cover
Contact Name
Puspita
Contact Email
redaksi@pustaka.my.id
Phone
+6285261455244
Journal Mail Official
redaksi@pustaka.my.id
Editorial Address
Griya Lumandi Permai, Palopo, Sulsel
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Sinestesia
ISSN : -     EISSN : 27219283     DOI : -
Jurnal sinestesia publishes articles in the field of learning, education, literature, linguistics, and culture.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2019)" : 5 Documents clear
The Comparative Study Between Disney’s Mulan and BTS Fanfiction Mugunghwa: A Flower in Moonlight’s Path by Winter Cynantia Rachmijati
Jurnal Sinestesia Vol. 9 No. 2 (2019)
Publisher : Pusat Studi Bahasa dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the era of modern technology and popular culture, some fans appreciated literature by writing fanfiction. As stated by Lee (2011) it is called celebration of the media content. This aimed to describe the similarities and the dissimilarities between “Mulan” movie script and “Mugunghwa” fanfiction. The writer compared the elements by its intrinsic value based on Mufidah’s (2011). In this research the writer used qualitative method and descriptive analysis. The aspects to be analyzed were intrinsic value in general manner of the theme, character, characterization, plot, setting, point of view and style. The similarities found were the plot, point of view and characters whereas the dissimilarities were the theme, the setting and also the writing style.
Reaktualisasi Nilai Sosioreligius Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Mualiyah Hi Asnawi
Jurnal Sinestesia Vol. 9 No. 2 (2019)
Publisher : Pusat Studi Bahasa dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pendidikan dewasa ini sering menjadi sorotan dan menuai kritik publik yang tidak ada habisnya karena transformasi nilai-nilai pendidikan cenderung dianggap tidak berhasil pada ranah kontekstual yang diharapkan mampu menjelma dalam realita sosial masyarakat. Pada kenyataannya, kalangan pendidik khsusnya para guru dan orang tua menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang berat dalam menjalankan perannya sebagai agen sosial pendidikan di tengah masyarakat. Salah satu problematika sosial yang faktual terjadi di dunia pendidikan adalah penyimpangan sosial di kalangan peserta didik atau dalam terma yang kasuistik sering disebut sebagai kenakalan anak (juvenile delinquency). Banyak fakta yang menunjukkan perilaku peserta didik yang tidak memiliki ketahanan moral berkecenderungan mengadopsi perilaku menyimpang dan tindakan amoral yang bersumber dari lingkungan sosialnya. Misalnya tindakan asusila atau pemerkosaan yang dilakukan seorang siswa terhadap siswi karena pengaruh tayangan video atau film porno, tindakan kekerasan seperti tawuran dan perkelahian antarpelajar, hingga aksi pembunuhan oleh siswa terhadap teman sepergaulannya. Selain dipengaruhi oleh faktor psikologis dan lingkungan sosial, perilaku menyimpang peserta didik juga ditengarai terjadi karena hegemoni efek media massa yang senantiasa menanamkan simbol-simbol kekerasan dalam konstruksi siarannya.
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Internet Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Frater Palopo Ayu Sekar Sari
Jurnal Sinestesia Vol. 9 No. 2 (2019)
Publisher : Pusat Studi Bahasa dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial internet terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional. Variabel yang diamati dalam penelitian ini variabel X adalah media sosial internet sebagai variabel bebas, sedangkan variabel Y adalah prestasi belajar bahasa Indonesia siswa sebagai variabel terikat, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 70 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling (sampel secara sengaja) dengan pertimbangan jumlah yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan analisis. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif jenis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media sosial internet terhadap prestasi belajar siswa yang diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa SMP Frater Palopo. Diketahui bahwa nilai r hitung adalah 0,059 sedangkan r tabel adalah 0,235 dengan batas signifikan 5%. Artinya bahwa nilai r hitung lebih kecil dari r tabel, yakni < 0,235. Dengan demikian, penelitian tentang pengaruh penggunaan media sosial internet terhadap prestasi belajar siswa ditolak. Artinya bahwa tidak ada pengaruh media sosial internet dengan prestasi belajar siswa di SMP Frater Palopo.
Kemampuan Membaca Cepat melalui Penerapan Model SQ3R Siswa Kelas X SMK Kristen Sehe Madeamin
Jurnal Sinestesia Vol. 9 No. 2 (2019)
Publisher : Pusat Studi Bahasa dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecepatan membaca terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kristen palopo. Desain penelitian yang digunakan peneliti yaitu termasuk penelitian one group pre-test dan post-test. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang saat penelitian berlangsung apa yang sebenarnaya terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Kristen palopo yang berjumlah 81 siswa tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas X Adm. Perkantoran maka penentuan jumlah sampel untuk kelas dilakukan secara proporsional sesuai dengan jumlah siswa di kelas tersebut. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kristen. Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisa statistik korelasi dengan tingkat signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan model SQ3R siswa belum mampu membaca cepat (63,16). Setelah diterapkan model SQ3R menunjukkan bahwa (94,73) sudah mampu membaca cepat siswa kelas X SMK Kristen Palopo, kesimpulannya penerapan model SQ3R sangat pengaruh positif terhadap siswa dalam proses membaca cepat khususnya pada matapelajaran bahasa Indonesia.
Keefektifan Model Contextual Teaching and Learning dalam Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palopo Eka Bato Sakke
Jurnal Sinestesia Vol. 9 No. 2 (2019)
Publisher : Pusat Studi Bahasa dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektif tidaknya penggunaan model Contextual Teaching and Learning dalam menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Palopo. Sampel penelitian ini dikelompokkan ke dalam dua kelompok yaitu siswa kelas X.9 sebanyak 23 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.5 sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X. Hasilnya menunjukkan nilai kelompok siswa pada kelas eksperimen pada tahap pretest mampu meningkat setelah diberi perlakuan pada tahap posttest. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan p = 0,713, karena p < a = 0,05. yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak  dan hipotesis satu (H1) diterima. Teknik ini merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru hendaknya menerapkan model Contextual Teaching and Learning dalam mengajarkan materi pelajaran karena melalui metode ini siswa senang mengikuti pelajaran karena mereka merasa mempelajari sesuatu secara santai dan membuat siswa lebih memiliki motivasi dalam belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5