cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
ESENSI NILAI-NILAI KEINDONESIAAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER Sarnoto, Ahmad Zain; Siswanto, Permadi Trisna
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam konteks keindonesiaan, pendidikan karakter bangsa merupakan suatu proses pembudayaan dan transformasi nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai budaya bangsa (Indonesia) untuk melahirkan insan atau warga negara yang bermartabat dan berperadaban tinggi. Karakter bangsa adalah sebuah keunikan suatu komunitas yang mengandung perekat kultural bagi setiap warga negara. Pendidikan karakter merupakan peluang bagi penyempurnaan diri manusia. Pendidikan karakter merupakan proses pendewasaan dan pematangan diri seseorang agar menjadi manusia seutuhnya, manusia yang berkarakter yang terlihat pada kehidupan moral dan kematangan pada setiap diri seseorang warga belajar, sehingga memahami kebaikan, mau berbuat baik dan berperilaku baik sebagai manifestasi dari pribadi yang baik
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA TUNAGRAHITA SEDANG MENGGUNAKAN MEDIA BENDA ASLI (Penelitian Tindakan Kelas III di SDLB-C ZINNAI ) Indaryati Widiastuti
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Tunagrahita Sedang Menggunakan Media Benda Asli Kelas III di SDLB. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara jelas tentang meningkatkan kemampuan belajar IPA menggunakan media benda asli pada anak kelas III SDLC Zinnia Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2013 semester I yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 8 kali pertemuan, dan pada pertemuan ke 8 diadakan pembelajaran dan evaluasi. Sebelum melakukan tindakan dilakukan tes awal pada 4 siswa tersebut, hasil yang diperoleh menunjukkan ke 4 anak belum dapat mengenal dengan baik macam-macam benda dan proses perubahannya, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan kolaborator guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil akhir dari siklus 2 terjadi peningkatan prosentase perolehan skor yang diperoleh siswa dalam mengenal macammacam benda dan proses perubahannya. Data yang diperoleh sebagai berikut: A 100 %, C 98 %, R 80 %, F 90 %. Dengan demikian penelitian ini berhasil, terlihat dari adanya peningkatan prosentase kemampuan IPA anak. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah diadakan tindakan kelas menggunakan media benda asli dapat membantu kesulitan-kesulitan dalam hal meningkatkan kemampuan IPA siswa tunagrahita dengan baik. Kata Kunci :Media benda asli, hasil belajar IPA siswa tunagrahita
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH TENTANG PENYESUAIAN DIRI TUMBUHAN TERHADAP LINGKUNGANNYA DI SDN KEBON MANGGIS 05 PAGI Nurhaida Pakpahan
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan usaha manusia secara sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia dalam menghadapi tantangan zaman. Perkembangan zaman harus diimbangi pembekalan terhadap siswa dengan segala kemampuan dalam berbagai kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sains dengan pemanfaatan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada siswa di kelas V SDN Kebon Manggis 05 Pagi, Jakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebon Manggis 05 Pagi, Jakarta, yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswi perempuan. Sedangkan partisipan dalam kegiatan penelitian ini adalah guru kelas VI SDN Kebon Manggis 05 Pagi, Jakarta sebagai kolaborator dengan peneliti yang dinilai memahami tentang pembelajaran Sains. Hasil dari penelitian ini, siswa sudah dengan kesadaran tertib ke luar kelas untuk mengadakan pengamatan di lingkungan sekolah. Penilaian hasil pembelajaran dengan pemanfaatan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada pembelajaran Sains tentang penyesuaian diri tumbuhan terhadap lingkungan sudah meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat dikemukakan kesimpulan. Dengan meningkatnya hasil pembelajaran sains pemanfaatan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran Sains pada materi penyesuaian diri tumbuhan terhadap lingkungan dapat meningkatkan hasil pembelajaran Sains pada siswa kelas V SDN Kebon Manggis 05 Pagi, Jakart
UPAYA MENINGKATKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI KELAS IV SDN MAKASAR 01 PAGI JAKARTA TIMUR Nurmauli Gultom
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran ditentukan sampai sejauhmana guru dapat menggunakan metode dan model pembelajaran dengan baik. Model pembelajaran itu banyak macamnya, setiap model pembelajaran sangat ditentukan oleh tujuan pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola proses pengajaran. Adapun subjek Penelitian ini adalah pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan kooperatif meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN Makasar 01 Pagi, Jakarta Timur yang berjumlah 30 orang. Siswa kelas IV yang dimaksud adalah siswa terdaftar di kelas IV pada tahun pelajaran 2009/2013. Sedangkan partisipan yang terlibat dalam penelitian adalah rekan sejawat yang meruapakan guru di sekolah tersebut dan bertindak sebagai mitra untuk membantu pelaksanaan penelitian ini. Dengan menggunakan pendekatan kooperatif meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN Makasar 01 Pagi, Jakarta Timur untuk mata pelajaran Matematika, maka siswa diharapkan dapat menangkap apa yang dimaksud dalam soal tersebut, sehingga untuk mengetahui, menganalisis hasil belajar, dan meningkatkan kualitas pembelajarn siswa menggunakan pendekatan kooperatif untuk siswa kelas IV tentang pengurutan bilangan di SDN Makasar 01 Pagi, Jakarta Timur. Berdasarkan hasil analisis data dengan melihat hasil proses belajar-mengajar dari satu siklus ke siklus lainnya yakni pada tes awal 20%, Siklus I sebesar 67,50%, dan pada Siklus II sebesar 87,50%. Dengan demikian terjadi peningkatan kualitas pembelajaran dari awal ke Siklus I diperoleh peningkatan sebesar 47,5% dan pada Siklus I ke Siklus II diperoleh peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 20%. Selain itu diperoleh hasil evaluasi dari setiap siklus juga mengalami peningkatan kualitas hasil belajar yang cukup signifikan, pada Tes awal diperoleh hasil evaluasi sebesar 55., Siklus I diperoleh hasil evaluasi sebesar 63,08, dan Siklus II diperoleh hasil evaluasi sebesar 75,0 dan tes akhir rata-rata 80,73 dengan demikian terjadi peningkatan kualitas hasil belajar sebesar 8,08 pada Siklus I dibandingkan dengan tes awal dan peningkatan kualitas hasil belajar sebesar 11,02 pada Siklus II dibandingkan dengan Siklus I.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK ANAK GANGGUAN INTELEKTUAL SEDANG KELAS I DI SLB ARRAHMAN Parto
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Membaca adalah kegiatan yang menyangkut aktivitas fisik dan mental. Aktivitas fisik yang dilakukan dalam kegiatan membaca dapat dilihat dari penggunaan aktivitas seperti mata untuk melihat huruf atau simbol grafis yang tertulis didalam bacaan. Aktivitas mental dalam kegiatan membaca menyangkut proses berfikir untuk menafsirkan arti dari rangkaian simbol sehingga memberikan makna aktual dari pengertian yang diperoleh dari membaca Berdasarkan hasil penilaian dapat terlihat adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata bergambar yang dilaksanakan pada siswa kelas I SLB Arrahman, Jakarta Selatan . Hal ini dapat terlihat dari refleksi hasil tes awal, siklus I dan siklus II. Pada tes awal, prosentase masing-masing kemampuan siswa yaitu PT 48%, OP 54%, TA 45 %, AD 51 %, SW 45 %. Kemudian, dilakukan tindakan pada siklus I dengan prosentase peningkatan masing-masing siswa yaitu PT 63%, OP 54%, TA 72%, AD 48%, SW 48%. Pada siklus I belum mengalami peningkatan yang diharapkan, dilanjutkan tindakan pada siklus II yang mengalami peningkatan prosentase diperoleh masing­masing siswa sebesar PT 75 %, OP 72%, TA 84%, AD 72%, SW 66 %

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue