cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
APLIKASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH Ika Ika; Windy Dian Sari
Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : MPP: Lembaga Penelitian Dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Aplikasi teknologi pembelajaran adalah usaha untuk menerapkan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur teknologi pembelajaran dalam suatu situasi atau konteks. Teknologi pendidikan dapat dilihat dari tiga perspektif, yaitu sebagai suatu bidang keilmuan, sebagai suatu bidang garapan dan sebagai suatu profesi. Ketiga perspektif itu berlandaskan pada falsafah yang sama yaitu, membelajarkan semua orang sesuai dengan potensinya masing-masing dengan menggunakan berbagai macam sumber belajar baik yang sudah ada maupun yang sengaja dibuat, serta memperhatikan keselarasan dengan kondisi lingkungan dan tujuan pembangunan agar tercapai masyarakat yang dinamik dan harmonis. Adanya revolusi informasi dapat menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan karena mungkin kita belum siap menyesuaikan. Sebaliknya, hal ini akan menjadi peluang yang baik bila lembaga pendidikan mampu menyikapi dengan penuh keterbukaan dan berusaha memilih jenis teknologi informasi yang tepat, sebagai penunjang pencapaian mutu pendidikan
MANAJEMEN PROGRAM ORGANISASI SISWA INTRASEKOLAH (OSIS) DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA DI SMK NEGERI 8 JAKARTA Kaffah Bismillah; Susanto susanto; Khasnah Syaidah
Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : MPP: Lembaga Penelitian Dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanan manajemen program OSIS di SMK Negeri 8 Jakarta dan menemukan strategi pengembangan kepemimpinan siswa melalui program OSIS serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program OSIS terhadap peningkatan sikap kepemimpinan siswa di SMK Negeri 8 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah peneltian kualitatif dengan melibatkan Waka Kesiswaan, Pembina OSIS dan Ketua OSIS dan pengurus OSIS SMK Negeri 8 Jakarta sebagai informan. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan manajemen program OSIS di SMK Negeri 8 Jakarta sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan: (1) perencanaan program OSIS di mulai dari penyususnan proposal rencana program OSIS dan rapat kegiatan yang terstruktur; (2) pengorganisasian dengan membagi berbagai program sesuai dengan bidang dan keahlian; (3) pelaksanaan program OSIS terdiri dari program harian, mingguan, semester, dan tahunan; (4) pengawasan program OSIS melibatkan Waka. Kesiswaa, pembina dan guru-guru untuk mengawasi berbagai program, Kedua, strategi pengembangan sikap kepemimpinan siswa dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan. Dalam keseharian pengurus OSIS dituntut dapat menerapkan sikap leadership dan adanya Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, dan Latihan Dasar Kepemimpinan, Raker, Oout Bond dan Study Banding OSIS. Ketiga, faktor penghambat meliputi (1) sarana dan prasarana[ (2) program kerja OSIS; (3) pembina OSIS,; (4) dukungan dari sekolah,; (5) komitmen para pengurus OSIS. Sedangkan faktor pendukung meliputi (1) karakter pengurus OSIS yang berbeda-beda; (2) belum maksimalnya pengelolaan OSIS; (3) pendanaan OSIS yang terbatas (4) pembinaan yang belum maksimal; (5) kurangnya dukungan dari orang tua secara penuh
MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE MENDONGENG INTERAKTIF PADA KELOMPOK B DI TK AL-IKHLAS MARAQITTA’LIMAT Juandra Prisma Mahendra
Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : MPP: Lembaga Penelitian Dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab anak melalui metode mendongeng interaktif. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, Check Lis, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan dengan menggunakan metode analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan perilaku tanggung jawab anak melalui metode mendongeng interaktif pada kelompok B TK Al- Ikhlas Maraqitta’limat
PENGARUH TES FORMATIF YANG DIBERI UMPAN BALIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 4 DEPOK Fitri Rokhani
Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : MPP: Lembaga Penelitian Dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN TILAWAH BERBASIS TALAQQI DAN MUSYAFAHAH DALAM PENGEMBANGAN BAKAT SENI BACA AL-QUR’AN SANTRI SEKOLAH TILAWAH AL-QUR’AN BANJARMASIN Dina Andriani; EE. Junaedi Sastradiharja; Muhammad Dlaifurrahman
Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : MPP: Lembaga Penelitian Dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Sumber utama penelitian ini yakni observasi lapangan dan dokumentasi tertulis berupa modul pembelajaran tilawah full day. Selanjutnya untuk memperoleh sejumlah data yakni dilakukan dengan wawancara mendalam tak terstruktur. penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran tilawah berbasis talaqqi dan musyafahah mampu meningkatkan bakat seni baca Al-Qur’an pada santri sekolah tilawah Al-Qur’an. Model pembelajaran tilawah berbasis talaqqi dan musyafahah ini diterapkan pada program tilawah full day. Program pertama yang mengajarkan cara bertilawah dasar dalam waktu 4 bulan dan diajarkan oleh guru-guru yang professional dibidangnya. Pada program ini juga diajarkan teknik-teknik yang menunjang pembelajaran tilawah seperti teknik olah vokal, teknik pernafasan dan sebagainya. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa bakat adalah kemampuan yang akan terealisasi menjadi kecakapan nyata sesudah melalui proses belajar atau berlatih. Sejalan dengan teori bakat menurut Hilgard: “the capacity to learn” atau kemampuan untuk belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue