cover
Contact Name
Diana
Contact Email
lppmibmasmi@gmail.com
Phone
+6221-4714941
Journal Mail Official
lppmibmasmi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pacuan Kuda Raya No.1, RT.1/RW.5, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JMBA (Jurnal Manajemen dan Bisnis asmi)
ISSN : -     EISSN : 27215199     DOI : -
Core Subject : Social,
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis is committed to publishing scholarly empirical and theoretical research articles, that have a high impact on the management field as a whole. The journal encourages new ideas or new perspectives on existing research. The journal covers such areas as: Business strategy & policy, Organizational theory, Organizational behavior, Human resource management, International business, Innovation and critical management studies, Marketing management, Finance management, Organizational theory, Entrepreneurship Review Issues are published biannually in March and September. These issues include widely read and widely cited collections of articles in the field of management and have become a major resource for management scholars. The Review Issues cover a broad range of topics from a wide range of academic disciplines, methodologies, and theoretical paradigms.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER" : 15 Documents clear
DAMPAK LINGKUNGAN TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN Freddy Johanis Rumambi
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, masalah lingkungan telah menjadi isu global yang mendesak. Sementara itu, pendidikan sebagai salah satu pilar pembangunan berkelanjutan, masih sering kali terpinggirkan dalam diskusi keberlanjutan. Penelitian ini diarahkan untuk memahami bagaimana manajemen lingkungan berkelanjutan (MLB) dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak dari implementasi prinsip-prinsip MLB dalam institusi pendidikan, khususnya dalam konteks peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari berbagai hasil penelitian dan penelitian terdahulu yang relevan dengan isi penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi MLB di institusi pendidikan memiliki beberapa dampak positif termasuk peningkatan kesadaran lingkungan siswa, pengembangan keterampilan problem-solving, dan peningkatan kesejahteraan psikologis. Selain itu, institusi pendidikan dengan program MLB yang efektif menunjukkan peningkatan dalam kualitas pendidikan, diukur melalui performa akademik siswa, retensi, dan kepuasan.
ANALISIS DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA Dwi Novita Sari; Asmulyati Azhar; Hardianawati Hardianawati; Freddy Johanis Rumambi
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minat berwirausaha mahasiswa merujuk pada keinginan atau hasrat mahasiswa untuk menjadi seorang wirausaha atau pengusaha mandiri. Minat ini mencakup ketertarikan untuk menciptakan, mengembangkan, dan mengelola bisnis sendiri atau menjadi pemilik usaha. Fenomena minat berwirausaha di kalangan mahasiswa memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan ekonomi dan sosial suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor determinan yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa. Responden penelitian terdiri dari 205 mahasiswa program studi manajemen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari 17 faktor determinan, di mana masing-masing faktor terdiri dari 2 butir pernyataan (positif dan negatif). Analisis data menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA), yaitu salah satu metode dalam statistik yang digunakan untuk mereduksi dimensi dari data multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahawa minat berwirausaha pada mahasiswa di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai factor yaitu pendidikan wirausaha, pengaruh lingkungan, faktor pribadi, perubahan sosial, dan dampak ekonomi. Semua faktor ini saling terkait dan berkontribusi pada perkembangan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Mendorong minat ini merupakan langkah penting dalam mempromosikan inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.
PREFERENSI BELANJA MASYARAKAT MENENGAH ATAS DARI PERSPEKTIF BELANJA ONLINE DAN OFFLINE BERDASARKAN KELOMPOK JENIS BELANJAAN Tetty Septina; Mintarsih Mintarsih
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi belanja masyarakat golongan menengah atas berdasarkan kelompok belanjaan yang terdiri dari belanja kebutuhan sehari-hari, fashion, elektronik, perabot dan perlengkapan rumah, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dibatasi hanya dalam lingkup kecil yang dapat mewakili populasi masyarakat menengah atas di Indonesia, yaitu di perumahan The Royal Residence, Jakarta Timur. Metode sampling yang digunakan adalah random bebas dengan jumlah sampel 222. Penelitian ini adalah deskriptif komparatif menggunakan pengujian dan analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji frekwensi, dan uji komparasi one sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (i) preferensi belanja warga perumahan The Royal Residence untuk kebutuhan sehari-hari adalah offline dengan proporsi 87,8% berbanding online 12,2%, (ii) preferensi belanja untuk fashion adalah offline dengan proporsi 55,9% berbanding online 44,1%, (iii) preferensi belanja untuk perangkat elektronik adalah offline dengan proporsi 75,2% berbanding online 24,8%, dan (iv) preferensi belanja untuk perabot dan perlengkapan rumah adalah offline dengan proporsi 80,6% berbanding online 19,4%. Meskipun preferensi belanja fashion adalah offline, tetapi proporsi belanja online-nya cukup tinggi yaitu 44,1% berbanding 55,9% offline. Pada kelompok belanja fashion prioritas kepraktisan memperoleh frekwensi paling tinggi dibandingkan dengan kelompok belanja lainnya. Kesimpulan penelitian ini, masyarakat menengah atas lebih cenderung belanja secara offline untuk kebutuhan primer mereka yang berupa kebutuhan sehari-hari, fashion, elektronik, perabot dan perlengkapan rumah. Faktor-faktor yang dominan mempengaruhi preferensi belanja adalah kualitas produk, keragaman pilihan produk, kemudian harga. Kepraktisan, promo, unsur hiburan dan pertimbangan biaya tambahan menempati prioritas paling rendah.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU BEKASI Amandatari Doyoshi
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bekasi. Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bekasi, dan pengaruh Disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linear berganda. Kesimpulan Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka didapatkan beberapa kesimpulan , Kepemimpinan dan Disiplin Kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi karena dapat dibuktikan dan hipotesis diterima. Kepemimpinan (X1) dan disiplin kerja (X2) mampu memberikan kontribusi yang sangat berpengaruh dan cukup kuat, positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Sehingga indikator-indikator yang berpengaruh terhadap Kepemimpinan yaitu kecerdasan, motivasi, dan sikap hubungan manusiawi harus dikembangkan dan terus diperhatikan guna menjaga kinerja selalu berada pada standar yang ditetapkan oleh instansi.
ANALISIS RASIO KEUANGAN MODEL HORIZONTAL GRUP BUMN KARYA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2022 Fabio Pablo; Rudianto Rudianto; Irwan Tanamas
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan dunia usaha dan perdagangan bebas saat ini semakin meningkat, pertumbuhan perusahaan yang pesat memaksa perusahaan untuk menempuh strategi bisnis yang berbeda dalam menghadapi persaingan dan setiap bisnis mencari cara untuk meningkatkan kinerja bisnis agar bisnis tetap hidup saat ini dan di masa depan. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya merupakan salah satu penopang pertumbuhan ekonomi terkuat di Indonesia menurut Badan Pusat Statistik (BPS) dengan begitu peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan menganalisis rasio keuangan grup Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022, akan tetapi pada penelitian ini penulis menggunakan analisis model horizontal karena analisis horizontal adalah analisis persentase kenaikan ataupun penurunan yang terdapat di dalam berbagai akun-akun laporan keuangan yang komparatif, penulis juga memiliki tujuan dan batasan jelas yang ingin dicapai sehingga penulis menggunakan analisis 4 rasio yaitu Current Asset Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover Ratio, dan Return On Equity. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknis analisis deskriptif kualitatif dan komparatif. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder sebanyak 20 data. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan grup Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022 berdasarkan rata-rata Current Asset Ratio dikategorikan kurang sehat karna dibawah standar industri, dari perbandingan current asset ratio semua menunjukkan tren menurun, namun terjadi peningkatan yang begitu tajam dari PT. Waskita Karya (Persero) Tbk dari tahun 2020 menuju tahun 2021. Berdasarkan rata-rata Debt to Equity Ratio dikategorikan kurang sehat karena berada diatas standar industri. Berdasarkan rata-rata Total Asset Turnover Ratio menunjukan trend menurun dan dikategorikan kurang sehat karena dibawah standar industri. Berdasarkan rata-rata Return On Equity Ratio dikategorikan kurang sehat karena masih dibawah standar industri, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk tahun 2020 menunjukkan Return On Equity terendah.
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA PT MEDIA PRODUK WINNING Vera Kurnia Anggraeni; Mintarsih Mintarsih
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era baru digital marketing telah masuk ke dalam praktik kehidupan masyarakat modern. Pasar-pasar baru dan produsen-produsen baru telah tercipta dengan menggunakan internet. Pemanfaatan internet membuat jaringan masyarakat dunia tersatukan dalam apa yang disebut satu kampung global. Perusahaan perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan hal ini akan membantu.dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada. Penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan melalui digital marketing. Metode yang digunakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara. Hasil bahwa pentingnya strategi yang dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan yang semakin kompleks dengan memanfaatkan digital marketing yang menarik serta mudah dijangkau.
ANALISIS MOTIVASI HEDONIC SHOPPING DAN NILAI HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PENGGUNA E-COMMERCE TIKTOK SHOP Hardianawati Hardianawati; Anis Khairinida
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Hedonic Shopping dan Nilai Harga secara bersama-sama terhadap Minat Beli konsumen pengguna E-Commerce TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Institut Bisnis dan Multimedia asmi. Jumlah sampel menggunakan rumus Slovin di dapat 102 Teknik analsisi data menggunakan regresi linier berganda dengan alat analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS dan jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa motivasi hedonic Shopping memiliki nilai sebear 0,904 yang berarti lebih besar dari 0,05 yang berarti tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pengguna E-Commcerce TikTok Shop. Nilai Harga memiliki nilai sebesar 000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 yang bearati memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen pengguna E-Commerce TikTok Shop. Motivasi dan Nilai Harga memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel Minat Beli sebesar 56,4%. Dengan kata lain bahwa masih terdapat faktor lain sebesar 43.6% yang turut berpengaruh terhadap variabel Minat Beli. Faktor-faktor seperti harga, kualitas dan manfaat produk dapat menjadi motivasi bagi responden untuk melakukan pembelian pada platform TikTok Shop.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI PT ANUGRAH JAYA TOOLS Francisca Lavender Nathania; Freddy Johanis Rumambi
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Anugrah Jaya Tools merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang mesin yang menjual mesin mesin bor. Dalam e-commerce, PT Anugrah Jaya Tools melakukan komunikasi terhadap para konsumen guna memberikan informasi terkait produk dan menjalin hubungan dengan konsumen secara langsung. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai strategi komunikasi pemasaran online dalam meningkatkan jumlah konsumen dalam PT Anugrah Jaya Tools. Sesuai dengan rumusan masalah yang tertulis, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi serta juga untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam melakukan penjualan dalam media digital. Maka metode pengolahan data yang digunakan untuk penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif, oleh karena itu pengolahan data kedalam bentuk kalimat yang baik dan efektif supaya dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Dari penelitian ini, menghasilkan bahwa penerapan pengukuran dan pengakuan pendapatan pada PT Anugrah Jaya Tools sudah sesuai. Dalam pencatatan komunikasi untuk mengakui pendapatan telah diakui dengan jelas dan sesuai dengan transaksi yang terjadi atas aktivitas perusahaan.
PENGUKURAN FRAUD BERBASIS MANAJEMEN LABA DENGAN METODE BENEISH M-SCORE PADA PT PERTAMINA DAN PT PLN Novita Anis Hidayati; Uyung Sutan Indomo
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah telah terjadi tindakan kecurangan atau tidak pada penyusunan laporan keuangan pada PT Pertamina dan PT PLN. Laporan keuangan diperlukan sebagai sumber pengambilan keputusan para pengguna laporan keuangan tersebut. Pemilik perusahaan, investor, kreditor, pemerintah dan masyarakat luas dapat mengerti bagaimana proses kegiatan operasional yang terjadi pada perusahaan berdasarkan laporan keuangan yang ada. Jika laporan keuangan menunjukkan adanya kecurangan, maka laporan keuangan tersebut tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya sedang terjadi serta dapat menjerumuskan proses pengambilan keputusan kepada hal hal yang tidak diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode Beneish M-Score sebagai alat perhitungan dalam pendeteksian kecurangan laporan keuangan. Obyek dalam penelitian ini PT Pertamina dan PT PLN. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantatif, dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang didasarkan pada hasil perhitungan kuantitatif yang telah dilakukan. Hasil analisa kecurangan laporan keuangan pada PT Pertamina dan PT PLN telah sesuai dengan landasan teori, serta lebih baik dari penelitian terdahulu karena penelitian ini menekankan pada adanya proses manajemen laba perusahaan yang menjadi pemicu terjadinya kecurangan laporan keuangan.
ANALISIS EKSPOR GARMEN PADA PT X KE BRAND Y Mardi Siswoyo; Febriani Ramadhini
JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 9 No 2 (2023): OKTOBER
Publisher : Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya peningkatan kinerja ekspor industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Indonesia pada periode 1986 – 1997. Kinerja ekspor industri TPT Indonesia terus meningkat dan menjadikannya sebagai industri yang cukup strategis, dan sekaligus sebagai andalan penghasil devisa negara sektor non-migas. Industri Tekstil dan Pakaian (TPT) jadi merupakan salah satu industri yang menjadi penyumbang utama pada sektor industri pengolahan karena peranannya dalam: memperoleh devisa ekspor, menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar, dan memenuhi kebutuhan pasar domestik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran kegiatan ekspor garment yang dilakukan oleh PT X ke Brand Y, mengetahui dan menganalisis proses ekspor garment PT X ke Brand Y, mengetahui dan menganalisis hambatan yang dihadapi oleh PT X dalam kegiatan ekspor garment ke Brand Y. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode triangulasi. Metode triangulasi sumber data yaitu disusun dalam bentuk tabel hasil triangulasi sumber data serta metode triangulasi teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Gambaran kegiatan ekspor garment yang dilakukan oleh PT X ke Brand Y memproduksi jenis produk pakaian seperti shirt, dress, blouse, skirt, knitted dan lainnya serta salah satu negara tujuan ekspor yaitu negara Netherlands. Kegiatan ekspor garment yang dilakukan oleh PT X ke Brand Y antara lain tahapan penerimaan order, tahapan produksi, tahapan pengiriman serta tahapan pembayaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 15