkan Aduino  Uno adalah kit atau papan rangkaian elektronik yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler. Mikrokontroler pada arduino dapat di program menggunakan komputer sesuai kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat alat pendeteksi suhu pada laptop dengan menggunakan sensor DHT11 sebagai sensor suhu pada laptop yang diteliti, mikrokontroler ATMega328P sebagai pemrosesan data dan memanfaatkan teknologi kode pemrogram sebagai sarana informasi secara cepat dan akurat. Penggunaan Arduino uno sebagai sistem pengendali pada alat pendeteksi dengan menggunakan kode pemrogram dan sebagai hasil output yang dikeluarkan pada laptop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model prototype. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada berbagai merek laptop, hasil menunjukkan bahwa suhu ketiga merek laptop masih dalam keadaan baik dan ideal. Secara umum hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Alat pendeteksi suhu yang dirancang dapat mengukur suhu pada laptop secara terus menerus, 2) Sistem dapat memberikan informasi suhu pada laptop kepada pengguna secara tepat dan akurat. 3) Alat pendeteksi dapat mendeteksi suhu dan melihat suhu ideal, suhu normal dan suhu yang tidak stabil.

Page 1 of 2 | Total Record : 12